PRELIMINARY STUDY

CuSO4 (Tembaga Sulfat)



Denny Kristanto K
161411005
D3- Teknik Kimia-1A








per kilogram. dalam bentuk garam tembaga. Pada 650 °C. Terusi sangat berbeda dengan soda kue atau asam sitrat yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. zat kimia ini dikenal dengan nama terusi. Nama lain untuk tembaga (II) sulfat adalah "vitriol biru" dan "bluestone". sulfat tembaga biasanya dibeli. yaitu kehilangan empat molekul airnya pada 110 °C dan kelima- lima molekul air pada 150 °C. Tembaga (II) sulfat mengurai sebelum melebur. adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CuSO4.000. Tembaga sulfat diproduksi industri dengan memperlakukan logam tembaga atau oksida dengan asam sulfat. dan dua yang lebih jarang: bonattite (trihidrat) dan boothite (heptahidrat). Bentuk anhidrat terjadi sebagai mineral langka yang dikenal sebagai chalcocyanite. sedangkan pentahidrat (CuSO4 5H2O) aadalah biru terang. tembaga (II) sulfat mengurai menjadi tembaga (II) oksida (CuO). Tembaga sulfat pentahidrat. banyak digunakan di banyak industri. aditif pakan dan lain-lain. Bahan kimia ini hanya dapat ditemukan di toko kimia. 40. sulfur dioksida (SO2) dan oksigen (O2). herbisida. Bentuk pentahidrat yang lazim terhidratnya. Bentuk anhidrat adalah bubuk hijau atau abu-abu putih pucat. Untuk penggunaan laboratorium. Tembaga (II) sulfat. Tembaga sulfat hidrat terjadi di alam sebagai chalcanthite (pentahidrat). Terusi (CuSo4.5H20) CuSO4 (tembaga sulfat) yang berbentuk kristal berwarna biru ini juga memiliki nama trivia atau nama umum yang dikenal di industri pasar dan perdagangan. fungisida. Di pasaran harga terusi ini mencapai kurang lebih Rp. Dalam kimia atau elektroplating industri: . Di bidang pertanian: sebagai pupuk. juga dikenal sebagai sulfat cupric.

reagen sintetis organik. Salah satu industri yang menggunakan kristal CuSO4. garam ini juga digunakan sebagai racun rumpai (herbisida). Di Indonesia terdapat berbagai macam industri. Kristal CuSO4. sebagai kabel tembaga. Tembaga banyak digunakan pada berbagai barang elektronik. Jawa Timur. reagen analisa kimia. Asumsi bahwa tanaman indoor 2 kali lebih lemah dari tanaman outdoor. Beberapa industri membutuhkan bahan-bahan untuk meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan. dan lain-lain. dan magneton dalam oven microwave. sintesis senyawa organik.5H2O merupakan salah satu bahan yang banyak dibutuhkan di industri. juga untuk mengendalikan jamur/preventiv [ingat bubur bourdeaux] dan dahulu sebelum bahan herbisida populer ditemukan. Dari penelitian. biasanya bekas . pelapisan anti fokling pada kapal. papan sirkuit. tetapi dengan konsentrasi sangat rendah. misalnya kabel. Diantaranya yaitu sebagai fungisida yang merupakan pestisida yang secara spesifik membunuh atau menghambat cendawan akibat penyakit. electromagnet. solder bebas timbal. Pada industri ini. tujuannya selain menjadi pupuk garam ini juga sebagai fungisida preventiv. Pupuk Cu yang murah memang bentuk garam CuSO4 (25% Cu) dan garam ini biasa digunakan untuk mengendalikan lumut/alga untuk kolam ikan.5H2O ini adalah PT Petrokimia yang berlokasi di Gresik.5H2O ini sangat luas. Pemanfaatan dari CuSO4.5H2O digunakan sebagai bahan aditif dalam pembuatan pupuk NPK.sebagai pewarna kaca. kumparan. pencelupan. Sesekali digunakan CuSO4 untuk alga. industri tekstil dan lain-lain. Logam tembaga pada barang-barang tersebut mengandung kadar tembaga yang cukup tinggi. maka untuk amannya dalam memberi dosis CuSO4 pada aglaonema harus jauh lebih encer. kristal CuSO4. pertambangan. lebih dari itu sudah menyebabkan schorching pada daun kelapa sawit. Sehingga. kulit. konsentrasi aman CuSO4 untuk kelapa sawit adalah 300 ppm.

Campuran yang biasa ditemukan antara lain perak. Banyak pabrik-pabrik yang memasok CuSO4 terutama pabrik-pabrik di China. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi lingkungan maupun ekonomi. Logam yang digunakan bukan berasal dari tembaga murni. yang dihargai US $1300-1500 / Metric Ton. zinc.5H2O) dari tembaga bekas kumparan dengan reaksi menggunakan H2SO4 dan pelarut HNO3. Penggunaan air mineral mengakibatkan terjadinya pengurangan kemurnian kristal CuSO4. 2. nikel. besi.tembaga dari barang-barang tersebut diolah kembali menjadi logam tembaga baru untuk digunakan pada barang elektronik lagi. Sebagian dari logam tembaga yang berasal dari kabel – kabel listrik maupun peralatan elektronik memiliki logam pengikut lainnya. timah putih. Hal itu memunculkan ide pengolahan limbah tembaga untuk diolah menjadi bentuk yang lain dalam rangka peningkatan nilai guna. Green Mountain dll. . Biasanya pabrik pabrik memasok kristal tembaga sulfat ini dalam ukuran per metric ton. maka perlu melakukan pembuatan kristal tembaga sulfat pentahidrat (CuSO4. seperti mengatasi limbah tembaga di lingkungan dan membuatnya menjadi salah satu bahan baku pembuatan Kristal tembaga sulfat pentahidrat yang sangat dibutuhkan dan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Logam pengikut ini sengaja dicampur untuk membentuk paduan tembaga untuk kebutuhan tertentu. tingkat kemurnian dari CuSO4. chrom. Penggunaan air sebagai pelarut dalam proses reaksi.5H2O tergantung dari berbagai sebab : 1. Salah satunya sebagai bahan baku pembuatan kristal CuSO4. Oleh karena itu disarankan menggunakan air suling (aquadest) sebagai pelarut maupun pengencer. Air yang biasa kita gunakan sehari – hari untuk mandi cuci minum adalah air mineral.5H2O yang dihasilkan. dsb. seperti Qiruide . Oleh karena pemanfaatannya yang sangat luas dan dapat meningkatkan nilai kegunaan dan nilai keekonomisan dari tembaga bekas kumparan. palladium.5H2O. aluminium. Menurut Tim PIMTI (2012). Zouping Rinzu. bismuth.

Menyebabkan iritasi parah dan luka bakar dan berbahaya jika tertelan. Hindari konsumsi dan inhalasi. Tertelan: Jangan memancing muntah. Dapatkan bantuan medis. Simpan dilindungi dari udara. Inhalasi: Hapus dari paparan udara segar segera. kulit pakaian. Penyimpanan: Simpan dalam wadah tertutup rapat. Jika korban sadar. Kulit: Dapatkan bantuan medis. Identifikasi Bahaya Tembaga (II) Sulfat Pentahidrat berwarna biru dan sensitif terhadap air. sesekali mengangkat kelopak mata atas dan bawah. Simpan di bawah suasana inert. dan. Berbahaya jika kontak dengan mata. Jangan mengekspos ke udara. Jangan menelan atau menghirup. Simpan dilindungi dari kelembaban. Hubungi dokter dan cuci sebelum digunakan kembali. Gunakan hanya di daerah berventilasi baik. dan pakaian harus dicuci sampai bersih setelah menangani dan harus disimpan dalam wadah tertutup. beri 2-4 cupfuls susu atau air.Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. . oleh karena itu harus mengidentifikasi bahayanya melalui MSDS terlebih dahulu. berikan oksigen. daerah sejuk dan kering. Simpan wadah tertutup rapat. Menangani bawah suasana inert. Minimalkan debu dan akumulasi. berventilasi baik jauh dari zat-zat yang tidak kompatibel. kulit. Jika sulit bernapas. Tembaga (II) Sulfat Pentahidrat termasuk bahan kimia yang berbahaya. Simpan di. Penanganan dan Penyimpanan Penanganan: Cuci sampai bersih setelah memegang. Siram kulit dengan banyak air dan sabun setidaknya selama 15 menit saat mengeluarkan pakaian yang terkontaminasi. Hindari kontak dengan mata. Pertolongan Pertama Mata: Segera siram mata dengan banyak air sedikitnya selama 15 menit.

Tingkat Penguapan: diabaikan.5H2O Berat Molekul: 249. Kelarutan: Larut. Titik Didih: 150 deg C (Desember) Pembekuan / Melting Point: 110 deg C (Desember) Swa-sulut/suhu penyulutan otomatis Suhu: Tidak dipakai. Lower: Tidak tersedia. Reaktivitas: 0 Ledakan Batas. mudah terbakar: 0. Viskositas: Tidak tersedia. Tekanan Uap: 7. NFPA Rating: (perkiraan) Kesehatan: 2. Titik Nyala: Tidak dipakai. Suhu Dekomposisi: Tidak tersedia.68 .3 mm Hg @ 25 deg C Kepadatan uap: Tidak tersedia.2840g/cm3 Molecular Formula: CuO4S. Atas: Tidak tersedia.Sifat fisik dan kimia Bentuk: Kristal Penampilan: biru Bau: berbau pH: Tidak tersedia. Spesifik Gravity / Densitas: 2.

wordpress.blogspot.org/wiki/Tembaga(II)_sulfat http://supardiberbagiinfo.co.id/2012/02/terusi.blogspot.com/2015/05/23/penggunaan-cu-untuk- ternak/ .html http://gultomyohannes.co.wordpress.co.blogspot. Daftar Pustaka https://id.id/2012/01/tembaga-ii-sulfat-hidrat.html https://annisanfushie.kiospupuk.wikipedia.id/2014/11/1msds-cuso4-tembaga-ii- sulfat.com/pupuk-copper-sulphate-pentahydrate-cuterusi/ https://sanjayacopperindo.html http://adnanhidayat32.com/2008/12/16/pembuatan-cuso45h2o/ https://www.