SOAL TROPIS 213 FK UMI

1. Obat yang digunakan untuk mengobati komplikasi retinitis pada HIV
a. Sidofovir
b. Stavudin
c. Acyclovir
d. …
e. …
2. Seorang anak datang ke rumah sakit diantar oleh ibunya dengan keluhan lesi
dibelakang kepala. beberapa hari yang lalu dia mendapatkan kucing dari
pamannya . Lesi tampak eritem dan meninggi dengan bagian tengah yang
tampak sehat. Selain keluhan si anak tampak sehat. Apa diagnosisnya ?
a. Tinea capitis (mungkin)
a. Liken simpleks
b. Impetigo
c. Tinea corporis
d. ….
e. …
3. Seorang anak datang ke rumah sakit diantar oleh ibunya dengan keluhan lesi
dibelakang kepala beberapa hari yang lalu dia mendapatkan kucing dari
pamannya. Lesi tampak eritem dan meninggi dengan bagian tengah yang
tampak sehat. Selain keluhan si anak tampak sehat. Pemeriksaan apa yang
selanjutnya dilakukan?
a. KOH 10% (kayaknya)
b. Biopsy PA
c. Kultur
d. …
e. …
4. Seorang anak datang ke rumah sakit diantar oleh ibunya dengan keluhan lesi
dibelakang kepala beberapa hari yang lalu dia mendapatkan kucing dari
pamannya. Lesi tampak eritem dan meninggi dengan bagian tengah yang
tampak sehat. Selain keluhan si anak tampak sehat. Dibagian mana lesi yang
diambil untuk pemeriksaan ?
a. Lesi paling eritem
b. Pinggir lesi yang eritem
c. Bagian yang sehat
d. ….
e. …..
5. Seorang laki-laki berusia 22 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal
pada pergelangan tangan bagian dalam dan alat kelamin sejak satu minggu
yang lalu. Tidak ada demam ataupun nyeri. Riwayat adik pasien juga
mengalami keluhan yang sama. Pada pemeriksaan fisis daerah lesi didapatkan
adanya effloresensi bentuk garis lurus warna putih keabuan, panjang satu
sentimeter dan pada ujungnya terdapat papul dan vesikel. Apakah diagnosis
yang paling tepat untuk penderita tersebut ?
a. Skabies.
b. Cutaneous larva migrans.
c. Pedikulosis corporis.
d. Pedikulosis pubis.
e. Lupa
6. Apakah patomekanisme yang paling tepat untuk keluhan pasien di atas ?
a. Kelainan kulit hanya disebabkan oleh tungau.
b. Sensitisasi terhadap sekreta dan ekskreta metabolisme tungau.
c. Pengobatan dengan antihelmintes misalnya Tiabendazol.

Apakah diagnosis yang paling tepat untuk penderita ini? a. Trichuriasis. Seorang laki-laki berusia 27 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan kemerahan di kaki yang berkelok-kelok disertai gatal sejak satu minggu yang lalu. sekitar pusat dan alat kelamin sejak sepuluh hari yang lalu. Ankilostomiasis. d. Pedikulosis korporis. c. Pediculosis pedis. b. Imunisasi BCG. merasa mual tapi tidak muntah. Apakah jenis imunisasi yang dihubungkan dengan kasus ini ? a.Seorang anak laki-laki berusia 2 tahun diantar ibunya datang ke PKM dengan keluhan bercak merah di wajah dan lehernya1 hari lalu dan telah menyebar ke sekujur tubuhnya. b. Schistosomiasis. Tinea corporis b. erosi. Seorang anak laki-laki berusia 9 tahun diantar ibunya ke puskesmas dengan keluhan gatal pada sela-sela jari tangan. Sarcoma caposi c. b. …. Askariasis. Apakah diagnosis yang paling tepat untuk penderita tersebut ? a. dari anamnesis sebelumnya penderita ada demam. Cutaneous larva migrans. vesikel. 12. Anak sering terbangun karena gatal.Seorang laki-laki berusia 35 tahun datang dengan ke puskesmas dengan keluhan bengkak pada buah zakar sejak 3 hari yang lalu. Creeping eruption.Seorang anak laki-laki berusia 15 tahun dibawa keluarganya ke puskesmas dengan keluhan susah menarik napas sejak 3 hari yang lalu. Pasien menjadi kurus dan kurang nafsu makan. Pemeriksaan fisis ditemukan . Sklofuroderma e. Pada pemeriksaan fisis didapatkan papul. … e. d. 9. (gambar badan punggung dengan lesi yang banyak berwarna ungu kemerahan) Pasien datang dengan keluhan seperti yang tampak pada gambar. anemia (+). c. … 7. Enterobiasis. pemeriksaan darah ditemukan eosinofil meningkat. Imunisasi Campak. pustul dan krusta. Pemeriksaan faeses ditemukan adanya cacing dewasa dan telur. 10. e. d. Creeping eruption. Riwayat batuk kering sejak 3 bulan terakhir. Skabies disertai infeksi sekunder. Lupus vulgaris d. pasien juga merasa berat badannya menurun selama beberapa bulan terakhir. … 11. Diagnosis ? a. Keluhan disertai nyeri daerah lipat paha dan kadang demam. … e. Pedikulosis pubis 8. batuk pilek dan mata merah serta belum pernah mendapat imunisasi untuk penyakit ini sejak kecilnya. c. Kandidosis interdigitalis. e. ekskoriasi. Imunisasi Influenza. Tinea pedis tipe moccasin foot. Skabies terinfeksi sekunder. Apakah diagnosis yang paling tepat ? a. e. d. b. d. c.

Monosit d. Pada pemeriksaan fisis ditemukan nyeri tekan otot gastrocnemius. Reaksi reversal e. 13. Skrofuloderma. medianus d. hiperemis. …. MH tipe MB d. Eritrosit b. Lesi terasa berbeda dari kulit sekitarnya (kurang rasa). Menurut pasien air seninya sering dikerumuni semut.Seorang laki-laki berusia 29 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan seperti pada gambar.Seorang laki-laki kulit sawo matang berusia 23 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bengkok pada jari-jari tangan sejak 3 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisis ditemukan macula hipopigmentasi mati rasa. Riwayat minum obat paracetamol (+). Pretibial (Frog Bragg) Fever c. c. kerusakan fungsi motorik n.. …… 13. …… e. Apakah diagnosis yang paling tepat untuk kasus diatas ? a. limfedenopati. Apakah pengobatan yang paling utama pada kasus ini ? a. datang ke poliklinik dengan keluhan demam sejak 4 hari lalu disertai sakit perut. Orchitis ec………. Keluhan disertai demam dan ini dialami pasien setelah banjir di kampungnya dan selesai membersihkan selokan. demam ringan serta rasa ngilu tulang-tulang dan persendian. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus ? b. Apakah patomekanisme yang paling tepat pada keluhan diatas ? a. ulnaris dan n.lupa d. Penderita juga mengeluh kadang menggigil kemudian berkeringat. Lesi disertai sisik halus. MH tipe PB c. Eritrasma b. Limfosit c. Weil’s disease e. Hidrokel ec. Myelitis lokalisata f.Seorang laki-laki berusia 38 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri hebat pada otot kaki sejak 3 hari yang lalu. Suhu 39 oC. mual dan pusing. anestesi dan claw hand. CMI memfagositosis kuman dan serabut saraf b. ikterus ringan dan splenomegali. medianus e. ulnaris dan n. Nyeri tekan pada scrotum (+). Eosinofil . Myocarditis 15. Orchitis ec. reaksi hipersensitivitas tipe III dan inflamasi saraf tepi c. b. kerusakan fungsi motorik dan inflamasi n. Aminoglikosid 14.Seorang laki-laki berusia 35 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bercak-bercak kemerahan pada lipat paha dan kulit daerah sekitar kemaluan sejak 1 minggu yang lalu. Streptomisin b. Aseptic Meningitis d. Apakah jenis sel darah yang mengalami gangguan pada pasien ini ? a. nyeri tekan. Keluhan disertai gatal ringan. dihubungkan dengan terjadinya reaksi kusta pada tipe PB 12. Ripamfisin b. Isoniazide c.filariasis.Seorang laki-laki 27 tahun yang baru pulang dari tugas di Sorong. Apakah diagnosis yang paling tepat pada kasus ini ? a. Ethambutol a.

Anak laki-laki berusia 10 tahun di bawa ibunya ke puskesmas karena demam tinggi sejak 3 hari yang lalu. Culex spp. Onchocerca volvulus 20. ditemukan mikrofilaria dengan ukuran kepala 3X lebih besar.Spesies dibawah ini mempunyai bentuk bebas dan bentuk parasitik : a. Plasmodium vivax b. Plasmodium falciparum 22. warna pucat didalamnya terdapat bentukan seperti cincin berwarna biru. 21. e.Beberapa penyakit yang disebabkan oleh protozoa maupun virus ditularkan oleh spesies tertentu dari golongan arthropoda yang menjadi vektornya. Brugia timori b. Enterobius vermicularis e. Apakah vektor penyebaran penyakit ini ? a. Demam hilang timbul disertai menggigil dan muntah 4x. Manakah pasangan penyakit parasitic dan vektornya yang benar berikut ini ? a. Apakah jenis parasit yang tampak pada apusan ? a. Strongylaides stercoralis d. Brugia malayi b. Apakah mikrofilaria tersebut ? a. menggigil dan berkeringat. Aedes aegypti b. Apakah parasit penyebab sesuai gambaran mikroskop di atas ? . Ascaris lumbricoides b. Chrysops sp. Plasmodium malariae d. disertai sakit kepala. Dari pemeriksaan sedian darah ditemukan adanya gametosit berbentuk pisang. Apusan darah tepi yang diwarnai dengan giemsa ditemukan eritrosit TIDAK membesar . Trichiuris trichiura c. Pemeriksaan sediaan darah ditemukan gambaran bintik ziemen. b. Trofozoit Plasmodium vivax d. African sleeping sickness-lalat tsetse 19. Leishmaniasis-Anopheles spp b. Pada apusan darah tipis tampak parasit berbentuk cincin halus dalam eritrosit yang tidak membesar.Seorang anak laki-laki berusia 11 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan demam tinggi sejak 3 hari yang lalu. Apakah jenis parasit yang ditemukan ? a. Gametosit Plasmodium falciparum 18. Gametosit Plasmodium vivax e.Seorang laki-laki berusia 35 tahun baru datang dari Lombok. Chagas disease-sandfly c. Loa-loa d. Necator americanus 17.Hasil pemeriksaan darah tepi laki-laki 28 tahun dengan keluhan benjolan dilipat paha. datang ke puskesmas dengan keluhan kepala pusing disertai demam yang didahului dengan menggigil. Demam hilang timbul disertai menggigil. Trombosit 16. Tifoid b. muntah 4 X.Seorang anak laki-laki berusia 7 tahun menderita demam naik turun. Anopheles sp. c. Skizon Plasmodium vivax b. Plasmodium ovale c. Inti berwarna merah. Phlebotomus sp c. Wuchereria bancrofti c. inti badan padat 3 inti tambahan pada ekor. Trofozoit Plasmodium falciparum c.

Di diagnosis sebagai herpes labialis dan diberi terapi asiklovir. Apakah jenis obat yang dianjurkan untuk pasien ini? a. 27. Pada pemeriksaan feses ditemukan telur berbentuk lonjong . Bagaimanakah mekanisme kerja obat ini ? a. Plasmodium malariae b.Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dibawa oleh ibunya ke puskesmas dengan keluhan sulit tidur.Seorang laki-laki berusia 50 tahun di diagnosis HIV(+) dan diterapi dengan anti retro virus stavudin. Setelah terapi berjalan beberapa waktu. Plasmodium vivax c. a.Seorang perempuan berusia 60 tahun datang dengan keluhan nyeri dan pedis di kulit sekitar bibir. Ancylostoma Duodenale c. Menghambat DNA polymerase virus b. Menghambatfosfotransferase virus c.Bila saudara mendapatkan seorang pasien yang terinfeks HIV. Stavudin b. Ritonavir b.. Apakah parasit penyebab pada penyakit di atas ? a. Trichuris trichuria b. dengan segmented ovum. Plasmodium falciparum 23. Pada pemeriksaan fisis tampak adanya vesikel2 kecil kemerahan berkelompok di sekitar bibir. Pada pemeriksaan fisik ditemukan bekas garukan pada daerah anus. Apakah parasit penyebab pada penyakit di atas ? a. Mebendazol 200 mg b. tipis dan berwarna jernih. Albendazole 400 mg e. …… d. Menghambat reverse transcriptase virus b. Menghambat protease virus c. Prazikuantel 1 mg/KgBB c. Keluhan ini sudah berulang kali dialami.Seorang anak laki – laki berusia 9 tahun datang dengan keluhan diare dan perut kembung. Tenovovir c. Trichuris Trichura b. Ascaris lumbrioides 25. maka pengobatan yang paling dianjurkan untuk pasien tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi dari beberapa macam obat anti retrovirus.Seorang anak laki – laki berusia 9 tahun datang dengan keluhan diare dan perut kembung. berdinding transparan. ternyata didapati . Ascaris Lumbricoides 24. Menurut orang tuanya anak sering bermain di kebun tanpa menggunakan alas kaki. Pada pemeriksaan mikroskopik tinja ditemukan telur berinti satu. Pirantel Pamoat 9 mg/kgBB 26. Piperasin 100 mg d. 2 bulan sebelumnya pasien menginap di rumah saudaranya yang mempunyai keluhan yang serupa. Menghambatsintesis protein virus 28. rewel dan nafsu makan menurun. …. Leishmania donovani b. Necator Americanus d. Menurut orang tuanya anak sering bermain di kebun tanpa menggunakan alas kaki. Manakah obat yang bekerja di akhir replikasi (menghambat maturasi virus) ? a. Oxyuris vermiculari c.

adanya resistensi terhadap obat ini. Trichophyton mentagrophytes c. Apakah yang harus saudara lakukan ? a. Foto abdomen polos supine + prone. Ribavirin b. penurunan daya tahan/ imunitas tubuh c. Idoksuridin 31. Segera terapi HIV dan TB paru b. Fluoresensi hijau pudar ec. CT dan MRI. rambut patah. c. CT b. Hasil pemeriksaan dari biopsi kulit seperti yang tampak pada gambar Apakah agen penyebab yang paling mungkin? a. b. trichophyton tonsurans b. Lamivudin b. Apakah modalitas dan posisi yang direkomendasikan ? a. adanya ensim tertentu yang dihasilkan oleh HIV 29. Apakah interpretasi wood lamps yang paling tepat pada kasus ini? a. Fluoresensi kuning keemasan ec. Seorang laki-laki berusia 32 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bercak putih di kulit daerah punggung dan lengan atas yang dirasakan sejak 2 tahun yang lalu. Dari pemeriksaan didapatkan rambut berwarna kusam. Hasil pemeriksaan menyimpulkan bahwa pasien HIV (+) dan menderita TBC paru aktif. Untuk memastikan diagnosis dibutuhkan pemeriksaan penunjang. Foto thorax (chest X-Ray) 34. Apakah pemeriksaan radiologik awal yang dianjurkan? a. mutasi pada gen reverse transcriptase b. Amantadin c.Seorang pasien demam tifoid yang dicurigai mengalami perforasi saluran cerna. e. trichophyton schonleini e. Terapi TB paru lalu tentukan stadium klinik HIV untuk kemungkinan terapi c. USG c. mutasi pada gen DNA polymerase b. Mycobacterium leprae .Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan gatal di kepala. Segera terapi TB paru dan periksa CD4 untuk persiapan terapi HIV c. Foto abdomen polos tengkurap (prone) d. Foto abdomen polos baring telentang (supine) 33. Fluoresensi hijau daun ec. tidak berkilat. Foto abdomen + kontras Barium.Salah satu obat anti virus yang sering digunakan untuk terapi penderita pneumonia akibat RSV (respiratory Syncitial Virus) a.Seorang laki-laki berusia 40 tahun datang dengan keluhan badan lemah dan batuk lama. Fluoresensi kuning kehijauan ec. obat anti retrovirus diberikan monoterapi d. Monitoring perkembangan penyakit selama 3 bulan sebelum mulai terapi HIV 30. Fluoresensi merah bata ec. Apakah penyebab resistensi pada kasus ini ? a. Keluhan ini disertai adanya perubahan pada wajah dan rambut rontok pada alis lateral. Trichophyton mentagrophytes 32. MRI d. Berikan obat yang memperkuat daya tahan tubuh dulu lalu terapi HIV b. Bacillus anthracis b. Foto abdomen polos posisi tegak (erect) e. Pytiriosporum orbiculare d.Pada pasien yang diduga menderita SARS. Pasien ini adalah pemakai narkotik secara injeksi.

nyeri (-).Seorang laki-laki datang ke rs dengan keluhan nyeri pada biji pelir. KOH 10% + T…. Hasil pemeriksaan dari biopsi kulit seperti yang tampak pada gambar. …. Meningitis 37. Sorang laki-laki berusia 40 tahun dibawah oleh keluarganya dengan keluhan minum terasa tercekik dan takut dengan air. Pada pemeriksaan fisis tampak lesi hipopigmentasi. MH b. Mycobacterium tuberculosis c. kultur biopsy e. Apakah diagnosis paling tepat? a. anestesi (-).. Trypanosoma cruzi 35. 39. anestesi (-). Rabies b. Anthrax b. c. Jamur….. Pada pemeriksaan fisis tampak lesi hipopigmentasi. Hal ini dialami sejak 1 hari. Biopsy PA d.Seorang laki-laki datang ke rs dengan keluhan nyeri pada biji pelir. Rabies b. … 40.5 oC. … e. temperatur 37. KOH 20% b. nyeri (-).Seorang laki-laki berusia 32 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bercak putih di kulit daerah punggung dan lengan atas yang dirasakan sejak 2 tahun yang lalu.Seorang perempuan berusia 60 tahun datang dengan keluhan nyeri dan pedis di kulit sekitar bibir. Lyme disease 36. … d. Treponema pallidum d. Tetanus b. Epilepsi c.(?) c.Seorang wanita berusia 20 tahun datang ke IGD RS dengan keluhan sulit membuka mulut. Epilepsi c. Disfagia b. Pemeriksaan lanjutan untuk diagnosis ? a. Keluhan ini disertai adanya perubahan pada wajah dan rambut rontok pada alis lateral. Chagas disease c. Abses Mandibula 38. denyut nadi 88 x/mnt. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Hansen disease b. Disfagia d. Pada pemeriksaan tanda vital ditemukan TD 110/70 mmHg. Tetanus c. Keluhan ini sudah berulang kali dialami. Leishmaniasis c. Apakah diagnosa paling tepat? a. diagnosis ? a. Hasil pemeriksaan neurologi kesan normal.Riwayat pasien mengalami luka tusuk ditelapak kaki kanan 2 minggu yang lalu saat bekerja dikebun. Di . Hal ini dialami sejak 2 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisis tampak adanya vesikel2 kecil kemerahan berkelompok di sekitar bibir. b. gatal (+). gatal (+). Sebelumnya pasien digigit oleh anjing kampung saat bekerja disawah. respirasi 18 x/mnt.

. Menghambat protease virus d. Perlekatan-penetrasi.Flora normal ini tumbuh budging yeast .Urutan mekanisme infeksi virus penyebab flu burung adalah : a.. a.Pemeriksaan baku emas serologis untuk leptospirosis… a.pelepasan virion baru dari : dalam sel terinfeksi c. Tricophyton e. Pemeriksaan yang di anjurkan … a. 2x1000 mg d.Laki-laki umur 52 tahun luka di kaki sekitar 1 tahun.materi genetic .penetrasi.. Penyebab mikosis yang di maksud adalah… a. Mematikan sel virus b. Tricophyton rubrum d. a. . Bagaimanakah mekanisme kerja obat ini ? a. . 46.perakitan. … .pelepasan virion baru dari : dalam sel terinfeksi d.penetrasi-materi genetic. … 42. Epidermophyton floccosum b.pelepasan virion baru dari : dalam sel terinfeksi b. Malassezia furfur c. c.perakitan. 5x200 mg e. . Pemeriksaan terdapat ulkus yg jelek dan keras.. Menghambat fosfotransferase virus f. 3x250 mg b. Perlekatan-endositosis. Microsporum d. Pemeriksaan biopsy PA kulit b.. e. Kultur d. Menghambatsintesis protein virus 41. 2x500 mg c.. tetapi sulit dideferensiasi berdasarkan gambar koloninya pada media. e. d. . kasus ini disebabkan karena oleh infeksi. . e. Menghambat penyebaran virus ke organ lain e.. 44.perakitan-endositosis-materi genetic .perakitan.Laki-laki umur 52 tahun luka di kaki sekitar 1 tahun.pelepasan virion baru dari : dalam sel terinfeksi e. Perlekatan. KOH 10% c. Microscopic agglutination test ( MAT ) b. Epidermofita c.. Pemeriksaan terdapat ulkus yg jelek dan keras.endositosis ..materi genetic . dapat memproduksi pseudoohifa dan hifa sejati selama dalam invasi jaringan.. diagnosis sebagai herpes labialis dan diberi terapi asiklovir injeksi.pelepasan virion baru dari : dalam sel terinfeksi 45. . Perlekatan-penetrasi.endositosis . Perlekatan-penetrasi-endositosis-materi genetic.Dosis famcyclovir. Seorang petani.perakitan. Mallazesia furfur b. Seorang petani. Candida sp 43.

Rifampisin 600mg/hari selama 3 bulan b. Metronidazole … mg selama 3 bulan e.47.edem.(Gejala MH)……… Terapi yang tepat untuk pasien diatas adalah a.laki2 35thn KU: tungkai kanan bawah bengkak sejak 5 hari yg lalu.. ….Tropica Pneumoniae Eosinophil disebabkan oleh a. …. … e. tinea cruris d. … d. Sudah dialami sejak 6 bulan yang lalu. Albendazol e. erysipelas c. Filariasis akut b. Dan emetin c. Riwayat jatuh dari sepeda sehari yang lalu. Pada pemeriksaan radiologi (kalau tdk salah) ditemukan cacing. CT scan b..nyeri tekan (+).seorang anak datang ke RS diantar ibunya dengan keluhan tampak vesikel dan ulkus dan krusta pada tungkai. Bithiocal dan Emetin b. Pengobatan yang tepat ? 50.penunjang pada sekret staphylococcus gram (-): diagnosisnya adalah a. Diagnosis ? a. Riwayat jatuh dari sepeda sehari yang lalu.seorang anak datang ke RS diantar ibunya dengan keluhan tampak vesikel dan ulkus dan krusta pada tungkai. Dari bone datang dengan keluhan pembengkakan pada scrotum dan inguinal. Brugia timori c. Loa-loa e.Seorang …. 53. … 52.laki-laki datang ke rumah sakit dengan keluhan sesak napas. impetigo krustosa b. . sklofuroderma e. …. cellulitis b. USG d. tinea cruris d. palpasi hangat. 49.pemfis: eritem berbatas tegas. Diagnosis ? a. liken simpleks c.. liken 48. Ofloksasin 2x200mg/hari selama 3 bulan c. … e.Modalitas radiologi yang digunakan untuk pemeriksaan claw hand pada MH adalah a. pem. MRI c. Prednisone … mg selama 3 bulan d. Pyrantel pamoat d. Brugia malayi b. Mebendazol 51.Seorang pasien datang dengan keluhan ….bulla. Plain X-Ray e. Filariasis kronis c. Pengobatan yang tepat? a. Onchocerca volvulus 54. Wuchereria bancrofti d. .

Limfositosis c. … . Hiperpigmentasi c. Trombositopeni 59.55. pemeriksaan yang menunjang adalah… a. .Seorang … datang dengan keluhan gusi berdarah yang sudah dialami beberapa hari lalu. apusan darah tepi c. Gameksan 1% b.Seorang pasien mengalami infeksi berat. Diduga DBD. pemeriksaan yang menunjang adalah… a. Gameksan 1% b. (scabies).. Ketokonazol 200 mg d. Penicillin 250 mg 57. Leukositosis b. Ketokonazol 200 mg d. Penderita juga mengeluh kadang menggigil kemudian berkeringat.Seorang pasien mengalami infeksi berat. 60. d. Subkutis 58. Apakah yang dapat ditemukan pada pemeriksaan darah? a. …. Penicillin 250 mg 56. Granulasitoksik b. .. Inclution body d. ….Pengobatan yang diberikan pada pediculosis corporis… a. mual dan pusing. Stratum granulosum d. Maka pemeriksaan yang menunjang digansosis adalah… a.Seorang anak usia 11 tahun datang dengan keluhan gatal pada pergelangan tangan bagian dalam dan alat kelamin sejak satu minggu yang lalu. … e. Permetrin 5% c.. Leukositosis b. e. … e. Limfositosis c. Stratum spinosum c. pasien demam. Trombositopeni 61. … e. Pengobatan yang tepat adalah… a. Permetrin 5% c. Stratum basal e. d. Darah lengkap b. Stratum lucidum b.Impetigo krustosa menyerang kulit hingga ke lapisan ? a. Maka pemeriksaan penunjang yang dilakukan selanjutnya adalah.. … d. a.Seorang laki-laki 27 tahun yang baru pulang dari tugas di Sorong. datang ke poliklinik dengan keluhan demam sejak 4 hari lalu disertai sakit perut. d. menggigil dan berkeringat. Darah lengkap b. Apusan darah tepi c. . Vakuolisasi 62.Seorang pasien datang dengan keluhan demam.

Seorang wanita datang dengan keluhan nyeri pada daerah sekitar kuku. erytromicin c. Riwayat sering mencuci. pengobatan untuk tinea.Pengobatan kasus diatas ? a. … d. Vaksin dapat diberikan maupun setelah terinfeksi virus d.3. mupirocin b. dosis suka menipu-_-) 68.(lupa) adalah … a.. Tidak ada pengobatan untuk kasus rabies c. … e. tricophyton mentagrophytes d.Seorang pasien datang dengan keluhan demam. a.Pengobatan impetigo a. Pada saat antigen masuk ke eritrosit b. candida sp. … 66. gejala disebabkan oleh ? a. Nyeri disertai kemerahan dan udem. … b. Keluhan sejak 2minggu lalu.Pernyataan yang tidak benar mengenai rabies a. Pada saat antigen dimakan makrofag c.63. griseovulvin b.7.Sorang laki-laki berusia 40 tahun dibawah oleh keluarganya dengan keluhan minum terasa tercekik dan takut dengan air.. itrakonazol c. terbinafin (hafal obat2 jamur dermatofit dan nondermatofit dan DOSIS) 67. terbinafin (hafal obat2 jamur dermatofit dan nondermatofit dan DOSIS) . itrakonazol c. Vaksin pada hari ke 0.dicurigai malaria. tricophyton rubrum e. Pada saat antigen keluar dari eritrosit d. Hal ini dialami sejak 2 hari yang lalu.27 (kalau tidak salah ji harinya) 65.12. … c. penicillin (hafal dosis. tricophyton tonsuran b. … 67. griseovulvin b. Sebelumnya pasien digigit oleh anjing kampung saat bekerja disawah. … e. Kapan gejala muncul ? a. menggigil dan berkeringat. Pada saat antigen masuk sel hepatosit 64.21. Vaksin hanya diberikan sebelum teinfeksi virus rabies b.. c. Pengobatan yang tepat adalah.9.