You are on page 1of 17

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS
PEKKA 2010

HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010

dan harus dilaksanakan secara bertahap. 21 dan 22 September 2010. Selasa. kegiatan pengenalan akan memberikan bekal kepada mahasiswa baru dalam mengenal lingkungan barunya di kampus PGSD UPP Tegal. Oleh karena itu. LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS PEKKA 2010 HIMA PGSD UPP TEGAL FIP UNNES A. sehingga perkuliahan itu mencapai hasil yang optimal untuk menjadi guru yang siap terjun ke masyarakat. PENDAHULUAN Himpunan Mahasiswa (HIMA) merupakan wadah yang berguna untuk menyalurkan berbagai macam bakat dan aspirasi mahasiswa PGSD UPP Tegal. Bekal tersebut digunakan untuk menghadapi masa perkuliahan yang akan mereka tempuh. Sudah sewajarnya mahasiswa PGSD UPP Tegal mampu menuangkan dan mengembangkan kemampuannya sebagai calon guru. Hal tersebut tentunya membutuhkan proses. Rabu tanggal 20. Secara praktis. Lembaga kemahasiswaan ini memiliki peranan yang sangat berarti dalam proses pengembangan potensi mahasiswa PGSD UPP Tegal. Kegiatan awal berupa pengenalan merupakan kegiatan yang sangat diperlukan bagi mahasiswa baru. . Mereka hendaknya mampu mengembangkan kemampuan akademik maupun non-akademik. Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD UPP Tegal menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010 sebagai ajang pengenalan kampus PGSD UPP Tegal kepada mahasiswa baru 2010 untuk menghadapi kehidupan akademik dan non- akademik di kampus tercinta ini. pada hari Senin.

Achievement Motivation Training (AMT) g. Program Kerja HIMA PGSD UPP Tegal Departemen Infokom Periode 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kemahasiswaan. Pengenalan Lingkungan Kampus b. D...S Al-An’am : 165) ”Ketahuilah bahwa kalian semua adalah pemimpin. Outbond f. dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian. untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu……. Undang-undang No.B. Pemimpin diantara manusia akan ditanya tentang kepemimpinannya.” (Q. F. kita wujudkan solidaritas dan kepedulian terhadap lingkungan kampus”. Sosialisasi Sistem Akademik Terpadu (SIKADU) c. Sosialisasi Organisasi-Organisasi Kemahasiswaan d.” (H. BENTUK KEGIATAN a. TEMA KEGIATAN Kegiatan ini bertema “ Dengan PEKKA 2010.. DASAR PEMIKIRAN “Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meningggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat. NAMA KEGIATAN Kegiatan ini bernama ”Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010” E.R Bukhari) C. Pentas Seni .30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. LANDASAN KEGIATAN 1. 2. Bakti Kampus e...

TUJUAN KEGIATAN 1. 5. Menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa. 6.G. H. PELAKSANAAN a. Tempat : Kampus PGSD UPP Tegal b. 2. Bakti kampus Tegal 2010 dilaksanakan pada : Hari.30 WIB . Membantu mahasiswa untuk mencintai lingkungan barunya. 7. Mempersiapkan diri mahasiswa menghadapi perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya.30 – selesai. 22 September 2010 Waktu : Pukul 07. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010 dilaksanakan pada : Hari. 20-22 September 2010 Waktu : Pukul 06. Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya mengenal lingkungan kampus. tanggal : Senin . Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya membina hubungan sesama mahasiswa. tanggal : Rabu. Membantu mahasiswa dalam memahami visi dan misi organisasi kampus sehingga tumbuh semangat untuk mewujudkannya. hubungan dengan dosen dan warga kampus lainnya. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya ikut serta dan berperan aktif untuk memajukan kegiatan kampus. Meningkatkan kesadaran berpikir mahasiswa tentang keberadaan lembaga kemahasiswaan di UPP Tegal. 4. 8. termasuk menyukseskan kegiatan PEKKA 2010.Rabu.selesai Tempat : Kampus PGSD UPP Tegal . 3.

Setelah itu panitia mengkondisikan mahasiswa baru sebagai peserta PEKKA 2010 menjadi 12 kelompok sekaligus pelaksanaan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pendamping kelompoknya masing-masing. Kegiatan PEKKA dibuka oleh Drs. Untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa baru dalam kegiatan PEKKA 2010. Technical meeting diakhiri dengan penjelasan atribut peserta PEKKA 2010 dan pemantapan yel-yel PEKKA 2010.I. Kegiatan dimulai pukul 07. Kegiatan awal technical meeting mahasiswa baru diawali dengan melakukan registrasi di Lobi GOR PGSD UPP Tegal. HASIL KEGIATAN Kegiatan PEKKA 2010 berlangsung selama tiga hari. Selanjutnya peserta mengikuti kegiatan di dalam GOR PGSD UPP Tegal. J. ANGGARAN Lampiran 2 L. Hari pertama kegiatan PEKKA 2010 dilaksanakan pada hari Senin.00 WIB yang bertempat di GOR PGSD UPP Tegal. SUSUNAN PANITIA Lampiran 1 K. Adapun urutan acaranya yaitu: pengecekan tugas oleh masing- . tanggal 20 September 2010. Yuli Witanto selaku Koordinator PGSD UPP Tegal saat apel pembukaan. PESERTA KEGIATAN Peserta kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010 adalah seluruh mahasiswa baru jurusan PGSD UPP Tegal FIP UNNES yang berjumlah 105.00 WIB di halaman tengah kampus PGSD UPP Tegal. maka diadakan technical meeting pada hari Minggu. tanggal 29 Agustus 2010 pukul 08.

00 WIB secara bergantian masing- masing pemateri 40 menit. pengenalan lagu darah juang mahasiswa dinamika kelompok dan penugasan. dan pemberian informasi tentang kegiatan selanjutnya.15 WIB. Peserta berkumpul di GOR PGSD UPP Tegal. ishoma dan gladi kotor pentas seni. Hari ketiga kegiatan PEKKA 2010 dilaksanakan pada hari Rabu.00 WIB yang diawali dengan pengecekan tugas. materi kemahasiswaan yang disampaikan oleh Drs. materi akademik yang disampaikan oleh Drs. demo expo UKM UPKKI.30. .masing pendamping kelompok. Setelah acara demo expo peserta melakukan kegiatan ishoma. peserta dibagi dan berkumpul di kelas yang telah ditentukan sebelumnya untuk melakukan diskusi. Setelah acara diskusi berakhir peserta kembali ke GOR untuk melakukan agenda selanjutnya yaitu permainan. pengenalan lagu Buruh Tani. Peserta dibubarkan pada pukul 16. dan pengenalan panitia. Kegiatan tersebut yaitu : Bakti Kampus. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan kegiatan wisata kampus yang dilanjutkan dengan dinamika kelompok berkaitan dengan tugas hari berikutnya. Demo expo berlangsung dari pukul 07. dan demo expo UKM KRISTAL.00 WIB.Pd. Dosen. presensi peserta. Acara dimulai pukul 07. demo expo UKM KSR. Pengisian materi berlangsung mulai pukul 08. Demo expo ditujukan agar para mahasiswa baru dapat mengenal organisasi-organisasi yang ada di PGSD UPP Tegal. demo expo UKM Racana Wijaya. tanggal 23 September 2010. Hari kedua kegiatan PEKKA 2010 dilaksanakan pada hari Selasa. Umi Setijowati M. Acara selanjutnya adalah demo expo dari UKM-UKM yang ada di PGSD UPP Tegal yang diawali oleh demo expo HIMA. Pada pukul 13. tanggal 21 September 2010.Pd. Kegiatan pada hari kedua ini berakhir pada pukul 17.15-11.30-12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan tugas oleh masing-masing pendamping kelompoknya. Yuli Witanto. Diskusi dibagi ke dalam empat ruang yang diisi oleh empat kelompok tiap ruangnya. materi asrama PGSD UPP Tegal yang disampaikan oleh Dra. Akhmad Junaedi. Acara dilanjutkan dengan permaianan. beserta Staff PGSD UPP Tegal. M.

memindah bola dan menangkap bola. AMT. 2.45 WIB dilanjutkan dinamika kelompok.00 WIB dan bekumpul kembali pada acara berikutnya yaitu pentas seni yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia PEKKA 2010. 3. Tidak adanya SDM yang mampu mengoperasikan sound system saat kegiatan pentas seni sehingga suara yang dihasilkan kurang memuaskan. panitia dan peserta. Acara diakhiri dengan jabat tangan antara dosen. Kegiatan ini berupa tampilan musikalisasi puisi. menyanyi.00 WIB. Peserta dibubarkan pada pukul 16. . Kegiatan ini dimulai pukul 13. Puncak acara PENSI ini adalah pengumuman juara PENSI serta pengumuman raja dan ratu PEKKA 2010 yang telah dinilai selama tiga hari. puzzle. Acara diselingi dengan pembagian doorprize dan pengumuman pemenang outbond maupun bakti kampus yang diambil juara satu dan dua. M. HAMBATAN 1. dan Pentas Seni. 4.00 – 12. Kegiatan Bakti Kampus dimulai dari pukul 10. Outbond. Perubahan jadwal dari pembicara membuat panitia mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal kegiatan hari pertama.45 – 15. Ketidakpastian jumlah peserta mengakibatkan panitia kesulitan dalam mempersiapkan fasilitas untuk peserta.30 – 10. cuaca yang tidak mendukung (hujan) pada hari pertama sehingga mengakibatkan pembukaan kegiatan PEKKA tidak tepat waktu. lomba meletuskan balon. dan lomba mengisi air ke botol. Sedangkan panitia PEKKA 2010 menampilkan serangkaian pertunjukan yang dipandu oleh “Sinden Ndopok”. Kegiatan outbond yang dilakukan di lapangan kampus PGSD UPP Tegal pada pukul 07. Kegiatan berikutnya adalah kegiatan AMT (Achievement Motivation Training) yang diisi oleh Hastanto yang dilaksanakan di ruang 3323. Permainan dalam kegiatan outbond meliputi karet estafet. menari.00 WIB dengan acara lomba pengecatan jembung yang akan dijadikan tempat sampah.

Panitia menyiapkan teknisi sound system dari luar agar sound system dari lembaga dapat berfungsi secara maksimal. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangka menyukseskan PEKKA 2010. sehingga tidak ada mahasiswa baru yang mengajukan keberatan untuk pindah kampus. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita dan lingkungan kita. 5. 3. kami menutup laporan pertanggungjawaban Pengenalan Kehidupan Kampus PEKKA 2010 ini. O. . Peserta banyak yang hadir tidak tepat waktu. Pihak jurusan hendaknya membuat surat pernyataan sanggup ditempatkan dimana saja dalam menempatkan mahasiswa baru. 2. Pembicara AMT yang mengalami keterlambatan sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. PENUTUP Akhirnya dengan senantiasa mengucap syukur kehadirat Allah SWT. N. 4. Koordinasi antara pemanggil pembicara AMT dengan pembicara AMT lebih ditingkatkan. Panitia mempunyai rencana cadangan untuk mengantisipasi perubahan jadwal misalnya dari pembicara dan cuaca yang tidak mendukung. 5. Penegasan sanksi kepada peserta agar datang tepat waktu. 6. SARAN 1.

Slamet Sabar Riyadi Muhamad Ali Jinnah NIM. M. Pd.1401409002 NIM. Akhmad Junaedi. Pendamping Kemahasiswaan Ketua HIMA PGSD UPP Tegal PGSD UPP Tegal Drs. PANITIA PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS HIMA PGSD UPP TEGAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Ketua Panitia. Ali Akhmad Basyari NIP. Sekretaris. 19640717 198803 1 002 . Koordinator PGSD UPP Tegal Drs.1401409349 Mengetahui. 19630923 198703 1 001 NIM 1402407168 Menyetujui. Yuli Witanto NIP.

Yuli Witanto (Koordinator PGSD UPP Tegal) Penasehat : Drs. Supiyon 5. M. Shery Novita P. Eka Pratiwi 2. Zulfah Tahta Alfina 3.Pd. Prawindya Dwi Tantra . Akhmad Junaedi. 4.Lampiran 1 SUSUNAN PANITIA PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS ( PEKKA ) 2010 Pelindung : Drs. (Pendamping Kemahasiswaan) Penanggung Jawab : Ali Akhmad Basyari (Ketua HIMA) Ketua Panitia : Slamet Sabar Riyadi Wakil Ketua : Farhan Fadoli Sekretaris I : Muhamad Ali Jinnah Sekretaris II : Riska Apriani Bendahara I : Dewi Puspitasari Bendahara II : Menik Kusmami Seksi-seksi Sie Kegiatan : 1.

Farid 6. Tiara Suci Apriliani 3. Tri Atmojo Sie Dekdok : 1. Wendy Nugraha 2. Yeni Martiana 3. Arif Rakhman Hakim Sie Perlengkapan : 1. Turniasih 4. Imammudin 7. Nina Agustiana 4. Shella Permata Sari 3. Heri Mustofa 2. Fresti Artika Sari 5. Erma Rustiani 4. M. Indrawati Sie Konsumsi : 1.F 6. Catur Prasetyo 5. Adi Nurcahyo 2. Umtikhah Nurul H. Sie Keamanan : Keamanan kampus PGSD UPP Tegal FIP UNNES Sie P3K : 1. Titi Setyawati 3.Sie Humas : 1. Taufik Himawan Satgas KSR-PMI PGSD UPP Tegal FIP UNNES . Intan Widya Ayu 5. Andi Dwi Arifin 2. Tiffani R.

PEMASUKAN 1.00 2.00 d. Stopmap : Rp 20.000.000. Bolpoin : Rp 4.000.00 3.-) : Rp 13. Sponsor Kegiatan dari Indosat : Rp 280. Fotokopi surat-surat : Rp 157. Materai : Rp 7.00 B.000.00 b.000.00 6.000.500. Kontribusi Peserta (105 orang @ Rp 130. Administrasi dan Kesekretariatan a.000. Sponsor Kegiatan dari Percetakan Mandiri Muda : Rp 50.000.00 .00 4.00 c.00 e.650. Sponsor Kegiatan dari RITA RITELINDO : Rp 300.00 Jumlah : Rp 15. Sponsor Kegiatan dari Percetakan Karanganyar : Rp 150. CD RW : Rp 20.000.000. Sponsor Kegiatan dari Bank Jateng : Rp 500.480.00 5.00 7.000. Dana PNBP : Rp 550.000.Lampiran 2 LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN DANA PEKKA 2010 A. PENGELUARAN 1.000.

00 3. Tali pramuka : Rp 6. Air Mineral 30 Dus : Rp 360.000.000.000.500.320.000.000. Amplop : Rp 9.00 h. Makan : Rp 3.000.000. Lakban penjilidan : Rp 7.000.00 6. Sedotan : Rp 5. Balon : Rp 23.500.000. Snack : Rp 3.000.00 7.000. Tali Rafia : Rp 20.00 Jumlah II : Rp 7.00 Jumlah I : Rp 230.00 5. Kertas cover : Rp 5. Karet : Rp 2. Konsumsi a.00 .160.00 c.00 g.00 3. f.500.00 2.00 2.480. Bola sepak plastik : Rp 9. Perlengkapan  Out Bond 1.00 b.500.00 4. Bola Tenis : Rp 20.

00 3.00 4.00 Jumlah IV : Rp 224.500.000. Cat dan tiner : Rp 13.00 5.000.00 4. Ember : Rp 5. Jembung (tempat sampah) : Rp 70.00 6. Telekomunikasi : Rp 15.00 4.000.00  Panitia 1. Dokumentasi 1.00 Jumlah V : Rp 89.000.00 2. Kartu Tanda Panitia : Rp 85. Lem glukol : Rp 3.000. Kertas Asturo : Rp 71.500.00 5.000. Pencetakan Foto : Rp 50. Kapur tulis : Rp 1.00 6.000. Atribut PEKKA : Rp 20.000. Paku beton : Rp 3. 8.000.00 7. Stereform : Rp 12.000.000.000.000.00 Jumlah III : Rp 92.500.000.000.00 3. Dekorasi 1. Kuas : Rp 9. Double tip : Rp 6.000. Batu Baterai : Rp 30.00 9. Peniti : Rp 5.00 2.00 2.00 . Benang : Rp 1.00 5.000.

000.000. Jumlah III : Rp 92. Peralatan.00 3.00 Jumlah Total : Rp 15. Stiker : Rp 200.00 5.000.00 : Rp 4.480.000.000.00 6.000.000.00 10. Hadiah : Rp 79.00 REKAPITULASI DANA 1.000.00 18. LPJ Kegiatan PEKKA : Rp 300.00 15.00 9.00 2.00 7. Block Note : Rp 600.000. Jumlah IV : Rp 224.00 17. Jumlah VII : Rp 7.000.00 8.00 Jumlah VII : Rp 7.000.00 11.604.00 12.000. Penyewaan Kursi : Rp 250.160.000.00 7.500. Kaos 151 x Rp 32.000. Jumlah VI : Rp 80.000.000.00 Saldo Akhir : Rp 0.000.604.00 14. Jumlah I : Rp 230.832.00 6. Jumlah II : Rp 7. keamanan dan kebersihan : Rp 170.000. Transportasi Panitia : Rp 217.000.000. P3K : Rp 27. Plakat : Rp 180.00 4.000.000.00 13. Spanduk : Rp 300.500. Jumlah VI : Rp 80.00 16. Penyewaan genset : Rp 300. X – banner : Rp 149.00 NOTA-NOTA . Jumlah V : Rp 89.

TANYA JAWAB .

Faris (1 A) .1.Sanksi yang tegas .Pergantian sesi tidak menjenuhkan . .Acara tidak tepat waktu.