Pilihlah jawaban yang paling tepat!

A. Pilihan Ganda
1. Secara etimologis sejarah berasal dari kata syajaratun yang berasal dari bahasa Arab yang berarti …

A. Cabang D. ahan
B. Ranting E. Akar
C. Pohon
2. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari beberapa peristiwa yang dapat
dibuktikan, definisi ini dikemukakan oleh …

A. Ibnu Khaldun D. Collingwood
B. R. Mohammad Ali E. Aristoteles
C. Muhammad Yamin
3. Dalam sejarah, yang dimaksud dengan sesuatu yang melintas, melalui, dan melampaui adalah ….

A. Tarikh Masehi D. Peristiwa
B. Tahun Masehi E. Periode
C. Periode Peristiwa
4. Semua yang melintas, melalui atau melampaui batas waktu merupakan pengertian dari ..

A. Sinkronik D. Kronik
B. Diakronik E. Anakronik
C. Kronologi
5. Perhatikan data di bawah ini!

1. Dinosaurus 4. Mamalia 7.Ganggang
2. Mamut 5. Kera
3. Trilobita 6. Manusia purba
Dari data di atas, ciri khas serta situasi dan kondisi bumi pada zaman Neozoikum ditunjukan pada nomor .....
A. 1-2-3 D. 4-5-6
B. 2-3-4 E. 5-6-7
C. 3-4-5
6. Fenomena alam yang menjadi faktor utama yang membentuk Kepulauan Indonesia seperti sekarang ini adalah ….
A. Letusan Gunung Api D. Gerakan Lempengan Tektonik
B. Tenaga Eksogen E. Perubahan Iklim
C. Tsunami yang Dahsyat
7. Hasil budaya yang khas pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana adalah …
A. Sumatralith D. Pedang
B. Keris E. Gerabah
C. Alat Tulang
8. Bagian dari kebudayaan suatu masyarakat yang tersebar dan bersifat tradisional yang diwariskan secara lisan dan
turun-temurun disebut juag …
A. Cerita Rakyat D. Mitologi
B. Fairy Tales E. Legenda
C. Folklor
9. Pada awal mulanya, agama dan kebudayaan Hindu ..
A. Tumbuh dan Berkembang Di Wilayah Lembah Sungai Gangga
B. Merupakan Percampuran antara Kebudayaan Orang-orang Arya dan Bangsa Darvida
C. Dibawa Oleh Bangsa Darvida Dari Asia Tengah ke Daerah Hindustan
D. Dianut Oleh Bangsa Arya yang Berasal Dari Asia Tengah
E. Dikembangkan Oleh Kaum Brahmana di Daerah Hindustan
10. Berkembangnya pengaruh dan kebudayaan India ini dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri. Pendapat ini
dikemukakan oleh teori …
A. Ksatria D. Brahmana

Perhatikan nama-nama kerajaan di bawah ini! 1. Gujarat D. Arab E. Pajajaran (Sunda) 5. Menikahkan putrinya dengan raja Majapahit D. diperkirakan berdiri sekitar abad ke-11. Tirani 15. Kawi D. Di antara pilihan-pilihan berikut ini. Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Sistem kepercayaan yang berkembang di Indonesia sebelum datangnya agama Hindu dan Buddha adalah … A. Sudra C. Sultan terkenalnya adalah Malik al-Saleh. Malaysia C. Gending C. yang dinamakan perang . A. Seni Gamelan E. Politeisme dan monoteisme E. Jawa Kuno 13. Penaklukan E. Menghormati raja Majapahit E. yang didasari konsepsi tentang kepemimpinan yang disebut …. Ateisme dan Politeisme C. Monarki Absolut E. . Takluk pada kerajaan Majapahit 16. Ajaran Tasawuf C. Melayu 6.? A. Kalingga 3. Dalang 20. Animism dan Dinamisme 12. Mataram kuno 7. Latin C. Kurawa C. A. manakah yang bukan saluran penyebaran agama islam di Nusantara . Arsitektur dan Ateisme B. Pandawa 17. Kutai 4. Waisya E. Kesenian D.. 5-6-7 C. Bubat D.. Dakwah 19. Memberikan upiti dalam jumlah tertentu sebagai persembahan B. Dewa-Raja B. Di antara pilihan berikut ini. Perubahan lain yang menyangkut sistem pemerintahan adalah mulai dikenalnya sistem kerajaan. Baratayuda B. 1-3-5 D. Pengaruh Hindu-Buddha terhadap bangsa Indonesia dalam bidang aksara adalah dalam bentuk huruf . Sriwijaya Dari daftar kerajaan di atas. A. A. Perang terjadi karena Sri Baduga menolak tuntutan patih Gajah Mada untuk …. Dinasti D. bentuk kesenian manakah yang bukan merupakan saluran penyebaran agama Islam…? A. Menyerahkan putrinya sebagai tawanan perang C. Totemisme dan Panteisme D. Persia B. Seni Sastra D..Majapahit 2. Wayang B. yang termasuk dalam kategori kerajaan bercorak Hindu ditunjukkan nomor . 2-3-4 14. 1-2-4 E. Kesultanan yang terletak di pantai utara Sumatra. Bali B. Karena hal tersebut. Adanya upacara Tabut (Tabuik) di Sumatra Barat mendukung teori yang menyatakan Islam di Indonesia dibawa masuk oleh orang-orang …. Salah satu faktor penting yang mengakibatkan kemunduran kerajaan Majapahit sepeninggalnya Raja Hayam Wuruk adalah timbulnya perebutan kekuasaan di antara para keluarga kerajaan. Paregreg E. A. Perkawinan B. Kesultanan yang dimaksud adalah . Afrika 18. Oligarki C. terjadi perang yang berakibatkan tewasnya raja Pajajaran bernama Sri Baduga Maharaja. 3-4-5 B. Arus Balik 11.... Pallawa E. B. A. terjadilah perang selama bertahun-tahun.

Meru 30. Membuat Perahu Pinisi 24. Kartasura E. Membuat Peralatan dari Batu D. Di antara pilihan-pilihan di bawah ini. Proses akulturasi juga tampak dalam hal sistem kalender. Realism dan Naturalis E. yaitu Kesultanan Ngayogyakarta dan Kasuhunan Surakarta. Sistem Kasta B. Ambarawa D. Mengenal Seni Gamelan C. Gelar Sultan 29. Karya Raden Wijaya E. Ekuilibrum E. Samudra Pasai D. Kesultanan Mataram kemudian berhasil dikuasai oleh Belanda. Menara B. Hal ini merupakan hasil dari perjanjian …. Realism dan Abstrak C. Bercocok Tanam B. yang menunjukan pengaruh seni bangunan dari masa Hindu-Buddha A. Toleransi C. Giyanti B. Bangunan pemerintah E. Asimilasi 26. Akulturasi B. Pahlawan dari Indonesia Timur D. A. Kubah D. Naturalis dan Simbolis 27. Salah satu tradisi local yang terkai dengan . Orientasi E. Rawapening 22. Dari pilihan-pilihan berikut ini. adalah sistem Macapat. Elang Hitam dari Timur C. Tata Bangunan C. Penggunaannya Terlihat Pada Prasasti Kota Kapur B. Konsep Dewa Raja D. Tokoh Pembaharuan dari Timur 23. Asimilasi D. Berasal dari India 28. Kaligrafi C. Amalgamasi B. Abstrak dan Naturalis B. Dua kebudayaan atau lebih bercampur dan ciri-ciri dari masing-masing kebudayaan tersebut akhirnya hilang dan menjadi sebuah kebudayaan baru disebut … A. ditinggalkan A. Ungaran C. A. Difusi D. Runcing C. Wilayah kekuasaannya kemudian dibagi menjadi dua. Percampuran antara dua kebudayaan atau lebih tanpa menghilangkan unsur-unsur kebudayaan lama disebut …. Relief E.. informasi yang tepat tentang kalender Saka yaitu … A. Umumnya masjid-masjid kuno di berbagai tempat di Indonesia menggunakan atap berbentuk …. yaitu penempatan bangunan-bangunan penting yang mengikuti empat arah mata angina dan masih banyak terdapat di Pulau Jawa A. Perlak C. Bangunan Kota D. yaitu aliran … A.Malaka 21. A. Perbedaan utama antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kebudayaan Islam dalam bidang sosial terletak pada kenyataan bahwa pada masa islam ….…. Membangun Tempat Pemujaan E. yang bukan kemampuan yang dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia menjelang akhir masa prasejarah adalah … A. A. Mutiara dari Timur B. Tata Kota B.. Dimulai dari Tahun 1 Masehi D.Aceh B. Ayam Jantan dari Timur E. Internalisasi 25. Kubus E. Keperkasaan dan keberanian Sultan Hasanuddin dalam melawan kekuasaan Belanda yang ingin menguasai Kesultanan Makassar membuatnya mendapat julukan . Tata Wilayah . Inisiasi C. Berpedoman Pada Isi Kitab Agama Hindu C. Abstrak dan Simbolis D.. Relief merupakan hasil seni rupa yang berkembang sangat pesat pada masa pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha. Terdapat dua macam aliran relief yang terdapat pada candi-candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jelaskan yang hasil dari perjanjian Salatiga pada masa kesultanan Mataram ! (nilai 2) 3. Buddha dan Islam dalam sistem kepercayaan masyarakat local (Indonesia) ! (nilai 2) 4. Jelaskan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu.B. Sebutkan 4 saluran-saluran penyebaran agama Islam di Indonesia ! (nilai 2) 2. Apa yang dimaksud dengan Asimilasi dan Akulturasi ? (nilai 2) . Pilihan Essay 1. Sebutkan 4 macam kemampuan-kemampuan nenek moyang Bangsa Indonesia menjelang akhir masa prasejarah ! (nilai 2) 5.