You are on page 1of 5

LAPORAN PRESENTASI JURNAL

Hubungan Kadar Magnesium Dengan Kejadian Preeklamsi

Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Rsup Dr. M. Djamil Padang Tahun 2015

Stase Maternitas

Disusun Oleh:

Nama NIPP

Anindya Sekar Utami 20164030076

Miranda Ayu 20164030063

Rahmawati 20164030062

Evi Novita Sari 20164030082

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN NERS
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2017

4%. Hasil uji Chi-Squaredidapat nilai p value = 0.000 ibu meninggal di dunia karena preklampsia. I Hasil Kejadian preeklamsi banyak ditemukan pada kelompok kasus (56. . kecil kemungkinan ibu akan sembuh sempurna setelah mengalami preeklampsia D Design Jenis penelitian analitik dengan desain case control yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk melihat perbandingan derajat keterpaparan antara kasus dan kontrol.8%) dibandingkan kelompok kontrol (35. M. proteinuria dan edema yang timbul karena kehamilan.51%-38. Selain itu. Tingginya angka kejadian preeklampsia yang tidak terkontrol memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap tingginya angka kematian ibu. E Tempat penelitian dan waktu penelitian Penelitian ini telah dilaksanakan di RSUP Dr. M. WHO menyatakan angka kejadian preeklampsia pada tahun 2013 berkisar antara 0. Sampel terdiri dari sampel kasus dan kontrol dengan perbandingan 1:1 yaitu sebanyak 111 orang sampelkasus dan senbanyak 111 orang sampel kontrol.002 (p < 0. Insiden preeklampsia di negara berkembang berkisar dari 1:100 sampai 1:1700. Djamil Padang dengan menggunakan daftar checklist. Djamil Padang tahun 2015. M.A Judul Hubungan Kadar Magnesium Dengan Kejadian Preeklamsi Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Rsup Dr. Di negara maju angka kejadian preeklampsia ber kisar 6%-7% sedangkan angka kejadian di Indonesia adalah sekitar 3. Djamil berjumlah 265 orang. F Tujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kadar magnesium dengan kejadian preeklampsi pada ibu hamil trimester III di RSUP Dr.05) artinya ada hubungan kadar magnesium dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil trimester III di RSUP Dr.4-8. B Penulis Hendri Devita dan Vitri Yuli Afni Amran C Latar belakang Preeklampsia adalah penyakit hipertensi. M. dengan total sampel sebanyak 222 orang H Instrumen Data pada penelitian ini adalah data sekunder melalui studi dokumentasi rekam medik di RSUP Dr. Djamil Padang Tahun 2015. Djamil Padang tahun 2015. M.5%.1%). Setiap tahun sekitar 50. M. Djamil Padang pada bulan Februari-Juni 2015. G Sampel Populasi semua ibu hamil yang tercatat di rekam medik RSUP Dr.

id/index. penelitian dimulai dengan mengidentifikasi kelompok penyakit (variabel dependen) atau efek (kasus yaitu kelompok ibu yang mengalami preeklampsia dan kelompok tanpa efek (kontrol) yaitu kelompok ibu yang tidak mengalami preeklampsia). M.1%). Pada desain ini. Diterima 26 Oktober 2015.8%) dibandingkan kelompok kontrol (35. L CRITICAL APPRAISAL A Critical appraisal judul Dalam penulisan judul sudah benar karena tidak menggunakan “? dan !”. Vitri Yuli Afni Amran Program Studi D III Jurusan Kebidanan. Hasil uji Chi-Square didapat nilai p value = 0. Djamil Padang tahun 2015. Kemudian baru diidentifikasi faktor risiko (variabel independen) yaitu kadar magnesium. penelitian mungkin bisa diberikan pada ibu yang berencana hamil bukan hanya diberikan pada kehamilan trimester III saja. Dipublikasikan 1 April 2016.002 (p < 0. 2 Kesimpulan . B Critical appraisal penulisan Penulis pada penelitian ini adalah Hendri Devita. D Critical appraisal metode dan uji statistic Jenis penelitian analitik dengan desain case control yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk melihat perbandingan derajat keterpaparan antara kasus dan kontrol.ac.2 m. K Saran Disarankan bagi peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian dapat memberikan gambaran tentang tentang fungsi magnesium. Disetujui 24 Maret 2016. E Critical appraisal hasil dan kesimpulan 1 Hasil Kejadian preeklamsi banyak ditemukan pada kelompok kasus (56. Pernyataan tersebut mungkin di paparkan untuk menyatakan bahwa jurnal ini lebih spesifik pada pasien preeklamsi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti sesuai dengan bidangnya yaitu penelitian yang dilakukan dibidang kesehatan khususnya kebidanan. C Critical appraisal penerbit Jurnal ini di publikasikan oleh http://jurnal. maka diharapkan kepada petugas kesehatan untuk dapat melakukan deteksi dini kejadian preeklamsia yang salah satunya dengan melakukan pemeriksaan magnesium dan memberikan terapi magnesium.J Kesimpulan Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kadar magnesium berhubungan dengan kejadian preeklampsia. Jadi tidak ada kesalahan dalam penulisan judul.php/jkma/.unand.05) artinya ada hubungan kadar magnesium dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil trimester III di RSUP Dr.

sayuran hijau. maka diharapkan kepada petugas kesehatan untuk dapat melakukan deteksi dini kejadian preeklamsia yang salah satunya dengan melakukan pemeriksaan magnesium dan memberikan terapi magnesium. F Critical appraisal daftar pustaka Daftar pustaka dalam jurnal adalah bersumber dari jurnal. buah-buahan kering. kedelai. protein hewani dan makanan laut serta kurangnya pemahaman ibu terhadap pentingnya magnesium dalam kehamilan. kacang-kacangan. Total refrensi yang digunakan dalam penelitian berjumlah 5. . 10 buku (2006-2013) oleh karena itu jurnal maupun referensi buku semua update. ANALISIS Hasil penelitian tersebut relevan dengan praktik kesehatan khususnya kebidanan karena membahas tentang kadar magnesium berhubungan dengan kejadian preeklampsia. asupan makanan yang banyak mengandung magnesium seperti biji-bijian. Penelitian ini membahas tentang suatu pentingnya magnesium untuk kehamilan Berdasarkan kesimpulan penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada petugas kesehatan khususnya dokter. bidan dan perawat untuk dapat mendeteksi secara dini faktor yang menyebabkan preeklampsia khususnya pada kadar magnesium ibu yang tidak normal dengan cara memberikan pengarahan untuk meningkatkan kadar magnesium sebagai salah satu upaya dalam mencegah preeklampsia. Penggunaan refrensi jurnal 5 (2011-2014). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kadar magnesium berhubungan dengan kejadian preeklampsia.

DAFTAR PUSTAKA Hendri Devita dan Vitri Yuli Afni Amran (2015). Disetujui 24 Maret 2016.id/index.php/jkma/.ac.unand. Dipublikasikan 1 April 2016 . Djamil Padang Tahun 2015. M. Diterima 26 Oktober 2015.2 m. Hubungan Kadar Magnesium Dengan Kejadian Preeklamsi Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Rsup Dr. http://jurnal.