You are on page 1of 16

MAKALAH

PENGANTAR ILMU LINGKUNGAN

JENIS DAN SUMBER DAYA AIR

KELOMPOK 1

Ni Kadek Tia Dewi 1504105059

Salsabila Khairunnisa 1504105063

JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
2017

Oleh karena itu. Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberi dukungan kepada kami. I Gede Made Konsukartha.Si selaku dosen pengajar yang telah memberikan bimbingan serta arahan kepada kami dalam penyusunan makalah ini. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ir. Bukit Jimbaran. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah berjudul “JENIS DAN SUMBER DAYA AIR”. ilustrasi. Kami menyadari adanya kekurangan baik dari segi materi. Makalah ini disusun untuk syarat mengikuti perkuliahan Pengantar Ilmu Lingkungan Kelas 3. 2 Februari 2017 Penyusun 2 . M. Melalui makalah ini penulis ingin memberikan pemahaman serta menambah edukasi pembaca mengenai Jenis dan Sumber Daya Air. dan sistematika penulisan dalam pembuatan makalah ini. kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun sangat kami harapkan. Besar harapan kami makalah ini dapat bermanfaat dan terealisasi bagi kami sebagai penulis dan bagi pembaca pada umumnya. Teknik Sipil Universitas Udayana.

...................................................2 1.............................................................2 1..........................................................................12 3..........................................................................5 2.....................................................12 3..4 Manfaat Penulisan.....................................................4 Penyebaran Sumber Daya Air di Indonesia..........i DAFTAR ISI....13 ..........................................1 Latar Belakang..............................................................................................3 Tujuan Penulisan.......................8 2.........1 1....................................................9 BAB III PENUTUP..........................................................................................................................4 2....................................................2 Jenis-jenis Air...............1 Kesimpulan....................................................................................................................................................................................................................................2 1.........................................ii BAB I PENDAHULUAN.5 Sistematika Penulisan.................................................2 Rumusan Masalah..........................................................2 Saran....................................................................................12 DAFTAR PUSTAKA................................................................1 Pengertian Air......................................3 Sumber Daya Air........................................2 BAB II PEMBAHASAN................................................................................................................................................... DAFTAR ISI KATA PENGANTAR......................4 2......1 1..

.

sumber air dan daya air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat di segala bidang baik sosial. Air mengisi cekungan-cekungan di permukaan bumi. Air ada di berbagai lapisan bumi. pencemaran air. berkurangnya kapasitas waduk dan lainnya. Air adalah bagian terbesar penyusun tubuh makhluk hidup. BAB I PENDAHULUAN 1. Air menentukan kesuburan tanah. danau. Air laut dapat menguap oleh pemanasan sinar matahari. sungai. Sumber daya air yang terdiri atas air. Uap air menjadi awan atau mendung sebagai bakal hujan. dimana tubuh manusia mengandung air lebih dari 60 %. Namun pada kenyataanya penyebaran air di Indonesia belum merata sehingga antara .ekonomi. Melihat pentingnya peranan air dalam kehidupan maka sudah seharusnya air dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. dan mata air. Tanpa air di bumi tidak akan ada kehidupan. udara dan di dalam bumi. Semua sungai mengalirkan airnya ke laut. Sebagian besar permukaan bumi ditutupi oleh air atau lautan. Pemberdayaan air semakin hari semakin menghadapi berbagai permasalahan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk yang diiringi dengan pertumbuhan sosial- ekonomi. Peningkatan kebutuhan akan air telah menimbulkan eksploitasi sumber daya air secara berlebihan sehingga mengakibatkan penurunan daya dukung lingkungan sumber daya air yang pada gilirannya menurunkan kemampuan pasokan air. situ. kolam. Air hujan yang jatuh ke bumi diserap oleh tanah menjadi air tanah. Mata air di gunung sebagai sumber aliran air sungai. di permukaan bumi. Air di dalam bumi disebut air tanah sebagai sumber mata air. Air yang ada di muka bumi dibagi menjadi beberapa jenis yang mana keberadaanya menyebar di seluruh dunia. seperti terbentuknya laut. budaya. politik maupun bidang ketahanan nasional.1 Latar Belakang Air merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan. gejala degradasi fungsi lingkungan sumber daya air ditandai dengan fluktuasi debit air di musim hujan dan kemarau yang semakin tajam.

oleh karena itu perlu untuk kita semua melestarikan alam ini dengan baik. 1. 1. satu daerah dengan daerah lainnya terjadi tumpang tindih dalam memperoleh air. Berdasarkan uraian diatas maka penulis menyusun makalah ini yang akan membahas lebih lanjut mengenai jenis dan sumber daya air. . Sumber Daya Air dan Penyebaran Sumber Daya Air di Indonesia. Jenis-jenis Air. Jenis dan sumber daya air berasal dari lingkungan yang kita kelola.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah adalah sebagai berikut: 1 Apa pengertian air ? 2 Apa sajakah jeni-jenis air ? 3 Apa pengertian sumber daya air? 4 Bagaimana penyebaran sumber daya air di Indonesia? 1. 1. rumusan masalah. Bab I terdiri dari latar belakang.5 Sistematika Penulisan Makalah ini tersusun dari tiga bab yaitu. Bab III merupakan bab penutup dimana terdapat kesimpulan dan saran dari apa yang dibahas pada makalah ini.3 Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah: 1 Dapat mengetahui pengertian air. Bab II terdiri dari isi yang membahas mengenai Pengertian Air.4 Manfaat Penulisan Manfaat yang diperoleh dalam makalah ini adalah dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang teknik sipil dan menjadi salah satu bahan acuan untuk melakukan upaya penerapannya dalam dunia konstruksi serta tata kota dan lingkungan. tujuan dan sistematika penulisan. 3 Dapat mengetahui pengertian sumber daya air. 4 Dapat mengetahui penyebarannya sumber daya air. 2 Dapat mengetahui jenis jenis air . daftar pustaka.

.

Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air. hujan. BAB II PEMBAHASAN 2. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Karenanya orang dewasa perlu meminum minimal sebanyak 1. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang syarat- syarat pengawasan kualitas air. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung). hujan. dan lautan es. Syarat fisik. Beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air tersebut baik secara fisik. Kehilangan air untuk 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. uap air. Hal ini terutama untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh manusia itu sendiri. Syarat .4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. muara) menuju laut. meliputi mata air. dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff. Di dalam tubuh manusia. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. air diperlukan untuk transportasi zat – zat makanan dalam bentuk larutan dan melarutkan berbagai jenis zat yang diperlukan tubuh. air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat dan dapat diminum langsung. tidak berwarna.1 Pengertian Air Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. yaitu: melalui penguapan. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. sungai. Berdasarkan Permenkes RI No. muka air tawar. Terdapat 1. suhu tidak berbeda lebih dari 3 oC dari suhu udara dan tidak meninggalkan endapan. Misalnya untuk melarutkan oksigen sebelum memasuki pembuluh-pembuluh darah yang ada disekitar alveoli. akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum.5 – 2 liter air sehari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme. tidak berasa. sungai. kimia dan juga mikrobiologi. antara lain: air harus bersih dan tidak keruh. tidak berbau. danau.

tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan. flora. Dengan keadaan ini. air laut tidak memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai air minum karena garam dalam air akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi dimana tubuh akan kehilangan lebih banyak air yang diminum. Air . 2. dan bakteri patogen penyebab penyakit (Depkes RI. fauna. baik karena kegiatan manusia. Selain itu air hujan memiliki sifat agresif terutama terhadap pipa-pipa penyalur maupun bak-bak reservoir. antara lain: tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun.1 Air Laut Air laut mempunyai rasa asin. 2. tipus.5 – 8.kimiawi. antara lain: tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri. dan zat-zat lainnya.2. maka untuk menjadikan air hujan sebagai sumber air minum hendaknya pada waktu menampung air hujan jangan dimulai pada saat hujan mulai turun. kolera. Dalam kehidupan sehari-hari air ini dikenal sebagai air hujan. Syarat mikrobiologi.3 Air Permukaan Air permukaan seringkali merupakan sumber air yang paling tercemar.2. 2. karena masih mengandung banyak kotoran.2 Jenis-jenis Air Air dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya: 2.2 Air Atmosfir atau Air Meteriologik Dengan adanya pencemaran udara yang disebabkan oleh kotoran- kotoran industri atau debu dan lain sebagainya. Sehingga untuk menjadikan air hujan sebagai sumber air minum hendaknya tidak menampung air hujan pada saat hujan baru turun. karena mengandung garam NaCl.2. Kadar garam NaCl dalam air laut 3%. cukup yodium. 2002). karena masih mengandung banyak kotoran. Dapat terjadi pengotoran dengan adanya pengotoran udara yang disebabkan oleh kotoran – kotoran industri/debu dan lain sebagainya tatapi dalam keadaan murni sangat bersih. pH air antara 6. Disamping itu air hujan ini mempunyai sifat lunak sehingga akan boros terhadap pemakaian sabun. sehingga hal ini akan mempercepat terjadinya korosi (karatan).5.

Dalam penggunaannya sebagai air minum. air tanah atau mata air. . Air Rawa atau Danau Air Danau berasal dari air hujan.2. misalnya asam humus yang larut dalam air yang menyebabkan warna kuning coklat. Berkurangnya air danau disebabkan oleh penguapan. Sungai banyak terdapat di Indonesia yang berhulu di daerah pegunungan. atau ke sungai lain yang merupakan sungai induk. kecuali di daerah yang sangat lembab dan sangat kering. pembangkit tenaga listrik. haruslah mengalami suatu pengolahan yang sempurna. Pada umumnya air ini mendapat pengotoran selama pengalirannya. perembesan ke dalam tanah. Manfaat air sungai bagi kehidupan sangat besar artinya seperti untuk mengairi pertanian di pesawahan. air sungai dan air rawa atau danau. perikanan lalu lintas perairan. b. permukaan meliputi:Air permukaan ada dua macam. dan pariwisata. Bagi daerah- daerah tertentu kegunaan sungai-sungai itu berbeda-beda. Kesadahan pada air ini akan menyebabkan air mengandung zat-zat mineral dalam konsentrasi. magnesium. Air Sungai Air sungai adalah air yang mengalir melalui terusan alami yang kedua pinggirnya dibatasi oleh tanggul-tanggul dan airnya mengalir ke laut.4 Air Tanah Menurut Chandra (2006) dalam buku Pengantar Kesehatan lingkungan. kotoran industri kota. daun-daun. air hujan akan menembus beberapa lapisan tanah dan menyebabkan terjadinya kesadahan pada air. Penguapan dan pengembunan biasanya seimbang. dan pengaliran oleh sungai. dan lain sebagainya. dan logam berat seperti besi dan mangan. Zat-zat mineral tersebut antara lain kalsium. a. ke danau. batang-batang kayu. Sebelum mencapai lapisan tempat air tanah. mengingat bahwa air sungai ini pada umumnya mempunyai derajat pengotoran yang sangat tinggi. pengertian air tanah merupakan sebagian air hujan yang mencapai permukaan bumi dan menyerap ke dalam lapisan tanah dan menjadi air tanah. misalnya oleh lumpur. 2. Kebanyakan air rawa ini berwarna yang disebabkan oleh adanya zaat-zat organis yang telah membusuk.

maka air dapat menyembur ke luar dan dalam keadaan ini. yaitu mata air yang airnya keluar dari lereng- lereng. Dalam hal ini harus digunakan bor dan memasukkan pipa kedalamnya sehingga dalam suatu kedalaman (biasanya antara 100-300 m) akan didapatkan suatu lapis air. yaitu mata air dimana airnya keluar ke permukaan pada suatu dataran.  Umbul. Lapisan tanah di sini berfungsi sebagai saringan. Lapisan tersebut banyak menampung air. Jika air tidak dapat ke luar dengan sendirinya. Air ini terdapat diantara dua lapisan kedap air. Disamping penyaringan. Jika lapisan kedap air retak. c. Lumpur akan tertahan. sumur ini disebut dengan sumur artesis. terutama pada muka air yang dekat dengan muka tanah. hampir tidak terpengaruh oleh musim dan kualitas/kuantitasnya sama dengan keadaan air dalam.a. Mata air yang berasal dari tanah dalam. Air yang memancar ke permukaan disebut mata air artesis. Jika tekanan air tanah ini besar. Mata Air Mata air merupakan air tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah. maka digunakan pompa untuk membantu pengeluaran air tanah dalam ini. Air Tanah Dalam Air tanah dalam dikenal juga dengan air artesis. sehingga air tanah akan jernih tetapi lebih banyak mengandung zat kimia (garam-garam yang terlarut) karena melalui lapisan tanah yang mempunyai unsur-unsur kimia tertentu untuk masing-masing lapisan tanah. air yang akan terkumpul merupakan air tanah dangkal dimana air tanah ini dimanfaatkan untuk sumber air minum melaui sumur-sumur dangkal. . secara alami air akan keluar ke permukaan. setelah menemui lapisan rapat air. b. Pengambilan air tanah dalam. Lapisan diantara dua lapisan kedap air tersebut disebut lapisan akuifer. pengotoran juga masih terus berlangsung. tak semudah pada air tanah dangkal. Air Tanah Dangkal Air tanah dangkal terjadi karena daya proses peresapan air dari permukaan tanah. demikian pula dengan sebagian bakteri. Berdasarkan keluarnya (munculnya ke permukaan tanah) mata air dapat dibedakan atas :  Mata Air Rembesan.

dan daya air yang terkandung di dalamnya. rekreasi. Air tawar yang tidak membeku dapat ditemukan terutama di dalam tanah berupa air tanah. Sumber daya Air merupakan salah satu sumber daya alam yang tergolong tidak hidup (non-hayati) dan dapat diperbaharui sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Air tawar adalah sumber daya terbarukan. termasuk dalam pengertian ini air permukaan. dan aktivitas lingkungan. dan air laut yang berada di darat. Berdasarkan kebutuhan manusia yang terus meningkat dalam era sekarang. Daya air adalah potensi yang terkandung dalam air dan/atau pada sumber air yang dapat memberikan manfaat ataupun kerugian bagi kehidupan dan penghidupan manusia serta lingkungannya. Permintaan air telah melebihi suplai di beberapa bagian di . 97% air di bumi adalah air asin. Sumber air adalah tempat atau wadah air alami dan/atau buatan yang terdapat pada. di atas. meski suplai air bersih terus berkurang. Sehubungan dengan itu dibutuhkan sistem pengelolaan yang efektif dan efisien secara komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk membangun model konservasi air yang tepat guna bagi masyarakat dan lingkungannya. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian. Sangat jelas terlihat bahwa seluruh manusia membutuhkan air tawar. di atas.industri.3 Sumber Daya Air Dalam Undang-Undang no 7. Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia.dan hanya 3% berupa air tawar yang lebih dari 2 per tiga bagiannya berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub. Air adalah semua air yang terdapat pada. sumber air. ataupun di bawah permukaan tanah. Air permukaan adalah semua air yang terdapat pada permukaan tanah. sumber daya air menjadi kurang karena pengelolaannya tidak memadai sehingga sering terjadi konflik kepentingan di wilayah masyarakat. rumah tangga. air hujan. Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah. Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air menjelaskan bahwa sumber daya air adalah air. air tanah. ataupun di bawah permukaan tanah.2. dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara.

di Indonesia yang paling parah cadangan airnya cukup krisis di daerah NTT. Hal ini diperparah karena bertambahnya jumlah penduduk yang tidak merata.4% b Sumatera : 24.5 % dari potensi air di Indonesia. seperti di pulau jawa yang hanya 7% dari luas lahan di Indonesia. Perhatian terhadap kepentingan global dalam mempertahankan air untuk pelayanan ekosistem telah bermunculan. namun penyebarannya tidak merata. Contohnya di wilayah barat untuk sumber daya airnya cukup besar namun di timur dan selatan kurang. indeks perkapitanya 1600 m3 suatu daerah indeks perkapitanya di bawah 2000m3 perkapita/tahun berarti itu sudah mengalami stress area dari sisi penyediaan . hal ini seperti yang di tunjukan dalam peta perairan indonesia. sekitar 65% penduduk Indonesia tinggal di pulau ini dan potensi airnya hanya 4. meskipun kondisi umum sumber daya air di Indonesia ini memiliki cadangan air yang cukup besar 2530 km3 (nomer 5 di dunia).4% Dari persentase di atas jelas terlihat bahwa pulau jawa merupakan pulau yang memiliki sumber daya air terkecil dan kalimantan sebagai pulau yang memiliki sumber daya air terbesar di indonesia. Seperti yang terlihat di peta perairan indonesia di atas bahwa Persebaran potensi air tanah dan air permukaan di Indonesia jika di persentasekan adalah sebagai berikut : a Kalimantan : 30. 2. walaupun kondisi Pulau Jawa seperti itu ternyata sumber irigasi di pulau jawa cukup besar yaitu sekitar 49% dari irigasi yang ada di luar pulau jawa dan itu menyumbang hampir 60% produksi beras di Indonesia. sehingga hal ini ketersediaan air di tiap-tiap wilayah tidak sama. dunia dan populasi dunia terus meningkat yang mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap air bersih.8% d Sulawesi : 14.8% e Jawa dan Bali : 6. Ekosistem air tawar yang tinggi biodiversitasnya saat ini terus berkurang lebih cepat dibandingkan dengan ekosistem laut ataupun darat.4 Penyebaran Sumber Daya Air di Indonesia Di Indonesia persebaran sumber daya air tidak merata. terutama sejak dunia telah kehilangan lebih dari setengah lahan basah bersama dengan nilai pelayanan ekosistemnya.6% c Papua : 23.

dimana hanya sekitar 20 % yang dimanfaatkan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku. namun faktanya saat ini baru sekitar 23 % yang sudah termanfaatkan. Secara nasional. Jumlah ini pada dasarnya adalah potensi yang dapat dimanfaatkan. kota dan industri. ketersediaan air di Indonesia mencapai 694 milyar m3 per tahun. . sehingga dapat menyumbang 25% produksi beras di wilayah jawa timur.airnya. Dari peta perairan di atas dapat di lihat bahwa Indonesia merupakan negara dengan potensi sumber daya air yang cukup besar sehingga tidaklah heran indonesia merupakan negara ke-5 yang memiliki sumber daya air terbesar dunia. 80 persen lainnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan irigasi. namun sayang masih banyak di antara pulau-pulau yang memiliki potensi besar belum di manfaatkan. rumah tangga. Dengan sebaran air yang tidak merata ini sebenarnya memberikan peluang kepada kita sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang khususnya air untuk meningkatkan dan menggali potensi yang ada untuk kebaikan bersama dalam membangun dan mensejahterakan rakyat. Dan pulau Jawa yang mengalami krisis air paling parah ada di bagian timur dan selatan pulau Jawa dan salah satu upaya untuk mengatasinya adalah menyiapkan 8 buah waduk di sekitar agar DAS Brantas dapat menampung air lebih banyak lagi.

Sumber daya aiir merupakan salah satu sumber daya alam yang tergolong tidak hidup (non-hayati) dan dapat diperbaharui sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. sehingga nantinya seluruh wilayah di Indonesia dapat menikmati air bersih dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Air Permukaan dan Air Tanah. namun penyebarannya tidak merata. terdapat beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu perlu adanya gagasan yang dapat mengatasi permasalahan penyebaran air di indonesia. meskipun kondisi umum sumber daya air di Indonesia ini memiliki cadangan air yang cukup besar 2530 km3 (nomer 5 di dunia). BAB III PENUTUP 3. Air adalah senyawa kimia yang merupakan hasil ikatan dari unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dalam hal ini membentuk senyawa H2O. Air Permukaan ini terdiri dari air sungai dan air rawa atau danau. b. 3. Berdasarkan jenisnya air dibagi menjadi empat yaitu Air Laut.2 Saran Berdasarkan pembahasan diatas. c. air tanah dalam dan mata air. Di Indonesia persebaran sumber daya air tidak merata.1 Kesimpulan Berdasarkaan pembahasan yang dipaparkan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: a. sedangkan air tanah terdiri dari air tanah dangkal. d. hal ini seperti yang di tunjukan dalam peta perairan indonesia. . Air Atmosfir.

75 – 86. 2014. Vol.http://balithutmakassar. Roestam.1. DAFTAR PUSTAKA Hartati. Hendra.org/wp-content/uploads/2014/11/7_Konservasi- Air-berdasarkan-SDA_Info-Teknis-Eboni-Vol-12-No-1-2015.blogspot. vol 1. Jurnal Deesign Konstruksi. Kudeng Sallata. Diktat Kuliah Pengantar Teknik Sipil. 2015.html (Diakses pada tanggal 7 Februari 2017) Sjarif. 2002. Gini. 2001.pdf (Diakses pada tanggal 7 Februari 2017) Munir. http://piahtoraya. Geologi. Moch. 2014. Malang: Banyumedia Publishing Ruru. Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air Berdasarkan Keberadaannya sebagai Sumber Daya Alam.co.id/2015/06/sumber-sumber-air-dan karakteristiknya. 12 No. Makalah Tentang Sumber-Sumber Air Dan Karakteristiknya. Pengelolaan Sumber Daya Air. Depok: Universitas Indonesia M. no1 .