You are on page 1of 19

Film Terbaik Yang Mengisahkan Perjuangan Ibu

1.Mother Love Me Once Again
Mama Hou (mother love me once again) adalah film mandarin yang
diproduksi tahun 1988.. Film jadul yang menceritakan perpisahan mama
dengan anaknya karena dipisahkan oleh mertua.. Jadi ini hubungan cinta yg
gak direstui oleh orang tua si cowok tp karena yg cewek melahirkan anak
laki-laki (yg nantinya untuk pewaris dan penerus kluarga) akhirnya anak tsb
diambil dan dipisahkan dari mamanya.. Dengan perjuangan yang sangat
susah, anak tsb (skitar umur 5-6thn) berjuang sendiri untuk kembali ke
mamanya.

2. The Forgotten
Telly Paretta (Julianne Moore) adalah seorang ibu yang sedang berduka cita
dan berjuang mengatasi rasa sedih karena kehilangan putranya yang berusia
8 tahun, Sam, karena kecelakaan pesawat 14 bulan lalu.
Namun kewarasannya seperti diragukan ketika suaminya, Jim (Anthony
Edwards) dan psikiaternya, Vr. Munce (Gary Sinise) menganggap bahwa ia
menciptakan kenangan tersendiri tentang anak yang sebenarnya tak pernah
ia miliki.
Telly hampir yakin bahwa dirinya memang gila, hingga ia bertemu dengan
Ash Correll (Dominic West), salah satu pria yang kehilangan anak juga karena
kecelakaan pesawat yang sama. Mereka berjuang bersama untuk
membuktikan keberadaan anak mereka sekaligus kewarasan mereka.

3.Mother aka Madeo
Hye-ja (Kim Hye-Ja) adalah vendor ginseng dan seorang ahli akupunktur
berlisensi di sebuah kota kecil di selatan Korea Selatan.
Dia menyayangi anaknya, Do-Joon (Won Bin), seorang pria berumur 27,
menganggur, dan memiliki kelemahan mental, yang tampaknya Hye-ja
abaikan.
Seorang gadis SMA ditemukan tewas di atap sebuah bangunan yang
ditinggalkan, dan Do-Joon ditangkap seorang detektif lokal berdasarkan
bukti.
Mereka memaksa dia untuk menandatangani sebuah pengakuan dan cepat
memenjarakannya.
Hye-ja, bingung dan yakin ia tidak bersalah, kemudian mencari pembunuh
yang sebenarnya, mengungkap banyak rahasia dari warga kota.

Bagaimana Ummi mengatasi masalah keluarganya? Apakah Ummi memutuskan berhenti sebagai penceramah atau tidak? 25. ia tak pernah meminta bayaran. Berita pun menyebar. Zarika dan Zainal. Zidan (Ruben Onsu) dan Ziah (Zee Zee Shahab) Zarika. ustadzah yang memiliki ribuan jamaah setia. Zarika memiliki hubungan khusus dengan bawahannya — Ivan (Temmy Rahadi) yang sudah beristeri. Malang baginya. Inem Pelayan Sexy (1977) Sutradara: Nya Abbas Akup Pemain: Doris Callebaute. Zainal mencoba jualan sepatu di tempat-tempat Ummi ceramah. Padahal. Penangkapan Zainal disaksikan jamaah Ummi. anak kedua Ummi. Ummi meminta Zarika mengakhiri hubungan mereka Istri Zainal. Sementara Zubaidah merasa tak pernah diperhatikan Ummi. Kemana pun ia ceramah. Ummi Aminah adalah ustadzah idola Ummi dikaruniai dua anak Umar (Gatot Brajamusti) beristrikan Risma (Yessy Gusman). Abah masih sulit menerima keadaan Zidan yang sifatnya seperti perempuan. Zarika menjadi bulan-bulanan. Yetti Surachman . Zubaidah merasa tidak dipercaya Ummi sebagai asisten ustadzah kondang. masalah Zidan juga membuat Ummi harus lebih tawakal. Semua rangkaian peristiwa memukul hati Ummi. Ia belum punya jodoh. dituduh sebagai perempuan perebut suami orang. seorang ibu rumah tangga yang bersuamikan Hasan (Budi Chaerul) Dari suami keduanya — Abah (Rasyid Karim) — Ummi memiliki lima anak: Zarika (Paramitha Rusadi). Persoalan keluarga Ummi makin menggunung ketika Abah tertipu bisnis jual-beli tanah kontrakan. masjid selalu penuh. Aisyah (Cahya Kamila).Ummi Aminah Ummi Aminah (Nani Wijaya). Titiek Puspa. Rini (Revalina S Temat) tengah mengandung anak kedua. Jalal. seorang wanita karir sukses yang was-was dengan usianya. Ummi hanya bisa pasrah ketika semua tempat-tempat pengajian membatalkan undangan ceramah Bukan hanya persoalan Risma. Zainal (Ali Zainal). Mereka masih menumpang di rumah Ummi.4. Zubaidah (Genta Windi). Untuk menambah penghasilan. Kerja Zainal hanya menyopiri Ummi ke berbagai tempat ceramahnya. Zainal dimanfaatkan teman bisnisnya sebagai kurir narkoba. Di jejaring sosial. Pendidikannya rendah. Dewi (Elma Theana).

Inem lantas jadi wanita kaya raya. Tanpa babu. Rizal Nurdin. rumah orang kaya Jakarta bisa kacau balau. Bronto yang kaya raya kemudian takluk oleh Inem. 23. Henidar Amroe Produksi: Miles Productions Eliana. Ini mungkin sedikit cacat Eliana. Riri mulai membuktikan diri bukan cuma sutradara yang bisa membuat film laris (Petualangan Sherina). Riri tetap menawarkan sesuatu yang istimewa di film ini. Namun. Eliana bukanlah film gelap. Cokro (Aedy Moward) melainkan juga atasan Cokro. Inem Pelayan Sexy justru jadi tonggak tersendiri dalam perjalananfilm komedi negeri ini. Namun demikian. Lewat Eliana. Tuan Bronto (Jalal). Sebagai sutradara muda. sampai Nyonya besar jadi tak sempat ke salon (apalagi arisan). apa jadinya kalau babu yang dipekerjakan ternyata cantik dan seksi? Tuan rumah jadi genit. Ini yang membuat Inem Pelayan Sexy tak jatuh jadi komedi biasa. Eliana (2002)Sutradara: Riri Riza Pemain: Rachel Maryam. berantakan. Abbas menyisipkan pesan moral: saat kaya Inem tak lupa diri (ia tak mengganti namanya jadi lebih trendi). Bahkan laku dijual dan ikutan jadi legenda. tapi juga sineas yang menjadikan film untuk menyampaikan gagasan. 24. ini karyanya yang menjanjikan. Gita Cinta dari SMA (1979)Sutradara: Arizal Pemain: Rano Karno. masuk kerja jadi terlambat. Jajang C Noer. Dari sini. Sementara Nyonya besar mesti ronda mengawasi. Kendati menawarkan kemuraman di awal. film ini juga tak terjebak mengumbar sensualitas porno. Inem (Doris) rupanya tak cuma menarik perhatian sang tuan rumah. Memang terlalu harafiah. Bunda (Jajang C Noer). Saat . Meski berlabel seksi. Yessy Gusman. Eliana. Hal yang kemudian ia buktikan dengan lebih baik lewat Gie (2005). Produksi: PT Tiga Sinar Mutiara Film Kisah cinta ala Romeo dan Juliet rupanya tak lekang dimakan zaman. tapi justru membela kaum miskin. di akhir film Riri memberi penutup yang manis. Sisi gelap Jakarta ia rekam dalam rangkaian dialog antara Eliana (Rachel Maryam). Gita Cinta dari SMA contohnya. Itulah realitas yang diangkat Nya Abbas Akup lewat Inem Pelayan Sexy. Eliana ia mencoba menelurkan karyanya yang personal. Kemolekan sang babu. dari film ini. Shirley Malinton. Junaedy Salat. atau supir taksi. Eliana. serta gambar kotor dan jorok pinggiran Jakarta. Tapi.Produksi: PT Candi Dewi Film Peran babu atau pembantu rumah tangga tak bisa dilepaskan dari kehidupan Jakarta.

Somad (Deddy Mizwar) yang masih dilarang pacaran. Doyok. Film ini layak dicatat lantaran menciptakan tren film remaja era berikutnya. ada yang pacaran. Sempurna tanpa cacat cela. mudah buat penonton untuk bersimpati. ada yang mendengarkan siaran bola. sedang Ratna anak orang kaya. perfilman kita punya Pengantin Remaja. 21. Galih dan Ratna sosok ideal. Wim berkelit. Somad lantas belajar buat punya pacar. 22. dan berperangai amat baik. Sajian utama tetap akting jempolan pemain lain dan cerita memikat. Rano Karno dan Yessy Gusman makin banyak menghiasi film remaja sejenis. Fifi Young Produksi: PT Aries Film Kalau Hollywood punya film drama romantis yang berakhir tragis berjudul Love Story (1970). Cintaku di Rumah Susun (1987) Sutradara: Nya Abbas Akup Pemain: Deddy Mizwar. Ada juga yang bilang gagasan film ini lahir dari Sjuman . WD Mochtar. Somad lantas kenal Zuleha (Eva Arnaz) yang seksi. Selepas film ini.050 penonton. Di siang bolong di rumah susun ada yang baru pulang belanja dengan bawaan seabrek. Ini cuma bonus. Eva Arnaz memang tampil seksi. Soundtrack-nya yang digubah Goruh Soekarnoputra juga ikut populer. kisah cinta mereka juga tak direstui orang tua). ada suami-istri sedang mesra-mesraan. Saat beredar dulu. Hingga. film ini laris ditonton orang -. Eva Arnaz Produksi: PT Parkit Film Cermin realitas sosial selalu lekat di film Nya Abbas Akup. Pengantin Remaja (1971)Sutradara: Wim Umboh Pemain: Sophan Sophiaan. Kelucuan di rumah susun lantas mengalir lancar. Macam-macam karakter disodorkan buat menunjukkan kompleksitas kehidupan di rumah susun. Sofia WD. Galih datang dari keluarga miskin. Rima Melati. Keduanya bintang kelas. Widyawati. Selayaknya kisah gubahan Shakespeare. saat hubungan mereka tak direstui. Sayangnya. Di mata penonton.diedarkan dahulu. Cermin itu pula bisa terlihat di Cintaku di Rumah Susun. banyak remaja zaman itu bermimpi ingin jadi Galih atau Ratna.disebut Perfin sebagai film terlaris ketiga di Jakarta dengan 160. Lalu. Katanya. Banyak yang menyebut film karya Wim Umboh atas skenario Sjuman Djaya ini jiplakan film Hollywood itu. Pengantin Remaja lebih mirip kisah cinta Romeo dan Juliet versi Indonesia (nama tokohnya saja Romi (Sophan Sophiaan) dan Juli (Widyawati). Gita Cinta dari SMA berkisah seputar hubungan asmara yang tak direstui antara Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessy Gusman). Di situ ada pula bujangan tua.

melainkan juga cerdas. Pengantin Remaja memang film terbaik di eranya. ditonton banyak orang sekaligus menggondol Piala Citra (selain buat Christine) untuk film. sinematografi. bila dilirik dari tahun kelahirannya. kendati pun sulit untuk tidak berkata demikian. "Orang Indonesia juga bisa bikin film yang baik seandainya mereka sungguh-sungguh. Christine mampu membuktikan diri kalau dirinya bisa berakting gemilang (ia diganjar Piala Citra di FFI 1974 untuk perannya). Sementara. Salim Said memuji film ini. Yang pasti dalam resensi di Tempo pada tahun itu. Si Mamad (1973) Sutradara: Sjuman Djaya Pemain: Mang Udel. dan untuk Teguh Karya sebagai sutradara . Film itu meraih Golden Harvest Award untuk Film Terbaik di ajang Festifal Film Asia pada 1971. Rina Hassim. di awal Orde Baru. Christine Hakim." Pada kalimat sebelumnya ia menulis. Sjuman membalutnya jadi suguhan komedi. Cinta Pertama (1973) Sutradara: Teguh Karya Pemain: Slamet Rahardjo. Entahlah. 19. Mamad amat merasa bersalah. kritik sosial macam begini terhitung jarang. di era itu wanita yang dicari buat jadi bintang film mestilah cantik dan berbadan bahenol. Yang membuat film ini punya nilai lebih." Nyatanya. Kendati tak masuk ukuran. Tubuhnya terbilang kurus. begitu kira-kira sebutannya. Sebuah langkah yang tak cuma aman. Sebuah kritik sosial yang tetap aktual hingga kini. Ia mengusung sebuah kisah komikal yang nyaris jadi tragedi. sosok Christine jauh dari ideal. Sebuah sikap yang kontras dengan sikap para petinggi yang sudah korupsi besar-besaran malah berlaku seolah tanpa dosa. Sebagai orang kecil yang tak pernah berbuat tak jujur sebelumnya. Kusno Soedjarwadi Produksi: PT Jelajah Film Christine Hakim lahir sebagai bintang film lewat Cinta Pertama. Ernie Djohan Produksi: PT Matari Film Sjuman Djaya menunjukkan sikap sosialnya lewat Si Mamad. 20. Salim menulis. "Agak berlebihan barangkali menyebutPengantin Remaja sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibikin di Indonesia sejak enam puluhan. Buat ukuran tahun itu. musik. Kisahnya seputar Mamad (Mang Udel) yang mengalami kesulitan hidup. Sebuah tragikomik. lantas melakukan korupsi kecil-kecilan di kantonya. Aedy Moward.Djaya. Filmnya sukses besar. Buat ukuran bintang film saat itu.

Hebatnya. Garin justru menampilkan sisi kehidupan anak jalanan dengan menarik. Sementara itu. Pacar Ketinggalan Kereta mendominasi ajang FFI 1989 (memboyong 8 Piala Citra). tapi juga disukai penonton. Ongky Alexander Produksi: NV Perfini Pacar Ketinggalan Kereta boleh jadi sebuah kompromi dari Teguh Karya atas selera masyarakat. Teguh juga berkompromi menggunakan aktor-aktor yang tengah populer -. Sebaliknya. baru lewat Daun di Atas Bantal Garin bertutur dalam bahasa yang lebih dimengerti penonton. Alex Komang. Pilihannya jatuh pada Ongky Alexander. Lewat Cinta Pertama. 17. Teguh Karya membuktikan diri tak cuma bisa membuat film yang dipuji kritikus. Tak mengumbar metafor atau gambar puitik yang bikin bingung. tenar lewat Catatan Si Boy. Cinta Pertama unggul lantaran tak melulu berisi cerita cinta mendayu-dayu. Teguh bersikap lumer. Walhasil. dan Nurul Arifin. tapi juga dipadu ketegangan yang melibatkan tembak- menembak di ujung film. Sarah Azhari Produksi: PT Chritine Hakim Film Garin Nugroho disebut-sebut sebagai salah satu sineas pembaharu negeri ini. Heru. Ia lahir menjelang film nasional mati suri dan diisi film-film seks semata.meski tetap mengandalkan bintang andalannya semisal Tuti Indra Malaon atau Alex Komang. bukan aktor) hadir memikat buat penonton bioskop yang sebagian besar kelas menengah kota. film-filmnya justru menuai puja-puji dan mengoleksi beragam penghargaan dari festival film di banyak negara. Nurul Arifin. Kisah yang ia ceritakan lebih mudah dipahami. Ia mengoptimalkan bahasa gambar untuk bertutur. Selain itu. 18. di lain pihak. Akan tetapi. Nah. Garin hadir membuat film yang lain. Teguh tak mengabaikan kualitas filmnya. Setelah bertahun-tahun membuat film serius macam November 1828 (1979) sampai Ibunda (1986).terbaik. Jurus andalannya: teliti menata artistik film sampai mengontrol gerak pemain tetap kelihatan. Kahncil. hasilnya film Garin sering tak dimengerti penonton kebanyakan. . Sugeng. walau mencoba kompromi. Realitas anak jalanan (yang dibintangi anak jalanan sungguhan. Pacar Ketinggalan Kereta (1988)Sutradara: Teguh Karya Pemain: Tuti Indra Malaon. Filmnya lenier. Daun di Atas Bantal (1997)Sutradara: Garin Nugroho Pemain: Christine Hakim.

Si Doel yang anak Betawi itu makan dengan sendok garpu. . sebagai karya sinema Petualangan Sherina bukanlah film buruk. Melainkan bereksplorasi dengan geger budaya yang dialami orang Betawi asli di tengah belantara metropolitan Jakarta. Si Doel Anak Modern (1976) Sutradara: Sjuman Djaya Pemain: Benyamin S. Achmad Albar. Christine Hakim. penontonnya mungkin tak sebanyak itu. Petualangan Sherina (1999) Sutradara: Riri Riza Pemain: Sherina Munaf. pemeran Si Doel. Film karya Riri Riza ini mampu mengundang 1. orangtua mengantre mengajak anaknya ke bioskop. sampai memilih potongan rambut kribo.meninggalkan tradisi Betawi sebagai akarnya -. tapi kelucuan demi kelucuan yang dilakoni Benyamin S. Baru setelah film ini datang. Mathias Muchus Produksi: Miles Productions Sebuah tontonan yang mengingatkan kita pada Home Alone (1990). Ia mengusung tema besar.ini film musikal. Tutie Kirana Produksi: PT Matari Artis Film Jakarta yang berkembang jadi kota metropolitan -.6 juta penonton ke bioskop. Sebelum Petualangan Sherina. Si Doel Anak Betawi (1973). Uci Nurul. Film ini jadi tak berisi uraian berat filsafat. apa yang terjadi saat orang yang masih memegang tadisi lama bersentuhan dengan kehidupan modern? Kegagapan apa yang terjadi? Yang membuat Si Doel Anak Modern jadi karya besar lantaran pilihan Sjuman untuk menyampaikan pesannya dengan cara komedi. Pada kenyataannya. 15. 16. lebih suka pakai motor Jepang. Sjuman tak membuat film sedih berisi kejamnya ibu kota. Syahdan. Kala anak kecil mempecundangi orang dewasa. Petualangan Sherina bertahan di bioskop selama berminggu-minggu. bioskop tanah air melulu diisi film esek-esek. Riri mampu bercerita dengan lancar diselingi lagu-lagu Sherina -. pada film lanjutannya Sjuman berdialektika atas pikirannya sendiri.dilirik sutradara Sjuman Djaya dengan amat jenial lewat Si Doel Anak Modern. Jika Petualangan Sherina bukan film menarik. saat menjadi modern. Petualangan Sherina jadi film besar lantaran dianggap sebagai penanda kebangkitan perfilman nasional. Ini sekuel film Sjuman yang lain. Kalau pada film pertama Sjuman menyutradarai berdasar novel aslinya. Derby Romero.

Jenny Rachman.456). 14. Yustina diceritakan sebagai dosen perawan tua di "kampus biru".Bobby (1974) danRahasia Gadis (1975). Kampus Biru juga dicatat sebagai film pertama yang merekam utuh kehidupan kampus." ujarnya suatu kali pada Bintang. Yusnita sebenarnya. Roy benar. Ada seorang lelaki bernama Goenadi (Alex Komang) yang terombang-ambing antara dua wanita dan pemihakan kepada bangsa sendiri atau musuh -- dalam suasana pergerakan pemuda Indonesia 1930-an. Roy Marten main dua film yang kurang sukses di pasaran -. Ini sebuah tema berani. Rae Sita. Nah. Menurut antropolog Karl G. Doea Tanda Mata (1984) Sutradara: Teguh Karya Pemain: Alex Komang. Heider. Farouk Afero Produksi: PT Safari Sinar Sakti Film Sebelum Kampus Biru. 12. sang sutradara. yang terlibat cinta dengan mahasiswanya. Teguh menuturkan kisahnya mirip pembagian babak yang menyerupai naik-turunnya layar di panggung teater. Kampus Biru (1976) Sutradara: Ami Prijono Pemain: Roy Marten. sebutan buat Universitas Gajah Mada. Kampus Birudisebut sebagai film Indonesia pertama dengan adegan ciuman di bibir secara penuh. Doea Tanda Mata dikenang sebagai film yang oleh JB Kristanto "luput dari cacat umum film Indonesia. Si Doel Anak Betawi (1973) Sutradara: Sjuman Djaya . Yatie Octavia. Hingga ia jadi tontonan wajib mahasiswa atau mantan mahasiswa masa itu. ditonton 168. Semua itu didukung gambar-gambar dinamik sorotan George Kamarullah." 13. Anton (Roy). Dalam film ini Teguh Karya mengajak merenungkan kembali makna kemurnian perjuangan. Rae Sita adalah Dra. Sylvia Widiantono Produksi: PT Citra Jaya Film Nasionalisme jadi tema besar yang diusung Doea Tanda Mata. Rae Sita juga dipuji habis. Salim Said amat memuji akting Rae. "Inilah titik balik dalam perjalanan karier saya. Dengan tata artistik sempurna khas Teguh. mengangkatnya dari novel populer Ashadi Siregar. Kampus Biru sukses besar (terlaris ketiga pada 1976. Kritikus film Marselli Sumarno menyebut Doea Tanda Mata punya cerita yang mengalir runut tapi disertai gejolak. Ami Prijono. Selain itu pula. yakni inkonsistensi dan ke- tidaktaatasas-an. Selain Roy. Di matanya. baru di Kampus Biru Roy menemukan momentum jadi bintang idola.

Sjuman menekankan kalau Doel bersekolah-sebagai pesan untuk memutus lingkaran anak Betawi yang tak berpendidikan formal.Pemain: Rano Karno. melawan kerasnya hidup (ia harus membantu ibunya berjualan kue buat menyambung hidup). Dalam buku Katalog Film Indonesia. dan Indriati Iskak) sulit dilupakan. bukan film berat berisi perjuangan revolusi atau kritik sosial. Chitra Dewi. Doel diperani Rano Karno saat masih kecil. Tutie Kirana Produksi: PT Matari Film Saat karya sastra diangkat ke layar lebar-di antaranya Salah Asuhan (1972)- Sjuman Djaya memilih mengadaptasi novel Aman Datoek Madjoindo berjudul Si Doel Anak Betawi. Ini cerita seputar suka-duka kehidupan Doel. Suasana riang novel bisa teralihkan ke film. Tino Karno.mungkin karena ini film pop. Chitra Dewi. Akting tiga bintang utamanya (Mieke Wijaya. Tiga Dara mengisahkan kehidupan 3 perempuan kakak-beradik berikut suka-duka mereka (hubungan saudara yang kerap ribut-ribut kecil sampai problem dengan lelaki). PT Sufin Ibunda boleh dibilang puncak pencapaian Teguh Karya atas persoalan sehari- hari. sampai menghadapi tekanan anak-anak nakal terekam baik. Ibunda (1986)Sutradara: Teguh Karya Pemain: Tuti Indra Malaon. diselingi nyanyian merdu (ini film musikal). Niniek L Karim Produksi: PT Satria Perkasa Esthetika Film. Ini juga sebagai peletak buat film lanjutannya. telah jadi pria modern. Ketiganya cantik-cantik dan muda. JB Kristanto menilai Si Doel Anak Betawisebagai film anak-anak "yang boleh dikatakan berhasil. 10. Saat diedarkan dahulu Tiga Dara tergolong film laris di era 1950-an. Saat Si Doel (diperani Benyamin S). Dewi Rosaria Indah. Mereka juga bermain bagus. Pantas rasanya bila Tiga Dara jadi penanda kultural untuk film remaja dari sebuah era (1950-an). Si Doel Anak Modern (1976). Suka duka kehidupan Doel yang mencari figur ayah (setelah ditinggal mati ayahnya). seorang anak Betawi asli. Alex Komang. Yang membuatnya abadi. Usai berpeluh mengangkat tema besar seperti nasionalisme dalam November 1828 atau Doea Tanda Mata. karena mengenyam pendidikan." Di akhir film. Ayu Azhari. flm ini masih enak ditonton hingga kini. Tiga Dara (1956)Sutradara: Usmar Ismail Pemain: Mieke Wijaya. Indriati Iskak) Produksi: Perfini Tiga Dara ditasbihkan jadi film karya Usmar Ismail yang paling dikenal orang banyak -. 11. Teguh seolah kembali ke .

Nani Widjaja. Kalau di film- film sebelumnya Arifin bergenit-genit ria mengusung tema besar dengan penggarapan kolosal (Serangan Fajar. Akor ganteng Nicholas Saputra didapuk memerankan Soe Hok Gie. skenario yang bagus. menyebut Taksi sebagai akhir petualangan dan kegenitan sutradaranya. Seputar kisah seorang ibu (Tuti Indra Malaon) yang menemukan anak-anaknya disesaki masalah pelik masing-masing." 9. lewat Taksi Arifin tampil sederhana. Pandangan dan kisah hidupnya memikat Mira Lesmana dan Riri Riza. Ibunda punya cerita sederhana. dan penyutradaraan yang teliti telah menemukan bentuknya lewat pemain yang tampil sempurna. aktivis mahasiswa 1960-an. akan tetapi ia bisa berakting (buktinya Nico diganjar FFI 2005 buat aktor terbaik). Salim melengkapi pujiannya atas Ibunda dengan. Noer. Kristanto menulis.dan justru memikat. Meriam Bellina. danJakarta 1966). Thomas Nawilis Produksi: Miles Productions Soe Hok Gie. Selain ceritanya sederhana. Taksi (1990)Sutradara: Arifin C. Tapi justru saat sederhana itu film yang ia hasilkan amat baik. dalam bahasa Salim Said. Keduanya lantas menggagas buat mengangkat kisah hidup Gie ke layar lebar. Produksi: PT Raviman Film JB Kristanto. "tanpa tanda seru yang meminta perhatian. Gie (2005) Sutradara: Riri Riza Pemain: Nicholas Saputra. Gie jadi sosok . mengangkat tema yang bisa saja dialami orang kebanyakan. Ibunda tampil dengan dialog wajar. pas. Teman-temannya semasa aktivis juga ikutan korup. penulis buku Katalog Film Nasional. Arifin C. dan. Hasilnya jadilah Gie." Tapi di sinilah justru letak keunggulan Ibunda. telah jadi sosok bak pahlawan. sang supir taksi yang sarjana filsafat dan penumpangnya. Tentu tampang Nico yang ganteng tak mirip Gie asli. atas makna hidup berlangsung seadanya -. 8. film ini punya gagasan lebih besar dari sekadar mengisahkan kisah hidup sosok Gie. pemilik Miles Productions. "puisi dan wajah Indonesia yang selalu ingin diraihnya malah muncul. Wulan Guritno. Pengkhinatan G-30-SPKI. Selain itu. "cerita yang baik." Taksi tampil sarat makna tanpa mesti menggurui dan membodohi penonton. Dessy (Merriam Bellina).bumi. malah menemukan rezim korup baru. Noer Pemain: Rano Karno. Sita Nursanti. Proses pencarian jati diri Giyon (Rano Karno). Yakni bagaimana seorang yang ikut berjuang menumbangkan rezim korup.

Ia sebuah drama di tengah medan perang. Arisan! yang jadi film terbaik FFI 2004 ini juga melahirkan . PT Gemini Satria Film. Aida Nurmala. Filmnya bertutur seputar pengepungan di rumah keluarga Kromoludiro (Maruli Sitompul). November 1828 (1978) Sutradara: Teguh Karya Pemain: Maruli Sitompul. 6. Yenni Rachman. penghujung 1970-an.kesepian. kehidupan kaum jetset Jakarta dipenuhi topeng alias kemunafikan. Dalam rumah itu berbagai drama yang menguras kemampuan akting setiap pemainnya berlangsung.awal abad ke-19. Sunarti. Ada drama seputar dilema memilih menyerah pada penjajah -. Film ini melibatkan beberapa tokoh sejarah buat jadi penasihat. 7. Semuanya campur-aduk dalam balutan komedi segar. segala tetek bengek artistik itu tak dipakai buat banyak adegan kolosal. pengikut setia Sentot Prawirodirdjo.atau berpegang teguh pada prinsip perjuangan mengusir penjajah. Nia tak cuma menghibur. PT Garuda Film Untuk ukuran tahun itu.lantaran keselamatan keluarga terancam -. Lewat Djam Malam (1954). Arisan! juga jadi darah segar saat perfilman kita yang bangkit lagi dipenuhi film remaja dan horor. Di luar itu. Sebuah gagasan yang mengingatkan kita pada mahakarya Usmar Ismail. November 1828 ditasbihkan sebagai film termahal. El Manik Produksi: PT Intersindo. November 1828 bukanlah jenis film itu. Pesannya jelas. Slamet Rahardjo. Arisan! (2003) Sutradara: Nia DiNata Pemain: Tora Sudiro. Arisan! paling tepat ditunjuk sebagai film yang menelanjangi kehidupan di zamannya. menggarap realitas ini mengingatkan kita pada kemampuan senada yang dimiliki sutradara besar lain macam Sjuman Djaya atau Asrul Sani. Ada perselingkuhan. dilema cinta sesama jenis. Kepiawaian sang sutradara. Surya Saputra Produksi: Kalyana Shira Film Untuk ukuran tahun 2000-an sekarang. Nia DiNata. ia juga mengajak penonton untuk jujur pada diri sendiri. Cut Mini. tukang jahit. otak perang Pangeran Diponegoro. Tanpa tedeng aling- aling. Dana yang dihabiskan utamanya digunakan untuk membuat seting semirip zaman yang ingin diceritakan dalam film -. Uniknya. dan entah siapa lagi buat menghidupkan realitas yang terjadi dua abad lalu. hingga upaya mempertahankan nilai-nilai keluarga. Film itu tak kurang menelan dana 240 juta rupiah buat memproduksinya. Arisan! menampilkan problematika hidup kaum borjuis Jakarta.

". Asrul berhasil membuat kelakar jenius tentang hubungan pria dan wanita.551 orang). Kejarlah Daku Kau Kutangkap tipe film seperti itu. Apalagi yang membuatnya Teguh Karya. . Bertahun-tahun selewat peredarannya. Roy Marten. sutradara yang piawai membuat film-film bermutu. Itu idiom cinta yang ditambahkan Asrul pada kamus cinta. Slamet Rahardjo. Semua ini berawal dari skenario cerdas yang dibuat Asrul Sani. hingga cinta akhirnya mengalahkan segalanya. Lydia Kandou. Selain itu. yang membuat Badai Pasti Berlalu dikenang juga lantaran tata musik berikut lagu temanya yang digubah Eros Djarot. Tora Sudiro (pemeran Sakti yang gay) namanya. pengarahan kuat dari Chaerul Umam.bintang baru. film ini masuk urutan kedua film terlaris 1978 (ditonton 212. Ully Artha. sang sutradara. Nah. film itu masih asyik buat ditonton. Hingga saat difilmkan. orang tentu ingin menontonnya. ia terpaksa membuat film itu. yang digenapi akting prima dari Deddy Mizwar. saat beredar dulu. Kejarlah daku. dan balas budi dari film-film terdahulu yang kurang laku. Mieke Wijaya Produksi: PT Suptan Film Badai Pasti Berlalu jadi film Teguh Karya yang paling laris ditonton. 4. Badai Pasti Berlalu memang diangkat dari novel pop. Penonton tak sekadar diajak tergelak. kisahnya memang sudah populer duluan saat dimuat bersambung oleh Kompas dan kemudian dinovelkan. Hasilnya. ingin nafas. cinta dan gengsi." ujarnya seperti dimuat Pikiran Rakyat pada 1978. 5. ya film pop. Hasilnya. Selain saya ingin memvisualkan sebuah novel ke dalam bahasa visual. Sebelum diangkat jadi film. film ini layak ditasbihkan sebagai situasi komedi terbaik yang pernah dihasilkan sineas kita. dan Ikranegara. Ikranegara Produksi: PT Prasidi Teta Film Film baik tak lekang dimakan zaman. Padahal buat Teguh sendiri. Badai Pasti Berlalu (1977) Sutradara: Teguh Karya Pemain: Christine Hakim.. Tak kurang. Dalam film ada hubungan Ramadhan (Deddy) dan Mona (Lydia) yang berkisar antara cinta dan benci.. Ully Artha. Lydia Kandou. tapi kau yang akan kutangkap. Lagu temanya abadi hingga kini. Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1985) Sutradara: Chaerul Umam Pemain: Deddy Mizwar.

Naga Bonar menyindir pemujaan pada para pahlawan. Rita Zaharah . Selepas AAdC? lahir film-film bertema sejenis. Nurul Arifin. Kalau dulu Gita Cinta dari SMAmelahirkan sosok Galih dan Ratna. tak semua pejuang di masa lampau itu punya niat suci membela negeri. sejak Gita Cinta dari SMA (1979) dulu baru ada lagi film Indonesia yang begitu digandrungi remaja. Asrul Sani lagi-lagi membuktikan bakat besarnya sebagai salah satu penulis cerita terbaik yang pernah dipunyai negeri ini. begitu lancar bertutur (Rudi dapat Piala Citra di FFI 2004).tak cumakisah kasih Rangga dan Cinta. Roldiah Matulessy. hingga niatan buat mencintai karya sastra (siapa yang bisa lupa kalau berkat film ini. Pantas rasanya bila film ini memborong 7 Piala Citra di FFI 1987. 2. 3. Ada dilema antara persahabatan dan cinta. Ada Apa dengan Cinta? (2001)Sutradara: Rudi Soedjarwo Pemain: Nicholas Saputra. Ladya Cheryl Produksi: Miles Productions Ada Apa dengan Cinta? (AAdC?) jadi salah satu film penting negeri ini. Film ini berpesan. Sejak AAdC?. Pitrajaya Burnama. berisi sekaligus menghibur. Melahirkan tren yang sudah lama hilang dari jagad sinema kita: film bertema remaja. Selain itu. Naga Bonar tampil lengkap. lalu dicetak ulang. ia tak berkelakar sembarangan. sang sutradara. tergarap dengan baik. Ada yang cuma bisa bicara saja. AAdC? juga lebih manis. Naga Bonar hadir buat berkelakar.7 juta orang di bioskop. Naga Bonar (1986) Sutradara: MT Risyaf Pemain: Deddy Mizwar. Dian Sastrowardyo. di lihat sebagai karya sinema. dan laris manis). Tren itu juga merambah ke teve. Yang jadi bahan kelakar justru pejuang negeri saat perang kemerdekaan berlangsung. datang berduyun-duyun sinetron bertema remaja. AAdC? lebih unggul di atas Gita Cinta lantaran kisahnya yang kompleks -. AAdC? punya Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo). 1. Sebagai karya sinema. Slamet Rahardjo. yang begitu dipikir lebih dalam ternyata mengandung makna luhur. Afrizal Anoda Produksi: PT Parsidi Teta Film Lewat Naga Bonar. buku langka berjudul Aku dicari. Namun. tanpa cacat cela. Rudi Soedjarwo. Titi Kamal. Asrul piawai menghadirkan dialog yang memicu tawa. Tjoet Nja' Dhien (1986)Sutradara: Eros Djarot Pemain: Christine Hakim. Tapi dari sosok inilah kemurnian perjuangan lahir. Jenderal Naga Bonar (diperankan dengan gemilang oleh Deddy Mizwar) pun aslinya pencopet. Nah. AAdC? tak kurang ditonton sekitar 2. Rasanya.

dan kebesaran jiwa. Tak aneh rasanya kalau Tjoet Nja' Dhien merupakan puncak pencapaian dunia perfilman kita yang belum terlewati hingga kini. Hari pertama pembukaan kelas baru di sekolah SD Muhammadyah menjadi sangat menegangkan bagi dua guru luar biasa. Pemeran utamanya. Laskar Pelangi Sutradara : Riri Riza SEBUAH adaptasi sinema dari novel fenomenal “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Harun. Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara). Melainkan juga berisi drama. Berkat Tjoet Nja' Dhien. seorang murid istimewa menyelamatkan mereka. PT Ekapraya Film Sebuah masterpiece! Tak ada yang menyangkal Tjoet Nja' Dhien (1986) dibilang begitu. nyaris tanpa cacat (diganjar 8 Piala Citra di FFI 1988). Christine berakting sempurna. Sadam (Derby Romero). mendapatkan kerja pertanian sesuai dengan impiannya. Film debut penyutradaraan Eros Djarot itu butuh waktu dua tahun buat menyelesaikannya.www. sebagai Tjoet Nja' Dhien. Belitong. serta 9 orang murid yang menunggu di sekolah yang terletak di desa Gantong. sekolah akan ditutup.Produksi: PT Kanta Indah Film.Tjoet Nja Dhien tak berisi uraian biografis kehidupan pahlawan dari Tanah Rencong itu. Sebab kalau tidak mencapai 10 murid yang mendaftar. sebagai sebuah kesatuan karya sinema. Hari itu. Ke 10 murid yang kemudian diberi nama Laskar Pelangi oleh Bu Muslimah. setiap aktris muda pasti menyebutnya sebagai panutan atau bintang idola. . ia mendapat musuh. Christine Hakim jadi legenda hidup gara-gara film ini. yaitu Darmawan (Mathias Muchus). Filmnya sendiri. Di sekolahnya yang baru.com] 8 Film Anak Indonesia Terbaik 1. Tak cuma Christine saja yang serba bagus di film ini. PETUALANGAN SHERINA Sutradara: Riri Riza Ayah Sherina (Sherina Munaf). Sherina ikut pindah ke Bandung Utara. menjalin kisah yang tak terlupakan. insinyur pertanian. yang ternyata anak dari majikan Darmawan. [sumber. Tak ada yang menyangkal pula. 2. Ardiwilaga (Didi Petet). yang mengambil setting di akhir tahun 70-an. pengkhianatan.tabloidbintang.

Tatiana (Alexandra Gottardo). 6. Sebuah keluarga yang ayahnya sudah wafat adalah salah satu keluarga yang menerima konflik tersebut. dan ia sering membuat ulah setiap datang kunjungan calon orang tua yang ingin mengadopsi mereka. Anton si ahli api. Namun. 7. si kerdil yang tempramental. Rindu Purnama Sutradara : Mathias Muchus . Di panti itu Rena memiliki `adik- adik’ yang sangat ia lindungi. Timor-Timur berpisah dari Indonesia. 5. Baron harus mewakili sekolahnya ikut perkemahan Pramuka dan satu regu dengan Rusdi. pramuka supel yang kelewat optimistis dan kerap kali membuat Baron jengkel. Ia pun memilih untuk menutup diri dari lingkungan barunya dan sibuk sendiri bermain mobil RC. Merry (Griffit Patricia) memutuskan untuk memilih tetap berada di Indonesia dan bersekolah di sekolah kecil yang berguru ibunya. Denias (Senandung di Atas Awan) Sutradara: John de Rantau Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak suku pedalaman Papua yang bernama Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Untuk Rena Sutradara : Riri Riza Rena (Maudy Ayunda). mereka memulai petualangan barunya di Perkemahan. 5 Elang Sutradara : Riri Riza Baron sangat kesal ketika harus mengikuti orang tuanya pindah dari Jakarta ke Balikpapan. Cerita dalam film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang anak Papua yang bernama Janias. sebuah panti asuhan yang damai dan penuh tawa. dan Aldi. atau memutuskan berpindah ke Timor Timur. datang seorang tamu misterius bernama Yudha (Surya Saputra) ke Rumah Matahari. 11 th. Seluruh setting lokasi dilakukan di pulau Cendrawasih ini. Hal ini membuat Rena sangat khawatir karena ia menduga Oom Yudha datang untuk mengambil salah satu adik-adiknya.3. Tanah Air Beta Sutradara: Ari Sihasale Tahun 1998. 4. karena satu dan lain hal. yakni di Kupang. Menjelang bulan suci Ramadhan. Bersama dengan anggota lain. Banyak keluarga yang mendapatkan konflik internal antara tetap berada di Indonesia. membuat perpisahan harus terjadi. sejak kecil tinggal di Rumah Matahari.

dan mengubah pandangan kita semua tentang junkfood 9. Rindu tertabrak mobil yang ditumpangi Surya (Tengku Firmansyah). Demi membahagiakan orang tuanya. 8. Andi (Tara Maulana). Slamet (Muzaki Nur Islami) dikejar-kejar Satpol PP. pamannya. Super Size Me Super size me adalah sebuah film dokumenter karya morgan spurlock. keahlian istimewanya tak sengaja dilihat oleh Coach Timo yang tengah hiking bersama Matias di lereng Bromo. Sarah (Ririn Ekawati). film ini membuat mcd menghentikan produksi 'super size' dalam makanannya. Wahyu memanfaatkan keahliannya dalam bermain bola dengan menjadi pemain sewaan dan bermain bola dari satu tim desa ke tim desa lain dengan bantuan Hasan. ayah Wahyu sangat tidak menyukai apa yang dilakukan anaknya. Pelatih Timo kemudian menawari Wahyu untuk datang ke Malang dan menjalani tes bersama Persema Malang 10 Film Yang Mampu Mengubah Pandangan Dunia 10. Sayangnya Pak Darto. membuat cemas pengasuhnya di rumah singgah anak jalanan. mencoba untuk menemukan pekerjaan dia bisa bertahan hidup sendiri.Anak-anak jalanan Rindu (Salma Paramitha). Hilangnya Rindu. Ipang (Irfansyah). Tendangan Dari Langit Sutradara: Hanung Bramantyo Wahyu (16 tahun) memiliki kemampuan luar biasa dalam bermain sepakbola. Mereka lari menyelamatkan diri. Film ini penggambaran karakter perjuangan itu begitu realistis dan bergerak itu . Rindu memilih menyeberang jalan di antara padatnya mobil yang lewat. film ini mendokumentasikan bagaimana spurlock menjadi tambah besar akibat makan mc donalds dengan porsi jumbo dalam 30 hari. yang setelah meninggalkan rumah untuk melarikan diri dari ibu pecandu alkohol. dan ibunya. Surya pergi dengan taksi. sopirnya membantu melarikan Rindu ke rumah sakit terdekat. Rosetta Bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Rosetta. Ia tinggal di Desa Langitan di lereng gunung Bromo bersama ayahnya seorang penjual minuman hangat di kawasan wisata gunung api itu. Suatu hari saat Wahyu bermain bola dengan rekan- rekannya.

dengan sejumlah tindak kekerasan. Dengan pemikiran ini. dan kesuksesannya membantu para penambang di Harlan County serta bagian lain dari negara memperoleh kesadaran publik yang mereka butuhkan untuk menjamin kondisi kerja yang lebih aman 6. Jfk film tentang pembunuhan John F. film ini di rilis tahun 99. namun yang terpenting. dan ada sedikit keraguan bahwa beberapa insiden kekerasan itu dihindari hanya karena dia dan kru film yang hadir sebagai saksi. dan hanya setelah salah satu dari penambang ditembak mati bahwa beberapa kompromi akhirnya tercapai. Kennedy seketika menjadi salah satu film paling kontroversial yang pernah dibuat ketika itu perdana pada tahun 1991. Film. 2001 adalah salah satu Film yang paling inovatif. tapi ketika dirilis pada tahun 1968. Kopple kamera berada di sana untuk mendokumentasikan semua itu. Film ini memenangkan Academy Award untuk Best Documentary pada tahun 1976. USA Film dokumenter ini diikuti 180 pekerja tambang batu bara di Kentucky yang mogok kerja.mampu mengilhami hukum baru di Belgia yang melarang para majikan dari pekerja remaja membayar apa-apa kurang dari upah minimum. itu merebut imajinasi publik tentang kemungkinanperjalanan ruang angkasa. yang dipuji karena perhatian terhadap detail dan realisme ilmiah. itu sedikit mengejutkan bahwa ketika mereka mendarat di bulan dengan Apollo 11 astronot menggambarkan pemandangan sebagai "persis seperti 2001 7. Harlan County. kritikus dan sejarawan menyerang dengan teori tentang pemerintah kemungkinan konspirasi di balik pembunuhan . berhasil memperoleh penghargaan Palm d’Or at di Cannes film festival 8. dan benar- benar membingungkan yang pernah dibuat. seperti TV layar datar dan perangkat lunak pengenalan suara. Bahkan sebelum dirilis. yang pada bagian ruang mengikuti misi untuk Saturnus. 2001: A Space Odyssey Mungkin sulit untuk membayangkan sekarang. dan mengilhami banyak ilmuwan NASA yang akan menempatkan manusia di bulan setahun kemudian. imajinatif. dan sejumlah teknologi itu diperkirakan. Pengaruhnya terhadap film kemudian beragam. sejak itu terjadi.

film ini telah menjadi tampilan yang diperlukan bagi pejabat pemerintah di sejumlah negara Eropa berbeda-beda. Triumph Of The Will adalah contoh utama dari cara-cara seni yang dapat digunakan untuk tujuan kejahatan. Kennedy. dan dikutuk oleh sejumlah pejabat pemerintah. Semua perhatian media ini hanya menyumbang pada kesuksesan film. Tahun 60- an adalah masa dekolonisasi besar-besaran di seluruh dunia. film tentang bahaya yang mungkin pemanasan global menjadi fenomena budaya. Seolah- . dengan mengatakan bahwa Stone banyak bermain cepat dan lepas dengan fakta dan bahwa film Kennedy warisan ditolak. Stone menerima ancaman mati yang tak terhitung. The Battle of Algiers film ini merupakan bagan perjuangan dari Perang Kemerdekaan Aljazair pada 1950-an. dan membantu untuk memulai kembali perdebatan mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Dallas pada tahun 1963 5. dan banyak yang mengklaim bahwa The Battle of Algiers muncul sebagai semacam manual untuk bagaimana melakukan perang gerilya perkotaan dan. dan telah dikatakan bahwa kelompok-kelompok seperti Black Panthers dan Tentara Republik Irlandiamelaksanakan beberapa taktik yang digunakan dalam film. An Inconvenient Truth Tidak ada yang menyangkal film buatan mantan Vice President Al Gore ini. 3. An Inconvenient Truth adalah dikreditkan dengan meningkatkan kesadaran akan masalah di seluruh dunia dan membantu untuk membuat perubahan iklim menjadi topik utama perdebatan dalam kampanye politik berikutnya. Pada tahun-tahun sejak rilis. dan itu bahkan diputar di Pentagon pada tahun 2003 sebagai contoh masalah yang dihadapi oleh militer AS di Irak. Triumph Of The Will Film propaganda yang prototipikal. Selain menjadi film dokumenter terlaris tertinggi keempat dalam sejarah AS.Presiden John F. karena bersifat 'flaming' film ini dilarang di Perancis selama lima tahun setelah rilis. dan bahkan telah digunakan-untuk banyak kontroversi-sebagai bagian dari kurikulum sains di beberapa sekolah tinggi Amerika 4. Pengaruh film begitu jauh mencapai yang telah sejak digunakan sebagai alat pengajaran untuk kontra-tim.

Sebagai hasil dari publisitas yang mengelilingi dirilisnya The Thin Blue Line. film ini bercerita tentang Randall Dale Adams. termasuk Boston dan Philadelphia. Morris menggunakan film untuk menggambarkan bahwa kesaksian saksi mata dari kejahatan yang tidak bisa diandalkan. Menggunakan penelitian dan sejumlah bergaya reenactments. dan memberikan kembali kebebasannya. seorang pria yang salah dijatuhi hukuman mati karena pembunuhan seorang perwira polisi Dallas. termasuk NAACP. pembunuhan Abraham Lincoln. Film ini sukses besar. Triumph Of The Will adalah aktualitas yang dibangun dengan hati-hati potongan propaganda yang dirancang untuk juara ideologi Adolf Hitler 2. Itu dikutuk oleh sejumlah organisasi. dan beberapa kota besar dilarang rilis. Di tempat itu dirilis. The Birth Of A Nation pertama kali dirilis pada tahun 1915. dan bahwa sejumlahsaksi-saksi lain dalam persidangan telah melakukan sumpah palsu. dibebaskan dari tuduhan pembunuhan. The Thin Blue Line dirilis pada tahun 1988. kerusuhan sering pecah. dan setidaknya satu orang kulit putih dibunuh remaja hitam setelah melihat itu 1. tapi segera datang sorotan untuk ketidak akuratan sejarahdan terang- terangan rasisme. dan pembentukan Ku Klux Klan. Adams akhirnya diberi kesempatan di pengadilan ulang. dan gaya TKP reenactments ini sangat berpengaruh pada film berikutnya dan acara televisi .olah sebuah film dokumenter tentang Kongres 1934 Partai Nazi di Nuremberg. Film menyapu narasi mengikuti peristiwa-peristiwa sekitar Perang Saudara Amerika. Film ini kini dianggap sebagai klasik dari film-film dokumenter.