You are on page 1of 7

Materi Pengemasan Perangkat Pembelajaran : Format 1

:
F-RPP
FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(F-RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pemeliharaan Chasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan
Ringan
Kelas/Semester : XI Semester III
Materi Pokok : Memahami unit kopling
Pertemuan Ke : I
Alokasi Waktu : 1 x 40 Menit

I. Kompetensi Inti :
1. K1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
2. K2 : Mengembangkanperilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. K3 : Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan ingin tahuannya tentan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memcahkan masalah
4. K4 : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan serta melakukan overhaul engine dan
komponennya
II. Kompetensi Dasar :
II.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
menginterpretasikan pengertian perawatan berkala Pemeliharaan
Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
II.2 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami
filosofi sebuah perawatan dan perbaikan
II.3 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam
mengikuti langkah-langkah perawatan sesuai dengan SOP
II.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui
kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan
perbaikan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
3.1 Memahami unit kopling

Indikator
1. Patuh dan berperilaku yang baik dalam melakukan praktek di workshop
sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya
2. Bersemangat, bekerja sama, konsisten, percaya diri, dan dalam
mengidentifikasi dan memperbaiki komponen rangkaian unit Kopling
3. Teliti,kritis, disiplin dan tangguh mengidentifikasi dan memperbaiki
komponen rangkaian sistem komponen Kopling.
4. Bertanggung jawab, selalu ingin tahu, santun, jujur, dan peduli
lingkungan dalam mengidentifikasi dan memperbaiki komponen
rangkaian unit Kopling.
5. Menyebutkan jenis-jenis rangkaian unit Kopling
6. Menyebutkan bagian komponen dan fungsi rangkaian unit Kopling

PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM

Materi Pembelajaran : Menyampaikan norma-norma yang berlaku agar siswa lebih paham tentang kebesaran tuhan. Apakah fungsi Kopling tersebut? Kopling mengatur transfer gaya putar/torsi dari mesin ke pemindah daya dengan kata lain memutus dan menghubungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi melalui kerja pedal. Kopling dan fungsi kopling Apakah Kopling (clutch) itu? Kopling adalah suatu alat yang hanya dapat ditemukan pada kendaraan dengan transmisi manual.kritis. selalu ingin tahu. disiplin dan tangguh mengidentifikasi dan memperbaiki komponen rangkaian sistem komponen. percaya diri. dan peduli lingkungan dalam mengidentifikasi dan memperbaiki komponen rangkaian unit Kopling. Jika pedal kopling ditekan/diinjak. dalam mengidentifikasi dan memperbaiki komponen rangkaian unit Kopling 3. jujur dan peduli dengan lingkungan. Menjelaskan kepada siswa setiap kegiatan. tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari pemindah daya. Menjelaskan setiap kegiatan harus mempunyai motivasi. terdapat perbedaan mekanisme yang digunakan antara transmisi otomatis dengan manual dalam mentransfer torsi dari mesin ke pemindah daya. Persyaratan kopling :  Dapat menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi secara lembut  Dapat memutuskan putaran dari mesin ke transmisi secara cepat dan sempurna  Pada saat menghubungkan putaran mesin ke transmisi tanpa terjadi slip A. Menyebutkan jenis-jenis rangkaian unit Kopling 6. konsisten dan percaya diri. Teliti. Rangkaian komponen kopling PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM . santun. harus dilandasi rasa ingin tahu dan bersikap santun. Jika pedal kopling dilepas. Seperti yang akan diterangkan pada modul ini.C. Berprilaku yang baik dalam melakukan praktek sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya 2. gaya putar/torsi dari mesin ditransfer ke pemindah daya selanjutnya selanjutnya untuk di teruskan ke roda penggerak. Menyebutkan bagian komponen dan fungsi rangkaian unit Kopling D. jujur. Bersemangat. 4. Kopling terletak di antara mesin dan transmisi. 5. Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari indikator yang ada maka hendaknya siswa mampu : 1. konsisten. Bertanggung jawab. bekerja sama. Menjelaskan kepada siswa setiap pekerjaan harus teliti. krtis. disiplin dan tidak mudah menyerah karena setiap masalah pasti ada solusinya. bekerjasama.

Tutup kopling dibagi menjadi dua type. Unit kopling terdiri dari beberapa bagian seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini  Tutup kopling  Release Fork  Realease bearing  Diafrahma spring  Presure plat B. seperti diperlihatkan pada gambar dibawah ini Type Pegas diaprahma Type ini mempunyai keuntungan sebagai berikut :  Tenaga yang dibutuhkan untuk pengoperasian/penekanan pedal kopling relatif kecil  Penekanan pegas diaprahma terhadap plat penekan lebih merata  Bila terjadi keausan pada plat kopling tidak mengurangi tekanan plat penekan  Keseimbangan kerja kopling lebih optimal  Jumlah bagian lebih sedikit Type pegas coil  Pada intinya kebalikan dari type pegas diaprahma  Tenaga penekanan pegas akan berkurang pada putaran tinggi karena gaya sentrifugal  Pada umumnya digunakan pada kendaraan niaga berat Perbedaan seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini : PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM . Diantaranya menggunakan type pegas diaprahma dan type pegas coil. yang tergtantung pada jenis pegas yang di gunakan untuk menekan plat penekan terhadap plat kopling. Rangkaian tutup kopling Tutup kopling terikat pada roda penerus mesin dan berputar bersama- sama dengan putaran mesin selama mesin di hidupkan.

alat. Metode Pembelajaran : .Whiteboard dan spidol Sumber Belajar Judul : OTO.LCD Proyektor . Kegiatan Pembelajaran PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM .Pendekatan : Scientific . Tanya Jawab.Metode : Penugasan.KR 03 -001-03 Pengarang : IAPSD Penerbit : IAPSD Judul : New Step 1 Pengarang : Team Toyota Astra Motor Penerbit : PT. kopling dapat bekerja dengan sempurna dan cepat Plat kopling terdiri dari facing (bagian yang bergesekan) yang dikeling sekeliling plat pad kedua permukaannya dan hub yang terletak dibagian tengah yang berhubungan dengan input shaft transmisi. agar pada saat tenaga harus dibebaskan. Ceramah F.Teknik : Example Non Example . Team National Astra Motor G.Laptop . E.Strategi : Cooperative Learning . Plat kopling Plat kopling di perlukan untuk dapat memindahkan tenaga putar dengan lembut tanpa terjadi slip. Media. Plat kopling dibuat sedemikian rupa. TAM Judul : Buku Pedoman Perbaikan Daihatsu Pengarang : Team Service Departement Astra Motor Penerbit : PT. dan sumber belajar : .

(menggambarkan active learning dan mencerminkan saintifik learning yang disesuaikan dengan model pembelajaran (problem BL.  Mengeksplorasi 30 Inti Guru menuliskan atau menyebutkan macam-macam kopling. Penilaian Autentik : Terlampir Proses pembelajaran dan Hasil pembelajaran teori (rubrik penilaian teori) NO URAIAN SOAL KUNCI JAWABAN PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM . Menit  Mengasosiasi Guru membuat kesimpulan tentang fungsi Komponen kopling  Mengkomunikasikan Guru menerapkan Prosedur yang benar dalam memberikan pemahaman tentang Kopling  Guru memberikan tugas mandiri tentang perkembangan teknologi sistem Kopling dan aplikasinya di kendaraan pada 10 Penutup masa kini dan menginstruksikan siswa untuk mengumpulkan meni job sheet dan guru mengisi pada format penilaian t H. atau project BL) Alok asi Kegiatan Deskripsi Kegiatan Wak tu  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 5 Pendahul Menyampaikan tujuan pembelajaran yang meni uan  t akan di capai  Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaanntuk mengarahkan siswa kemateri yang akan dipelajari  Mengamati Guru memberikan Tayangan atau simulasi macam-macam kopling  Menanya Guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan kopling. Discovery L.

........................................................................ pegas diaprahma • Tenaga penekanan pegas akan Apa Fungsi Plat Koplin berkurang pada putaran tinggi karena gaya sentrifugal • Pada umumnya digunakan pada kendaraan niaga berat untuk dapat memindahkan tenaga putar dengan lembut tanpa terjadi slip Proses pembelajaran a.................. .. Durasi Penilaian Kompetensi Keterampilan N Kompetensi Waktu o 1 Mengidentifikasi komponen pengaman engine 10 menit 2 Mengetahui Fungsi dari setiap Komponen 15 menit 3 Dapat menjelaskan cara kerja masing masing komponen 15 Menit Total 40 menit CATATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNTUK PERBAIKAN RPP : .................. .................................................................................. • Bila terjadi keausan pada plat kopling tidak mengurangi Sebutkan keuntungan dari tekanan plat penekan Kopling type pegas koil • Keseimbangan kerja kopling lebih optimal • Jumlah bagian lebih sedikit • Pada intinya kebalikan dari type 5......... dan sempurna Sebutkan keuntungan dari • Pada saat menghubungkan kopling type pegas putaran mesin ke transmisi diagprama tanpa terjadi slip • Tenaga yang dibutuhkan untuk pengoperasian/penekanan pedal kopling relatif kecil • Penekanan pegas diaprahma terhadap plat penekan lebih merata 4.......... .......................................................  Persyaratan kerja pedal kopling : • Dapat menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi secara lembut • Dapat memutuskan putaran dari mesin ke transmisi secara cepat 3............................................................ PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM ........................................... .................1 Fungsi Kopling adalah Kopling mengatur transfer gaya putar/torsi dari mesin ke pemindah daya dengan kata lain memutus dan menghubungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi melalui 2.................

Mengetahui/Menyetujui Manado. Oktober 2014 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Steven Ngangi SPd Margretha Wahani SPd *) Format RPP mengikuti Permendikbud nomor 81a tahun 2013 *) disesuaikan dengan jenjang pendidikan PSG Rayon 1 24 UNM TAHUN 2013 SATU UNTUK UNM .