LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

SOSIALISASI TENTANG BAHAYA NARKOBA
“GERAKAN BERSAMA RAN PEDULI BAHAYA NARKOBA”

UNIT KEGIATAN MAHASISWA
RELAWAN ANTI NARKOBA
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA
JL. SMEA NO. 57 TELP (031) 8291920 – 083874869878

konsekuen dan konsisten. selain itu para pengguna Narkoba tidak pernah luput dari permasalahan kriminalitas akibat dari sikap agresif yang ditimbulkan dari efek negatif pemakaian Narkoba dan juga penyakit HIV/AIDS yang selalu membayangi para pemakai Narkoba suntik. orang lain dan lingkungan sekitar. yang memerlukan upaya penanggulangan secara komprehensif dengan melibatkan kerja sama multidispliner. Psikotropika. namun bila disalahgunakan atau digunakan tidak menurut indikasi medis. mulai dari tingkat sosial ekonomi menengah bawah sampai tingkat sosial ekonomi atas. Meskipun dalam Kedokteran. SMEA NO.6 juta tercatat dalam .18 persen) dari jumlah penduduk di Indonesia merupakan penyalah guna narkotika dengan usia populasi 10-59 tahun. dan peran serta masyarakat secara aktif yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Masalah penyalahgunaan Narkotika.083874869878 PROPOSAL Sosialisasi tentang Bahaya Narkoba “Gerakan Bersama RAN Peduli bahaya narkoba” A. multisektor. sebanyak empat juta jiwa (2. Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) masih bermanfaat bagi pengobatan. tapi sudah sampai ke kota-kota kecil diseluruh wilayah Republik Indonesia. dan Zat adiktif lainnya adalah suatu zat berbahaya yang apabila disalahgunakan akan menimbulkan dampak negatif bagi si pengguna itu sendiri. Latar Belakang Narkoba yang merupakan kepanjangan dari Narkotika. Menurut Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Bachtiar H. orang lain atau masyarakat. 1. UNIT KEGIATAN MAHASISWA RELAWAN ANTI NARKOBA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA JL. keselamatan dan keamanan diri sendiri. Psikotropika dan Zat Adiktif lainya (NAPZA) atau istilah yang populer dikenal masyarakat sebagai NARKOBA (Narkotika dan Bahan/ Obat berbahanya) merupakan masalah yang sangat kompleks. 57 TELP (031) 8291920 . Maraknya penyalahgunaan NAPZA tidak hanya dikota-kota besar saja. Tambunan. sebagian besar golongan Narkotika."Dari jumlah empat juta tersebut. Generasi muda adalah sasaran strategis perdagangan gelap NAPZA. Penggunaan NAPZA terus menerus dalam waktu lama dapat membahayakan kesehatan.

Hal ini membuktikan bahwa saat ini Indonesia sedang terancam. untuk itulah sepatutnya kita prihatin dengan keadaan bangsa ini. dan 943 ribu orang merupakan pecandu narkotika.4 juta orang pemakai teratur. 1. Jika dikerucutkan. para pemuda yang nantinya menjadi penerus bangsa tergerus oleh penyalahgunaan Narkoba. Penyakit HIV/AIDS tidak lepas dari dampak negatif dari penyalahgunaan Narkoba suntik dan sikap agresif yang ditimbulkan dari penyalahgunaan Narkoba termasuk didalamnya seks bebas. dan Jawa Timur. Selasa (10/3/2015).com Jakarta). lanjut Bachtiar. tahap coba pakai.49 persen adalah perempuan (Metrotv news.037 kasus yang dimana kejadian HIV/AIDS tertinngi yaitu di DKI Jakarta. Oleh karena itu kami dari organisasi RAN yang bekerjasama dengan IPM & IPNU ingin mengadakan kegiatan sosialisai bahaya dari penyalahgunaan Narkoba dan menurunkan angka kejadian HIV/AIDS dengan cara mengadakan penyuluhan kepada remaja agar mereka mengetahui dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba dan mengajak mereka untuk melawan Narkoba dengan cara tidak menggunakan Narkoba. Nama dan Tema Kegiatan Nama kegiatan ini: “Gerakan Bersama RAN Peduli bahaya narkoba” .5 persen pengguna adalah laki- laki. Papua. sementara 24. Jalan Taman Pejambon. Masa depan dan nilai moral bangsa pun dipertaruhkan. Di lain sisi hal yang juga memperhatinkan adalah tingkat penderita HIV/AIDS yang semakin meningkat. Data terakhir HIV/AIDS pada tahun 2013 yaitu terdapat 29." kata Irjen Pol Bachtiar dalam acara "Foreign Policy Breakfast" di Kantor Kemenlu. B. jumlah pengguna narkotika berdasarkan jenis kelamin tercatat sebanyak 74. Jakarta Pusat.

2. Penyajian 25 a. Sasaran Kegiatan Sasaran kegiatan “Gerakan Bersama RAN Peduli bahaya narkoba” adalah Remaja dan mahasiswa E. Tanggal : Minggu.C. Menjawab salam menit b. Menjelaskan maksud dan pertanyaan tujuan d. Game . Evaluasi 20 a. Menjelaskan tentang Mendengarkan menit pengertian Narkoba. proyektor. Pendahuluan 10 a. Konsep Acara Tempat : MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik Durasi : 2 jam Hari. 3. Untuk menghimbau para remaja dalam mengenal Narkoba dan HIV & AIDS beserta dampak negatif yang ditimbulkan. Memberikan pretest 2. Menjawab c. sound system dan speaker Bentuk Acara : Langkah- No. Tujuan Kegiatan Kegiatan ini bertujuan untuk : 1. Menjelaskan tentang jenis- jenis Narkoba dan korban pengguna narkoba c. Untuk mengajak para remaja membangun generasi muda yang lebih baik tanpa Narkoba dan HIV & AIDS. HIV/AIDS dan seks bebas 3. LCD. Memberi salam a. HIV & AIDS. Tanya jawab Partisipasi aktif b. Untuk menjangkau para remaja dalam hal penyebaran informasi terkait NAPZA. dengan seksama HIV/AIDS dan Seks bebas b. Waktu Kegiatan Penyuluh Kegiatan Sasaran langkah 1. Menjelaskan tentang dampak negatif dari penyalahgunaan Narkoba. D. 11 september 2016 Peralatan : Laptop. Memperkenalkan diri b.

G. Memberi salam b. SUSUNAN ACARA Terlampir (lampiran 2) J. Penutup Demikian Proposal kegiatan ini kami susun dan sesuai dengan program kerja Relawan Anti Narkoba Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. khususnya para pelajar. H. Meminta/memberi pesan a. Penutup 5 a. Akhir kata. NIM : 1130013117 NIM : 2130015053 . SUSUNAN PANITIA Terlampir (lampiran 1) I. Memberikan menit dan kesan pesan dan kesan b. SUSUNAN DANA Terlampir (lampiran 3) Ketua UKM RAN Ketua Pelaksana Ismatika Achmad Sakhowi Al A. Menjawab salam Narasumber : Panitia yang tergabung dalam RAN F. HIV/AIDS dan seks bebas yang sudah merambah ke dunia pendidikan. kiranya ridho Allah SWT dan dukungan moral maupun materi dari semua pihak dapat menyukseskan acara ini. menit c. Topik yang Disampaikan Materi yang akan disampaikan menyangkut tentang penyalahgunaan Narkoba. Postest 4.

Nanda Fadhilah W.. Kabiro Akamawa Pembina UKM Umdatus Soleha. Kes dr.S NPP. 1304855 Lampiran 1 Susunan Kepanitiaan Sosialisasi tentang Bahaya Narkoba “Gerakan Bersama RAN Peduli bahaya Narkoba” Pembina : Ketua Panitia : Sekertaris : Bendahara : Seksi Acara : Pubdekdok : Seksi Perlengkapan : . SST. Mengetahui. 9904629 NPP. M.

Rincian Pendapatan No Uraian pendapatan Harga satuan Jumlah Total 1. Rincian Pengeluaran Anggaran Dana Peringatan Hari HIV/AIDS No Uraian harga satuan Jumlah 1 TOTAL .Lampiran 2 Susunan Kepanitiaan Sosialisasi tentang Bahaya Narkoba “Gerakan Bersama RAN Peduli bahaya Narkoba” Lampiran 3 Anggaran Dana Peringatan Hari HIV/AIDS “Gerakan Bersama RAN Peduli HIV/AIDS” 1. Total 2.