KELOMPOK 1

Aldila Nurtriana, SKH B94164204
Annisa Menthia Armana, SKH B94164206
Irma Widyani Warman, SKH B94164225
M Reza Ramadhani, SKH B94164232
Rindy Fazni Nengsih, SKH B94164240

SEDIAAN DIURETIKUM

No Obat Mekanisme Obat Efek Obat Interaksi Obat
.
1 Furosemide 1  Furosemide bekerja pada glomerulus ginjal  Furosemide dapat menyebabkan Furosemide menimbulkan
(Lasix®) untuk menghambat penyerapan kembali zat hipokalemia, dan dapat diatasi interaksi dengan NSAID, lithium,
natrium oleh sel tubulus ginjal. dengan mengkombinasikan obat antibiotik aminoglikosida, asam
Dosis:  Furosemide akan meningkatkan penge-luaran dengan produk kalium. ethacrynic, salisilat, cephalos-
Anjing 2-6 mg/kg air, natrium, klorida, dan kalium tanpa  Furosemide dapat menyebabkan porin, ACE inhibitor, sukralfat,
mempengaruhi tekanan darah normal. terjadinya peningkatan kadar
s8-12j IV,IM,SC,PO fenitoin, dan indometasin.
Setelah pemakaian oral furosemid akan asam urat dan kadar gula darah
diabsorpsi sebagian secara cepat dengan pada saluran pencernaan dapat Sebaiknya furosemide tidak
Kucing 1-4 mg/kg awal kerja obat terjadi dalam ½ sampai 1 menimbulkan mual, muntah, dikombinasikan dengan obat
s8-24j IV,IM,SC,PO jam, dengan lama kerja yang pendek nafsu makan menurun, iritasi tersebut.
berkisar 6 sampai 8 jam, kemudian akan pada mulut dan lambung, dan
diekskresikan bersama dengan urin dan diare.
feses.  Efek samping lain yang juga dapat
 Furosemide dapat digunakan untuk mem- timbul antara lain gang-guan
buang cairan yang berlebihan dari di dalam pendengaran, sakit kepala,
tubuh. pusing dan penglihatan kabur,
anemia aplastik, anemia hemo-
litik, trombositopenia, leuko-
penia, agranulositosis, dan

sakit otot. terhadap butenamide Anjing 0. torsemide menginduksi hypokalemia sehingga dapat meningkatkan potensi toksi- sitas digoxin  LITHIUM: torsemide dapat mengurangi kejernihan lithium. (Demadex®) elektrolit dalam jumlah besar khususnya tinggi akan terasa lelah. mulut kering. sulfonamide kemungkinan air. untuk hipotensi. 2 Bumetanide 2 Bumetanide bekerja dengan memaksa ginjal  Hypokalemia. dan pusing. juga air yang mudah terbakar matahari. 3 Torsemide 3 Torsemide membuat ginjal mengeliminasi Pusing. potasium. thrombocytopenia. cepat lapar dan haus. Pasien yang alergi terhadap (Bumex®) untuk menghilangkan sodium. tetapi tidak signifikansi klinis.06  Ototoxicity pada kucing.No Obat Mekanisme Obat Efek Obat Interaksi Obat . muntah. penderita darah  ACE inhibitor (enalapril.03-0. eosinofilia. kulit kering. terutama pada Tidak ada referensi berlebih (edema) Torsemide ±10 kali lebih poten pasien yang kekurangan natrium untuk diuretik untuk dosis di dibandingkan dengan furosemide  AMFOTERISIN B: Loop anjing dan kucing diuretik dapat meningkatkan risiko untuk pengembangan nefrotoksisitas  Digoxin: dapat meningkatkan area di bawah kurva dari torsemide oleh 50%. sering buang memiliki hipersensitivitas Dosis: air kecil. pingsan.  NSAID: Beberapa NSAID . anjing. kulit dapat benazepril): peningkatan risiko sodium dan garam potasium. dan marmot 5-6 kali lebih poten mg/kg sid/bid dari furosemide.

phenylephrine Amiloride mencegah penurunan potassium kehilangan nafsu makan. sakit kepala. trombositopenia. vertigo. Kucing: 2-4 mg/kg  Pemberian bersama obat  Efek lain: pusing. muntah. terutama hipokalsemia. kram perut. seperti furosemide.  Kulit: ruam. Pseudoephedrine. berkurang. Penyesuaian dosis obat anti e (HCT) 4 ginjal untuk mengurangi kemampuan ginjal diare. Anjing:1-2 mg/kg Obat ini akan meningkatkan pembentukan Johnson. anemia kortikosteroid akan mening- anaplastik. sakit kepala. s12j gelisah. kolestrol. muntah. dermatitis eksfoliatif. biasanya digunakan bersamaan mengurangi efek dari amiloride. sindrom Stevens diberikan bersamaan. sembelit dan diabetes baik oral maupun dalam menyerap natrium yang banyak iritasi lambung.  Cholestyramine mengurangi s12j urin oleh ginjal dan menyebabkan kadar  Sistem metabolisme: pening-katan penyerapan hidrokliritiazid di asam urat. dapat mengurangi efek natriuretik dari torsemide  probenesid: Dapat mengurangi khasiat diuretik dari torsemide  salisilat: torsemide dapat mengurangi ekskresi salisilat 4 Hydrochlorothiazid HCT bekerja dengan cara mempengaruhi  Saluran pencernaan: mual. katkan gangguan elektrolit leukopenia. thiazide. anemia hemolitik.  Hidrokloroditiazid dan NSAID jika bersamaan akan menurunkan efek diuresis 5 Amiloride 5 Diare. insulin perlu dilakukan jika Dosis: sehingga bisa menyebabkan retensi cairan. naproxen akan jantung.No Obat Mekanisme Obat Efek Obat Interaksi Obat . akan meningkatkan tekanan dalam darah atau membantu memperbaiki darah dan mengganggu kerja potassium dalam kondisi normal pada pasien amiloride dengan tekanan darah tinggi atau gagal  Ibuprofen. . lesu. gula darah dan usus sehingga efektivitasnya cairan tubuh berkurang. agranulositosis. dengan obat lain.

merasa Penggunaan diuretik hemat pengobatan congestive heart failure (CHF). efek farmakologis. bersama penghambat ACE darah tinggi dengan meningkatkan jumlah rambut rontok. level cyclosporine. menyebab- Dazamide®) anhidrase agar dapat mengurangi tekanan di dan diare serta memungkinkan kan terjadinya peningkatan area mata pada penderita glaukoma.  Salisilat meningkatkan kadar darah. diare. etodolac.No Obat Mekanisme Obat Efek Obat Interaksi Obat .  Acetazolamide dapat mening- Anjing 7-10 mg/kg yang lebih sering. pusing. frekuensi buang air kecil neurotoksisitas. s6j atau 50 mg/kg wajah memerah. dan katkan kadar serum dari TCA. menyebabkan tekanan darah sebagai 1x dosis turun sehingga akan menu- untuk glaucoma runkan kadar serum primidone yang nantinya akan terjadi Kucing 7 mg/kg s8j penurunan efektivitas obat. bagi penderita epilepsi dan sebagai diuretik. keringat berlebihan. (katopril) menyebabkan urin yang diproduksi oleh ginjal. hydrochlorothiazide 6 Spironolactone6  Spironolactone digunakan sebagai Sakit perut. carprofen. mengantuk. kalium seperti spironolactone penimbunan cairan (edema) dan tekanan sakit kepala. kesemutan. menghalangi aktivitas enzim karbonat pusing. kantuk. terutama pada jangka lama dapat menurunkan efek hipertensi 7 7 Acetazolamide 8  Acetazolamide bekerja dengan cara Acetazolamide dapat menyebabkan  Acetazolamide meningkatkan (Diamox®. kelelahan. kelelahan. mual dan muntah. hiperkalemia Dosis:  Spironolactone tidak membuang potassium  Kombinasi anti hipertensi dengan Anjing dan kucing dari tubuh walaupun kelompok antagonis obat-obatan NSAID seperti 1-2 mg/kg s12j PO aldosteron diuretik. dan efek samping dari acetazola- . mual. risiko nefrotoksisitas dan Dosis:  Acetazolamide juga dapat direkomendasi-kan dehidrasi. piroxicam akan menyebabkan retensi garam dan air. untuk kehilangan nafsu makan.

mide tersebut.globalrph.com/bumex_dilution. Bogor (ID):Orenz Digital Printing 2 http://www.1800petmeds. [Intenet]. dillihat pada 2016 Des 31]. Tersedia pada http://www.htm 5 http://www. DAFTAR PUSTAKA 1 Wientarsih I.htm 3 http://cynologist.webmd. Madyastuti R. 8 Dodman N. Penggunaan Obat untuk Hewan Kecil. 2012. Dazamide®) for dogs and cats.No Obat Mekanisme Obat Efek Obat Interaksi Obat . Acetazolamide (Diamox®. Med Litbang Kes.com/Spironolactone-prod10595. Noviyati L. Prasetyo BF. 2015.com/drugs/2/drug-11481/amiloride-oral/details 6 http://www.com/article/drug-library/library/prescription/acetazolamide-diamox-dazamide .com/index. Interaksi obat dan beberapa implikasinya.uk/cardiorespiratory/5a66498.co.provet.html 7 Gitawati R. 2008. 18(4):175-184 .petplace. [diperbaharui 2015 Agus 11.php/veterinary-drugs/demadex-torsemide-5-mg-10-mg-20-mg-100-mg-tablets 4 http://www.