MAKALAH MATEMATIKA

SUDUT DEPRESI DAN SUDUT ELEVASI

Disusun Oleh :

Kelompok : 4

1. Siti Kholipah
2. Megasari
3. Chika Sephia
4. Yanti Herawati

Kelas : X AP

SMK RADITA YUDHA PAGADEN

KATA PENGANTAR Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian . penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Olehnya itu. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Makalah ini membahas Tentang Sudut Depresi Dan Sudut Elevasi Dalam penyusunan makalah ini. semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi Bab I Pendahuluan Bab I Pembahasan Pengertian Sudut Depresi Dan Elevasi Contoh Soal Bab III Penutup Kesimpulan Daftar Pustaka .

Srategi belajar matematika khususnya. Dengan menggunakan rumus tangen sudut elevasi dengan perbandingan antara tinggi pohon dengan jarak antara pengamat dengan benda. BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Dalam pembelajarn matematika harus menggunakan strategi belajar mengajar yang tepat dan sesuai dengan bahan ajar yang akan dibahas. Klinometer merupakan alat peraga matematika yang digunakan untuk menggukur sudut elevasi dan sudut depresi. Teknik pembelajarnnya pun tidak hanya terbatas pada pembacaan materi oleh guru kemudian siswa hanya mendengar saja.Metode penyampaian dengan alat peraga akan menghasilkan pemahaman yang berbeda antara guru yang satu dengan guru yang lain. tetapi metode diskusi dan pemanfaatan alat peraga pun dapat menjadi alternatif metode yang digunakan. Dengan ini siswa akan lebih mudah untuk memahami. Sudut elevasi dan depresi digunakan untuk mempermudah pengukuran benda-benda yang berukuran tinggi dari bawah. Bukan hanya menggunakan metode ceramah saja. dibagi menjadi metode dan teknik yang digunakan selama pembelajaran. Metode dan teknik dalam pembelajarn matematika sebenarnya sangat bervariasi. tetapi ada teknik penyampaian materi yang lebih mudah untuk siswa memahaminya. . Jadi siswa tidak hanya melihat guru menggunakan alat peraga tetapi juga mencoba untuk menggunakan. Teknik penyampaian materi oleh guru mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan. Misalnya dengan metode penyampaian menggunakan alat peraga klinometer (alat untuk mengkur sudut elevasi dan deviasi). Dengan alat peraga ini diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi sudut elevasi dan depresi. misalnya mengukur tinggi pohon. Hal ini tergantung dari teknik yang digunakan dalam penyampaian metode pembelajran dengan alat peraga tersebut.salah satu teknik yang digunakan adalah dengan teknik menyuruh siswa untuk mencoba menggunakan alat peraga tersebut. Dengan menggunakan alat ini mempermudah siswa dan guru dalam pembelajaran sudut elevasi dan deviasi. karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Sudut elevasi adalah besar sudut dari garis horisontal keatas. Jadi dengan menggunakan pengaplikasian sudut elevasi ini dapat mempermudah mengukur tinggi pohon tersebut. Tentu saja sangat sulit jika harus mengukur tinggi pohon secara langsung. Sudut depresi ini umumnya memiliki fungsi yang sama dengan sudut elevasi. Dengan cara rumus tangen sudut elevasi dengan perbandingan antara tinggi pohon dan jarak pohon dengan pengamat. Dapat membantu juga dalam mengukur tinggi benda dari tempat seseorang mengukur tinggi benda itu. ♠ Sudut depresi adalah sudut yang dibentuk oleh arah horizontal dengan arah pandangan mata pengamat ke arah bawah. Walaupun penggunaan rumus mengukur tinggi pohon tersebut tidak valid 100% tetapi selisih antara pengukuran dengan menggunakan rumus sudut elevasi dengan tinggi pohon sebenarnya sangat tipis. Sudut depresi adalah besar sudut dari garis horisontal kebawah. Misalnya mengukur tinggi pohon. BAB II PEMBAHASAN Pengertian Sudut Elevasi dan Depresi ♣ Sudut elevasi adalah sudut yang dibentuk oleh arah horizontal dengan arah pandangan mata pengamat ke arah atas. Rumus untuk menghitung tinggi auatu benda tersebut juga sama dengan sudut elevasi . Sudut depresi ini digunakan untuk melihat sudut ketika berada diatas kemudian melihat sesuatu yang berada dibawah. Sudut elevasi dapat digunakan untuk mempermudah dalam pengukuran tinggi suatu benda. Tidak hanya untuk mengukur tinggi pohon saja tetapi masih banyak lagi benda yang dapat diukur tingginya menggunakan rumus sudut elevasi tersebut.

Misalnya mengukur tinggi pohon. Dapat membantu juga dalam mengukur tinggi benda dari tempat seseorang mengukur tinggi benda itu. Tentu saja sangat sulit jika harus mengukur tinggi pohon secara langsung. Cara penggunaan klinometer untuk mengukur ketinggian dapat diilustrasikan dengan gambar berikut: . Sudut elevasi dapat digunakan untuk mempermudah dalam pengukuran tinggi suatu benda. Walaupun penggunaan rumus mengukur tinggi pohon tersebut tidak valid 100% tetapi selisih antara pengukuran dengan menggunakan rumus sudut elevasi dengan tinggi pohon sebenarnya sangat tipis. Apabila kita ingin membuat klinometer dengan bentuk yang sesuai kreatifitas sendiri tentunya harus tidak berlainan fungsi dengan klinometer yang sebenarnya. Gambar disamping merupakan contoh klinometer sederhana. Sudut depresi ini digunakan untuk melihat sudut ketika berada diatas kemudian melihat sesuatu yang berada dibawah. Materi Sudut Elevasi dan Sudut Depresi Sudut elevasi adalah besar sudut dari garis horisontal keatas.. C. Penggunaan Klinometer Dalam Pembelajaran Sudut Elevasi dan sudut Depresi Klinometer adalah alat yang membantu untuk mengukur sudut elevasi dan sudut depresi. Sudut depresi ini umumnya memiliki fungsi yang sama dengan sudut elevasi. Tidak hanya untuk mengukur tinggi pohon saja tetapi masih banyak lagi benda yang dapat diukur tingginya menggunakan rumus sdut elevasi tersebut. Dengan cara rumus tangen sudut elevasi dengan perbandingan antara tinggi pohon dan jarak pohon dengan pengamat. Prinsipnya harus dapat digunakan untuk mengukur sudut elevasi dan sudut depresi. Sudut depresi adalah besar sudut dari garis horisontal kebawah. Jadi dengan menggunakan pengaplikasian sudut elevasi ini dapat mempermudah mengukur tinggi pohon tersebut. Rumus untuk menghitung tinggi auatu benda tersebut juga sama dengan sudut elevasi yaitu rumusnya : Dengan rumus seperti diatas dapat membantu dalam meghitung tinggi suatu benda.

Menghitung panjang DE dengan konsep kesebangunan segitiga. Menghitung GE = DE+AF. Besarnya sudut elevasi dan depresi sama besar seperti gambar berikut. . Menghitung besar DE dengan persamaan trigonometri :sehingga 6. dan tinggi DE telah diketahui. Meletakkan ujung klinometer (titik A) tepat didepan mata 2. Menggunakan kesebangunan segitiga 1. Mengarahkan ujung lain dari klinometer ke puncak benda (titik E) 3. Mengukur jarak titik A kebenang penunjuk sudut (titik B) 4. Sudut depresi adalah sudut yang diumpamakan membentuk garis miring ke bawah. Sudut elevasi adalah sudut yang diumpamakan membentuk garis miring ke atas. Membaca skala derajat yang ditunjuk oleh benang (CB) 4. Meletakkan ujung klinometer (titik A) tepat didepan mata 2. Mengukur jarak pengamat ke benda (FG) 5. yaitu: 7.Sedangkan cara menghitungnya ada dua cara. maka tinggi benda GE = AF + DE 2. Mengukur jarak pangkal benang penunjuk sudut (titik C) ke titik B 5. dengan AF adalah tinggi pengamat. 1. Mengarahkan ujung lain dari klinometer ke puncak benda(titik E) 3. mengukur jarak pengamat ke benda yang akan diukur ketinggiannya (FG) 6. Bila tinggi pengamat adalah AF=DG. Menggunakan rumus tangen sudut elevasi 1.

Jika titik itu dipandang dari ujung jembatan.444786 i peluru tidak pernah menyentuh sasaran ! 2. Semula meriam diletakkan pada jarak 200 m di kaki menara secara horizontal.8) (200/60)² (1 + tan² Φ) tan Φ = 1. Jika peluru ditembakkan dgn kecepatan 60 m/s tentukan nilai elevasi agar tepat mengenai sasaran! Jawab : x = v t cos Φ t = x/(v cos Φ) y = v t sin Φ + ½ g t² y = v (x/(v cos Φ)) sin Φ + ½ g (x/(v cos Φ))² y = x tan Φ + ½ g (x/v)² sec² Φ y = x tan Φ + ½ g (x/v)² (1 + tan² Φ) 140 = 200 tan Φ + ½ (-9.Sudut Depresi : Sebuah jembatan panjangnya 260 m.memberikan sudut depresi . Suatu titik pada permukaan air tepat berada di bawah jembatan.0.Mencari sudut elevasi : Sebuah sasaran diletakkan pada puncak menara yang tingginya 140 m dr permukaan tanah.444786 i atau tan Φ = 1.83673 + 0.83673 .Contoh Soal : 1.

Berapakah tinggi jembatan dari permukaa air BAB III PENUTUP Dalam perhitungan matematika dan dalam kehidupan sehari- hari sering dijumpai masalah yang model matematikanya memuat ekspresi trigonometri (perbandingan. 2. 3. identitas trigonometri atau penggunaan rumus sinus dan kosinus). fungsi. 1. Setelah kita tahu bahwa karakteristik masalahnya berkaitan dengan model matematika yang memuat ekspresi trigonometri. Berikan tafsiran terhadap hasil-hasil yang diperoleh. 4.seperti ditunjukan pada gambar. Rumuskan model matematika dari masalah-masalah yang berkaitan tersebut. . persamaan. maka pemecahan masalah tersebut selanjutnya diselesaikan sebagai berikut. Tentukan penyelesaian dari model matematika. Tetapkan besaran yang ada dalam masalah seperti variabel yang berkaitan dengan ekspresi trigonometri.

id/tugas/153436 .DAFTAR PUSTAKA http://www.com/2015/11/sudut-elevasi-dan- depresi.co.konsep-matematika.html https://brainly.