RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN Pasirluhur
Kelas/ Semester : IV / 1
Tema/Subtema/PB : 4. Berbagai Pekerjaan/2.Pekerjaan di Sekitarku/2
Alokasi Waktu : 6x 35 menit

A. Kompetensi Inti ( KI )
1. Menerima , menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda –benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segi tiga.
4.9Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan
segi tiga.
Indikator
3.9.3 Menemukan rumus luas dan keliling persegi panjang menggunakan benda konkret.
4.9.3 Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling persegi persegi panjang.
PPKn
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila- sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila- sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator
3.1.4 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila.
4.1.4 Menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasil
SBdP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi hal-hal yang diperhatikan saat menggambar.
4.1.2 Menggambar kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila kedua pancasila.

siswa mampu menggambar kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila kedua pancasila dengan kreatif. 3. gunting. siswa mampu mengidentifikasi hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci. 5. 4. Setelah berdiskusi. alat. pengamatan. Materi Pembelajaran  Simbol dan makna sila kedua Pancasila  Hubungan simbol sila kedua dengan makna sila kedua  Menemukan rumus luas dan keliling persegi panjang E. kertas warna Sumber : Buku Guru Kemdikbud 2016 halaman 87 -96 Buku Siswa Kemdikbud 2016 halaman 59-68 Lingkungan sekitar G. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Alokas Kegiatan Deskripsi Kegiatan i Waktu  Mengkondisikan siswa pada pembelajaran yang kondusif  Seorang siswa memimpin doa. siswa mampu menemukan rumus luas dan keliling persegi panjang menggunakan benda konkret dengan benar. dan Sumber Pembelajaran Alat/media : gambar lambang sila kedua Pancasila Kertas berpetak. diskusi kelompok. Setelah mencari informasi. ceramah. tanya jawab. Setelah bereksplorasi. Setelah diberikan masalah. Setelah bereksplorasi. Media. siswa mampu menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasila dengan terperinci. 2. F. 6. Pendahulua  Mengecek kehadiran siswa (mengabsen) 5 n  Menyampaikan tema yang akan dibahas yaitu pekerjaan di menit sekitar rumahku  Menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan  Siswa mengamati gambar yang dipajang di papan tulis. D. siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila dengan benar.C. Inti (mengamati) 25 menit  . Tujuan Pembelajaran 1. siswa mampu menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling persegi panjang dengan benar. Pendekatan Pembelajaran Pendekatan : saintifik Metode :Demonstrasi. Setelah berdiskusi.

   Bertanya jawab tentang jenis pekerjaan yang ada pada gambar   Siswa secara berkelompok mendiskusikan lambang sila kedua dan makna yang terkandung pada lambang tersebut  Siswa menyampaikan hasil diskusinya ke depan kelas teman yang lain memberikan tanggapan  Guru memberikan penguatan makna sila kedua yaitu : 1. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. dan tindakan. Setiap manusia setara. Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu? Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu? Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan.  Disajikan permasalahan siswa berkelompok menjawab permasalahan tersebut  guru menyampaikan kepada siswa bahwa seorang penjahit juga harus sangat paham tentang luas. sejajar. bahwa setiap orang sama. Mengutamakan kebenaran dan keadilan. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila. . Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. 3. 4.  Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila? Jelaskan.  Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. 2. Beradab dalam rasa. Itu menyakiti perasaan Dayu. pikiran. Anti penjajahan.

mengamati hasil percobaan. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan menjelaskan cara berbeda yang telah ia temukan. Diskusi kelas. Misal panjang = 6 cm lebar = 4 cm. Guru memotivasi siswa untuk berpikir kreatif menemukan cara- cara yang berbeda.  Guru menuliskan setiap simbol dengan cermat. Dengan pasangan baru siswa diminta untuk saling menyampaikan hasil eksplorasinya. Lebar persegi panjang dinamakan l. Tulislah rumus luas persegi panjang. lebar dan seluruh permukaan persegi? Jika seluruh persegi satuan yang menutupi persegi panjang adalah luas persegi panjang. Siswa diminta untuk berganti pasangan. .  Siswa menuliskan hasil pengukurannya. Siswa diminta untuk kembali duduk dengan pasangan semula untuk mendiskusikan masukan dari temannya. Luas persegi panjang dinamakan L.  Siswa dan guru membaca kesimpulan yang ada di buku siswa.  Siswa akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa.  Siswa berganti pasangan sebanyak 2 kali. dan menarik kesimpulan dengan teliti. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan pasangannya. Guru membahas satu persatu pertanyaan. Siswa saling memberikan masukan pada pekerjaan temannya. Siswa akan bekerja secara berpasangan. apakah ada cara berbeda untuk menemukan rumus persegi. Guru memberikan penguatan. apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi panjang? Panjang persegi panjang dinamakan p. Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi panjang persegi panjang? Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang? Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang? Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi panjang.  Siswa mengamati persegi panjang yang ada di buku siswa.  Guru meminta siswa memotong kertas berpetak dengan panjang sisi 1 cm.  Siswa diminta untuk menutupi seluruh permukaan persegi dengan persegi satuan. Siswa akan bereksplorasi tentang luas persegi panjang. Siswa juga diminta membaca kesimpulan yang ada di buku siswa Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang Guru bertanya kepada siswa. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan masukan. Siswa mengukur sisi dari persegi. Siswa diminta untuk kembali berdiskusi dengan pasangannya untuk bereksplorasi menemukan cara yang berbeda mencari luas persegi panjang. Guru membimbing siswa untuk menuliskan simbol.

 Pada bangun di atas. H. kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA = 7 satuan + 5 satuan + 7 satuan + 5 satuan = 24 satuan  Jadi keliling persegi panjang 2 X ( ukuran panjang + ukuran lebar). Penilaian Sikap : observasi Pengetahuan : tertulis Keterampilan: unjuk kerja .  Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan :  Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?  Kegiatan apa yang paling kamu sukai?  Mengapa? 5 Penutup  Kegiatan mana yang belum kamu pahami?  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang menit pembelajaran hari ini.  Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut.  Meminta seorang siswa memimpin doa  Siswa memberi salam pada guru.  Guru mengingatkan pada siswa untuk memberi salam pada orang tua.