Questions

1. Apa kesimpulan yang akan Bill DeBurger tulis dalam memo persediaan? Tempatkan diri
anda di posisinya. Apa kesimpulan yang akan Anda nyatakan dalam memo persediaan?
Mengapa?

Jawaban:
Menurut kami, Bill tetap dapat membuat sign-off karena nilai salah saji atas
persediaan yang ditemukan Bill tidak material. Hal ini sesuai dengan SA 200 – Tujuan
Keseluruhan Auditor Independen dan Pelaksanaan Audit Berdasarkan Standar Audit Par.
11 (a) :

11. Dalam melaksanakan suatu audit atas laporan keuangan, tujuan keseluruhan auditor adalah:
(a) “Memperoleh keyakinan memadai tentang apakah laporan keuangan secara bebas dari
kesalahan penyajian material, baik yang disebabkan oleh kecurangan maupun kesalahan,
dan oleh karena itu memungkinkan auditor untuk menyatakan suatu opini tentang apakah
laporan keuangan disusun, dalam semua hal yang material, sesuai dengan suatu
kerangka pelaporan keuangan yang berlaku”

Berdasarkan kutipan di atas, tanggung jawab dan tujuan Auditor didasari oleh tingkat
kesalahan materialitas suatu akun. Apabila Bill telah memperoleh keyakinan yang
memadai, maka Bill seharusnya tidak perlu khawatir dan menghabiskan banyak waktu
untuk benar-benar meyakinkan dirinya atas akurasi nilai persediaan, karena kesalahan
telah diketahui tidak material. Jika Bill menganggap prosedur yang telah dijalankan untuk
mengurangi risiko adanya kesalahan di akun inventory tersebut kurang meyakinkan, Bill
dapat melakukan prosedur tambahan untuk meningkatakan keyakinan untuk
mendapatkan kesimpulan atas nilai persediaan (sign-off)

2. Apakah Anda akan memperlakukan ketidakpastian terkait akun inventory secara berbeda
dengan apa yang dilakukan Bill? Misalnya, apakah anda akan menggunakan pendekatan
yang berbeda untuk menindaklanjuti masalah ini agar dapat diterima oleh Sam Hakes?

Jawaban:
Bill dapat melakukan pendekatan lain untuk menyampaikan dan menindaklanjuti
masalah salah saji dalalm persediaan meskipun nilainya dianggap tidak terlalu material
dengan mengevaluasi dampak salah saji akun persediaan yang tidak dikoreksi melalui
penentuan dan penilaian kembali materialitas yang telah ditentukan untuk mengonfirmasi

A18) Bill dalam menyiapkan memo inventory yang berisikan salah saji yang tidak dikoreksi harus dilengkapi dengan bukti audit yang cukup dan tepat sesuai dengan SA 500 – Bukti Audit. dan kondisi tertentu tentang terjadinya kesalahan penyajijan tersebut. Evaluasi tanggapan Sam Hakes pada pernyataan Bill bahwa ia tidak bisa sign-off secara tepat? Dalam pandangan anda. saldo akun. Untuk melakukan evaluasi tersebut. Dalam membuat penentuan ini. 7 menyatakan bahwa : . secara individual atau secara agregasi. tanggapan Sam terhadap ketidakmampuan Bill untuk melakukan sign-off cukup tepat. apakah Sam telah menghadapi situasi tersebut dengan tepat? Apakah pendekatan yang dilakukan oleh Sam dapat dikatakan profesional? Jelaskan. auditor harus mempertimbangkan: (a) Ukuran dan sifat kesalahan penyajian tersebut baik dalam hubungannya dengan golongan transaksi. yang berhubungan dengan masalah-masalah persediaan sebagai berikut: 1. Bill harus mengacu pada prosedur sesuai dengan SA 450 – Pengevaluasian Atas Kesalahan Penyajian yang Diidentifikasi Selama Audit par-11 sebagai berikut: 11. A19-A20) (b) Dampak kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi yang berkaitan dengan periode lalu atas golongan transaksi. atau pengungkapan tertentu dan laporan keuangan secara keseluruhan. Keusangan persediaan 2. apakah materialitas tersebut masih tepat. serta menyatakan temuan dan masalah ini dalam management letter 3. saldo akun. serta laporan keuangan secara keseluruhan. atau pengungkapan yang relevan. Jawaban: Menurut kami. (Ref: Para. A13-A17. dan (Ref: Para. Berdasarkan SA 300 – Perencanaan Suatu Audit Atas Laporan Keuangan Par. Nilai persediaan yang tidak sesuai 3. Rencana penutupan 2 departemen Bill harus mendokumentasikan hasil perhitungan salah saji persediaan dan bukti pendukung lainnya dalam kertas kerja sesuai dengan SA 230 – Dokumentasi Audit. Auditor harus menentukan apakah kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi adalah material.

11 : 11. dan arah audit. auditor harus: (a) Mengidentifikasi karakteristik perikatan yang mendefinisikan karakteristik perikatan yang mendefinisikan ruang lingkupnya. signifikan dalam mengarahkan usaha tim perikatan. saat. dinyatakan bahwa seharusnya Sam melakukan supervisi terhadap Bill. namun Bill justru menyatakan bahwa ia tidak mampu melakukan sign-off . (b) memastikan tujuan pelaporan perikatan untuk merencanakan waktu audit dan sifat komunikasi yang disyaratkan. (c) Mempertimbangnkan faktor-faktor yang. dalam menetapkan strategi audit secara keseluruhan. 4. . 11 tersebut. 7. Jawaban : Berdasarkan standar audit 300 paragraf 8 yang menyatakan : 8. Namun di lain sisi. Sam seakan menunjukkan sikap yang terlalu santai dengan mengabaikan permintaan diskusi dari Bill. Karena dengan audit program yang sudah jelas langkah-langkah pengerjaannya. justru Bill yang menunjukkan sikap tidak profesional. menurut pertimbangan profesional auditor. Bill sebagai in charge audit bertanggung jawab terhadap akun tersebut hingga mengeluarkan kesimpulan. Sam juga melakukan kesalahan yaitu mengabaikan SA 300 Par. Apakah tepat untuk menugaskan auditor yang relatif belum berpengalaman untuk mengerjakan tanggung jawab utama pada akun yang penting seperti persediaan pada Marchelle Store? Jelaskan. waktu. Auditor harus menetapkan strategi audit secara keseluruhan yang menetapkan ruang lingkup. Auditor harus merencanakan sifat. dan luas arah serta supervise atas anggota tim peikatan dan penelaahan atas pekerjaan mereka Dari SA 300 par. Apabila audit program yang dibuat telah sesuai dengan ketentuan. serta yang memberikan panduan bagi pengembangan rencana audit Sam telah memberi audit program serta menentukan waktu sebanyak 1000 jam yang dirasa cukup unuk menyelesaikan akun inventory tersebut. Namun dalam kasus ini.

(Ref: Para. A8-A11). seperti apakah pada tahap audit interim atau pada tanggal pisah batas utama. dan apakah perlu dilakukan penelaahan pengnendalian mutu pengendalian. saat. . bagaimana penelaahan dilakukan oleh rekan perikatan dan manajemen perikatan (sebagai contoh. atauu anggaran jam kerja audit yang dialokasikan untuk area beresiko tinggi.  Kapan sumber daya tersebut dialokasikan. dan (e) Memastikan sifat. dan luas sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan perikatan. Proses penetapan strategi audit secara keseluruhan membantu auditor untuk menentukan hal-hal sebagai berikut. seperti penggunaan anggota tim dengan pengalaman yang tepat untuk area beresiko tinggi atau keterlibatan pakar dalam hal-hal yang kompleks. apakah pengetahuan yang diperoleh dari perikatan lain yang telah dilaksanakan oleh rekan perikatan adalah relevan untuk entitas yang akan diaudit. (d) Mempertimbankan hasil aktivitas awal perikatan dan. seperti kapan akan dimulai dan diakhiri rapat tim. diarahkan. apakah dilakukan di lapangan atau di kantor). seperti jumllah anggota tim yang ditugasi untuk mengamati perhitungan persediaan fisik di lokasi dengan persediaan yang material. dan  Bagaimana sumber daya tersebut dikelola.  Jumlah sumber daya yang dialokasikan untuk area audit tertentu. A8. jika relevan. tergantung dari penyelesaian prosedur penilaian risiko oleh auditor:  Sumber daya yang dialokasikan untuk area tertentu. luas penelaahan atas hasil kerja auditor lain dalam konteks audit atas suatu grup. dan disupervisi.