LEMBAR KEGIATAN SISWA

(LKS) DAUR ULANG LIMBAH
PROYEK
“MEMBUAT PUPUK CAIR”

Nama Kelompok :
1. ………………………………..
2. ……………………………….. Kelas

X
3. ………………………………..
4. ………………………………..
5. ………………………………..

Lembar kegiatan siswa (LKS)
proyek

Deskripsi proyek:
Proyek ini merupakan kegiatan untuk menghasilkan suatu produk (hasil) dari limbah yang terdapat
dilingkungan sekitar kalian.

Alokasi waktu: 3x45 menit

Tujuan pembelajaran:

1. Diberikan kesempatan melakukan pengamatan di lingkungan masyarakat, siswa
dapat mengumpulkan informasi mengenai limbah-limbah yang ada di lingkungan
masyarakat.
2. Diberikan kesempatan melakukan pengamatan di lingkungan masyarakat,
siswa dapat mengelompokkan macam-macam limbah berdasarkan jenisnya.
3. Diberikan kesempatan melakukan pengamatan di lingkungan masyarakat,
siswa dapat mengembangkan perilaku ilmiah jujur terhadap data dan fakta,
disiplin, tanggung jawab, berani dan santun dalam bertanya dan
berargumentasi, peduli lingkungan, dan bekerja sama dalam melakukan
pengamatan.
4. Siswa dapat membuat rancangan kegiatan untuk memecahkan masalah yang
telah dipaparkan.
5. Siswa dapat melakukan proses pengumpulan data sesuai dengan rancangan
kegiatan yang telah dibuat.
6. Diberikan kesempatan melakukan pengamatan di lingkungan masyarakat,
siswa dapat memberi solusi atau pemecahan masalah dalam menanggulangi
limbah dengan cara membuat rancangan produk daur ulang limbah sesuai
dengan jenis limbah yang ada di lingkungan masyarakat.
7. Diberikan kesempatan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, siswa
dapat mengembangkan keterampilan sosial.
8. Dapat meningkatkan problem solving (pemecahan masalah) pada siswa.
9. keterampilan berkomunikasi dalam mengumpulkan informasi dengan
berinteraksi kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya maupun
mempresentasikan hasil proyeknya kepada teman-teman.
10. Siswa dapat mengkomunikasikan hasil tugas proyek mereka kepada teman-
teman.

Petunjuk penggunaan LKS proyek:
Lembar kegiatan siswa ini merupakan LKS bereorintasi proyek yang dapat membantu kamu
dalam menyelesaikan masalah. Lakukanlah sesuai dengan yang diperintahkan di LKS, kemudian
jawablah pertanyaan yang terdapat diLKS agar kamu dapat menyelesaikan tugas proyek daur ulang
limbah.

1 .

perkantoran. Sehingga limbah jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pupuk. PENDAHULUAN Bacalah uraian dibawah ini dengan teliti dan cermat  Pengertian limbah Menurut Nurhidayat (2006) mengatakan bahwa limbah merupakan bahan padat maupun cair yang dibuang dari kegiatan rumah tangga. sisa sayuran dan kulit buah-buahan.  Pengelolaan limbah Penanganan limbah secara keseluruhan agar limbah tersebut tidak mengganggu kesehatan. b. rumah penginapan hotel. rumah makan. kotoran hewan. Limbah dari bahan organik pada umumnya banyak mengandung air dan serat dan senyawa organik komplek lainnya. pasar. estetika. sisa ikan dan daging. Penanganan tersebut mencakup cara memindahkan dari sumbernya. . a. industry. Sampah organik/mudah busuk berasal dari: sisa makanan. seperti minyak bumi. hotel dan lainnya. Senyawa sulfat yang terdapat didalam limbah diproses menjadi sulfide oleh bakteri pembusuk. dan mendaur- ulang kembali.2014) pupuk organik berasal dari penguraian bahan organik seperti daun tanaman. dan botol. atau aktivitas manusia lainnya. Limbah organik adalah limbah yang dapat mengalami proses penguraian secara alamiah contohnya sisa hewan dan tumbuhan. Limbah anorganik adalah limbah yang berasal dari sumber daya alam tidak terbaharui dan sulit diuraikan secara alamiah oleh mikroorganisme.  Jenis-jenis limbah Limbah menurut jenisnya dibedakan menjadi dua yaitu: limbah organik dan limbah anorganik a. dan lingkungan. Secara umum sampah dapat dipisahkan menjadi : 1. kaleng. sisa makanan direstoran. Limbah sebagai pupuk organik Menurut Nurhadi (dalam Aris. daun dan ranting).  Pengelolahan sampah organik Limbah organik sebagai besar berasal dari limbah rumah tangga. Apabila limbah organik dibiarkan akan mengalami proses pembusukan. mengolah. plastik. sampah kebun (rumput.

2 .

logam. pada saat proses pembusukan Ion sulfide akan bereaksi dengan H+ dan Fe2+ menjadi H2S dan FeS beruapa cairan hitam berbau busuk. Secara kimia. sawi.2006). karet dan tanah. daun. halaman rumah. kaleng. kertas. plastik . plastic. Sampah ini sering kita jumpai dibeberapa temat seperti sungai. sekolahh. Sampah anorganik/tidak mudah busuk berupa : kertas. bahan ini juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tanaman (Nurhidayat. jerami. karena pada suhu tersebut merupakan suhu optimum bagi pertumbuhan mahluk hidup (khususnya bakteri). atau cabang pohon. Selain mudah terdekomposisi. Bahan yang paling baik untuk dijadikan pupuk cair yaitu sisa sayuran dan buah-buahan. sulfide. lahan pertanian dan dijalan-jalan. 2. Disamping itu ciri fisik pupuk organic yang baik meliputi diantaranya: memiliki warna hitam-hitaman. . Cairan ini yang menimbulkan bau busuk pada saat proses pembusukan b. kain. terutama NPK karena ketiga unsur tersebut merupakan unsur hara yang wajib ada dan dibutuhkan tanaman cukup banyak. air dan CO2. Jenis sayuran wortel. Bahan organik yang mempunyai C/N rasio besar diantaranya kayu. labu. Semakin besar kandungan selulosa dari bahan (C/N rasio) maka proses penguraian oleh bakteri akan semakin lama. dan pisang sering dijadikan sebagai bahan baku pupuk cair. kaca. proses ini mereaksikan laktat dengan sulfide menjadi asetat. Ciri-ciri pupuk cair organic yang baik adalah dimana pupuk cair yang memiliki unsure makro dan mikro. Limbah sebagai pupuk cair organik Bahan baku pupuk cair yang sangat bagus yaitu bahan organik basah atau bahan organik yang mempunyai kandungan air tinggi seperti sisa buah-buahan dan sisa tumbuh-tumbuhan atau sayur- sayuran. sampah bekas alat-alat elektrolnik dan lain-lain.  Pengelolahan sampah anorganik Sampah anorganik biasanya berupa botol. kayu. kulit jeruk. selada. tekstur pembuatan pupuk cair lunak dan memiliki suhu kisaran dari 18-40oc.

3 .

dan pembuatan produk/material bekas pakai. yaitu dengan cara yang biasa dikenal dengan sebutan prinsip 3R (reduce. reuse. pemrosesan pendistribusian. termasuk penghematan atau pemilihan bahan yang dapat mengurangi kuantitas limbah serta sifat bahaya dari limbah. 4 . Reuse (menggunakan ulang) Adalah upaya yang dilakukan bila limbah tersebut dimanfaatkan kembali tanpa mengalami proses atau tanpa transformasi baru. b. pengumpulan. Reduce (mengurangi penggunaan) Adalah upaya mengurangi terbentuknya limbah. c. Recycle (daur ulang) Daur ulang adalah salah satu stratei pengelolahan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilihan. 81 Tahun 2012 tentang pengelolahan limbah dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Menurut peraturan pemerintah Republik Indonesia No. dan recycle) dengan penjelasan adalah sebagai berikut: a. ada tiga cara pengurangan sampah yang wajib dilakukan oleh setiap masyarakat.

b) meneliti c) observasi d) interviu e) merekam f) berkarya g) mengunjungi objek proyek. atau h) akses internet. analisislah limbah apa yang akan kalian jadikan proyek sehingga menjadikan sebuah produk (hasil) yang nantinya dapat bermanfaat dan memecahkan suatu permasalahan lingkungan tersebut. Tugas yang harus diselesaikan meliputi: Tahap I : Penentuan proyek peserta didik menentukan topic/tema proyek berdasarkan tugas proyek yang diberikan oleh guru Tahap II : Perencangan langkah-langkah penyelesaian proyek peserta didik merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian proyek dari awal sampai akhir beserta pengelolahannya Tahap III : Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek melalui pendampingan guru peserta didik dapat melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya. Berapa kali proyek tersebut harus diselesaikan tahap demi tahap. baik berupa produk karya tulis. dimana tiap kelompok terdiri dari 4 orang. Setelah kalian menemukan lingkungan yang kotor atau lingkungan tercemar. atau karya teknologi/prakarya dipresentasikan kepada peserta didik yang lain dan guru ataupun masyarakat dalam bentuk pameran produk pembelajaran Tahap VI : Evaluasi proses dan hasil proyek guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas proyek 5 . Untuk membantu kalian menyelesaikan proyek ini. Tahap V : Penyusunan laporan dan presentasi/ publikasi hasil proyek hasil proyek dalam bentuk produk. Prosedur kegiatan proyek Selesaikan tugas proyek ini dengan berkelompok. Tahap IV : Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru langkah ini merupakan langkah pengimplementasian rancangan proyek yang telah dibuat. Aktivitas yang dapat dilakukan dalam kegiatan proyek. Amatilah lingkungan yang ada disekitar kalian (lingkungan yang kotor atau lingkungan tercemar). lakukanlah percobaan dibawah ini sesuai dengan prosedur yang telah disediakan dengan tetap menjaga keselamatan kerja. Adapun proyek yang kamu susun adalah untuk mengetahui salah satu cara efektif untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang ada dilingkungan sekitar kalian. diantaranya adalah dengan a) membaca. karya seni.

sekolah. bau. restoran dan sebagainya yang tidak dikelolah menyebabkan lingkungan kotor. Produk yang dihasilkan dari proyek Proyek yang akan dibuat akan menghasilkan produk berupa pupuk cair  Rancangan pelaksanaan kegiatan proyek Bacalah informasi berikut dengan teliti! Sumber: google/sampah organik Banyak sampah berserakan di lingkungan. perkantoran. Banyaknya sampah yang diproduksi oleh hasil rumah tangga. sumber penyakit yang akan berdampak kepada kita semua. 6 . baik sampah organik maupun anorganik yang menyebabkan pencemaran lingkungan.

13 kg - .Plastik 1 buah .Timbangan 1 buah Garam 0.Sarung tangan 4 pasang .Botol plastik 1.2015) Dengan mempersiapkan alat dan bahan sebagai berikut: Bahan-bahan yang Alat-alat yang digunakan digunakan . Pembuatan pupuk cair menurut (Winarsih. Hal tersebut karena kurangnya kesadaran. pengetahuan.5 liter .Toples dan tutup 1 buah -Sampah organic sayur .08% dan nilai kalor 674.Pengaduk 2 buah . Sampah organik memiliki kadar air sebesar 47. salah satu contoh pengelolahan sampah organik tersebut adalah pembuatan pupuk cair dengan indicator keberhasilannya berupa warna pupuk hitam kecoklatan dan tidak berbau menyengat. dan kemalasan masyarakat untuk mengelolah sampah yang ada di sekitar mereka.Urea 0. Sampah-sampah tersebut dapat dikelola dan akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan apabila sampah-sampah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik Banyak macam pembuatan pupuk dari sampah organic.57 kkal/kg Sehingga dapat dikomposkan dan dibuat berbagai macam pupuk.Air lindi 2000ml . sehingga sampah- sampah tersebut dapat bermanfaat.air .01 kg .

7 .

6. 5. Mengambil sampah organic sayur yang telah dicacah sebanyak 1. Melarutkan urea dan garam pada air lindi yang telah disediakan sebelumnya. 7. Menuangkan larutan air lindi.13 kg dan garam sebanyak 0. 3. Menutup toples dan mengamati perubahan yang terjadi setiap hari selama 7 hari. 4. 8. Menyiapkan semua alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan pupuk cair organik. Diaduk sampai rata dan dipadatkan. Prosedur yang digunakan untuk melakukan percobaan! Prosedur pembuatan pupuk cair organik 1. dan garam pada sampah daun kering di dalam toples.47 kg dan dimasukan ke dalam toples. Lakukan percobaan dengan teliti dan menerapkan prinsip  keselamatan kerja ya . Urea sebanyak 0. Mengambil air lindih sebanyak 2000 ml. urea. Menimbang urea dan garam yang diperlukan dalam pembuatan pupuk cair organik. 2.1 kg.

8 .

Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek 5. Buatlah rumusan masalah dari kegiatan proyek yang kalian lakukan! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………… 4. Tentukan waktu yang kalian butuhkan untuk kegiatan proyek yang akan kalian kerjakan! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………. Perencangan langkah-langkah penyelesaian proyek 3. Sebutkan objek yang akan kamu gunakan dalam tugas proyek! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………. Penentuan proyek 1. 9 . Tulislah tujuan dari kegiatan proyek yang kalian lakukan! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………. Tulislah tema proyek yang akan kalian kerjakan! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………… 2. Buatlah prosedur kerja dari kegiatan proyek yang akan kalian kerjakan! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………. 7. Tulislah alat dan bahan yang kalian butuhkan untuk menyelesaikan tugas proyek kalian! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… …………………………………………………………….Isilah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan tugas proyek yang akan kamu lakukan. 6.

maka diskusikan dan jawablah pertanyaan berikut ini: . 5. Isilah tabel berikut ketika kalian melakukan konsultasi kepada guru selama menyelesaikan tugas proyek kalian! Hari dan Paraf No. l Suh r Warn Penurunan ur u a daun volume daun 1. Dst. 2. 4. Penyusunan laporan dan presentasi/ publikasi hasil 9. Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring 8. 2. Tulislah hasil percobaan yang telah kalian lakukan Kondisi sebelum Kondisi sesudah perlakuan N perlakuan o Hari/ Suh Teks warn tangga u t a Tekstu . 5.  Analisis Data Berdasarkan hasil percobaan yang telah kalian lakukan. 3 4. tanggal Konsultasi guru 1. 3.

10 .

2.... 11........4. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatan yang kalian lakukan! …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ………………………………………………..  Apakah pengertian air lindi? Mengapa dibutuhkan air lindi untuk pembuatan pupuk cair? …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………..... Jelaskan manfaat dari pembuatan proyek yang kalian kerjakan! …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………….3...............  Adakah fungsi garam dalam pembuatan pupuk cair? ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………  Adakah penurunan volume dari limbah cair? Jelaskan mengapa demikian? …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………  Adakah ada perbedaan suhu pada hari ke-1.. dan ke 5? Mengapa terjadi demikian? …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… 10..... ........... 11 .........

Usaha apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan? …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………. dipilah dan diperlakukan sesuai dengan fungsinya maka Sampah tidak menjadi masalah.Muhammad. . Evaluasi proses dan hasil proyek 13. 2014. Sampah membawa berkah. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. 12. kalau ditangani melalui kegiatan peduli lingkungan yang dimulai dari kita masing masing... bila sampah dikenali. Bogor:Penerbit Ghalia Indonesia.Tulislah pesan dan kesan kalian dalam menyelesaikan tugas proyek ini! ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………. Daftar pustaka Hosnan.

12 .