You are on page 1of 20

LAPORAN BIOLOGI

“Penggunaan Mikroskop serta
Pengamatan Bentuk dan Struktur Sel

OLEH:

NAMA : DITIA PUSPITA DEWI

NIM : 140210101108

KELOMPOK : 01

PRODI : MATEMATIKA

JURUSAN : FKIP

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI JEMBER

2015

1. Judul : Penggunaan Mikroskop serta Pengamatan Bentuk dan
Struktur Sel
2. Tujuan :
 Memperkenalkan komponen-komponen mikroskop dan
cara penggunaannya
 Mempelajari cara menyiapkan bahan-bahan yangakan
diamati dibawah mikroskop
 Mengamati bentuk dan struktur sel hewan dan sel
tumbuhan
3. Dasar teori
 Mikroskop
Mikroskop merupakan penemuan yang luar biasa dan
berjasa mengembangkan multidisiplin ilmu. Sejarah
mikroskop tak bisa lepas dari penemuan lensa oleh seorang
ilmuan Thonius Philips Van Leewenhoek (1632-1723). Sejak
belia, ia memang sudah terpesona dengan lensa. Hal ini yang
menjadikan ia begitu giat mempelajari lensa selama
hidupnya. Leewenhoek terdaftar sebagai salah satu
mahasiswa Ilmu Pengetahuan Alam yang lahir dan besar di
Belanda. Ia dipenuhi dengan imajinasi tentang makhluk
berukuran mikro yang hidup bebas dan luput dari perhatian
manusia. Imajinasi ini, serta ketertarikannya pada lensa juga
cermin yang kemudian mengilhami ia menciptakan sebuah
alat yang kini kita kenal dengan nama Mikroskop.
(Betzig,1990)
Perkembangan instrumen yang berkemampuan melebihi
indera manusiaberjalan seiring sains. Penemuan dan
penelitian awal tentang sel menjadi maju berkatpenciptaan
mikroskop pada tahun 1590 dan peningkatan mutu alat
tersebut selama1600-an. Mikroskop masih menajdi bagian
yang tidak terpisahkan dari penelitian sel.Mikroskop yang
pertama kali digunakan oleh ilmuwan (saintis)

2008: 103). Kaki (basis) merupakan bagian mikroskop yang berfungsi untuk menyangga bagian mikroskop. yang pertama mikroskop optik dan yang kedua mikroskop elektron. .benda yang tampak oleh mata telanjang sebagai satu bintang di langit mungkin diresolusi sebagai bintang kembar oleh teleskop (Campbell. Resolusi adalah ukuran kejelasan citra. atau ke layar video. karena dapat digunakan untuk mempelajari struktur dan benda- benda yang kecil. merupakanmikroskop cahaya.zamanRenaisans. Dalam mikroskop cahaya. (Qu. dan mungkin mikroskop yang Anda gunakan di laboratorium. teknik dalam penggunaanmikroskop) adalah perbesaran dan daya resolusi (atau resolusi saja) atau daya urai. LM) cahaya tampakditeruskan melalui spesimen dan kemudian melalui lensa kaca. Mikroskop merupakan alat utama dalam melakukan pengamatan dan penelitian dalam bidang Biologi.Perbesaran (magnification) adalah perbandingan ukuran citra objek dengan ukuransebenarnya. Misalnya. (light microscope. Ada 2 prinsip dasar yang berbeda untuk mikroskop. biasanya berbentuk segi empat atau huruf U (tergantung jenis dan merek mikroskop).Dua parameter penting dalam mikroskopi (teknik. Mikroskop optik ini dapat dibedakan mikroskop biologi dan mikroskop stereo. ke film fotografi atau sensor digital. Lensa ini merefraksi(membengkokkan) cahaya sedemikian rupa sehingga citra spesimen diperbesar ketika diproyeksikan ke mata. jarak minimum yang dapat memisahkan dua titik sehingga masih bisa dibedakan sebagai dua titik. 2012) Adapun bagian-bagian pada mikroskop optik pada umumnya dapat dilihat pada gambar 1 dengan rincian sebagai berikut : 1.

4. Mikroskop yang memiliki satu lensa okuler disebut mikroskop monokuler. Tangkai ini juga berfungsi sebagai penyokong teropong. sekrup-sekrup ini berhubungan dengan penjepit sediaan. sedang yang memiliki dua . Sekrup pengatur jarak sediaan (Focus adjustment knob). Pada bagian teropong yang dekat dengan mata pengamat terdapat lensa okuler. Sekrup penggerak sediaan (stage position adjustment). merupakan penghubung antara teropong dengan basis. Sekrup besar (makrometer) dapat menaik-turunkan meja benda dengan jarak perpindahan yang besar.2. menempel pada kanan-kiri tangkai (axis). 6. Meja benda dapat dinaik turunkan dengan menggunakan sekrup pengatur jarak antara teropong dengan sediaan. Bisanya berbentuk persegi terletak antara basis dan teropong. Teropong. Sekrup-sekrup ini dapat digunakan untuk menggerakkan sediaan ke kanan atau ke kiri (sekrup bawah) dan menggerakkan sediaan ke depan atau belakang (sekrup atas). terdiri atas dua buah sekrup yang tersusun dalam satu sumbu horisontal. merupakan bagian mikroskop yang mengandung komponen optik. Sekrup-sekrup ini berfungsi untuk mengatur jarak benda dengan lensa obyektif. berjumlah dua buah sekrup yang tersusun dalam suatu sumbu vertikal. 5. di bawah meja benda.Tangkai (aksis). Meja benda (stage) tempat meletakkan sediaan atau spesimen yang akan diamati. Daya perbesaran lensa ini bermacam-macam tergantung pada jenis mikroskop. Daya perbesaran lensa okuler biasanya tercantum pada lingkaran disekeliling lensa. sedang sekrup yang kecil (micrometer) dapat digunakan untuk menggerakkan meja benda dengan jarak perpindahan kecil (halus). biasanya terletak dikanan/kiri meja benda. 3.

berupa gelas bundar yang berwarna biru. berfungsi untuk mengurangi silau atau memperjelas obyek dengan menyerap warna sinar-sinar tertentu (seringkali pada mikroskop yang kita gunakan tidak dijumpai adanya filter). 10. Filter. Kondensor merupakan lensa yang terletak pada meja benda bagian bawah. Diafraghma.  Sel Dalam tahun 1543. berfungsi untuk memusatkan berkas cahaya yang melaluinya. menerbitkan karyanya yang sangat pentingm yaitu De Humani Corporis Fabrica (Perihal Struktur Tubuh Manusia). 7. berfungsi untuk mengatur banyaknya sinar yang masuk. Pada bagian teropong yang dekat dengan meja sediaan terdapat beberapa lensa obyektif dengan kemampuan perbesaran lensa yang berbeda-beda (masing-masing nilai perbesaran lensa tercantum pada tabung lensa obyektif) terpasang pada revolver yang dapat diputar. 1514-1564). Andreas Vesalius (ahli anatomu bangsa Vlaam.lensa okuler disebut mikroskop binokuler. merupakan sumber cahaya. bahwa pekerjaan Vesalius baru merupakan permulaan penelitian ilmiah mengenai struktur . Pada waktu itu banyak orang beranggapan bahwa studi anatomi manusia sudah berakhir dengan terbitnya karya Vesalius ini. hijau maupun warna lain. Penemuan sel Sekarang ternyata. terletak di bawah meja benda. 8. Lampu terletak pada bagian basis. 9. biasanya terletak di bawah meja benda. Pada mikroskop yang menggunakan cahaya alam dapat dijumpai adanya cermin cekung yang berfungsi sebagai pengumpul berkas-berkas sinar dari lengkungan.

tubuh manusia. Sel epidermis bawang merah tersusun oleh : a. Marcello Malpighi (ahli anatomi Itali 1628-1694). Sel epidermis bawang merah mempunyai bentuk yang tetap dan tidak berudah – ubah karena di dalam sel ter dapat dinding sel . Pada abad ke-17 yang penuh perubahan. tetapi lensa-lensa yang dibuat oleh Van Leeuwenhoek memang yang terbaik. Kemudian dalam tahun 1665 Robert Hooke (ahli fisika dan matematika Inggris. menemukanbentuk-bentuk mikroskopik dalam gabus (kulit pohon Querqus suber dari daerah Laut Tengah) dan salam batang bermacam-macam tumbuhan. + partiri = membagi) berdinding tebal yang mengingatkannya kepada sarang lebah. Dinding sel. Van Leeuwenhoek bukanlah satu-satunya penyelidik yang menggunakan mikroskop. sekretaris Royal Society of London. Oleh karena itu kopartemen-kompartemen ini disebut dengan “sel”. b. mikroskopik dikembangkan.telah melihat pembuluh-pembuluh darah yang kecil dan berdinding tipis. Sebab pada abad berikutnya. Sel epidermis bawang merah mempunyai dinding sel yang berbentuk tidak beraturan ada yang berbentuk segi enam yang memanjang dan ada juga yang mempunyai bentuk segi empat yang memanjang. Sitoplasma . seorang Itali. dan bukan akhirnya. Dalam gabus ia melihat barisan rapi yang terdiri dari kompartemen-kompertemen (Latin: com = dengan. 1635-1703). yang kelak dinamakan pembuluh kapiler (Latin: capillus = rambut). Kira-kira 15 tahun sebelum surat pertama Van Leeuwenhoek kepada Royal Society of London.

inti sel Jaringan epitel adalah salah satu empat jaringan dasar (lainnya: Jaringan Ikat. jaringan saraf). Dahulu istilah epitel digunakan untuk menyebut selaput jernih yang berada di atas permukaan tonjolan anyaman penyambung di merah bibir (Epitel: Epi di atas. Thele bibir). jaringan otot. oleh karena itu. Jaringan epitel terdiri dari sel dengan batas yang jelas dan terletak rapat satu sama lain.c. Tidak ada pembuluh darah dalam jaringan kapiler. Istilah ini kini digunakan untuk semua jaringan yang melapisi sesuatu struktur dan saluran. Zat makanan diberikan ke jaringan secara difusi dari pembuluh darah kapiler yang terletak di jaringan di bawahnya. jaringan epitel dapat dikatakan sebagai jaringan yang seluler. .

lalu ke depan dan ke belakang Menggambar dan menuliskan hasil pengamata yang diamati b. Metode penelitian 4.2 Langkah Kerja a. Pengamatan Bentuk dan Struktur Sel . Alat  Mikroskop  Gelas objek dan gelas penutup  Pipet tetes  Scalpel  Silet tajam b.1 Alat dan Bahan a.4. menggeser preparat ke kanan dan ke kiri. lalu mengamati preparat dengan menggunakan perbesaran lensa objektif lemah Membandingkan letak bayangan dengan letak objek yang diamati yang diamati Sambil memandang ke dalam lensa okuler. Bahan  Potongan kertas bertuliskan huruf “b”dan “q”  Air  Epitel rongga mulut  Bawang merah  Methilen blue  Alkhohol 70% 4. Pengamatan potongan kertas bertuliskan huruf “b”dan “q” Meletakkan potongan huruf "b" atau "q" pada gelas objek dan menutupnya perlahan-lahan dengan gelas penutup.

Pengamatan epitel Pengamatan sel bawang rongga mulut (sel merah (sel tumbuhan) hewan) Membersihkan Mengambil selaput scalpel dengan bagian dari bawang alkhohol merah dengan silet tajam Mengorek bagian rongga mulut dengan scalpel Meletakkan hasil irisan pada kaca benda Meletakkan hasil korekan pada kaca benda Menetesi dengan sedikit air Menetesi dengan methilen blue sedikit Menutup dengan kaca penutup Menutup dengn kaca penutup Mengamati di bawah Mengamati di bawah mikroskop mikroskop dari perbesaran lemah ke kuat Menggambar dan memberi keterangan bagian yang Menggambar dan teramati memeberi keterangan bagian yang teramati .

Dinding sel Perbesaran 10x10 . dan sebaliknya. Bayangan terbalik 2. Inti sel bayangan akan begeser ke kiri. 3. . Hasil pengamatan KELOMPOK 1 dan 2 KELOMPOK 3. Objek huruf “b” bayangan “q” Gambar Keterangan 2. Objek huruf “q” bayangan “b” 1. dan sebaliknya. Sitoplasma 4. Apabila digeser ke depan. .Apabila digeser ke kanan. Membran sel 3. 4. bayangan akan bergerak ke belakang. 5. Inti sel 2. KELOMPOK 6 dan 7 Gambar Keterangan 1. dan 5 1.

sisi cermin datar dan sisi cermin cekung. penggunaan dan pemeliharaannya. Pembahasan Mikroskop merupakan salah satu alat yang penting pada kegiatan laboratorium sains. Cermin dapat lepas dan diganti dengan sumber sinar dari lampu. Untuk mengetahui mikroskop maka perlu diketahui komponen mikroskop. khususnya biologi. dan cermin cekung digunakan bila sumber sinar kurang. Bagian-bagian mikroskop: a. Pada mikroskop model baru. Cermin datar digunakan bila sumber sinar cukup terang. Kaki Kaki berfungsi menopang dan memperkokoh kedudukan mikroskop.6. pada mikroskop sederhana (model student). Lengan 2 Dengan adanya engsel antara kaki dan lengan. c. Kondensor . maka lengan dapat ditegakkan atau direbahkan.Cermin. sudah tidak lagi dipasang cermin. macam mikroskop. Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati obyek yang berukuran sangat kecil (mikroskopis). karena sudah ada sumber cahaya yang terpasang pada bagian bawah (kaki). berfungsi untuk memantulkan sinar dan sumber sinar. Cermin mempunyai dua sisi. d. Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organisme yang berukuran kecil. Lengan dipergunakan juga untuk memegang mikroskop pada saat memindah mikroskop. b. Pada kaki melekat lengan dengan semacam engsel.

terutama model terbaru. Di bagian atas tabung melekat lensa okuler. h. Pada mikroskop sederhana hanya ada diafragma tanpa kondensor. f. e. Tabung. Objek diletakkan di meja dengan dijepit dengan oleh penjepit. Lensa ini menentukan struktur dan bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir. g. kedudukan meja tidak dapat dinaik atau diturunkan. Diafragma Diafragma berfungsi mengatur banyaknya sinar yang masuk dengan mengatur bukan iris. meja preparat dapat dinaik-turunkan. Ciri penting lensa obyektif adalah memperbesar bayangan obyek dengan perbesaran beraneka . Pada revolver tersebut terdapat lensa objektif. Lensa obyektif Lensa objektif bekerja dalam pembentukan bayangan pertama. Pada jenis mikroskop tertentu. Dibagian tengah meja terdapat lengan untuk dilewat sinar. Kondensor tersusun dari lensa gabungan yang berfungsi mengumpulkan sinar. Pada beberapa mikroskop. Meja preparat Meja preparat merupakan tempat meletakkan objek (preparat) yang akan dilihat. Letak diafragma melekat pada diafragma di bagian bawah. Dibagian bawah tabung terdapat alat yang disebut revolver. dan 15 X). dengan perbesaran tertentu (15X. 10X.

Lensa ini berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif. macam sesuai dengan model dan pabrik pembuatnya. Pada mikroskop dengan tabung miring. Lensa Okuler Lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung. i. Nilai apertura adalah ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen. pengatur kasar dan halus untuk menaikturunkan tabung sekaligus lensa onbjektif. Pada mikroskop dengan tabung lurus/tegak. sedangkan huruf “q” memiliki bayangan “b”. 40X. ukuran bayangan . Ini dikarenakan cermin pada mikroskop merupakan cermin cekung. misalnya 10X.25 kali. bayangan terbalik. sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah. Pengatur Kasar dan Halus Komponen ini letaknya pada bagian lengan dan berfungsi untuk mengatur kedudukan lensa objektif terhadap objek yang akan dilihat. dan 100X dan mempunyai nilai apertura (NA). berdekatan dengan mata pengamat. Perbesaran bayangan yang terbentuk berkisar antara 4 . Dalam pengamatan didapatkan bahwa huruf “b” memiliki bayangan “q”. pengatur kasar dan halus untuk menaikturunkan meja preparat. pada peristiwa ini benda terletak di titik pusat kelengkungan cermin cekung (s = R) sehingga sifat-sifat bayangannya adalah nyata artinya berkas cahaya melewati bayangan. j.

Fungsi dasar dari sel epitel adalah untuk memberikan lapisan pelindung untuk organ ia ditutupi. dan tidak mempunyai ruang antarsel. Jaringan epitel terdiri oleh satu atau banyak sel. Lapisan epitel sepanjang paru-paru membantu menyebarkan oksigen . jarak bayangan sama dengan jarak benda. pada peristiwa ini benda terletak di titik pusat kelengkungan cermin cekung (s = R) sehingga sifat-sifat bayangannya adalah nyata artinya berkas cahaya melewati bayangan. terutama ketika berada di daerah seperti ginjal dan kelenjar keringat. Jaringan epitel yang melapisi permukaan luar tubuh disebut epitelium. Pada saat pengamatan di bawah mikroskop. Benda juga digeser kedepan dan ke belakang. baik permukaan luar maupun permukaan dalam. serta ekskresi produk sampingan yang tidak diinginkan. sedangkan bila digeser ke kiri dan bayangan bergeser ke kanan. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi atau menutup permukaan tubuh.sama dengan ukuran benda. ukuran bayangan sama dengan ukuran benda. Mereka juga dapat membantu dalam sekresi enzim dan hormon. dan jarak bayangan sama dengan jarak benda. Hewan dan sel epitel manusia yang ditemukan di sepanjang sistem pencernaan juga dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama proses pencernaan. tersusun kompak. benda digeser ke kanan dan bayangan begeser ke kiri. Adapun jaringan yang terdapat di permukaan dalam tubuh disebut jaringan endotelium. Ini dikarenakan cermin pada mikroskop merupakan cermin cekung. bayangan bergeser kearah sebaliknya. bayangan terbalik.

Sklereid. Bawang merah mempunyai organel. Jaringan Epidermis berfungsi sebagai pelindung bagian dalam organ tumbuhan. Berfungsiuntuk Mengendalikan proses berlangsungnya metabolisme dalam sel. e. kerusakan mekanik. perubahan suhu. Dinding sel. dan diakhiri. Jaringan Epidermis adalah jaringan yang terletak paling luar pada setiap organ tumbuhan. hidung dan lidah yang dibuat dengan ujung saraf untuk meningkatkan sensitivitas.tengah sel.15 nm. yang berfungsi sebagai pelindung sel.zat makanan. Di antara kedua membran tersebut terdapat ruangan antar membran (perinuklear space) selebar 10 . Mengatur kapan dan di mana ekspresi gen. dan berdinding keras yang tahan terhadap tekanan 7. berbentuk bulat atau bervariasi. Jaringan epitel khusus di sekitar organ-organ indera seperti mata. Fungsi khusus jaringan epidermis adalah sebagai pelindung terhadap hilangnya air karena adanya penguapan. c.Menyimpan informasi genetik ( gen ) dalam bentuk DNA.sel tumbuhan yang telah mati.organel sebagai berikut : a.gen harus dimulai. b. d.1 Kesimpulan . Nukleus. adalah inti sel yang berada di tengah. di semua bagian tubuh. merupakan sel. batang. dijalankan. yaitu akar. dan hilangnya zat. Membran Inti yaitu membran luar (membran sitosolik) dan membran dalam (membran nukleo-plasmik). daun. Penutup 7.

lensa okuler. bayangan akan bergeser kearah sebaliknya. bayangan terbalik. dan pengatur kasar dan halus. . lensa objektif. e. b. 7.2 Saran a) Sebelum melakukan percobaan. b) Sebelum praktikum praktikan diharuskan membawa alat dan bahan jika di laboratorium tidak ada. Bagian-bagian dari mikroskop yaitu: kaki. kondensor. Inilah yang menyebabkan huruf “b” memiliki bayangan “q” dan huruf “q” memiliki bayangan “b”. nucleus. ukuran bayangan sama dengan ukuran benda. Dan juga saat digeser ke kiri dan ke kanan maupun digeser ke depan dan ke belakang. membrane inti. cermin. Dari praktikum dan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa: a. praktikan diharuskan mempelajari materi praktikum terlebih dahulu. diafragma. c. Bawang merah memiliki organel-organel yaitu: dinding sel. Cermin pada mikroskop merupakan cermin cekung sehingga sifat-sifat bayangannya nyata artinya berkas cahaya melewati bayangan. meja preparat tabung. dan sklereid. jaringan epidermis. d. lengan 2. jarak bayangan sama dengan jarak benda. Sel epitel adalah sekelompok sel erat terkompresi yang lapisan itu sendiri pada permukaan internal dan eksternal organ tubuh dan permukaan lain yang ditemukan dalam tubuh. Fungsi dasar dari sel epitel adalah untuk memberikan lapisan pelindung untuk organ ia ditutupi. Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati obyek yang berukuran sangat kecil (mikroskopis).

BIOLOGI Edisi 5 Jilid 2.ModulPenggunaanMikroskop.Jurnal SPIE.academia.1990. T.Jurnal Ilmiah. dan Sugiri.Jakarta:Gramedia Soetarmi.vol 251 hal 1468-1470. edu/5247768/MODUL_PENGGUNAAN_MIKROSKOP_Diajukan_untuk_ memenuhi_tugas_mandiri_Mata_Kuliah_Pengembangan_Praktikum_ Biologi_Sekolah_Dosen_Pengampu_Evi_Roviata.vol 8558 hal 1117: SPIE.Optical Microscopy on a Nanometric Scale.1980.Optoelectronic Imaging and Multimedia Technology II. [24 Februari 2013] .2013. Daftar pustaka Sastrodinoto.2007. Nawangsari.Fajar. [5 Februari 1991] Sidiq. Soenarjo.2012.https://www. Siti.Bandung:IPB Qu.. [13 Desember 2012] Betzig.Biologi Umum II.

Cover dan abstrak b.Foto praktikum .Lampiran a. Foto praktikum c. ACC b.

Kelompok 1 dan 2: Kelompok 3. dan 5 Kelompok 6 dan 7  (Qu. yang berfungsi sebagai blok bangunan dasar untuk penelitian . 2012) Abstrak: Dalam makalah ini. 4. pertama-tama kita memperkenalkan konsep kedalaman lapangan (DOF) dalam sistem visi mesin.

sumber cahaya atau detektor dengan dimensi kurang dari panjang gelombang (λ) ditempatkan di dekat (λ / 50) untuk sampel untuk menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih baik dari batas difraksi. terkait dengan pekerjaan pada generalisasi metode fundamental dan status sehubungan dengan memperluas DOF disajikan. Kemudian. diikuti dengan analisis rinci tentang prinsip-prinsip dan kinerja beberapa perwakilan diperpanjang kedalaman-of-field (DOF) teknologi. Selain itu.  (Betzig.ke 106 kali lipat lebih besar daripada yang dilaporkan sebelumnya. kami. mikroskop dekat lapangan muncul siap untuk memenuhi janjinya dengan menggabungkan kekuatan metode karakterisasi optik dengan resolusi spasial nanometric. Dengan probe ini. Penyelidikan dekat lapangan telah dikembangkan yang menghasilkan resolusi ~12 nm (~λ / 43) dan sinyal ~104.1990) Abstrak: Di dekat-bidang pemindaian mikroskop optik. . kontras gambar ditunjukkan untuk sangat tergantung polarisasi.