yang memang diantara kita itu ada yang tidak bisa melepaskan dirinya dari kemiskinan. Kemudian listrik juga tidak di hitung pengeluaran. Maka Insya Allah kita akan membicarakan tentang hal ini Soal kemiskinan ini memang banyak faktornya. Tapi karena Rahmat Allah. jika semua bukan karena Rahmat Allah. Hampir setiap hari tema itu kita dengar di negeri kita Indonesia ini. Kemudian ketika dia menjual bakso di halaman rumahnya. Alhmdulillah. Jadi ketika istrinya memotong mie. Ada yang disebut dengan kemiskinan struktural. tidak dihitung sebagai tenaga kerja. dan sebutan lainnya. padahal Al Quran sudah menjamin bahwa Allah akan memberikan rezeki kepada hamba-Nya yang beriman. membuat bumbu. negeri kita Indonesia masih tetap ada. Kemudian jika kita perhatikan keadaan ekonomi Indonesia terutama ekonomi di level kecil jika saja mereka menghitung pengeluaran ketika mereka berdagang pastilah mereka sudah bangkrut dari dahulu. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 1 . Maka sebenarnya di Indonesia ini. tidak dihitung sebagai sewa. bisa jadi negeri ini sudah wassalam. OBAT ANTI MISKIN BANGKIT DARI KETERPURUKAN Saudara. isu tentang kemiskinan selalu kita dengar hampir setiap hari. Anaknya pun ikut membantu tidak di hitung sebagai biaya tenaga kerja. Saudara suka tukang mie? tukang bakso? Sebenarnya kenapa mereka masih bisa tetap survive? Karena mereka tidak menghitung tenaga kerja istrinya.

masih ada orang yang memenuhi masjid. Allahu akbar Saya pernah diberitahu oleh salah satu seorang guru. niscaya kamu tergolong orang yang rugi..... kita pasti sudah bangkrut dari dahulu.ََ‫ض َّراء‬ َ ْ‫س ْتهمََا ْلبَأ‬ َّ ‫ساءََ َوال‬ َّ ‫ َم‬. keutamaan dari Allah. kesempitan. masih ada yang belajar Al Quran seperti para santri. . hidup ko gak ada senang – senangnya. Bisa jadi kemiskinan merupakan azab. mudah mudahan Allah bukan menunda azab yang besar. Tapi karena masih ada orang tua yang sujud ditengah malam. َ ََ‫ضل‬ “Maka kalau tidak ada karunia Allah dan rahmat Nya atasmu. Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan.” (Qs.” (Qs.. ‫نَا ْل َخا ه‬ َ‫س هر ْي َن‬ ََ ‫للاهَ َعلَ ْيك َْمَ ََوَ َر ْح َمتهََلَك ْنتمَ ِّم‬ ْ َ‫ فَلَ ْو َلََف‬.. Al Baqarah : 64) Kalau tidak ada Rahmat dari Allah. Al Baqarah : 214) Allah mengenakan untuk kita kesusahan. bahwa kemiskinan itu juga merupakan azab. untuk sholat berjamaah. masih ada anak muda yang gemar istighfar. “. Kenapa? Karena Allah tidak diperhatikan Allah tidak di perhatikan – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 2 .. tapi malah menghilangkannya.

َ‫ضنكا‬ “ Dan barang siapa berpaling dari peringatanku. buat makan aja susah. ََ ‫َو َمنََْأَ ْع َر‬ َ ََ‫ضَ َعنَ هذ ْك هرىَفَإهنَََّلَهۥَ َم هعيشَة‬ . Kaki berat dibawa ke masjid. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 3 . Kemaluan tidak dijaga. boro – boro buat hidup senang. Disuruh sholat nanti – nanti dulu..” (Qs.. malah katanya “gua aja susah. buat bayar angsuran juga susah. Terus apalagi? Tangan gampang mengambil hak orang lain. maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit. tapi ringan dibawa ke tempat maksiat. Disuruh mengaji enggak mau. Kehormatan tidak dijaga. Maka apa yang terjadi? Fainna lahu ma'iisyatan dhanka Kerja mah kerja tapi gak pernah cukup Betul tidak? Buat bayar kontrakan aja susah. gua aja kurang” Mulut bawaannya ngomongin orang terus. Pandangan mata bawaannya maksiat terus. Hati gampang dengki. Thaahaa 124) Siapa orang melupakan peringatan-Ku (peringatan Allah) ? Disuruh sholat enggak mau. Disuruh Zakat dan Sedekah susah.

Luar biasa ya? Masya Allah – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 4 . Sesusah – susahnya seseorang. ada pula orang miskin. kemiskinan itu adalah sebuah keniscayaan. Saudara. Sekarang kita akan membahas tentang obat miskin. Tidak ada tetangga yang tahu. Alhamdulillah Alhamdulillah di Indonesia ini punya culture yang seperti itu. andai dia beriman. Orang akan melihatnya sebagai orang yang senang. apalagi saudaranya. bukankah Allah menjamin cicak yang makannya adalah nyamuk yang memiliki sayap? Lalu kenapa kita sebagai manusia tidak diperhatikan oleh Allah? Jawabannya adalah sederhana. tapi semiskin miskinnya orang. obat kesulitan. maka enggak akan ada tetangga yang tau. enggak kelihatan miskinnya. Si istrinya juga tidak tahu. Bahkan mungkin suaminya tidak tahu kalau dia sedang merasakan sesuatu. Karena kita nya TIDAK MEMPERHATIKAN ALLAH. sedangkan dia beriman. Orang akan melihatnya sebagai orang yang cukup. Ada orang kaya. obat kesusahan. Negara yang indeks kebahagiaannya tertinggi adalah Indonesia. Subhanallah Saudara sebenarnya obatnya adalah “fafirruu ilallah” (berlari menuju Allah) Jika kita perhatikan. Enggak kelihatan miskinnya.

‫َواتَّقَ ْوا‬ Dia juga bertaqwa Apa yang akan Allah turunkan? – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 5 . dan orang – orang yang sibuk. sekelompok penduduk beriman. maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. Allah menjelaskan dalam Al Quran َ‫ضَ َولَ هكنََْ َك َّذبواَفَأ َ َخ ْذنَاه َْمَ هب َما‬ َ‫اءَ َو ْاْلَ ْر ه‬ َ‫س َم ه‬ ََ ‫َولَ َْوَأَنَََّأَ ْه ََلَا ْلق َرىََآ َمنواَ َواتَّقَ ْواَلَفَت َْحنَاَ َعلَ ْي هه َْمَبَ َر َكاتََ هم‬ َّ ‫نَال‬ َ‫ون‬ ‫َكانواَيَ ْك ه‬ َ ‫سب‬ “ Jikalau sekiranya penduduk negeri –negeri beriman dan bertaqwa. Diisi dengan islam. pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Al a'raaf 96) ‫َولَ َْوَأَنَََّأَ ْه ََلَا ْلق َرىََآ َمنوا‬ Kalau lah suatu kaum beriman. Orang – orang kaya saja. Indonesia itu masya Allah. secara kultur kita itu adalah negara yang happy. Bahwa Al Quran itu adalah obat kemiskinan. apalagi jika diisi dengan iman. tetapi mereka mendustakan (ayat – ayat kami) itu. karena masih bisa main bulu tangkis jam 9-10 malam. padahal dia masih rapat. kadang – kadang bingung melihat orang susah. Sekarang saya juga mau bicara tentang Al Quran.” (Qs.

tinggal kitanya saja yang kembali kepada Allah. Iya enggak? Enggak ada masalah. Tidak apa apa saudara punya hutang seratus juta. Juz apa nih? Yang pasti bukan juz manggis. biar saja kita diusir dari kontrakan karena engak bisa bayar. yakin. lalu ditinggal oleh Allah. Obat pertama adalah Al Quran'anul Karim Saya juga sekalian menginfokan program nasional dari kami. Biarkan saja anak kita enggak bisa sekolah. Indonesia sudah penuh dengan berkah. yakin. na'udzubillah min dzalik. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 6 . asalkan Allah memberikan dua ratus juta. Enggak ada masalah. juz alpukat. sudah miskin. yang penting Allah memberikan kita rumah yang baru. Allah yang mengizinkan orang lain menjajah secara ekonomi. yang penting kita bisa pindah ke tempat yang lebih bagus. Insya Allah. insya Allah nama programnya adalah “ One Day One Juz” satu hari satu juz. Enggak masalah. obat pertama agar saudara jauh dari kemiskinan dan kesusahan. Allah pula nanti yang membersihkan ekonomi kita dari penjajahan. ‫اءَ َو ْاْلَ ْر ه‬ َ‫ض‬ َ‫س َم ه‬ ََ ‫لَفَت َْحنَاَ َعلَ ْي هه َْمَبَ َر َكاتََ هم‬ َّ ‫نَال‬ Allah akan menurunkan keberkahan dari langit dan bumi. Tapi saudara mengaji SATU HARI SATU JUZ. kalau pun susah Allah menolong terus. yakin. Tapi kalau sudah susah. Nah. Insya Allah. Insya Allah. tidak apa apa engga masalah. dari kawan – kawan pecinta Al Quran. kalaupun susah akan ada banyak kemudahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

dampak baiknya. Ya iya lah baru satu juz. Buat siapa kecil? Buat Allah Subhanahu wa ta’ala. bolehlah saudara dan istri nanti malam mulai membaca dari surat Al Fatihah. Baca satu juz! Kemudian cek rekening Insya Allah masih nol. kebaikannya dari mengaji Al Quran. Tulis . Contoh. masa sudah minta hadiah. iya enggak? Yang penting nanti Allah akan bayarin. jika saudara tidak punya tabungan. tulis juga dikertas itu Alhamdulillah. punya istri satu. tulis di kertas itu Punya utang banyak. untuk menghapus maksiat dulu. boleh di tes. boleh dicoba. Silahkan dites. Berjalanlah mulai mengkhatamkan Al Quran satu hari satu juz. dengan kembali kepada Al Quran. membaca juz kedua sampai selesai. Rumah masih ngontrak. silahkan ambil kertas selembar. Kecil. dan inilah keadaan saya. tidak punya tabungan. belum punya mobil. apakah dengan membaca Al Quran.. Engga apa apa punya utang banyak. Kita tes. saya mau memulai mengaji Satu Hari Satu Juz. Jika saudara mau tau dampak positifnya. Terus dihari kedua. Saudara tulis. tulis tidak punya tabungan. Utangnya 60 juta. Tentu untuk menghapus dosa dulu. punya utang 60 juta. hidup kita akan berubah. belum punya rumah. anak tiga. lalu tulis keadaan saudara sebelum memulai perjalanan One Day One Juz. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 7 . Saudara yang memulai melakukan One Day One Juz. dari tidak meninggalkan Al Quran. Insya Allah..

” “ Ya sudah saya yang bayar. keluarga besar Darul Qur’an bandung. sekarang ada pertolongan Allah.” “ kenapa anak saya dimaki – maki?” “Dia punya utang. jadi ia sudah punya modal. “Kenapa anak saya dimaki maki?” “dia punya utang” “Ya sudah saya yang bayar. Tetapi ditagih utangnya. Dibaca saja! Buka Al Qur’an! – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 8 . sudah hafal 2. mulai banyak yang nagih. mulai banyak yang menagih utangnya. tiba – tiba datang mertua. Hari ketiga membaca juz ketiga sampai selesai. Kalau ananda prima. jika kemarin ditagih tidak ada pertolongan Allah. mengkhatamkan satu hari satu juz itu tidak perlu hafal. Hamzah itu menghafal dari nol. Tapi hebatnya. sedang berbahagia karena kedua putra kami.” Subhanallah Terusiin membaca satu hari satu juz Alhamdulillah. Sampai kemudian ia hafal 30 Juz di Darul Qur’an Bandung. Saat saudara sedang dimaki – maki. Alhamdulillah selamat untuk ananda Hamzah dan Prima. ketika masuk. Mulai ada perubahan. dari tidak punya hafalan sama sekali. Saudara.5 Juz. dua putra kita semua. SDQI bandung. Biasanya nih seminggu sudah mulai ada perubahan. sedang mengkhatamkan hafalan Al Qur’annya yang ke 30 juz.

begitu bulan keenam. Ini harus dicoba Hal ini saya coba pada utang saya – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 9 . Mata harus dijaga. Kalau bisa. agar bisa dipahami. kemudia dua. harus cuci darah. akhirnya ia memiliki usaha properti. tulis keadaan saudara. Tadinya cuman usaha jualan susu kedelai. apalagi yang dekat dengan Al Qur’an. jantung. Supaya nanti di hitung. Orang yang enggak dengan Al Qur’an saja rezekinya banyak. Iya betul saudara. Supaya apa? Supaya tahu perubahannya. akhirnya punya pabrik susu yang punya pertanian. Dari kontrakan – kontrakan. baca berikut artinya. Kenapa sebelumnya saya bilang. Mulutnya mulut ahlul Qur’an. Dari yang semula mengontrak. baik yang punya penyakit ginjal. jangan ngomongin orang. Inysa Allah enam bulan akan perubahan. Terus jangan mencari duit dari jalan yang haram dan syubhat. tulis HP saya sudah jelek. Dari rumah yang kecil – kecil kemudian menjadi kontrakan – kontrakan. tiga tahun ketika ia mengkhatamkan Al Qur’an. apakah ada perubahan? Inysa Allah ada perubahan. Yang HP nya jelek. jangan melihatkan yang diharamkan. tulis semua. Tapi syarat dan ketentuan tetap berlaku. Allah yang menjamin. kemudian menjadi rumah yang kecil – kecil. bukan Yusuf Mansyur.

Ada satu.” Mengaji teruuus. Karena itu saya mengaji saja sambil menunggu apa nanti petunjuk-Mu . Tahun kelima dan keenam. bagaimana cara ngurusin urusan saya. Bisa hamil. Insya Allah saudara akan hamil Siapa yang belum punya jodoh? Mana yang belum punya jodoh? – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 10 . Lalu saya bilang sama Allah. Belum merasakan hamil tuh seperti apa? Ya Allah. Dan di tahun ketujuh Alhamdulillah. saya dan suami akan memulai perjalanan One Day One Juz. satu hari satu juz. Tahun keempat. ada dua. Khatamkan lah Al Qur’an setiap bulan! Maka pada bulan ketujuh. ada tiga. Tapi saya istiqomah terus. alhamdulillah 3 tahun enggak ada yang lunas. izinkanlah saya menjadi perempuan yang sempurna. ya Allah. “ Ya Allah. menikmati terus. beserta artinya Insya Allah Luangkanlah waktu untuk Allah. terus istiqomah. “Ya Allah saya ngga tahu lagi nih. Siapa yang belum punya anak keturunan? Ada yang belum punya keturunan ? Cobalah tulis! Tulis di kertas selembar. maka Allah akan meluangkan waktu untuk kita! Tulislah keadaan saudara! “ Ya Allah sampai hari ini saya belum punya anak. Dulu saya punya utang buanyak. Allah melunaskan utang saya. Subhanallah.

Tulis! Tulislah dikertas selembar! Yang sedang menjanda boleh. tiba – tiba suaranya bukan sendiri. saya bercanda. kalau kemudian satu hari bisa khatam tiga juz. Begitu saudara masuk di Surat an Nuur..” Silahkan ditulis! Inysa Allah saudara akan terkejut.. Insya Allah saudara bisa dapat janda beranak 2. surat Cahaya. saya ingin memulai membaca Al Qur’an satu hari satu juz berikut artinya.... Atau saudara membaca surah ar – Rahmaan. Tulislah keadaan saudara! “Ya Allah. ‫) سورة الرحمن‬٢( َ‫) َع َّل َم ا ْلقُ ْرآن‬١(َ‫ال َّر ْح َمن‬ Ternyata tujuh bulan dia sudah punya suami. suaranya berdua. tujuh bulan dia sudah punya istri. Mohon maaf ya . Subhanallah Nah. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 11 . Hehehe .. bersahut – sahutan berdua.. ‫) سورة النور‬١( َ‫ت َل َع َّل ُك ْم َت َذ َّك ُرون‬ ٍ ‫ضناها َو أَ ْن َز ْلنا فيها آيا‬ ٍ ‫ت َب ِّينا‬ ْ ‫ورةٌ أَ ْن َز ْلناها َو َف َر‬ َ ‫س‬ُ Disebelah saudara ada yang menyahut.

inysa Allah saat masuk juz ke 5. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 12 . sepi. tes. tes. orang malah datang dari belakang. Semakin banyak ngajinya.. cobalah mengaji! Saudara buka warung. Allah-lah yang akan mendatangkan rezeki ke warung saudara. Walmuhshanaat . tes.. Insya Allah tambah engga ada yang beli. Jangan dihabiskan untuk mengaji semua. “woooiiiii . Tapi Allah tetap memerintahkan kita mengajarkan yang lain. warung engga buka/?” Subhanallah Orangnya lagi ngaji nih. “Hai apa kabar? Kamu mau kerja engga sama saya? Allahu Akbar Baru juz ke-5 sudah ada kembangnnya. lalu saudara mengaji di dalam. cobalah mengaji! Ngaji! Kalau perlu tutup dulu warungnya saat saudara mengaji. Lho kok? Cobalah dites! Iman itu perlu dites! Tutup warungnya. Saudara buka warung gak laku. Tes.. Tapi rezeki itu rahasia Allah.. Depan warung ditutup. semakin bagus. silakan menjalani one day one juz. “sudah ada teman yang datang. Orangnya lagi ngaji.. Tapi silakan dibuktikan! Silakan dibuktikan! Yang belum mempunyai pekerjaan.

Saya nih.Qur’an itu adalah kalamulah. agar dia mengirimkan beras ke rumah kamu. Berduaan sama Allah. agar mengirimkan daging ke rumah kamu. kok. Karena itu mintalah kepada Allah.. Lalu saya melihat teman saya gelisah terus. Saudara. Saya tanya. Saya akan menelpon teman saya yang punya toko beras. bukan berarti membaca Al Qur’an dan maknanya adalah satu – satunya obat kemiskinan. Warung ditutup kita ngaji malah ada yang datang.” Allahu Akbar! Dari tadi buka. “kenapa sih kamu gelisah?” “Saya gelisah karena belum punya makanan untuk anak dan istri saya. “Warung tutup?” “Buka. begitu pula saudara membaca Al-Qur’an. Nah. Saudara sedang berduaan sama Allah. Subhanallah Saudara. ya . Saya juga akan telpon teman saya yang dagang daging. ga ada yang beli. misalkan orang kaya. Al Qur’an itu adalah kalamullah. tiga puluh mangkok. kamu tenang – tenang saja disini sama saya. ngaji dulu. Al.” Karena saya sedang asyik berduaan sama dia. nanti buatkan mie rebus.. Bukan! – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 13 . kemudian saya main catur sama seorang teman.” “Ooh ...” “Ya sudah kalau begitu.

maka anak akan menjadi orang kaya yang sebenar – benarnya orang kaya dikemudian hari. tapi tujuh ratus kebaikan. jika anak – anak Bapak/ Ibu masuk ke pesantren – pesantren tahfizh Qur’an. tapi tiga huruf. Kenapa? Karena isinya mengaji terus Isinya bacaan dan hafalan Al Qur’an Tabungannya banyak Setiap satu huruf itu adalah satu kebaikan. satu hurufnya sepuluh kebaikan. Sehingga “ alif laam miim” itu bukan tiga puluh kebaikan tapi menjadi dua ribu seratus kebaikan. sudah banyak anak – anak menghafal 30 juz. di Pesantren Daarul Qur’an pusat. kita ini memang sudah mulai jarang membaca al Qur’an Jujur Alhmadulillah. Bahkan jika ia mengerti maknanya. inysa Allah bukan cuman sepuluh kebaikan. Pengen tahu artinya apa dua ribu seratus kebaikan? – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 14 . Sebut pertama kali yang kita pelajari adalah mengakrabkan diri dengan Al Qur’an. Amal sholeh mana yang sangat hebat ganjarannya dari Allah Subhanahu wa ta’ala? “alif laam mim” itu bukannlah satu huruf. Dan jujur. Saya berpikir seperti ini. mengerti tajwidnya. Bahkan diganjar sampai tujuh ratus kali kebaikan. Insya Allah di ketapang. Kita baru saja memulai pelajaran agar masyarakat indonesia bisa keluar dari kemiskinan. Dan Insya Allah menyusul kemudia anak – anak Bapak dan Ibu semua.

Kalau saudara ingin tau apa hebatnya Al-Qur’an. Tapi mereka masih sehat. Mulailah berjalan membaca Al Qur’an! Mulailah membaca obat anti miskin ini! Obat keluar dari kemiskinan. banyak kurangnya. lalu buktikan kebenaran ini. maka sama dengan 2100 kali menolong nenek – nenek menyebrang jalan. yaitu tambah sehat. fadhilah Al Qur’an. keutamaan Al.. Insya Allah akan hasilnya.Qur’an tulisalh keadaan saudara pada saat ini. itu disebutnya satu kebaikan. Kalau belum membaca Al Qur’an seperti belum sarapan pagi. keutamaan Al Qur’an.. Jika saudara senyum sama orang. Berarti membaca “alif laam miim” saja. Baca.. Subhanallah . itu juga dihitung satu kebaikan. Padahal umurnya mereka sudah tua. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 15 . Istiqomah saja terus. atau setiap minggu insya Allah bisa mengkhatamkan Al Qur’an. Itu satu kebaikan. bisa kita ibaratkan setara dengan tersenyum kepada 2100 orang. Lalu mulailah berjalan mngkhatamkan Al Qur’an. Jika menolong nenek – nenek menyeberang jalan serta dengan satu kebaikan. Hidup kita ini jadi susah karena memang kurang kebaikannya.. Subhanallah. sangat luar biasa. Jalan saja terus. Tentu saja jangan membayangkan hasilnya seminggu ata dua minggu. karena banyak jamaah yang bisa mengkhatamkan al Qur’an lima hari sekali. Dan Al Qur’an Insya Allah akan mendatangkan tambahan – tambahan kebaikan yang masya Allah. Masya Allah. Ketuk pintu tetangga “Assalamu’alaikum” begitu dia buka pintu kita senyum. Kita yang muda – muda ini malu. Inilah efek dari membaca Al Qur’an. Allahu Akbar .

. majikanku yang cilik. Untuk para bapak. Bukan tidak boleh. apa ada yang bisa dia cuci? Subhanallah Pembantunya jadi terkejut. malah mau nyuciin bajuku. Kenapa mobil saudara ditarik leasing? Karena Allah bikin mampet usaha saudara. tapi ya berilah porsi yang lebih besar untuk Al Qur’an. Inysa Allah dua atau tiga bulanm dengan izin Allah. dua tiga bulan kemudian saudara kaget. Bapak/Ibu akan terkejut.. “Ya Allah. Dia malah akan bilang begini “ mamah.. saudara bacakan Al Qur’an dan pegang kepalanya. saat dia tidur. saudara duduk disampingnya. Yang didengar laguuu terus. Heheh .” Untuk para ibu. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 16 . Karena yang didengar di dalam mobil saudara adalah musiik terus. duduklah disampingnya lalu bacakan Al Qur’an. Lalu usap rambutnya. tangannya tidak akan sanggup berbuat kasar lagi. saat istri tidur. Maka Insya Allah. usap – usap bibirnya. Saudara punya anak bandel. kalau ibu punya suami ringan tangan. begitu suami tidur. ya akhirnya saudara diusir. Ibu baca Al Qur’an. Kenapa saudara diusir dari kontrakan? Karena kontrakannya enggak pernah dipakai untuk sholat. kalau istrinya cerewet mulutnya. ibu pegang tangannya. Ibu usap – usapkan tangannya. enggak dipakai untuk mengaji. ibu duduk disamping suami. aku buatkan teh manis ya?” Dia juga tanya pembantunya.

Malu dong. Alhamdulillah kita telah belajar cara mengatasi problematika hidup. tiap hari membaca dan mempelajari Al Qur’an. jam dua sudah bangun. Insya allah. Jadi selipkanlah doa ini agar saudara semua bisa mengaji. Jangan malu untuk belajar mengaji! Teruslah semangat utnuk belajar mengaji. Bisa lancar mengajinya. dikasih rumah.” Saudara ingin surat lamaran kerjanya diterima. Karena malu dong. Saudara yang dirahmati Allah. dikasih motor. “Ya Allah jadikanlah aku miliknya si Fulan. jangan langsug dikirim! Tapi taroh dulu di atas sajadah. Allah akan mengatur urusan kerja saudara. Di rumah kontrakan. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 17 . Sudah punya anak tiga tapi belum bisa mengaji Malu dong. dikasih pasangan. Kemudian kirim lah surat lamaran kerja itu. khatamkan Al Qur’an. Jangan lupa pula selipkan di dalam doa – doa kita. Kita baru belajar satu obat. Maka rumah kontrakan itu akan meminta kepada Allah. bawa ngaji dulu satu atau dua juz. dan apa apa yang membebani hidup kita. kemudian istiqomah. masa belum bisa mengaji. yakni mengobatinya dengan Al – Qur’an al Karim. agar kita bisa mengaji. gunakanlah untuk mengaji. masa sudah jadi menejer tapi belum bisa mengaji. sudah punya mobil tapi belum bisa mengaji Malu dong sudah dikasih mobil . bawalah dalam sholat.

Karena sedekah juga adalah salah satu obat kemiskinan yang paling hebat. makin wajib bersedekah. Kalau situ miskin. – Obat Anti Miskin { Bangkit dari Keterpurukan } 18 . obat yang ketiga adalah SEDEKAH. Obat yang kedua adalah IMAN dan TAUHID. Dan.