You are on page 1of 7

KONSEPSI

1. Pengertian

Konsepsi adalah bersatunya atau bertemuna ovum ke sperma dadahului oleh
ovulasi dan inseminasi. Oocyte sekunder dpt dibuahi + 24 jam setelah ovulasi
sperma dapat bertahan selama 48 jam dalam system reproduksi wanita. Ovulasi
adalah runtuhnya ovum dari folikel dalam ovarium. Inseminasi adalah ekspulsi
semen dari uretra pria ke dalam vagina. Istilah-istilah penting yang dipahami,
sebelum memulai program konsepsi diantaranya :
a. Siklus menstruasi dihitung antara waktu haid (bukan lamanya haid) idealnya
program diatas untuk mengkalkulasi masa subur dari wanita yang siklus
menstruasi teratur.
b. Hari pertama haid terakhir adalah hari pertama haid terakhir ibu.
c. Masa ovulasi dihitung dari 14 hari sebelum hari pertama yang akan datang,
saat ovulasi merupakan masa paling subur seorang wanita.
d. Masa subur wanita merupakan rentang waktu pada anita yang memungkinkan
terjadinya kehamilan bila terjadi koitus, masa subur wanita sekitar 3 hari
sebelum dan sesudah ovulasi perubahan dalam siklus fertilisasi wanita.
e. Perubahan dlm siklus fertilisasi wanita
 Pd 7 bl kehamilan
 7 jt folikel
 Saat lahir
 Tersisa sekitar 1 jt folikel
 Mengalami istirahat (degenerasi alami)
 Saat puber
 Tersisa sekitar 250 rb
 Usia subur
 Bbrp folikel bersiap unt pertumbuhan tiap bulan
 Biasanya hanya ada 1 ovum tiap ovulasi
 1 % dr setiap siklus ovarium multiple
2. Gejala-gejala Dini yang Terjadi pada Kehamilan
a. Tidak mendapat haid atau menstruasi, hal ini karena dinding rahim
dipersiapkan untuk kehamilan.
b. Mual, muntah terjadi karena adanya perubahan hormonal, dikenal denan
“morning sickness” karena mual muntah sering terjadi pada pagi hari pada
bulan-bulan pertama kehamilan.
c. Sering kencing atau BAK, terjadi tertekannya kandung kemih oleh rahim yang
membesar.
d. Mengidam, pembesaran payudara, putting membesar, berwarna lebih gelap,
kadang-kadang terasa gatal dan sakit.

1

Jadi antenatal dan prenatal berarti sebelum seorang ibu bersalin. Bercak keunguan pada vagina f. Probable sign of pregnancy a. hipermentasi. 2. meningkatkan kesehatan ibu setelah persalinan dan untuk dapat memberikan ASI. 4. didengar. Gerakan jantung teraba c. ante yang berarti muka. Abdomen (linea nigra. mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan mental fisik ibu hamil. sekresi kolostrom montgomery’s tubercels). Bagian-bagian janin teraba d. Melunaknya SBR d. c. tingling. Frekuensi BAK lebih sering e. memberian nasihat dan petunjuk 2 . sedangkan natal berasal dari kata natus yang berarti persalinan. strine) 5.3. mempersiapkan mental fisik ibu hamiluntuk menghadapi persalinan. Perubahan payudara (fullness. Melunaknya servik c. Bukti positif (absolut) : adanya janin yang terlihat kemudian dalam kehamilan. Pengertian Antenatal dan prenatal. nyeri. Pertumbuhan dan perubahan uterus b. mempersiapkan dan membicarakan pemakaian metode KB setelah persalinan. Presumptive symtoms of pregnancy a. berasal dari bahasa yunani yaitu pre yang artinta sebelum. dirasa atau diukur” c. Amenore b. Tanda-tanda dan Gejala Kehamilan a. Antenatal care adalah kunjungan yang dilakukan ibu hamil pada tempat- tempat pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui keadaan ibu dan janin selama kehamilan. Ballotement e. Ibu merasakan gerakan janin Budiono Nim :722002S06808 ANTENATAL CARE (ANC) 1. Tujuan Antenal Care Tujuan pemeriksaan kehamilan bagi ibu adalah mengurang dan menegakkan secara dini komplikasi yang dapat mempengaruhi kehamilan. Perubahan abdomen 6. Adanya bunti jantung janin b. Mual muntah d. Bukti subyektif (presumatif) : gejala “ perasaan yang dialami pasien” b. Hipermentantasi pada wajah g. Bukti obyektif (probilitas) : tanda “ dilihat. Positif sign of pregnancy a.

agar luka bekas persalinan cepat sembuh. Umur kehamilan 1 sampai 28 minggu. dan pertumbuhan janin secara klinis. 3 . Informasi Antenatal Care Bagi Ibu Hamil a. berat bayi lahir rendah. Pemeriksaan pertama pada kehamilan 3 bulan (trimester 1) b. kelainanatau cacat bawaan. Kunjungan VII (kehamilan 41 minggu) Bertujuan untu penilaian kesejahteraan janin yaitu pemeriksaan yang memantau keadaan janin sehubungan dengan kontraksi rahim 5. jadi yang harus dilakukan oleh ibu hamil : a. laju pertumbuhan janin. Pemeriksaan ke 3 dan 4 dilakukan sebelum bersalin. berbagai masalah yang berkaitan dengan kehamilan. Kunjungan ke IV kehamilan (36 minggu). (pemeriksaan dilakukan 4 minggu sekali). Kunjungan II (kehamilan 28-32 minggu) Pada kunjungan ini bertujuan untuk menilai resiko kehamilan. b. Anjurkan Bagi Ibu Hamil Ada beberapa yang perlu diperhatikan agar kehamilannya tetap sehat. (pemeriksaan dilakukan 1 minggu sekali) Setiap ibu hamil sebaiknya harus memeriksa kehamiannya sebanyak 4 kaili selama hamil : a. Umur kehamilan 36 sampai 40 minggu.VI Bertujuan untuk menilai resiko kehamilan. berusaha menggolongkan kehamilan kedalam berbagai resiko sehingga dapat menentukan pertolongan persalinan yang aman. aktivitas janin. lahir mati. Kunjungan III (kehamilan 34 bulan) Bertujuan untuk menilai resiko kehamilan. Jadwal Pemeriksaan Kehamilan Jadwal pemeriksaan yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah : a. e. Diet Bagi Ibu Hamil Makanan ibu hamil harus lebih diperhatikan karena pergunakan untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan badan untuk tumbang jani. pemberian imunisasi TT d. pemeriksaan Lab dan bunyi jantung janin. Kunjungan I (kehamilan 12-24 minggu) Kunjungan ini bertujuan untuk menilai status gizi (dilihat dari keseimbangan antar BB dan tinggi badan). Sedangkan tujuan pemeriksaan bagi bayi adalah memelihara esehatan ibu sehingga dapat mengurangi resko bayi premature. (pemeriksaan dilakukan 2 minggu sekali) c. b. 3. cairan ketuban dan letak placenta sea keadaan placenta dan pemberian imunisasi TT. V (kehamilan 38 minggu). Umur kehamilan 28 sampai 36 minggu. Pemeriksaan ke 2 pada usia 6 bulan (trimester 2) c. 4. c.

mudah tersinggung. c. h. infeksi bisa timbul bila hubungan dilakukan kurang higienis. ketuban bisa pecah. Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Pada setiap kehamilan harus diwaspadai adanya tanda-tanda kelainan yang harus segera dilakukan rujukan. Aktivitas Aktivitas yang sangat berat akan menimbulkan kelelehan yang dapat mengurangi kesehatan ibu hamil. merawat payudara setiap hari selama 6 minggu terakhir kehamilan. Berat badan ibu yang sehat akan bertambah antara 10 sampai 12 kg sejak sebelum hamil. Istirahat dan tidur Waktu istirahat. lebih peka. Bila berat badan naik lebih dari semestinya. bagi ibu hamil membutuhkan 10-11 jam dan dilakukan pula pada siag hari. e.  Gunaan BH yang bersih dengan ukuran yang sesuai dengan payudara sehingga mampu menyangga seluruh payudara. 4 . nyaman dan mudah dikenakan. kurangi makanan yang mengandung zat karbohidrat. g.  Kebersihan pakaian  Ibu hamil sebaiknya memakai pakaian yang bersih. longgar. hubungan seksual sedapat mungkin dihindari. menerima dan member dukungan moril. Berat badan normal tetapi kaki bengkak kurang makanan yang mengandung garam atau makanan yang kaya ion natrium dan klorida. ibu hamil harus lebih lama dari biasa. f. mudah marah. Ia bertingkahlaku tidak seperti biasa. Kondisi psikis ibu hamil Kondisi kejiwaan ibu hamil biasanya menjadi lebih labil. pada kehamilan tua sekitar 14 hari menjelang persalinan perlu dihindari arena dapat membahayakan. ibu hamil dianjurkan untuk melakukan gerakan seperti senam hamil dan pernafasan untuk mencegah obstipasi dan persalinan lancer. Tidak memakai sepatu yang bertumit tinggi d. karena dapat menimbulkan keguguran atau mengancam kehamilan. lebih emosional. Kebersihan Lingkungan Bila lingkungan kurang bersih dengan sendirinya akan mengurangi kesehatan ibu hamil. untuk mengatasinya suami dan keluarga harus dapat mengerti. b. Hygiene Dalam Kehamilan  Kebersihan tubuh Dilakukan dengan mandi. 6. Hubungan Seksual Pada kehamilan muda. gosok gigi.

kemungkinan ada penyakit infeksi dalam kehamilan dan ibu hamil mengalami kejang-kejang harus segera ditolong. konjungtiva pucat. Ibu hamil mengeluh nyeri hebat diperut bagian bawah. Ibu hamil mengeluarkan air ketuban dan terasa mulas-mulas tanda dan persalinan.a. g. Ini adalah tanda abortus. i. tekanan darah naik. Ibu hamil sering berdebar-debar. keadaan tersebut menunjukan bahwa anak telah meninggal dalam kandungan. terjadi pada umur kehamilan 6-10 minggu. berat badan menurun dan nyeri ulu hati b. kemungkinan ibu hamil mengalami gangguan ketuban pecah dini. keadaan ini memungkinkan penyakit gondok dan fungsinya terganggu. tidak selera makan. Ibu hamil tampak pucat. Kelopak mata menonjol. jika ditolong secara dini ana dalam kandungan dapat diselamatkan. sering berdebar-debar. Ibu hamil yang kekurangan darah diberikan obat penambah darah. keadaan ini merupakan tanda dan gejala dari kehamilan. Berat badan ibu naik secara berlebihan (lebih dari 1 kg dalam seminggu) mata kaki dan tungkai membengkak. h. Muntah lebih dari tujuh kali sehari. Bayi yang sudah meninggal dalam kandungan harus segera dikeluarkan karena dapat mengganggu ibu. disertai muntah dan sampai pingsan. disertai mules-mules. Ibu hamil yang gemuk dan berasal dari keluarga penderita diabetes militus. timbul pada kehamilan kurang dari 28 minggu. ibu mengeluh haus terus. f. adanya nyeri perut kemungkinan adanya kelainan placenta. kemungkinan ini disebut dengan keracunan kehamilan. sesak nafas dan cepat lelah serta keluhan ini berlangsungterus-menerus. j. k. nyeri kepala. d. ini tanda bahwa ibu hamil kekurangan darah. Ibu hamil terserang demam tinggi dalam 3 hari. Ibu hamil mengeluarkan darah dan endir. banyak 5 . kemungkinan juga berwarna kehijau-hijauan. cairan ketuban berwarna putih keruh seperti air kelapa. ibu tidak merasa gerakan anak. c. jemari gemetaran. badan panas dan banyak berkeringat. penglihatan kabur. e. riwayat melahirkan bayi dengan BB 4 kg. Setelah kehamilan berumur 5 bulan. bibir dan telapak tangan pucat. Pada keluhan yang ringan perlu diperiksa karena keadaan berat hal ini dapat mengancam ibu dan janinnya. kemungkinan ibu mengidap penyakit jantung dalam kehamilan dan ibu harus mendapat perawatan di rumah sakit. mungkin tampak pembengkakan dibatang leher bagian depan.

Pemberian tablet besi e. Pada ANC ingat 5 T a. tanda Chadwick Ekstrimitas : varises.U (cm) 5 20 6 23 7 26 8 30 9 33 Leopod II • Menentukan letak punggung janin  Kedua tangan pindah ke samping  Tentukan dimana punggung janin Leopold III • Menentukan apa yang terdapat dibagian bawah dan apakah bagian bawah janin sudah atau belum terpegang PAP (pintu atas panggul)  Gunakan satu tangan saja  Bagian bawah ditentukan dgn ibu jari n jari yg lain  Coba apakah bagian bawah masih dapat digoyangkan Leopod IV 6 . berkemih.palpasi. Palpasi menurut (leopod I-IV) Leopod I • Menentukan umur janin  Kaki pasien dibengkokkan ke lutut : posisi baring  Berdiri disebelah kanan pasien dan melihat muka pasien  Rumus : tinggi Fundus Uteri (cm) / 3. Imunisasi TT 8. Inspeksi Mata : closma gravidarum. kemugkinan ibu mengidap penyakit diabetes militus dalam kehamilan. Pemeriksaan kebidanan (inspeksi. Mengukur tinggi fundus uteri d. udema b.5  Hasil Umur kehamilan (bulan) Tinggi F. dan lidah Leher : pembesaran vena jugularis Dada : payudara ?. oedema muka. colostrums ? Abdomen : striae gravidarum ? Vulva : varises. Timbang BB dan Tinggi Badan c. gigi. Mengukur tekanan darah b. konjungtiva anemi. auskultasi) a. 7.

Hamil atau tidak dapat dilihat pada tanda dan gejala kehamilan b. Auskultasi Dari anak • Bunyi jantung janin • Bising tali pusat • Gerakan anak Dari ibu • Bising rahim • Bunyiaorta • Bising usung 9. Letak anak dalam rahim • Posisi janin (melintang. Primigravinda atau multigravida c. Tanda kematian dalam rahim • DJJ tidak terdengar • Rahim tidak membesar • Palpasi janin tidak jelas • Ibu tidak merasakan gerakan janin e. Anak tunggal atau gemeli • Perut ibu hamil lebih besar dari tuanya kehamilan (gameli) • Teraba 3 bagian yang besar • Teraba banyak bagian kecil f. Setelah pemeriksaan selesai dapat menentukan a. sungsang) • Posentio (apa yang menjadi terrendah “kepala atau bokong”) g. • Menentukan apa yang menjadi bgn bawah n berapa masuknya bgn bawah ke dlm rongga panggul  Perawat melihat kearah kaki pasien  Degan kedua tangan tentukan apa yang mejadi bagian bawah  Tentukan bagian bawah sudah masuk PAP atau belum c. Keadaan jalan lahir • Prasangka panggul sempit • Pada primigravinda kepala belum turun pada bulan terakhir • Ukuran luar sempit 7 . Tuanya kehamilan dapat ditntuka dari • Lamanya amenore • Besarnya janin • Tinggi fundus uteri • Masuknya kepala kerongga panggul • Saat terdengar DJJ d.