RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas/Semester : XI MIA / I (Satu)

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Kawali

Materi Pokok : Kinematika dengan Analisis Vektor

Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 pertemuan )

A. Kompetensi Inti (KI)

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, inta amai, responsive an proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.

KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memeahkan
masalah.

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
1.1 Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan 1.1.1 Menunjukkan sikap religius
dan kompleksitas alam dan jagad melalui pembiasaan salam dan doa
raya terhadap kebesaran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari
yang menciptakannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah 2.1.1 Menunjukkan sikap komunikatif
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; dalam pembelajaran mengenai
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; gerak para bola dan gerak
bertanggung jawab; terbuka; kritis; melingkar
kreatif; inovatif dan peduli 2.1.2 Menunjukkan sikap ingin tahu
lingkungan) dalam aktivitas sehari- dalam proses pembelajaran
hari sebagai wujud implementasi tentang gerak para bola dan gerak
sikap dalam melakukan percobaan melingkar
dan berdiskusi 2.1.3 Menunjukkan sikap jujur dalam
2.2 Menghargai kerja individu dan menyelesaikan soal-soal di Lembar
kelompok dalam aktivitas sehari- Kerja Siswa

2.2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
hari sebagai wujud implementasi
teliti dalam menyajikan data
melaksanakan percobaan dan
2.2.2 Menunjukkan kerjasama dan
melaporkan hasil percobaan
komunikasi dalam kerja kelompok
3.1.1 Menentukan hubungan x-t, v-t,
dan a-t melalui grafik
3.1.2 Menentukan persamaan fungsi
sudut, kecepatan sudut, dan
3.1 Menganalisis gerak parabola dan
percepatan sudut pada gerak
gerak melingkar dengan
melingkar
menggunakan vektor
3.1.3 Memformulasikan gerak
meligkar berubah beraturan
3.1.4 Menganalisis gerak parabola
dengan menggunakan vektor
4.1 Mengolah dan menganalisis data 4.1.1 Melakukan percobaan untuk
hasil percobaan gerak parabola dan menyelidiki karakteristik gerak
gerak melingkar parabola
4.1.2 Terampil mengolah dan
menganalisis data hasil percobaan
gerak parabola dan gerak
melingkar
4.1.3 Menyimpulkan data hasil
perobaan gerak parabola dan gerak

1.4 Mengkomunikasikan kesimpulan hasil percobaan gerak para bola dan gerak melingkar . melingkar 4.

2. Indikator dan Tujuan Pembelajaran D.1.1.1.1. 2.2. 1. 2.3. 2.1 Peserta didik mampu K. 2. 2.1. TUJUAN G.3 Menunjukkan sikap jujur dalam para bola dan gerak melingkar menyelesaikan soal-soal di Lembar melalui diskusi kelompok Kerja Siswa O. C.1 Menunjukkan perilaku jujur menunjukkan sikap jujur dalam dan teliti dalam menyajikan data menyelesaikan soal-soal di Lembar L.1.1 Peserta didik mampu gerak para bola dan gerak menunjukkan sikap ingin tahu dalam melingkar proses pembelajaran tentang gerak J.1 Menunjukkan sikap religius menunjukkan sikap religius melalui melalui pembiasaan salam dan doa pembiasaan salam dan doa sebelum dalam kehidupan sehari-hari dan sesudah kegiatan pembelajaran di kelas H. 2.2.2.1.2 Menunjukkan kerjasama dan Kerja Siswa melalui diskusi komunikasi dalam kerja kelompok kelompok P.2.1 Peserta didik mampu komunikatif dalam pembelajaran menunjukkan sikap komunikatif mengenai gerak para bola dan dalam pembelajaran mengenai teori gerak melingkar gerak parabola dan gerak melingkar I.1.1. 2.1.1 Peserta didik mampu .1. INDIKATOR E.2 Menunjukkan sikap ingin tahu melalui diskusi kelompok dalam proses pembelajaran tentang N.1 Peserta didik mampu F.1 Menunjukkan sikap M. 2.

3.1. 3.2 Menentukan persamaan fungsi menentukan persamaan fungsi sudut. 4.1 Melakukan percobaan untuk AD. 4.2 Mengolah dan menganalisis AE. dan percepatan sudut pada gerak percepatan sudut pada gerak melingkar melingkar T. v-t.1. menunjukkan perilaku jujur dan teliti dalam menyajikan data Q. 3. kecepatan sudut. dan sudut. 3.1.1.2.4 Menganalisis gerak parabola berubah beraturan dengan menggunakan vektor Y. dan R.1.3.2 Peserta didik mampu menunjukkan kerjasama dan komunikasi dalam kerja kelompok V. 3. 3.1 Menentukan hubungan x-t.1.1 Peserta didik mampu dan a-t melalui grafik S. 4.2.1. kecepatan sudut. v-t.4 Peserta didik mampu menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor Z.1.1.1 Peserta didik terampil menyelidiki karakteristik gerak melakukan percobaan gerak parabola parabola dan gerak melingkar AA. 4.1.1.3 Memformulasikan gerak X.1 Peserta didik mampu meligkar berubah beraturan memformulasikan gerak meligkar U.1. 3.2.1 Peserta didik terampil data hasil percobaan gerak parabola mengkomunikasikan kesimpulan .1.1. 3.1 Peserta didik mampu menentukan hubungan x-t. a-t melalui grafik W.2.

4. 4.1.4 Mengkomunikasikan mengkomunikasikan kesimpulan kesimpulan hasil percobaan gerak hasil percobaan gerak parabola dan parabola dan gerak melingkar gerak melingkar AH.4.1. .1 Peserta didik terampil AC. 4. gerak parabola dan gerak melingkar AF.1 Peserta didik terampil dan gerak melingkar mengemukakan kesimpulan secara AB.1.3. 4.1. AI.3 Menyimpulkan data hasil lisan mengenai gerak parabola dan perobaan gerak parabola dan gerak gerak melingkar melingkar AG.

pemecahan masalah 3. dalam grafik dan percepatan sudut pada gerak 2.1. INDIKATOR PEMBELAJARAN AM. Pendekatan pembelajaran AS. 3. 3. 3. Posisi. dan AN. Scientific : keterampilan proses sains 2.1.2 Menentukan persamaan percepatan pada gerak lurus fungsi sudut.Diskusi : discovery-inquiry . v-t.1.1 Menentukan hubungan x- t. kecepatan. AR.4 Menganalisis gerak parabola parabola dengan menggunakan vektor AQ. MATERI AK. Metode Pembelajaran 1.3 Memformulasikan gerak melingkar 3. Model pembelajaran AU. Posisi. Posisi. Metode pembelajaran AT. dan a-t melalui grafik 1.1. Materi Pembelajaran AL. kecepatan. dan meligkar berubah beraturan percepatan sudut pada gerak AP. kecepatan sudut. kecepatan. Inquiry terbimbing . dan melingkar percepatan sudut pada gerak AO. 3.AJ.

P BK. Buku Fisika Penunjang Aktivitas Peserta Didik c. dan Sumber Pembelajaran 1. Cetak : Lembar Kerja Siswa 2. Media. 20 luan  Guru menyapa dan  Siswa menjawab salam Indivi meni memberi salam pembuka dual t  Guru mengawali  Siswa berdoa sebelum . AW. endahu Pendahuluan Pendahuluan Klasikal. Buku pegangan Fisika jilid 2 b. Guru BG. Deskripsi BD. Lembar Kerja Siswa mengenai gerak melingkar 3. Etika BO. BR. Gerak Parabola dan Gerak Melingkar (video atau gambar) AX. K olaa i egiatan BF. AV. Lembar Kerja Siswa mengenai gerak parabola b. Pengel Alokas BA. AY. Lembar Kerja Siswa d. Etika BQ. Media Pembelajaran a. Pertemuan 1 BC. Sumber belajar a. Siswa n Wak Kela tu s BJ. Alat dan Bahan a. Alat. BB. Langkah-langkah Pembelajaran AZ.

pesawat terbang yang berpindah dari sebuah bandara ke bandara lain sebagai benda yang beregerak pada ruang. kegiatan dengan memulai proses berdo’a pembelajaran  Guru mengabsen siswa  Siswa menginformasikan dengan hanya temannya yang tidak menanyakan siswa yang hadir  Siswa memperhatikan tidak hadir saja  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh BL.  Guru menanyakan pada siswa BM. Apersepsi guru  Guru memotivasi siswa BP. “Apa contoh . Apersepsi dengan menyebutkan  Siswa menyimak yang mobil menempuh disebutkan oleh guru sebagai  Siswa menjawab lintasan jalan benda yang bergerak pertanyaan guru pada bidang.

Menanya bidang mpok  Guru mengamati BZ.  Siswa dibagi dalam serta menilai kelompok kecil. masing- kemampuan siswa masing terdiri atas 4 menerapkan konsep dan orang prinsip dalam  Siswa mendiskusikan . Mencoba dan mengolah data. BS. Mengamati CE. In BT. Mencoba (antar siswa dan/atau  Guru menilai siswa guru) dari apa yang dalam kerja kelompok diamati CA. Menanya keaktifan siswa  Siswa mendiskusikan BV.55 ti  Guru menilai  Siswa mengamati Klasikal meni keterampilan siswa ilustrasi gerak dua dan t mengamati dimensi gerak dalam Kelo BU. Mengamati BY. ”Apakah dan kegunaan vector pada membimbing/menilai gerak dalam bidang?” keterampilan mencoba CB. gerak pada bidang dan gerak pada ruang lainnya?” BN. CF.

kecepatan. Mengasosiasi BW. 15 enutup penjelasan terkait hasil materi terkait hasil Klasikal meni diskusi diskusi t  Guru melaksanakan  Siswa membuat . Mengkomunikasika an n  Guru menilai  Siswa mempresentasikan kemampuan siswa hasil kegiatan diskusi berkomunikasi lisan kelompok tentang pemecahan masalah gerak dalam bidang CG. P  Guru memberikan  Siswa menyimak ulasan CH. vector posisi. Mengkomunikasik CD. CI. dan percepatan dalam bidang pemecahan masalah CC. Mengasosiasi  Siswa membahas dan  Guru mendidkusikan membimbing/menilai pemecahan masalah kemampuan siswa gerak dalam bidang pada mengolah data dan pengamatan kehidupan merumuskan sehari-hari secara kesimpulan berkelompok BX.

CM. CK. P CV. Siswa n Wak Kela tu s CU. K olaa i egiatan CQ. Pertemuan 2 CN. endahu Pendahuluan Pendahuluan Klasikal 20 luan  Guru menyapa dan  Siswa menjawab salam dan meni memberi salam pembuka Indivi t  Guru mengawali  Siswa berdoa sebelum dual . Pengel Alokas CL. Guru CR. Etika DB. Deskripsi CO. Etika CZ. kesimpulan dari proses kegiatan tindak lanjut pembelajaran yang telah (memberikan tugas) dilaksanakan untuk pertemuan  Siswa menerima tugas berikutnya dari guru untuk  Guru memberikan pertemuan berikutnya informasi mengenai  Siswa memperoleh materi untuk pertemuan informasi rencana berikutnya kegiatan pembelajaran yang akan datang CJ. DC.

Apersepsi guru  Guru bertanya DA. Apersepsi mengenai gerak lurus  Siswa menjawab kepada siswa pertanyaan guru  Guru memotivasi siswa mengenai gerak lurus dengan mengajukan  Siswa memberikan pertanyaan kontekstual contoh gerak lurus dalam CX. “Pernahkah kehidupan sehari-hari bergerak dengan berbagai macam gerak secara bersamaan? . kegiatan dengan memulai proses berdo’a pembelajaran  Guru mengabsen siswa  Siswa menginformasikan dengan hanya temannya yang tidak menanyakan siswa yang hadir  Siswa mengumpulkan tidak hadir saja  Guru memeriksa tugas tugas yang diberikan siswa yang diberikan pada pertemuan pada pertemuan sebelumnya  Siswa memperhatikan sebelumnya  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh CW.

Menanya DG. burung yang terbang. ti  Guru menilai  Siswa mengamati Klasikal 55 keterampilan siswa fenomena tentang gerak dan meni mengamati parabola dan gerak Kelo t DF. Menanya melingkar pada Lembar mpok  Guru mengamati Kerja Siswa keaktifan siswa DL. Mengamati DQ. Mengamati DK. In DE. DR. “Nah hal inilah yang akan lebih lanjut kita bahas pada materi gerak melingkar dan gerak parabola” DD. Mencoba  Siswa mendiskusikan  Guru membacakan (antar siswa dan/atau prosedur kerja dalam guru) dari apa yang dibaca dalam literatur . Misalnya. Menggunakan prinsip kinematika Anda dapat menentukan dan menelusuri gerak suatu benda” CY.

”Apakah semua DH. Rancanglah secara bersamaan?” praktikum sederhana DN. kelompok DM.  Siswa dibagi dalam mengolah dan kelompok kecil. disediakan serta menilai  Siswa merumuskan kemampuan siswa hipotesis mengenai hasil menerapkan konsep dan percobaan gerak prinsip dalam parabola dan gerak pemecahan masalah melingkar DI. “Diskusikan benda bergerak dengan alat dan bahan yang berbagai macam gerak tersedia. masing- menganalisis data hasil masing terdiri atas 4 percobaan gerak orang parabola dan gerak  Siswa merancang melingkar” percobaan (dibimbing  Guru menilai siswa guru) untuk menyelidiki dalam kerja kelompok gerak parabola dan gerak dan melingkar dengan membimbing/menilai memperhatikan Lembar keterampilan mencoba Kerja Siswa yang dan mengolah data. Mengasosiasi  Siswa melakukan . Mencoba untuk melihat.

Mengasosiasi kemampuan siswa  Siswa membahas dan mengolah data dan berdiskusi dari hasil merumuskan pengamatan berdasarkan kesimpulan percobaan DJ. Mengkomunikasik  Siswa melakukan diskusi an kelompok untuk  Guru menilai membahas data hasil kemampuan siswa percobaan gerak berkomunikasi lisan DP. Mengkomunikasika n  Siswa mempresentasikan hasil percobaan gerak parabola dan gerak melingkar . percobaan gerak parabola dan gerak melingkar  Siswa mengolah data hasil percobaan gerak parabola dan gerak  Guru melingkar membimbing/menilai DO.

Siswa n Wak Kela tu s EG. kegiatan tindak lanjut DS. Pengel Alokas DX. P dilaksanakan DT. Etika EN.  Siswa menyimak ulasan materi gerak parabola  Guru memberikan dan gerak melingkar penjelasan terkait hasil  Siswa membuat diskusi kesimpulan dari proses  Guru melaksanakan pembelajaran yang telah DU. Deskripsi EA. DW. Pertemuan 3 DZ. Etika EL. EO. K olaa i egiatan EC. DY. . 15 (memberikan tugas enutup  Siswa menerima tugas Klasikal meni portofolio) Portofolio (laporan t  Guru memberikan percobaan) informasi mengenai  Siswa memperoleh materi untuk pertemuan informasi rencana berikutnya kegiatan pembelajaran yang akan datang DV. P EH. Guru ED.

endahu Pendahuluan Pendahuluan Klasikal 20 luan  Guru menyapa dan  Siswa menjawab salam dan meni memberi salam pembuka Indivi t  Guru mengawali  Siswa berdoa sebelum dual kegiatan dengan memulai proses berdo’a pembelajaran  Guru mengabsen siswa  Siswa menginformasikan dengan hanya temannya yang tidak menanyakan siswa yang hadir  Siswa mengumpulkan tidak hadir saja  Guru memeriksa tugas laporan percobaan gerak portofolio siswa yang parabola dan gerak diberikan pada melingkar pertemuan sebelumnya EM.Apersepsi  Siswa menjawab  Guru bertanya pertanyaan guru mengenai gerak mengenai gerak melingkar kepada siswa melingkar  Guru memotivasi siswa  Siswa menjawab dengan mengajukan pertanyaan guru pertanyaan kontekstual mengenai hasil EJ. “Dari hasil percobaan yang telah percobaan yang kalian dilakukan . Apersepsi EI.

melingkar dan gerak . mengapa terjadi perbedaan gerak parabola dan gerak  Siswa memberikan melingkar?” contoh gerak lurus dalam EK.”Apa yang membimbing/menilai menyebabkan terjadinya keterampilan mencoba perbedaan antara gerak dan mengolah data. Mencoba (antar siswa dan/atau  Guru menilai siswa guru) dari apa yang telah dalam kerja kelompok diamati dari percobaan dan sebelumnya EX. Mengamati FC. Mengamati EV. “Berikan kehidupan sehari-hari contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari” EP. Menanya dari hasil perobaan mpok  Guru mengamati EW. amati. FD. ti  Guru menilai  Siswa mengamati Klasikal 55 keterampilan siswa perbedaan gerak dan meni mengamati melingkar dan parabola Kelo t ER. In EQ. Menanya keaktifan siswa  Siswa mendiskusikan ES.

“Bagaimana aplikasi kemampuan siswa gerak melingkar dan menerapkan konsep dan gerak parabola dalam prinsip dalam kehidupan sehari-hari?” pemecahan masalah EZ. Mencoba ET. Mengkomunikasik literatur an FA. serta menilai parabola?” EY. Mengasosiasi  Siswa mengkaji literature  Guru untuk menjawab membimbing/menilai pertanyaan yang mereka kemampuan siswa ajukan menganalisis data dan  Siswa mengklarifikasi merumuskan hasil pengamatan kesimpulan perobaan dengan kajian EU. Mengasosiasi  Guru menilai  Siswa membahas dan kemampuan siswa berdiskusi dari hasil berkomunikasi lisan kajian literature tentang perbedaan-perbedaan gerak melingkar dan gerak parabola  Siswa menyebutkan beberapa contoh aplikasi .

Klasi 15  Guru memberikan pembelajaran yang telah enutup kal meni informasi mengenai dilaksanakan t materi untuk pertemuan  Siswa memperoleh berikutnya informasi rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang FH.Kegiat FL. Mengkomunikasika n  Siswa mempresentasikan hasil diskusi  Siswa menyimak ulasan materi gerak parabola  Guru memberikan dan gerak melingkar penjelasan terkait hasil  Siswa membuat FG. Pertemuan 4 FJ. FM. diskusi kesimpulan dari proses FE. FI. P FF. gerak melingkar dan parabola dalam kehidupan sehari-hari FB. FK. Siswa olaa i . Guru FP. Deskripsi an Pengel Alokas FO.

n Kela Wak s tu FS. Apersepsi FX.“Bagaimanakah lurus menentukan kecepatan sudut ω jika diberi . Etika FW. Etika FY. Apersepsi  Guru memotivasi siswa  Siswa menjawab dengan mengajukan pertanyaan guru secara pertanyaan kontekstual analogi dengan gerak FV. endahu Pendahuluan Pendahuluan kal 20 luan  Guru menyapa dan  Siswa menjawab salam dan meni memberi salam pembuka Indivi t  Guru mengawali  Siswa berdoa sebelum dual kegiatan dengan memulai proses berdo’a pembelajaran  Guru mengabsen siswa  Siswa menginformasikan dengan hanya temannya yang tidak menanyakan siswa yang hadir  Siswa menyimak tujuan tidak hadir saja  Guru menyampaikan pembelajaran yang tujuan pembelajaran disampaikan oleh guru FU. P FT. Klasi FZ.

Menanya mpok  Guru mengamati  Siswa mendiskusikan keaktifan siswa (antar siswa dan/atau GD. ti  Guru menilai  Siswa mengamati Klasikal 55 keterampilan siswa ilustrasi gerak dua dan meni mengamati dimensi gerak melingkar Kelo t GC. Menanya GH. dan . Mencoba keterampilan mencoba  Siswa mendiskusikan dan mengolah data. Mencoba guru) dari ilustrasi  Guru menilai siswa tersebut mengenai dalam kerja kelompok penggunaan vector dan dalam gerak melingkar membimbing/menilai GI. Mengamati GG. vector posisi. Mengamati GL. In GB. GM. fungsi posisi sudut dalam variabel waktu t?” GA. serta menilai dan percepatan gerak kemampuan siswa melingkar menerapkan konsep dan  Siswa mendiskusikan prinsip dalam hubungan posisi sudut. pemecahan masalah kecepatan. kecepatan.

GP. enutup penjelasan terkait hasil terkait hasil diskusi Klasikal 15  Siswa membuat meni diskusi  Guru memberikan kesimpulan dari proses t umpan balik proses dan pembelajaran yang telah hasil pembelajaran dilaksanakan untuk mengetahui  Siswa mendapat penghargaan dari guru . percepatan gerak GE. Mengasosiasi membimbing/menilai  Siswa membahas dan kemampuan peserta mendiskusikan didik menganalisis data pemecahan masalah dan merumuskan gerak dalam bidang kesimpulan melingkar pada GF. Mengkomunikasika didik berkomunikasi n lisan  Siswa mempresentasikan hasil diskusi GN. Mengasosiasi melingkar  Guru GJ. Mengkomunikasik pengamatan kehidupan an sehari-hari secara  Guru menilai berkelompok kemampuan peserta GK. P  Guru memberikan  Siswa menyimak ulasan GO.

Pengel Alokas GS. 20 endahu Pendahuluan Pendahuluan kal meni luan  Guru menyapa dan  Siswa menjawab salam dan t memberi salam pembuka Indivi  Guru mengawali  Siswa berdoa sebelum dual kegiatan dengan memulai proses berdo’a pembelajaran  Guru mengabsen siswa  Siswa menginformasikan dengan hanya temannya yang tidak . K olaa i egiatan GX. P HC. Pertemuan 5 GU. GR. ketercapaian tujuan kepada kelompok terbaik pembelajaran dalam pembelajaran  Guru memberikan  Siswa memperoleh informasi mengenai informasi rencana materi untuk pertemuan kegiatan pembelajaran berikutnya yang akan datang GQ. Klasi HJ. Guru GY. Etika HI. Deskripsi GV. Etika HG. GT. Siswa n Wak Kela tu s HB.

Menanya  Siswa mendiskusikan mpok  Guru mengamati (antar siswa dan/atau keaktifan siswa guru) mengenai . HW. menanyakan siswa yang tidak hadir saja hadir  Guru menyampaikan  Siswa memperhatikan tujuan pembelajaran tujuan pembelajaran HD. ti  Guru menilai  Siswa mengamati Klasikal 55 keterampilan siswa ilustrasi gerak parabola dan meni mengamati HR. “Apakah sama setelah mengamati besaran yang sama?” spidol yang dilemparkan HF. Mengamati HV. Apersepsi yang disampaikan oleh  Guru memotivasi siswa guru HH. Mengamati HQ. In HL. Apersepsi dengan melemparkan sebuah spidol dengan  Siswa mengamati spidol sudut elevasi tertentu yang dilemparkan oleh terhadap bidang guru  Siswa menjawab horizontal dan spidol pertanyaan guru lainnya dilepaskan jatuh mengenai besaran yang bebas secara serentak HE. HK. Menanya Kelo t HM.

keepatan keterampilan mencoba dan percepatan gerak dan mengolah data. Mengasosiasi  Guru  Siswa memprediksi posisi membimbing/menilai dan kecepatan pada titik kemampuan siswa tertentu berdasarkan mengolah data dan pengolahan data merumuskan percobaan gerak kesimpulan parabola HP. Mengkomunikasik HU. Mengasosiasi HT. Mengkomunikasika an n  Guru menilai  Siswa mempresentasikan . Mencoba penggunaan vector pada  Guru menilai siswa gerak parabola dalam kerja kelompok HS. menerapkan konsep dan kecepatan dan prinsip dalam percepatan gerak pemecahan masalah parabola HO.HN. Mencoba dan  Siswa mendiskusikan membimbing/menilai vector posisi. parabola menilai  Siswa mendiskusikan serta kemampuan siswa hubungan posisi.

Deskripsi IF. HX. Pertemuan 6 IE. IB.Kegiat asi an an IH.Peng ID.Klasi 15 enutup mengerjakan uji  Siswa menerima tugas kal meni kompetensi bab I) dari guru t  Guru memberikan  Siswa memperoleh informasi mengenai informasi rencana materi untuk pertemuan kegiatan pembelajaran berikutnya yang akan datang IA. prediksi posisi dan kemampuan siswa kecepatan pada berkomunikasi lisan percobaan gerak parabola  Guru memberikan  Siswa menyimak ulasan penjelasan terkait hasil materi gerak parabola diskusi  Siswa membuat  Guru melaksanakan kesimpulan dari proses kegiatan tindak lanjut pembelajaran yang telah HZ. P (memberikan tugas dilaksanakan HY. Guru II. Siswa Wak Kela tu s . Alok elola IC.

Etika IS. Etika IQ. Apersepsi  Siswa menjawab  Guru bertanya pertanyaan guru mengenai gerak mengenai gerak parabola  Siswa menjawab parabola kepada siswa  Guru memotivasi siswa pertanyaan guru dengan mengajukan mengenai hasil pertanyaan kontekstual percobaan yang telah IO. Apersepsi IN. 20 uluan Pendahuluan Pendahuluan kal meni  Guru menyapa dan  Siswa menjawab salam dan t memberi salam pembuka Indivi  Guru mengawali  Siswa berdoa sebelum dual kegiatan dengan memulai proses berdo’a pembelajaran  Guru mengabsen siswa  Siswa menginformasikan dengan hanya temannya yang tidak menanyakan siswa yang hadir  Siswa mengumpulkan tidak hadir saja  Guru memeriksa tugas tugas yang diberikan siswa yang diberikan pada pertemuan pada pertemuan sebelumnya sebelumnya IR. Pendah IM. “Dari hasil dilakukan . Klasi IT.IL.

”Apa yang membimbing/menilai menyebabkan terjadinya keterampilan mencoba perbedaan antara gerak dan mengolah data. Mengamati JA. melingkar dan gerak . Klasi JI. In IV. percobaan yang kalian amati. “Berikan contoh hari gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari” IU. mengapa terjadi perbedaan gerak  Siswa memberikan parabola dan gerak contoh gerak parabola melingkar?” dalam kehidupan sehari- IP. Mencoba (antar siswa dan/atau  Guru menilai siswa guru) dari apa yang telah dalam kerja kelompok diamati dari percobaan dan sebelumnya JC. Menanya keaktifan siswa  Siswa mendiskusikan IX. 55 ti  Guru menilai  Siswa mengamati kal meni keterampilan siswa perbedaan gerak dan t mengamati melingkar dan parabola Kelo IW. Mengamati JH. Menanya dari hasil perobaan mpok  Guru mengamati JB.

Mengkomunikasik literatur an JF. “Bagaimana aplikasi kemampuan siswa gerak melingkar dan menerapkan konsep dan gerak parabola dalam prinsip dalam kehidupan sehari-hari?” pemecahan masalah JE. Mengasosiasi  Siswa mengkaji literature  Guru untuk menjawab membimbing/menilai pertanyaan yang mereka kemampuan siswa ajukan menganalisis data dan  Siswa mengklarifikasi merumuskan hasil pengamatan kesimpulan perobaan dengan kajian IZ. Mencoba IY. Mengasosiasi  Guru menilai  Siswa membahas dan kemampuan siswa berdiskusi dari hasil berkomunikasi lisan kajian literature tentang perbedaan-perbedaan gerak melingkar dan gerak parabola  Siswa menyebutkan beberapa contoh aplikasi . serta menilai parabola?” JD.

Mengkomunikasika n  Siswa mempresentasikan hasil diskusi  Siswa menyimak ulasan materi gerak parabola  Guru memberikan dan gerak melingkar penjelasan terkait hasil  Siswa membuat diskusi kesimpulan dari proses JL.Alok JP. JN. Pertemuan 7 (Ulangan Harian) JO. Penutu JK. Guru JV. 15 JJ. gerak melingkar dan parabola dalam kehidupan sehari-hari JG. Klasi  Guru memberikan pembelajaran yang telah meni p kal informasi mengenai dilaksanakan t materi untuk pertemuan  Siswa memperoleh berikutnya informasi rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang JM. JS. K JQ. Siswa olaa Wak . Deskripsi egiatan Pengel asi JU.

20 uluan  Guru menyapa dan Pendahuluan Klasikal meni memberi salam  Siswa menjawab salam t  Guru mengawali pembuka kegiatan dengan  Siswa berdoa sebelum berdo’a memulai proses  Guru mengabsen siswa pembelajaran dengan hanya  Siswa menginformasikan menanyakan siswa yang temannya yang tidak tidak hadir saja hadir  Guru memeriksa tugas  Siswa mengumpulkan siswa yang diberikan tugas yang diberikan pada pertemuan pada pertemuan sebelumnya sebelumnya  Guru menyampaikan  Siswa memperhatikan tujuan pembelajaran tujuan pembelajaran pertemuan kali ini yang disampaikan oleh adalah ulangan arian guru KA.Etika Pendahuluan KB. KF. Apersepsi  Guru memotivasi siswa  Siswa mengingat kembali . tu Kelas JY. n JR. Pendah JZ. Etika KE. Apersepsi KC.

55 ti untuk menyiapkan ulangan dan peralatan Klasikal meni kertas ulangan dan tulis secukupnya di atas dan t peralatan tulis meja Indivi atas  Siswa mendapatkan dual secukupnya di meja lembar soal ulangan  Guru mengingatkan harian siswa mengenai aturan  Siswa menyimak aturan waktu pengerjaan soal yang disampaikan ole ulangan harian. In  Guru meminta siswa  Siswa menyiapkan kertas KH. yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan KG. dengan cara mengingatkan kembali materi-materi yang materi-materi yang telah telah disampaikan pada disampaikan pada pertemuan-pertemuan pertemuan-pertemuan sebelumnya agar dapat sebelumnya menyelesaikan soal-soal KD. KI. serta guru  Siswa mengumpulkan diberi peringatan bahwa lembar jawaban beserta ada sanksi bila siswa soal ulangan harian pada mencontek .

KN. Penilaian hasil (evaluation) : dilakukan melalui tes tertulis. Penutu informasi rencana KK. Penilaian dilakukan dari proses (assessment) dan hasil (evaluation). KQ. Bentuk Instrument KR. dan laporan tertulis. Jenis / Teknik Penilaian KO. 2. tanggung jawab. kinerja presentasi. dan kerjasama. KP. Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok. Penilaian 1. Penilaian proses (assesment) : dilakukan melalui observasi kerja kelompok.  Guru memberikan lembar soal ulangan harian guru jika waktu  Guru menumpulkan pengerjaan soal ulangan kertas ulangan jika harian telah selesai waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai  Guru mengingatkan  Siswa memperoleh KL. 15 mempelajari materi p kegiatan pembelajaran Klasikal meni pada pertemuan yang akan datang t berikutnya KM. siswa untuk KJ. .

KS. 3. dan isi presentasi KT. Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta. Pengamatan Sikap KY. . Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik KZ. Tes Unjuk Kerja LA. sistematika sajian data. KU. kualitas visual presentasi. Teknik KW. KV. Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual. kejujuran. Uji Petik Kerja dan Rubrik LB. Bentuk Instrumen KX. Pedoman Penskoran (terlampir) LE. dan jawaban pertanyaan. Portofolio (laporan LC. Panduan Penyusunan Portofolio percobaan) LD.