Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan,Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik

dan Penyakit Endemik

MODUL BAHAN AJAR
Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil,
Bersalin, Nifas dengan Penyakit
Darah :
Penyakit Hodgkin

Disusun Oleh :
HJ.ROSMAWATY HRP.SSiT.M.Si

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES
MEDAN PRODI KEBIDANAN
PADANGSIDIMPUAN
T.A 2016/2017

1

......... ..... 00 Modul JUDUL POKOK BAHASAN Pendahuluan ............. ............. relevansi. .. 00 Uraian materi........... ..... . ... ... ...... . . . .……………………………………….................. ... ............... . 00 MODUL 1 : 2 PENYAKIT HODGKIN ......... .... .. ...................... 00 Daftar Pustaka .... .... ......... . .... . .. 00 Daftar Isi ............... 00 Senarai/Glosarium .... ......... ...... ....... ... ...... ................ .... .. .. .............. . .. K u n c i J a w a b a n Tes F o r m a t i f ..... ... ... ... .......... (deskrips materi......... ... . 00 Indikator ..... ..... .... .tujuanKD dan petunjuk belajar) Pengantar .... ............ ....... ........ ...... ..... ... ..... ..... . . ... 00 Rangkuman .. .... . .... ... ................. .... ....... ... ..... ............ ..... .... . ........... .... ..Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik DAFTAR ISI MODUL 1 Kata Pengantar .. 00 Latihan ....... ..... ... Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. .... 00 Tes F o m a t i f .. ....... ............... .... ..... .. ....... ..... ............ ........ .. ... ......... . .... ................... ......

Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Darah.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik PENDAHULUAN Deskripsi Singkat. p e r s a l i n a n d a n n i f a s d e n g a n p e n y a k i t d a r a h . Tujuan.Yaitu : 1 . Relevansi. RELEVANSI Materi dalam modul ini berkaitan dengan materi mata kuliah Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. dan Petujuk Belajar D E S K R I P S I S I N G K AT M a t a ku l i a h i n i m e m b e r i ke m a m p u a n p a d a m a h a s i s w i u n t u k m e m a h a m i t e n t a n g a s u h a n ke b i d a n a n p a d a ke h a m i l a n . Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. Penyakit Hodgkin TUJUAN PEMBELAJARAN 3 .

m a h a s i s w a a k a n m e m p e l a j a r i Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. nifas dengan penyakit darah . pelajarilah setiap sub pokok bahasan d e n g a n s e k s a m a .Yaitu : 1 . tes for matif.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik TUjuan Setelah mempelajari modul ini mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi Materi asuhan kebidanan pada ibu hamil.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Darah.bersalin. Pen ya kit Hodgkin PETUNJUK BELAJAR  Pada modul ini terdiri dari 4 kegiatan belajar yang berisi materi berserta latihan. Penyakit Hodgkin URAIAN MATERI 4 . Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. Untuk bisa me ngerjakan latihan dan menjawab tes formatif. rangkuman. y a i t u : 1. dan glosarium.

biasanya dapat disembuhkan. Terdapat empat klasifikasi penyakit Hodgkin. misalnya petani 5 . seperti virus Epstein Barr dan penyakit ini tampaknya tidak menular. stadium I dan II. Stadium-stadium awal penyakit Hodgkin. Dari penentuan stadium penyakit Hodgkin sangat perlu dilakukan. Mungkin terdapat kecenderungan genetic untuk mengidap penyakit ini. ikut berperan. Penyakit ini adalah salah satu kanker yang tersering dijumpai pada orang dewasa muda. yaitu :  Orang yang terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau yang mendapat terapi imunosupresan memiliki risiko tinggi untuk timbulnya limfoma.  Orang yang sering kontak dengan herbisida atau pestisida.957).Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik 1 Pengetian Limfoma Hodgkin Penyakit Hodgkin adalah penyakit keganasan tanpa diketahui penyebabnya yang berasal dari sistem limfatika dan terutama melibatkan sistem limfe. Limfoma Hodgkin adalah kanker jaringan limfoid. karena dapat memberi petunjuk mengenai pengobatan dan sangat mempengaruhi hasil akhir. selain itu kelompok – kelompok kasus sporadic mengisyaratkan bahwa suatu virus. 2 ETIOLOGI Penyebab pasti limfoma Hodgkin masih belum diketahui (idiopatik). terutama pria muda. biasanya kelenjar limfe dan limfa. orang yang mengidap penyakit ini atau yang sudah mengalami remisi memperlihatkan mengalami penurunan imunitas yang diperantarai oleh sel T. Penyebabnya tidak diketahui. termasuk limfoma. mungkin dari kelompok herpes. Namun. Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. Angka kesembuhan untuk stadium III dan IV cenderung masing-masing adalah 75% dan 60%. walaupun beberapa ahli menduga bahwa penyebabnya adalah virus. Namun terdapat beberapa faktor risiko terkait timbulnya penyakit limfoma. 2002 : hlm. (Keperawatan Medikal Bedah 2. berdasarkan sel yang terlibat dan apakah bentuk neoplasmanya nodular atau tidak. Diperkirakan aktivasi gen abnormal tertentu mempunyai peran dalam timbulnya semua jenis kanker.

HTVL menyebabkan limfoma sel T  Genetik  Jenis kelamin 3 Patofisiologi Sistem limfatik membawa tipe khusus dari sel darah putih (limfosit) melalui pembuluh getah bening ke seluruh jaringan tubuh. yang bersifat patologis. >55 th. Hal inilah yang menjadi penanda utama limfoma hodgkin. termasuk sumsum tulang.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik  Infeksi virus Epstien-Barr atau human T-cell lymphocytotropic virus (HTVL). Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. antara lain: orang yang terinfeksi HIV AIDS. jenis kelamin laki-laki. Unexplained berat badan 3. usia 15-40 th. antara lain : 1. Malam berkeringat 2. Sel reed-steinberg ini memiliki limfosit besar yang ganas yang lebih besar dari satu inti sel. Limfosit yang ganas (sel limfoma) dapat bersatu menjadi kelenjar getah bening tunggal/dapat menyebar di seluruh tubuh. Tersebarnya jaringan ini merupakan suatu kumpulan limfosit dalam nodus limfatikus yang disebut kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening 6 . bahkan hampir di semua organ. Limfoma dibedakan berdasar jenis sel kanker tertentu. Penyakit ini ditandai dengan adanya sel reed- steinberg yang dikelilingi oleh sel radang pleomorf. Penyebab terjadinya limfoma hodgkin tidak diketahui secara pasti. tapi terdapat beberapa faktor risiko terjadinya penyakit ini. yaitu limfoma hodgkin dan limfoma non hodgkin. 4 Manifestasi klinis Manifestasi klinis pada klien dengan limfoma Hodgkin. Hal ini dapat kita sebut sebagai keganasan dari sistem limfotik atauLimfoma. orang yang terinfeksi virus epstein-barr(HTLV).

Purpura 9. 4. Pada ketiga-tiganya selalu ditemukan sel-sel reed-sternberg dalam kelenjar getah bening. Tempatnya biasanya pada kelenjar-kelenjar leher dan mediastium. 6. Ptekie 10. Dikenal 3 bentuk penyakit ini: granuloma. Nyeri 8. para-granuloma. 7. Splenomegali 5. Hepatosplenomegali. Transplantasi sumsum tulang : Jika penyakit kembali kambuh setelah remisi dicapai dengan kemoterapi inisial. maka kemoterapi dosis tinggi dan transplantasi sumsum tulang atau sel induk perifer autologus (dari diri sendiri) dapat membantu memperpanjang masa remisi penyakit. Kemoterapi : obat kemo bisa membunuh sel tumor yang tumbuh dengan cepat. merupakan cara pengobatan yang paling utama untuk limfoma. operasi limfoma sistem urin dan reproduksi ganas.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik 4. Demam 5 Penatalaksanaan medis 1. dll. operasi limfoma limpa ganas. 2. Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. Pruritis 11. 7 . Hepatomegali. Karena kemoterapi dosis tinggi akan merusak sumsum tulang. Radioterapi : dengan menggunakan radiasi tingkat tinggi untuk menyinari bagian tumor untuk mencapai tujuan membunuh sel tumor. Operasi : cara yang sering ditemui berupa operasi limfoma gastro-intestinal ganas. dan sarkoma. Penyakit hodgkin merupakan suatu jenis limfoma yang dekat pada leukomia dan limfosarkoma. maka sebelumnya dikumpulkan dulu sel induk darah perifer atau sumsum tulang. 3.

sebaiknya diberikan setelah trimester 1). walaupun kemungkinan ini tidak dapat diabaikan sama sekali. sehingga dapat diberikan pula dalam trimester 1 (dosis tinggi mengandung bahaya. Penyakit ini tidak mempengaruhi jalannya kehamilan dan persalinan. janin harus dilindungi sabaik-baiknya. Apakah Pengertian dari penyakit hodgkin : 2. LATIHAN Untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap isi modul maka kerjakanlah soal berikut ini. 8 . Kehamilan tidak jarang ditemukan pada penderita penyakithodgkin karena kesuburan tidak tidak dipengaruhinya. Pengobatan dengan obat-obat seperti digunakan pada leukemia. Penyebab terjadinya penyakit hodgkin 3. Penyakit ini tidak mempengaruhi jalannya kehamilan dan persalinan. dan tidak pula beralih kepada janin. Tanda Dan Gejala penyakit hodgkin RANGKUMAN Penyakit hodgkin merupakan suatu jenis limfoma yang dekat pada leukomia dan limfosarkoma. Apabila diberikan penyinaran pada limfomanya. para-granuloma.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik Kehamilan tidak jarang ditemukan pada penderita penyakithodgkin karena kesuburan tidak tidak dipengaruhinya. dan sarkoma. Tempatnya biasanya pada kelenjar-kelenjar leher dan mediastium. Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. 1. tidak menyebabkan kelainan janin. Dikenal 3 bentuk penyakit ini: granuloma. Pada ketiga-tiganya selalu ditemukan sel-sel reed-sternberg dalam kelenjar getah bening. asal dalam dosis rendah.

sebaiknya diberikan setelah trimester 1). Insektisida dan borax e. walaupun kemungkinan ini tidak dapat diabaikan sama sekali. TES FORMATIF Setelah anda membaca seluruh materi kegiatan I. Bahan pengawet makanan dan bahan insektisida c. tidak menyebabkan kelainan janin. seperti : a. Borax dan pengawet makanan 9 .Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik dan tidak pula beralih kepada janin. Yaitu kanker yang berkembang dalam system getah bening. yang merupakan bagian dari system kekebalan tubuh b. yang bukan merupakan bagian dari system kekebalan tubuh c. Yaitu kanker yang berkembang dalam system getah bening. janin harus dilindungi sabaik-baiknya. Selanjutnya kerjakan soal berikut ini. sehingga dapat diberikan pula dalam trimester 1 (dosis tinggi mengandung bahaya. Yaitu kanker yang berkembang dalam tubuh dewasa d. Pengobatan dengan obat-obat seperti digunakan pada leukemia. Pengawet kayu dan cat kayu d. Ada beberapa indikasi bahwa bahan kimia tertentu. Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. Apabila diberikan penyinaran pada limfomanya. asal dalam dosis rendah. Yaitu kanker yang berkembang dalam tubuh dewasa yang menyerah system saraf dan system kekebalan tubuh 2. Insektisida dan bahan pengawat kayu b. Apakah pengertian dari limfoma ? a. Yaitu kanker yang berkembang dalam tubuh dewasa yang menyerah system saraf e. 1.

Pembengkakan kelenjar limfeWA simetrik tanpa nyeri BAlimfoma Hodgkin. Dengan terapi yang menggunakan laser 4. A 3. E 10 . Fisioterapi c. Malam berkeringat N b. Unexplained berat badan TE c. Gejala awal penyakit limfoma kelenjar getah bening Hodgkin yang tersering adalah a. Dengan perobatan dari dokter e.Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan. Psikoterapi d. Pembengkakan kelenjar limfe asimetrik yang tidak nyeri c.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik 3. Dengan apakah penyakit limfoma Hodgkin dapat diobati ? a. B 5. antara lain : 5. Pembengkakan kelenjar yang tidak nyeri d. Pembengkakan kelenjar getah S bening d. Manifestasi klinis pada klien dengan a. Pembengkakan kelenjar limfe simetrik yang tidak nyeri b. Kemoterapi b. A 4. Semua Benar RM ATI F 1. Pruritis FO e. A 2. Pembengkakan kelenjar limfe JA asimetrik tanpa nyeri e.

EGC Jakarta. HTLV : virus epstein-barr DAFTAR PUSTAKA Mochtar. Rustam. Sinopsis Obstetri. B. Jilid I. GLOSARIUM/SENARAI C. 1998. 11 . Mata Kuliah: Asuhan kebidanan Pada Kehamilan.Persalinan dan Nifas dengan Penyakit Sistemik dan Penyakit Endemik A.