You are on page 1of 5

LOGBOOK KEPANITERAAN KLINIK SENIOR

ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH

NAMA :
NIM :
JADWAL ROTASI :
PUSKESMAS :

FOTO BERWARNA
4X6 cm

Tanda Tangan Tanda Tangan

Mahasiswa Konsulen

Log Book IKM II | 1

Struktural 2.Ked) : Nama Orang Tua : Alamat Orang Tua : Rencana S2 ke : 1. BIODATA Nama : NIM : Tempat/Tanggal Lahir : Alamat : No. Telp : Agama : Status Pernikahan : Tahun Tamat (S. Spesialisasi Pesan dan Kesan : Log Book IKM II | 2 .

TUGAS DAN KEGIATAN DOKTER MUDA BAGIAN KESEHATAN MASYARAKAT 1. Absen pulang ditanda tangani pukul 14. DAFTAR MASALAH BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI DOKTER INDONESIA KESEHATAN MASYARAKAT/ KESEHATAN KOMUNITAS Log Book IKM II | 3 . Melapor di bagian IKM II: a.00 WIB. Absen masuk ditanda tangani pukul 07. 2.00 WIB b. Aturan umum seperti tata tertib PUSKESMAS/ DINKES harus dipatuhi. 3. 4. Mengangkat ketua dan wakil ketua yang bertanggungjawab terhadap kelancaran kepaniteraan klinik. Peserta kepaniteraan klinik harus mengulang seluruh kegiatan (satu siklus penuh) jika tidak hadir satu hari tanpa keterangan yang dapat diterima atau tidak hadir selama lebih dari tiga hari meskipun dengan alasan yang dapat dterima (surat sakit dokter/ surat keterangan lain). Mengikuti kegiatan yang ditugaskan kepala PUSKESMAS/ DINKES.30 WIB b.00 WIB/ setelah kegiatan selesai. 5. Setiap Co-Ass harus mengisi Log Book. 8. Kepala IKM II menerima daftar nama mahasiswa yang akann menjalani kepaniteraan klinik di bagian Kesehatan Masyarakat dari BAKORDIK. Setiap hari mengisi absen masuk dan absen pulang di bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat a. Melapor hari Senin jam 09. Berkenalan dengan petugas di DINKES/ PUSKESMAS. TATA TERTIB. 7. paling lambat jam 11. 6.

Kehamilan pada remaja 13. Kurangnya mutu fasilitas pelayanan kesehatan 26. Laktasi (termasuk lingkungan kerja yang tidak mendukung fasilitas laktasi) 7. bayi dan balita 2. Akses yang kurang terhadap fasilitas pelayanan kesehatan (misalnya masalah geografi. alkohol. Penganiayaan/ perlukaan 17. Gaya hidup yang bermasalah (rokok. Sistem rujukan yang belum berjalan baik 27. Kekerasan pada wanita dan anak (termasuk child abuse dan neglected. terlalu tua. Pengelolaan pelayanan kesehatan termasuk klinik. Kematian ibu akibat kehamilan dan persalinan 3. Kurangnya pengetahuan keluarga dan masyarakat terkait program kesehatan pemerintah (misalnya KIA. TB paru.1. terlambat dirujuk dan terlambat ditangani) 4. Keahamilan yang tidak dikehendaki 14. “Empat Terlalu” pada deteksi resiko tinggi kehamilan (terlalu muda. Rekam medic dan pencatatan pelaporan masalah kejadian penyakit di masyarakat 38. pandemi) 35. air bersih dan dampak pemanasan global) 34. pola makan) 30. Cakupan pelayanan kesehatan yang masih rendah 22. gizi masyarakat. Rehabilitasi medic dan sosial 36. Cakupan program intervensi 28. Imunisasi 8. puskesmas. Perilaku beresiko pada masa pubertas 12. Pembiayaan pelayanan kesehatan 20. Log Book IKM II | 4 . Pola asuh 9. Kepercayaan dan tradisi yang masih rendah 24. barkoba. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masyarakat termasuk anak usia sekolah 10. kesehatan reproduksi. Tidak terlaksananya audit maternal perinatal 6. Kejadian wabah (endemi. dll 37. masalah ketersediaan dan distribusi tenaga kerja) 25. sedentary life. Kejahatan seksual 16. Audit medik 19. Pembiayaan pelayanan kesehatan. Kejadian luar biasa 31. Anak dengan difabilitas 11. terlalu sering dan terlalu banyak) 5. Morbiditas dan mortalitas penyakit-penyakit menular dan tidak menular 33. serta kekerasan dalam rumah tangga) 15. Kesehatan lingkungan (termasuk sanitasi. Kesehatan kerja 18. dll) 29. Kematian neonates. Kesehatan pariwisata (travel medicine) 32. Kesehatan Lansia 21. Perilaku pencarian pelayanan kesehatan (care seeking behavior) 23. “Tiga Terlambat” pada penatalaksanaan resiko tinggi kehamilan (terlambat mengambil keputusan.

Log Book IKM II | 5 .