Laporan Resmi

Praktikum Biologi

Mitosis dan Meiosis

Disusun oleh:

Nama: Tuti Ratnasari

Kelas/No: XII IPA 2/ 29

SMA Negeri 6 Yogyakarta

Tahun 2013

1

S. Praktikan. Harsono. 4 desember 2013 Guru Pembimbing.Pd Tuti Ratnasari NIP: 19581025 198602 1 003 NIS: 16153 2 . Lembar Pengesahan Laporan Resmi Praktikum Biologi dengan judul “mitosis dan meiosis” ini disusun untuk menyelesaikan tugas praktikum biologi SMA Negeri 6 Yogyakarta Oleh: Nama: Tuti Ratnasari Kelas/No: XII IPA 2/ 29 Yogyakarta.

sel terbagi menjadi dua sel anak. Dasar Teori Organisme dapat mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu. Proses pembelahan biner diawali dengan pembelahan inti menjadi dua yang diikuti dengan pembelahan sitoplasma. Sel-sel anak yang di hasilkan oleh pembelahan biner memiliki sifat yang sama dengan sel induk. bertambah tinggi. Jaringan tertentu pada tubuh adalah subjek peruskana perkesenimbungan dan baru diganti sehingga sel tumbuh dan memperbanyak diri. Sel membelah karena adanya bertambah volume dan material genetis. setiap sel yang membelah akan mnghasilkan dua sel anak yang sama (identik) sehingga di sebut juga pembelahan biner. lingkar cambium. ujung batang. kromosom-kromosom dalam inti sel induk di wariskan pada sel anak. Keduanya merupakan proses pembagian inti yang melibatkan sistem yang akurat untuk membagi kromosom-kromosom dari sel induk ke sel-sel keturunannya. antar ruas batang. Transfer material genetik pada eukariot dapat dilakukan pada proses pembelahan mitosis dan miosis. Sel memebelah secara meiosis yang terdapat pada alat reproduksi dan membelah secara mitosis terdapat pada sel tubuh/somatic. Salah satu sifat yang membedakan tipe sel dalam suatu organisme adalah kapasitasnya untuk tumbuh dan membelah. DNA merupakan material genetik yang terkandung didalam setiap sel. bertambah sempurna karena adanya pembelahan sel. Saat inti sel membelah menjadi dua bagian. B. Pada dasarnya pembelahan sel di bedakan menjadi pembelahan sel secara langsung dan pembelahan sel secara tidak langsung. Akhirnya. Pada pembelahan amitosis. Pembelahan sel secara langsung 3 .A. Pembelahan sel secara langsung di sebut juga pembelahan amitosis. gen-gen dari sel induk juga diwariskan kepada sel anak. bertambah besar. Tujuan Untuk mengetahui dan memahami tahapan mitosis pada ujung akar. sel yang akan mengalami pembelahan karena bersifat embrional/meristem matis. Pembelahan sel secara langsung adalah proses pembelahan sel yang terjadi tanpa melalui tahap-tahap pembelahan yang rumit. Mitosis pada tumbuhan terletak pada ujung akar.

meosis disebut juga pembelahan reduksi. Meiosis I dan meiosis II terjadi pada sel tumbuhan. Meiosis juga terjadi pada saat pembentukan spora pada tumbuhan. Sel-sel anak yang dihasilkan memiliki sifat yang sama dengan sel induk. Pembelahan Mitosis Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom yang sama dengan jumlah kromosom sel induk.terjadi pada organism uniseluler. dengan masing-masing sel mengandung jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk. anafase II. Disamping itu. Pembelahan mitosis terjadi pada saat organisme mengalami pertumbuhan dan pada saat jaringan tubuh mengalami perbaikan atau mengganti sel-sel. Meiosis terjadi pada saat pembentukan gamet (sel-sel kelamin) dengan tujuan menjaga agar jumlah kromosom tetap konstan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu. Akibat adanya dua kali proses pembelahan sel. Alat dan Bahan 4 . Oleh karena itu. Demikian juga pada sel hewan terjadi meiosis I dan meiosis II. pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel-sel somatis) terutama pada jaringan embrional ( pada hewan) dan jaringan meristem (pada tumbuhan). misalnya bakteri. dan paramecium. terjadi fase- fase pembelahan seperti pada mitosis. telofase I. metafase II. maka pada meiosis. satu sel induk akan menghasilkan empat sel baru. profase II. metafase I. amoeba. pada meiosis terjadi dua kali periode pembelahan sel.Pada meiosis. Sementara itu pembelahan sel secara tidak langsung terjadi melalui tahap-tahap tertentu. dan telofase II. Baik pada pembelahan meiosis I dan II. yaitu pembelahan I (meiosis I) dan pembelahan II (meiosis II). Oleh karena itu dikenal adanya profase I. mitosis disebut juga pebelahan replikasi. C. Pembelahan Meiosis Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak yang masing-masing mengandung setengah jumlah kromosom sel induk. 2. pembelahan sel secara tidak langsung di bedakan menjadi pembelahan mitosis dan pembelahan 1. anafase I . terjadi perpasangan dari kromosom homolog serta terjadi pengurangan jumlah kromosom induk terhadap sel anak.

Pipet tetes 1 buah (campuran etanol : kloroform : 7. Jarum preparat 2. Larutan Acetocarmin 5 . Kertas tissue 4. Lampu spirtus 15. Karton hitam 1 lembar 13.1. Larutan HCl 1 M buah 14. Larutan fiksatif carnoy 5. Gelas obyek dan gelas penutup 3 12. Silet 1 buah 6. Bawang segar 1 buah 10. Gelas arloji 1 buah asam asetat glacial = 6:3:1) 8. Botol jam 1 buah 9. Preparat awetan mitosis 3 buah 11. Mikroskrop 3.

Mengamati dibawah mikroskop lalu menggambar tahap-tahap pembelahan mitosis yang terjadi. 9. Gambar 1 : Pembelahan Mitosis Gambar 2 : Gambar Tangan . 27. E. Ambil ujung akar dari gelas arloji letakkan pada objek gelas dengan bantuan jarum dan tetesi acetokarmin 2 tetes. 6. 24. Bersihkan bagian pangkal bawang dari sisa akar. 17. anaphase dan telofase 10. 7. Bandingkan hasil pengamatan anda dengan preparat awetan. Carilah gambar sel yang menunjukkan fase mitosis Profase. CARA KERJA 1. Pindahkan potongan 5 mm ujung akar ke dalam gelas arloji dan tetesi 3 tetes HCl 1M tunggu 5 menit hingga ujung akar lunak. Tutup preparat dengan deck glas. 23. 22. 26. biarkan satu minggu. 16. 3. 8. potong ujung akar dengan silet sepanjang 5 mm (bila preparat tak segera digunakan dapat di awetkan dalam larutan fiksatif carnoy) 4. Bungkus botol jam dengan kertas karton hitam agar gelap. 19. jika masih ada kelebihan acetokarmin serap dengan menempelkan kertas tissue pada ujung deck gelas. letakkan preparat di atas spiritus yang menyala beberapa kali tetapi jangan sampai mendidih. 20. 2. 5. D. Hasil Pengamatan 18. Metafase. 21. Haluskan preparat dengan jarum atau dengan gelas objek. 25. Ambil bawang yang sudah tumbuh akar. tusuk bagian tengah umbi dengan lidi letakkan pangkal kedalam botol jam yang berisis air hingga terendam.

Pembahasan 40. 38. pada tahap ini kromosom/kromatid berjejer teratur dibidang pembelahan (bidang equator) sehingga pada tahap inilah kromosom/kromatid mudah diamati dan dipelajari. F. 35. 33. 4. dan interfase. yaitu profase. 28. metafase. 37. Dari hasil pengamatan dapat simpulkan bahwa pembelahan mitosis dibedakan menjadi beberapa tahap. 31. Anafase: 43. 30. pada tahap ini yang terpenting adalah benang-benang kromatin menebal menjadi kromosom dan kromosom mulai berduplikasi menjadi kromatid. 29. 3. 32. Metafase: 42. 2. Telofase: . telofase. anafase. Secara garis besar ciri dari setiap tahap pembelahan pada mitosis adalah sebagai berikut: 1. 34. Gambar 3 : gambar tangan 39. pada fase ini kromatid akan tertarik oleh benang gelendong menuju ke kutub-kutub pembelahan sel. 36. Profase : 41.

49. 48. 44. pada tahap ini terjadi peristiwa kariokinesis (pembagian inti menjadi dua bagian) dan sitokinesis (pembagian sitoplasma menjadi dua bagian). meiosis (pembelahan reduksi) adalah reproduksi sel melalui tahap- tahap pembelahan seperti pada mitosis. Secara lengkap pembagian tahap pada pembelahan reduksi adalah sebagai berikut : 47. 45. Meiosis terbagi menjadi due tahap besar yaitu Meiosis I dan Meiosis II Baik meiosis I maupun meiosis II terbagi lagi menjadi tahap-tahap seperti pada mitosis. . 46. tetapi dalam prosesnya terjadi pengurangan (reduksi) jumlah kromosom.

Pada tahap ini. Pada tahap profase. Macam mitosis ada Profase. 56. Tiap-tiap benang kromosom menggandakan diri membentuk struktur simetris yang disebut kromatid. 51. Sebutkan macam fase mitosis yang anda temukan! 2. Mengapa pada pengamatan ditemukan sel yang tidak menunjukkan fase pembelahan jelaskan ! 4. 61. mebran nucleus dan nucleolus (anak inti) menghilang. tahap mitosis yang terlihat atau nampak pada pengamatan ini adalah : a) Profase 52. 54. sentriol membelah diri menjadi dua kemudian masing-masing sentriol menuju kutub-kutub yang berlawanan.G. Jelaskan hormone yang merangsang pembelahan sel ! 5. Apa aplikasi dari kegiata ini dalam kehidupan? 50. Jawaban pertanyaan : 1. 53. 60. 59. Diskusi dan Pertanyaan 1. Setiap kromosom yang terduplikasitampak sebagai dua (sepasang)kromatid yang identikdan melekat pada sentromer. kromosom mula-mula terlihat sebagai benang-banang kromatin yang tipis dan pnjang. 57. Akan tetapi. 55. Sebutkan perbandingan jumlah antar fase mitosis 3. Gambar 4 : Profase b) Metafase . Pada sel hewan. 62. metaphase. 58. Selanjutnya benang-benang itu memendek dan menebal menjadi kromosom. dan telofase. anaphase. Selanjutnya sentriol membentuk serabut-serabut gelendong tau benang-benag sepindel di antara dua kutub pembelahan. Profase merupakan tahap ketika sel akan membelah diri.

sister kromatid berjajar pada bidang equator. Jumlah semua sel pada fase mitosis adalah 2 sel anakan. Untuk setiap kromosom. masing- masing dengan satu kromatid. dan mengaktifkan gen serta aktifitas metabolis secara umum. terbentuk membrane nucleus dan nucleolus sehingga terbentuk dua nucleus baru. sentrosom berada pada dua kutub berlawanan. Selanjitnya. Hormone yang merangsang pembelahan sel adalah: a) Auksin 66. Pada ahir anafase . pembelahan sel dan pembentukan akar. 3. setiap kromatid bergerak setiap kutub- kutub yang berlawanan karena adanya pengaruh enzim dinein. Pada satu sel auxins dapat mempengaruhi pemanjangan cell. semua kromatid telah sampai pada kutub masing-masing. sentromer membelah diri menjadi dua. kromosom-kromosom yang ada di kutub masing-masingkutub makin menipis dan berubah menjadi benang-benang yang tipis. Pada anafase. Kemudian.01 to 10 mg/L. beberapa type auksin aktif dalam konsentrasi yang sangat rendah antara 0. oleh karenanya cytokinin sangat berguna pada proses kultur jaringan dimana dibutuhkan pertumbuhan . c) Anafase 64. Pada tahap metaphase. pertumbuhan tunas. Sentromer mengalami pembelahan. Ketika tahap ini terjadi. Serabut-serabut gelendong menghilang. Senyawa ini membantu proses pembiakkan vegetatif. Metaphase merupakan tahap terlama dalam mitosis yaitu berlangsung sekitar 20 menit. Pada sel ditemukan sel yang tidak menunjukkan fase pembelahan dimungkinkan karena kondidsi sel yang sudah mengalami tahap pemanjangan dan pendewasaan atau mengalami deferensiasi 4. kinektokor dari sister kromatid melekat pada mikrotubulus kinektokor. Kemudian tertjadi penebalan plasma di bagianekuator yang diikuti dengan pembelahan sitoplasma (sitokenesis). Auksin adalah zat aktif dalam system perakaran. d) Telofase 65. 63. 2. Sitokinin merangsang pembelahan sel. b) Sitokinin 67.pada saat yang sama cytokinins menghambat pembentukan akar.

68. Ketiga mitosis menghasilkan dua sel anakan. metafase. Atau pembelahan pada sel ovum dan sperma yaitu oogenesis dan spermatogenesis. 2. H. 3. . sementara pada meiosis kromosom sel anakan setengah dari sel induknya. Dari hasil pengamatan dan pembahasan. Aplikasi dari kegiatan ini adalah perkembangbiakan generative pada hewan dan tumbuhan yaitu pembelahan gametogenesis. yang cepat tanpa pembentukan perakaran. Kedua mitosis terjadi pada sel-sel somatik untuk pertumbuhan sementara meiosis terjadi pada sel-sel germinal untuk pembentukan gamet. Pembelahan mitosis dapat diamati dengan terlihatnya tahap profase. anafase dan telofase. maka dapat disimpulkan : 1. Terdapat beberapa perbedaan mitosis dan meiosis. sedangkan sel anakan dari meiosis berbeda dengan induknya. Kelima kromosom sel anakan pada mitosis sama dengan induknya. sedangkan meiosis menghasilkan empat sel anakan.1 sampai 10 mg/L 5. secara umum konsntrasi sitokinin yang digunakan antara 0. sedangkan meiosis terjadi dua tahap. Kesimpulan 69. Pembelahan mitosis menghasilkan dua sel anak. 70. yaitu pertama mitosis terjadi satu tahap. Keempat sel mitosis identik dengan induknya. hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengamatan dan fase meiosis menghasilkan empat sel anakkan.

htm. 72. Anonim.ac. 2011.sentra-edukasi. . DAFTAR PUSTAKA 75. 76. Anonim. 2011. 71. http://bebas. 77. http://www. 74. Anonim.html.htm.com/2011/06/jaringan- ikat. http://www.ui.anneahira.com/jaringan-ikat. Perbedaan Mitosis dan Meiosis 73. 2011.id/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/ Praweda/ Biologi.