KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha

Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah

melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat

menyelesaikan makalah IKGM I tentang GAYA HIDUP (life style) ini.

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan

dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu

kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah

berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada

kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu

dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar

kami dapat memperbaiki makalah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah GAYA HIDUP (life style) ini dapat

memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

Padang, 17 Desember 2016

Penyusun

1

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.........................................................................................1

DAFTAR ISI.......................................................................................................2

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang......................................................................................3

1.2 Rumusan masalah.................................................................................4

1.3 Tujuan Masalah.....................................................................................4

1.4Manfaat Penulisan.................................................................................4

BAB IITINJAUN PUSTAKA

2.1 Gaya Hidup (Life Style)........................................................................6

2.1.1 Definisi Gaya Hidup (lifestyle)..................................................6

2.1.2 Kategori Gaya Hidup (lifestyle)................................................9

2.1.3 Klasifikasi Gaya Hidup..............................................................10

2.1.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Hidup (Life Style).12

BAB III PEMBAHASAN

2.1 hubungan gaya hidup dan kesehatan sesuai kasus...................17

2.1.1 gaya hidup yang sehat dan manfaat gaya hidup......................18

2.1.2 manfaat olahraga dan makanan yang bergizi..........................19

2.1.3 bagaimana gaya hidup pasien diatas menurut Indinesia sehat 20

2.1.4 program himbauan berupa materi pencegahan sesuai kasus..21

2.1.5 tindakan apa yang harus dilakukan terhadap kasus................22

2.1.6 Jika kamu seorang petugas kesehatan apa yang harus dilakukan

terhadap kasus diatas......................................................................................23

2

2.1.7 Jelaskan kasus berlanjut terus sampai ke madat, bagaimana

prosesnya dan apa akibat buruknya.........................................................24

2 3.1.8 Apa yang harus dilakukan untuk agar kasus diatas tidak diikuti

mahasiswa lainnya.............................................................................................25

2.1.9 Jenis pelayanan kesehatan apa yang sebaiknta dilakukan.......26

BAB IV PENUTUP

3.1 Kesimpulan........................................................................................27

3.2 Saran..................................................................................................28

DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................29

3

apa yang mereka anggap penting dalam lingkungan (ketertarikan). Gaya hidup dapat dipahami sebagai sebuah karakteristik seseorang secara 4 . BAB I PENDAHULUAN 1. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia disekitarnya (pendapat). Menurut Sutisna (2002). Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut menyebabkan terjadinya goncangan budaya (culture shock). Moderenisasi merupakan masa dimana kehidupan manusia yang mengalami perubahan mengenai cara pandang terhadap berbagai macam persoalan yang menyangkut suatu individu ataupun kelompok masyarakat dengan melakukan suatu tindakan yang praktis untuk mengatasinya. Goncangan budaya adalah suatu keadaan dimana masyarakat tidak mampu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Masuknya budaya asing ke dalam kebudayaan bangsa Indonesia semakin mempercepat proses perubahan gaya hidup masyarakat sendiri. Masuknya budaya asing ke Indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan.Latar Belakang Persaingan bisnis antara prusahaan semakin kompetitif sehingga para produsen meningkatkan level strategi pemasarannya dari segi kualitas produk ataupun harga demi kepuasaan konsumen. gaya hidup secara luas didefinisikan sebagai cara hidup yang di identifikasikan oleh bagaimana orang lain menghabiskan waktu mereka (aktivitas).1.

serta sikap terhadap diri sendiri dan lingkungannya. kasat mata. Rumusan masalah KASUS Seorang mahasiswa kedokteran gigi yang bernama Haikal mempunyai perilaku dan gaya hidup yang luar biasa karena dia berasal dari keluarga yang kaya raya. Haikal selalu menderita sariawan yang tidak kunjung sembuh tampak bengkak dan meluas meski Haikal sudah mengobatinya. Semua kebutuhan dan keinginanya selalu tercapai. dalam pelaksananya dilandasi oleh system nilai atau system kepercayaan tertentu. Mulut Haikal terasa kaku sehingga kadang rahangnya terasa sulit digerakkan dengan rasa sakit atau nyilu dan 5 . Disamping itu Haikal juga memiliki kebiasaan yang buruk seperti ia mengkonsumsi alcohol secara berlebihan yang berdampak buruk bagi kesehatan mulut tidak terjaga dan tidak menjadi perhatiannya seperti Haikal membiarkan giginya berlobang yang sudah infeksi.2. kebiasaan. Semenjak kelas 1 SMP Haikal sudah mulai merokok sampai saat ini Haikal meghabiskan 4 bungkus rokok dalam sehari dan dia tidak memperhatikan resiko akibat rokok meskipun dia sudah mempelajarinya di kampus. tata. 1. Mucul penebalan dan pembengkakkan pada dinding mulutnya dan dia merasa nyeri yang menusuk pada daerah mulut disertai tanda iritasi kemerahan atau luka dengan warna putih (sariawan). Kekasishnya sudah sering mengingatkan dengan memberikan gambaran harapan masa depannya jika dia dapat merubah perilaku diwaktu muda yang tidak baik serta memberikan ancaman untuk meninggalkannya. pilihan. Haikal tinggal bersama kedua orangtua nya tetapi dia kurang mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya yang sibuk bekerja. Gaya hidup merupakankombinasi dan totalitas cara. serta objek-objek yang mendukungnya. yang menandai sisitem nilai.

tenggorokannya terasa nyeri dan sulit untuk menelan karena kaku di tenggorokan. Sebagai mahasiswa kesehatan apa yang harus dilakukan terhadap kasus? g. Untuk Mengetahui Gaya Hidup Di Tinjau Dari Aspek Kultur. Bagaimana gaya hidup pasien diatas menurut Indinesia sehat? e. d. Jelaskan gaya hidup yang sehat dan manfaat gaya hidup c.3.Tujuan penulisan a. Waktu Dan Uang. f. lidahnya tersa nyeri dan sulit digerakan. 6 . Jelaskan kasus berlanjut terus sampai ke madat. Jelaskan hubungan gaya hidup dan kesehatan sesuai kasus b. Untuk Mengetahui Apa Saja Yang Termasuk Kategori Didalam Gaya Hidup. Untuk Mengetahui Pengelompokan Di Dalam Gaya Hidup. e. Untuk Megetahui Apa Saja Yang Menjadi Dimensi Gaya Hidup. Untuk Menjelaskan Dan Mengetahui Yang Dimaksud Dengan Gaya Hidup. Jika kamu seorang petugas kesehatan apa yang harus dilakukan terhadap kasus diatas ? h. Serta terjadi pembengkakan pada kelenjar bening Haikal di diagnose oleh dokter mengidap kanker mulut. b. Jelaskan manfaat olahraga dan makanan yang bergizi d. Apa yang harus dilakukan untuk agar kasus diatas tidak diikuti mahasiswa lainnya? j. Haikal juga kesulitan dalam berbicara karena lidah dan mulut kerap terasa kaku dan nyeri. bagaimana prosesnya dan apa akibat buruknya? i. Buatkan program himbauan berupa materi pencegahan sesuai kasus agar dapat memberikan informasi yang membuat mahasiswa lainnya dapat menjadikan sebagai pembelajaran? f. jadi bagaimana kita menyelesaikan kasus diatas dengan pertanyaan dibawah ini: a. Jenis pelayanan kesehatan apa yang sebaiknta dilakukan? 1. c. Untuk Mengetahui Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup. Haikal juga kesulitan untuk mengunyah. Giginya ada yang goyang dan lepas tanpa sebab.

1 Definisi Gaya Hidup (lifestyle) Gaya hidup didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu (aktivitas).2014) Gaya hidup hanyalah salah satu cara mengelompokkan konsumen secara psikografis. Gaya hidup lebih menggambarkan perilaku seseorang. apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya (ketertarikan). h. yaitu bagaimana hidup. g. menggunakan uangnya dan manfaatkan waktu yang dimilikinya (sumarwan. dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia disekitarnya. Untuk Menjelaskan Dan Mengetahui Yang Dimaksud Dengan Masyarakat Modern.1 Gaya Hidup (Life Style) 2. 1. Gaya hidup pada prinsipnya adalah bagaimana seseorang menghabiskan 7 . Menurut Yohanes (2006) gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang yang pada akhirnya menentukan pola konsumsi seseorang.1.Manfaat Penulisan 1. Manfaat Teoritis Hasil penulisan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai sikap konsumen dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.4. Untuk Mengetahu Ciri Dari Masyarakat Modern.

ada yang senang menyendiri. Menurut Bilson simamora (2002). Gaya hidup menurut Kotler (2005) adalah pola hidup seseorang di dunia yang mengekspresikan dalam aktivitas. Gaya hidu dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang. berbelanja. and socioeconomicand environmental living condition. Gaya hidup diartikan dalam WHO 1998 yaitu life style is a way of living based on identifiable patterns of behaviour which are determined by the interplay between an individual’s personal characteristics. dan pendapatnya. Gaya hidup adalah sebagai cara hidup yang di identifikasikan oleh bagaimanan seseorang menghabiskan waktu mereka. dan ada pula yang memiliki dan waktu luang dan uang berlebih untu kegiatan social keagamaan. social interactions. Ada orang yang senang mencari hiburan bersama kawan- kawannya. dapat membantu untuk memahami nilai-nilai tersebut mempengaruhi perilaku konsumen. 8 . 2002). dan bagaimana mengalokasikan waktu. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya. melakukan aktivitas yang dinamis. bagaimanan membelanjakan uangnya. ada yang yang berpergian bersama keluarga. dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia sekitarnya (sutisna. Sedangkan menurut Minor dan Mowen (2002). minat. gaya hidup adalah menunjukan bagaimana orang hidup. minat dan opini.waktu dan uangnya. Konsep gaya hidup jika digunakan oleh pemasar secara cermat. gaya hidup adalah tingkah laku seseorang dalam menunjukkan pola hidupnya yang tercermin dalam kegiatan.

9 . tetapi merubahnya bukan pada si individu saja. dan senantiasa berubah. dapat diterapkan dan diterima (Ari. kemampuan fisik. Gaya hidup diartikan dalam WHO 1998 yaitu life style is a way of living based on identifiable patterns of behaviour which are determined by the interplay between an individual’s personal characteristics. Dalam “kesehatan” gaya hidup seseorang dapat diubah dengan cara memberdayakan individu agar merubah gaya hidupnya. menciptakan berbagai “gaya” dan kondisi kehidupan lebih menarik. Pola pola perilaku (behavioral patterns) akan selalu berbeda dalam situasi atau lingkungan sosial yang berbeda. yang dicirikan dengan pola perilaku individu. Gaya hidup individu. Harus disadari bahwa tidak ada aturan ketentuan baku tentang gaya hidup yang “sama dan cocok” yang berlaku untuk semua orang. akan memberi dampak pada kesehatan individu dan selanjutnya pada kesehatan orang lain. 2010). and socioeconomicand environmental living condition. Pola pola perilaku (behavioral patterns) akan selalu berbeda dalam situasi atau lingkungan sosial yang berbeda. Gaya hidup individu. tidak ada yang menetap (fixed). Dalam “kesehatan” gaya hidup seseorang dapat diubah dengan cara memberdayakan individu agar merubah gaya hidupnya. yang dicirikan dengan pola perilaku individu. tetapi merubahnya bukan pada si individu saja. pendapatan. struktur keluarga. lingkungan rumah dan lingkungan tempat kerja. tidak ada yang menetap (fixed). social interactions. akan memberi dampak pada kesehatan individu dan selanjutnya pada kesehatan orang lain. dan senantiasa berubah. umur. Budaya. tetapi juga merubah lingkungan sosial dan kondisi kehidupan yang mempengaruhi pola perilakunya.

menciptakan berbagai “gaya” dan kondisi kehidupan lebih menarik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan. kultur atau sub kultur mereka.tetapi juga merubah lingkungan sosial dan kondisi kehidupan yang mempengaruhi pola perilakunya. pendapatan. Hal-hal ini seperti perilaku berbelanja. lingkungan fisik dan faktor yang lainnya.1. kemampuan fisik. tahap pembangunan ekonomi. kesadaran harga dan keterlibatan keluarga dalam proses pembuatan terwujud akibat dari gaya hidup pribadi. pengalaman. Budaya. Gaya Hidup Normative Menggambarkan pengharapan-pengharapan cultural tersebut dibebankan kepada individu-individu oleh masyarakat mereka dan merujuk kepada system nilai ekonomi dan konsumsi sebuah masyarakat.2 Kategori Gaya Hidup (lifestyle) Bilson Simamora (2002) mengkategorikan gaya hidup menjadi dua kategori : 1. hokum dan hubungannya. Gaya Hidup Pribadi Merujuk kepada kenykinan individu tentang aktivitas konsumsi individu didalam masyarakat. 2. umur. struktur keluarga. sikap psikologi. lingkungan rumah dan lingkungan tempat kerja. nilai-nilai dan sikapnya.1. dapat diterapkan dan diterima (Ari. 2. situasi social dan ekonomi yang spesifik. 2.3 Klasifikasi Gaya Hidup 10 . 2010). Harus disadari bahwa tidak ada aturan ketentuan baku tentang gaya hidup yang “sama dan cocok” yang berlaku untuk semua orang. kenyakinan pribadi ini meliputi pendidikan.

agaman. Makers 11 . konservatif dala politik yang mendapatkan kepuasan dari pekerjaan dan keluarga mereka. 5. Strivers Orang dengan nilai-nilai yang serupa dengan achievers tetapi sumber daya ekonomi. Actualizes Orang dengan pendapatan paling tinggi dengan demikian banyak sumber daya yang dapat mereka sertakan dalam salah satu atau semua orientasi diri. Achiervers Orang yang sukses. kehidupan mereka terpusat pada keluarga. berorientasi pada pekerjaan. Fulfilled Professional yang matang. masyarakat dan bangsa 4. social dan psikologinya lebih sedikit. bertanggung jawab. serta dan menyukai produk dan jasa terkenal yang memamerkan sukses mereka. 2. Klasifikasi gaya hidup berdasarkan tipilogi values and laifestyle (VALS) dari Stanford Research Internasional (Kotler and Armstrong. berpendidikan tinggi. Mereka menghargai otoritas dan status quo. 2004) yaitu : 1. Experiences Konsumen yang berkeinginan besar untu menyukai hal-hal yang baru 7. Belivers Konsumen konservatif. 6. tetapi termasuk konsumen yang praktis dan berorientasi pada nilai 3. Mereka berpendapatan tinggi.

Pengalaman dan pengamatan 12 . 2003) menyatakan bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang ada 2 faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu (internal) dan faktor yang berasal dari luar (eksternal). 8.Orang yang suka mempengaruhi lingkungan mereka dengan cara yang praktis. motif. termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan pada penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.1. Faktor internal yaitu sikap. pengalaman. mereka cendrung menjadi konsumen yang loyal pada merek. 2003) dengan penjelasannya sebagai berikut : a. konsep diri. b. 2003) gaya hidup seseorang dapat dilihat dari perilaku yang dilakukan oleh individu seperti kegiatan-kegiatan untuk mendapatkan atau mempergunakan barang-barang dan jasa. Keadaan jiwa tersebut sangat dipengaruhi oleh tradisi. kebiasaan. kebudayaan dan lingkungan sosialnya. Sikap Sikap berarti suatu keadaan jiwa dan keadaan pikir yang dipersiapkan untuk memberikan tanggapan terhadap suatu objek yang diorganisasi melalui pengalaman dan mempengaruhi secara langsung pada perilaku. kepribadian. Strugglers Orang yang berpengasilan paling rendah dan terlalu sedikit sumber dayanya untuk dimasukkan kedalam orientasi konsumen yang manapun dengan segala keterbatasannya. 2. Lebih lanjut Amstrong (dalam Nugraheni. dan pengamatan.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Hidup (Life Style) Menurut pendapat Amstrong (dalam Nugraheni. dan persepsi (Nugraheni.

Jika motif seseorang terhadap kebutuhan akan prestise itu besar maka akan membentuk gaya hidup yang cenderung mengarah kepada gaya hidup hedonis. Konsep diri Faktor lain yang menentukan kepribadian individu adalah konsep diri.Pengalaman dapat mempengaruhi pengamatan sosial dalam tingkah laku. f. Konsep diri sebagai inti dari pola kepribadian akan menentukan perilaku individu dalam menghadapi permasalahan hidupnya. Persepsi 13 . Konsep diri sudah menjadi pendekatan yang dikenal amat luas untuk menggambarkan hubungan antara konsep diri konsumen dengan image merek. d. Motif Perilaku individu muncul karena adanya motif kebutuhan untuk merasa aman dan kebutuhan terhadap prestise merupakan beberapa contoh tentang motif. melalui belajar orang akan dapat memperoleh pengalaman. Hasil dari pengalaman sosial akan dapat membentuk pandangan terhadap suatu objek. Bagaimana individu memandang dirinya akan mempengaruhi minat terhadap suatu objek. c. Kepribadian Kepribadian adalah konfigurasi karakteristik individu dan cara berperilaku yang menentukan perbedaan perilaku dari setiap individu. karena konsep diri merupakan frame ofreference yang menjadi awal perilaku. pengalaman dapat diperoleh dari semua tindakannya dimasa lalu dan dapat dipelajari. e.

Pengaruh-pengaruh tersebut akan menghadapkan individu pada perilaku dan gaya hidup tertentu. dan para anggota dalam setiap jenjang itu memiliki nilai. Adapun faktor eksternal dijelaskan oleh Nugraheni (2003) sebagai berikut : a. Keluarga Keluarga memegang peranan terbesar dan terlama dalam pembentukan sikap dan perilaku individu. Ada dua unsur pokok dalam sistem sosial pembagian kelas dalam masyarakat. Kelompok yang memberikan pengaruh langsung adalah kelompok dimana individu tersebut menjadi anggotanya dan saling berinteraksi. Kelompok referensi Kelompok referensi adalah kelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Kedudukan sosial artinya tempat seseorang dalam lingkungan pergaulan. Kelas sosial Kelas sosial adalah sebuah kelompok yang relatif homogen dan bertahan lama dalam sebuah masyarakat. yaitu kedudukan (status) dan peranan. dan menginterpretasikan informasi untuk membentuk suatu gambar yang berarti mengenai dunia. prestise hak. Kedudukan sosial ini 14 .haknya serta kewajibannya. b. Hal ini karena pola asuh orang tua akan membentuk kebiasaan anak yang secara tidak langsung mempengaruhi pola hidupnya. dan tingkah laku yang sama. mengatur.Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih. minat. yang tersusun dalam sebuah urutan jenjang. c. sedangkan kelompok yang memberi pengaruh tidak langsung adalah kelompok dimana individu tidak menjadi anggota didalam kelompok tersebut.

dan kebiasaankebiasaan yang diperoleh individu sebagai anggota masyarakat.dapat dicapai oleh seseorang dengan usaha yang sengaja maupun diperoleh karena kelahiran. meliputi ciri-ciri pola pikir. Kebudayaan yang meliputi pengetahuan. Apabila individu melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka ia menjalankan suatu peranan dalam kebudayaan. adat istiadat. Peranan merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan. kepercayaan. 15 . merasakan dan bertindak. hukum. kesenian. moral. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yang normatif.

dan memanajemen 16 .Gaya hidup sehat Gaya hidup yang sehat itu meliputi makan dengan diet yang seimbang. berolahraga secara teratur.serta terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening sehingga menderita kanker mulut. B. Gaya Hidup Sehat Dan Manfaatnya 1.mengonsumsi alkohol secara berlebihan .serta kebersihan mulut tidak terjaga dan membiarkan gigi nya berlubang yang sudah infeksi. memiliki waktu luang untuk bersantai.sehingga dampak dari gaya hidup yang buruk dapat mengakibatkan dampak yang buruk juga pada kesehatannya seperti tenggorokan terasa nyeri dan sulit untuk menelan.lidah terasa nyeri yang sulit digerakan. BAB III PEMBAHASAN A.pola makan buruk.tidak pernah berolahraga. Hubungan Gaya Hidup Dengan Kasus Gaya hidup sesuai kasus di atas yaitu hidup yang tidak sehat karena memiliki kebiasaan yang buruk seperti merokok.

dan menghindari kebiasaan buruk bisa mengurangi risiko penyakit jantung – dan penyakit kronis lainnya. serta meningkatkan kualitas hidup. produktivitas. Memilih hal-hal yang sehat setiap hari bisa berpengaruh baik terhadap penampilan fisik. jika dibandingkan dengan diet yang kaya buah-buahan. Tidak sulit melaksanakan hidup sehat. serta menjaga Anda tetap sehat secara emosional.  Dapat mencegah berbagai penyakit kronis Penyakit kronis seperti penyakit jantung. faktor gaya hidup seperti diet. dan kanker merupakan endemik di masyarakat modern saat ini. sayuran dan biji-bijian. Makan dengan diet seimbang yang mencakup penggabungan dari karbohidrat kompleks. 2. Sementara faktor risiko seperti riwayat keluarga yang tidak terkontrol. diabetes. makan makanan 17 . darah tinggi.stres dengan efektif. Diet yang tinggi lemak jenuh. Menurut American Cancer Society. protein dan lemak yang sehat bisa menjadi cara yang efektif untuk melindungi kesehatan mental. bahkan bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana. stroke. dan hubungan interpersonal yang sehat. dan kebiasaan minum alkohol telah dikaitkan dengan kecenderungan tingkat depresi dan kecemasan pada wanita. olahraga. meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.Manfaatnya  Kesehatan Mental yang baik Mood dan fungsi kognitif berperan penting terhadap kualitas hidup seseorang. karbohidrat sederhana.

 Berenergi dan berstamina prima Kesehatan yang lebih baik tidak hanya bisa membuat kita terbebas dari penyakit. dan umur yang panjang. Menurut Science Daily. Memilih gaya hidup sehat seperti makan 18 .  Bermanfaat bagi Kecantikan dan penampilan Kebiasaan melakukan gaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga fisik awet muda. rambut dan kuku. Orang dewasa yang sehat harus melakukan olahraga intensitas sedang. sementara itu antioksidan seperti vitamin C dan selenium membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. atau sekali-kali memilih naik tangga daripada menggunakan lift dll.yang bergizi dan berolahraga secara teratur juga bisa membantu mencegah perkembangan kanker. bahkan pada orang dengan risiko genetik yang meningkatkanresiko untuk penyakit ini. olahraga dengan intensitas rendah bisa mengurangi kelelahan hingga sebesar 65 persen dan meningkatkan energi hingga 20 persen. Vitamin A sangat mendukung bagi kesehatan kulit. Akan tetapi kesehatan yang baik juga akan memberikan reward bagi tubuh kita seumur hidup berupa energi yang tinggi. stamina yang baik. sebagai contoh memarkir mobil agak jauhan. sehingga selalu memiliki penampilan yang menarik. berjalan atau bersepeda kekantor. mata. seperti aerobik selama 30 menit setiap hari untuk bisa memperoleh kebugaran yang optimal. Kegiatan – kegiatan lain yang bisa disesuaikan dengan kebiasaan sehari hari.

Memori otak jika tidak sering dilatih bisa menurun. Ada berbagai jenis makanan berserat yang bisa dikonsumsi. Menambah daya ingat Siapapun yang tidak ingin mengalami pikun usia dini perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi. Menghindari terpapar sinar matahari berlebihan. juga membuat perut cepat kenyang. serta sereal fortified. biji-bijian. Sumbernya ada banyak. Kelebihan zat ini di dalam tubuh bisa meningkatkan resiko dementia. Daripada mengkonsumsi makanan berlemak yang punya banyak efek negatif bagi kesehatan. karena tubuh akan terlindungi dari kerusakan sel yang dapat mempercepat penuaan kulit. kacang-kacangan. termasuk otak. dsb. menghindari merokok dan kebiasaan buruk lainnya juga akan mempromosikan awet muda. Makanan sehat memberikan suplai gizi kepada organ-organ tubuh. Pilihan makanannya antara lain ikan. Makanan berserat selain mengandung kalori yang terjaga. Omega-3 juga bisa membantu. jagung. 19 . sayur. Menjaga berat badan Seperti disampaikan sebelumnya. Semua buah sehat. Jangan sampai tubuh mengalami malnutrisi karena tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur.dengan diet seimbang dan berolahraga secara teratur juga bisa membantu mencegah obesitas. kerang. seperti biji-bijian. 2. Daging juga penting sebab kandungan protein di dalamnya tergolong tinggi. zat ini bisa didapatkan dari salmon dan tuna. sayur berwarna hijau. C. makanan sehat sangat bervariasi dan jumlah kalorinya juga berbeda. akan lebih baik jika anda menggantinya dengan makanan berserat. tapi kandungan nutrisinya berbeda. dsb. Dengan begini selera makan anda menjadi lebih terkontrol. Makanan yang kaya vitamin B6 dan B12 baik untuk memelihara kesehatan otak dengan menjaga kadar homosistein di dalam tubuh. seperti gandum. tapi makanan juga punya kontribusi besar. Mengkonsumsi buah tidak akan cepat menaiknya berat badan anda. Buah juga baik untuk menjaga berat tubuh sebab kandungan kalorinya tidak terlalu besar. unggas. udang. Ini perlu menjadi bagian dari menu harian anda jika ingin mencapai berat badan ideal. TUJUAN DAN MANFAAT OLAHRAGA 1.

jika ingin mengontrol kondisi pikiran atau mencegah stress. Mencegah penyakit berbahaya Mengkonsumsi makanan bergizi juga bisa menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit berbahaya. I. Menjaga mood dan menghilangkan stress Karbohidrat merupakan sumber serotonin. yogurt. Kedua penyakit ini berkaitan erat dengan pola makanan yang tidak sehat. padahal minuman ini sangat disukai oleh banyak orang. Vitamin C dan magnesium juga bisa membantu menjaga kestabilan emosi dan mengurangi stress. Sementara itu. Ini bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan memicu serangan jantung dan stroke. Sementara itu. Sumber energi didapatkan terutama dari pembakaran jaringan lemak yang akan menghasilkan energi. seperti ikan.3. dan ayam kalkun. Sementara itu.OLAH RAGA MENURUNKAN JUMLAH TIMBUNAN LEMAK TUBUH. Karbohidrat kompleks bahkan lebih baik karena juga bisa membantu menstabilkan gula darah. Soft drink misalnya memiliki kadar gula yang tinggi. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti minyal kanola. anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya lemak monounsaturated dan polyunsaturated. Olah raga yang teratur menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh untuk menyediakan energi yang cukup untuk olahraga. alpukat. hal ini akan menyebabkan penurunan jaringan lemak pada tubuh anda. silakan pilih makanan yang mengandung asam lemak omega-3. minyak zaitun. Kedua jenis lemak ini bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. zat yang penting untuk menjaga kondisi mood. Untuk menghindari penyakit. 4. dsb. 20 . Ada banyak yang bisa dikonsumsi. Banyak orang saat ini meninggal akibat serangan jantung dan komplikasi diabetes. Masalah jantung seringkali dipicu konsumsi makanan berkadar garam dan lemak tinggi. MANFAAT OLAHRAGA A . diabetes disebabkan oleh konsumsi makanan berkadar gula tinggi. biji-bijian merupakan sumber utama serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Olahraga menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan lebih kuat untuk mensuplai tubuh dengan lebih banyak oksigen dan nutrien. kenapa berat badan Anda tidak mengalami penurunan atau bahkan meningkat. Mungkin Anda akan terkejut setelah melakukan olahraga. Penurunan massa tulang yang berat bisa menyebabkan tulang menjadi sangat rapuh. otot dan bagian tubuh lainnya. OLAH RAGA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK. tetapi karena terjadi peningkatan massa otot (otot mempunyai massa yang lebih berat dari jaringan lemak). Gaya hidup menurut Indonesia sehat 3 (tiga) gaya hidup sehat menurut pilar Visi “Indonesia Sehat” yaitu: 21 . Sejak kita menginjak usia 30 tahun. D. Penyakit ini disebut sebagai osteoporosis. Aliran darah akan meningkat ke jantung. karena latihan akan merangsang sel otot untuk tumbuh lebih besar dan sel-sel otot yang semula istirahat akan menjadi aktif lagi. maka kita mulai mengalami penurunan massa tulang. D.OLAH RAGA MENGUATKAN OTOT. Hal ini bukan karena tidak ada pengurangan jumlah lemak pada tubuh Anda. C. dan juga terjadi peningkatan aliran darah menuju OTAK. yang menyebabkan tulang menjadi sangat rapuh dan mudah patah. OLAH RAGA MENGUATKAN TULANG. B . Jika Anda melakukan olahraga secara teratur akan meningkatkan massa otot Anda. seperti yang dialami banyak wanita setelah masa menopause.

penyakit tekanan darah tinggi dapat berkurang 55%.mengkonsumsi makanan bergizi. E. Program himbauan pencegahan Para ahli kesehatan dunia melalui banyak riset dan penelitian terbukti bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh selain menimbulkan ketergantungan juga menimbulkan bayak penyakit.1. diantaranya adalah penyakit kanker. penyakit jantung. penyakit pernapasan. efek buruk bagi kelahiran. diabetes dapat berkurang 50%. stroke & jantung koroner dapat berkurang 75%. emfisema dll. 22 . Berdasarkan kasus di atas dapat kita simpulkan kalau Haikal telah melanggar semua 3 pilar hidup sehat dengan cara mengkonsumsi minuman keras. penyakit pencernaan. tapi efeknya luar biasa. Semua ini diraih tanpa mengeluarkan uang sesen pun! jadi gaya hidup sehat sangat mudah. merokok dan mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi sehingga akibatnya Haikal rentan terkena penyakit bahkan penyakit yang berbahaya seperti kanker dan lain-lain. dan 3.tidak merokok dan madat 2. Dengan 3 pilar ini ungkap sebuah penelitian.beraktivitas fisik secara cukup. tumor dapat berkurang 35%. usia rata-rata dapat diperpanjang 10 tahun ke atas dari rata-rata usia harapan hidup manusia Indonesia.

23 . Tar. namun mengandung efek ketagihan selain itu dapat merusak jaringan otak. walaupun mereka tahu akan bahaya dan resiko terkena berbagai macam penyakit. walaupun dengan sembunyi-sembunyi bahkan anak SD sudah banyak yang mencoba-coba untuk merokok. dan 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik yang memicu bertumbuhnya sel kanker. mengeraskan dinding arteri dan menyebabkan darah cepat membeku. dan karena merokok membuat efek ketergantungan seseorang akan susah untuk lepas dari kebiasaan merokok. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok: 1. mempunyai efek candu meskipun membuat perokok merasa rileks. bahkan mereka yang sudah ketergantungan lebih mementingkan merokok dari pada mengkonsumsi makanan sehat atau hal-hal lainnya. Nikotin. mengandung lebih dari 4000 bahan kimia. serangan jantung. Setiap tanggal 31 Mei seluruh dunia mengkampanyekan hari tanpa asap rokok atau World No Tobacco Day di bawah naungan badan kesehatan dunia(WHO). Tidak heran jumlah orang yang ketergantungan merokok menjadi meningkat pesat. Dan sekarang generasi muda/ pelajar sudah tidak ragu-ragu lagi mencoba merokok.Mereka yang mencoba pertama kali merokok biasanya akan merasakan batuk-batuk karena asap yang masuk paru-paru. seperti yang tertulis di setiap dus pembungkus rokok " Merokok dapat menyebabkan kanker. impotensi dan gangguan kehamilan dan janin". 1.

Asetilena. 10. bahan yang digunakan untuk racun tikus. cairan yang digunakan untuk mengawetkan mayat. 8. jenis alkohol sederhana (metil alkohol). sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu. senyawa kimia organik yang mudah terbakar 6. Arsenik. 4. Metanol. yang mempunyai efek mengikat oksigen dalam tubuh sehingga berakibat memicu terjadinya penyakit jantung 11. 3. sebuah logam beracun radioaktif. Bahaya Merokok Bagi Remaja Merokok saat remaja membuatnya berisiko kena masalah kesehatan yang serius karena masih berada pada usia pertumbuhan. zat pembuat plastik dan pestisida. Benzene. Hidrogen sianida. zat ini digunakan juga sebagai fumigan untuk bahan membunuh semut. 5. Rokok ini tidak hanya menyebabkan 24 . Sianida. bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap kendaraan. senyawa kimia dari kelompok cyano. 2. 9. 7. Amonia. Karbon monoksida. Formaldehida. Cadmium. senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna.

Perkembangan paru-paru terganggu Tubuh berkembang pada tahap pertumbuhannya. dan jika seseorang merokok pada periode ini bisa mengganggu perkembangan paru-parunya. Berikut ini beberapa masalah yang bisa muncul jika remaja merokok yang bisa terlihat dari penampilannya : 1. 4.masalah kesehatan pada tingkat fisik namun juga emosionalnya.Terlebih jika remaja merokok setiap hari maka bisa membuatnya sesak napas. serta batuk yang terus menerus. Mengganggu performa di sekolah Remaja yang merokok akan mengalami penurunan dalam nilai olahraganya karena tidak bisa berjalan jauh atau berlari cepat seperti sebelum merokok.Jika ikut ekstrakulikuler musik akan membuatnya tidak maksimal saat main musik. serta menurunkan kemampuan memori otaknya dalam belajar yang bisa mempengaruhi nilai-nilai pelajarannya. 3.Para ahli mengungkapkan risiko kesehatan merokok pada remaja jauh lebih buruk dibanding dengan orang dewasa yang merokok. dahak berlebihan dan lebih mudah terkena pilek berkali-kali. 2.Rokok ini juga memicu masalah jantung di usia muda serta mengurangi kekuatan tulang.Saat ia memutuskan untuk 25 . Lebih sulit sembuh saat sakit Ketika remaja sakit maka mereka akan lebih sulit baginya untuk bisa kembali sehat seperti semula karena rokok mempengaruhi sistem imun di dalam tubuh. Kecanduan Remaja yang merokok cenderung jauh lebih mungkin menjadi kecanduan terhadap nikotin yang membuatnya lebih sulit untuk berhenti.

Setelah itu jika sudah selesai merokok stress akan kembali lagi. Selain itu kesehatan kulit tiga kali lipat lebih beresiko terdapat keriput di sekitar mata dan mulut. pola perilaku. tubuh. mka gejala penarikan seperti depresi. 1998). insomnia. Terlihat lebih tua dari usianya Orang yang mulai merokok di usia muda akan mengalami proses penuaan lebih cepat. Ini hanya efek sementara nikotin yang memberikan rasa tenang sesaat. Bukti medis menunjukkan bahwa merokok tidak menenangkan. 5. Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi. ia akan memiliki garis-garis di wajah serya kulit lebih kering sehingga penampilannya akan lebih tua dibanding usianya.Jangan menganggap merokok bisa membantu menghilangkan stress saat ujian. Factor Penyebab Minuman Keras 26 . minat.Selain itu rokok juga membuat remaja memiliki jerawat atau masalah kulit lainnya. mudah marah dan masalah mentalnya bisa berdampak negatif pada kinerja sekolah serta perilakunya. dan juga penuh dengan masalah-masalah (Hurlock. Kulit akan menua sebelum waktunya atau biasa disebut penuaan dini. Kesimpulan Bahaya merokok bagi pelajar diantaranya dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru dan penyakit jantung di usia yang masih muda. serta gigi yang kuning.berhenti merokok.

Kebiasaan minum minuman keras sudah menjadi kebiasaan bagi pemuda / remaja dikota-kota besar yang salah pergaulan dan sebagai pelarian dari suatu masalah. Menurut teori Lawrence Green (1980). Faktor pendukung (Enabling factors) Faktor ini mencakup: 27 . Pertama. dan yang kedua berasal dari dalam diri individu itu sendiri. yang dipengaruhi oleh 3 faktor pendukung yaitu faktor prediposisi (predisposing factors). yang berasal dari luar diri. 2. yang sebenarnya sudah menjadi masalah pada dirinya sendiri sebelum ada faktor pencetus yang hadir. Faktor ini merupakan faktor yang mempermudah dalam upaya penggunaan kesehatan dan menjadi dasar atau motivasi yang mencakup: 1. b. mengemukakan bahwa perilaku individu mempunyai pengaruh positif terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan. yang seringkali disebut sebagai faktor pencetus/precipitating factor. a. faktor pendukung (Enabling factors) dan faktor pendorong (reinforcing factors). Faktor prediposisi (predisposing factors) Masalah dalam hidup manusia berasal dari dua sumber. beban jadi hilang dan lain-lain. Yang kedua ini seringkali disebut sebagai faktor bawaan/predisposing factor. Kepercayaan pemuda/remaja sangat percaya jika meminum minuman keras dapat menghilangkan stres.

Bahaya kurangya kebersihan mulut Tujuan utama dari kesehatan rongga mulut adalah untuk mencegah penumpukan plak dan mencegah lengketnya bakteri yang terbentuk pada gigi. hal ini dikarenakan adanya warung atau toko yang masih menjual minuman keras secara bebas. Akumulasi plak bakteri pada gigi karena hygiene mulut yang buruk adalah faktor penyebab dari masalah utama kesehatan rongga mulut. c. Cara menjaga oral hygiene 28 . Sebagai faktor pendorong untuk berperilaku yang diharapkan. Plak gigi juga dapat menyerang dan menginfeksi gusi menyebabkan penyakit gusi dan periodonti Sebagian besar masalah gigi dan mulut dapat dihindari hanya dengan menjaga kebersihan mulut yang baik (Forthnet. terutama gigi. Kebersihan mulut yang buruk memungkinkan akumulasi bakteri penghasil asam pada permukaan gigi. Faktor pendorong (reinforcing factors). Asam demineralizes email gigi menyebabkan kerusakan gigi (gigi berlubang). 4. 1) Ketersediaan faktor: Minuman Keras umumnya mudah ditemukan. faktor ini mencakup: sikap dan perilaku kesehatan. ceramah dari tokoh masyarakat Undang-undang dan sebagainya. seminar tentang kesehatan. 2010). 2) Ketercapaian fasilitas: fasilitas perkotaan atau kampung yang padat penduduk memungkinkan banyaknya warung atau toko menyediakan/menjual minuman keras.

mendalami ilmu agama. kita akan selalu merasa waktu menjadi padat. Menurut Denstisty (2010). d.20% dan H2O2 1. Pembersih lidah Tumpukan debris di dorsum lidah penuh dengan kuman-kuman oportunis serta candida yang bermukim sebagai flora normal maupun transient. c. Sikap dan hikmah dari kasus Sikap seharusnya yang harus dilakukan dari kasus diatas adalah : 1. chlorhexidine 0.0%. adalah sebagai berikut: a. Sikat gigi Pengenalan teknik sikat gigi yang tepat. F. Kumur-kumur antiseptik Terdapat berbagai bahan aktif yang sering digunakan sebagai kumur-kumur.karena dengan melakukan kegiatan positif.ikut kegiatan sosial. Teknik sikat gigi yang secara horisontal adalah umum dilakukan dan itu merupakan suatu kesalahan karena dengan cara demikian lambat laun dapat menimbulkan resesi gingival dan abrasi gigi. Mengisi waktu senggang dengan kegiatan positif.5% atau 3. 29 . cara-cara yang dapat dilakukan sendiri dan efektif dalam menjaga oral hygiene. b. seperti metal salisilat. memotivasi untuk sikat gigi secara teratur dan pemilihan pasta gigi dengan tepat. Dental flos atau benang gigi Cara ini mulai banyak diperkenalkan dan cukup ampuh untuk membersihkan di sela-sela gigi.bisa jadi mengerjakan tugas sekolah/kampus.

atau stroke. Bahaya dari merokok itu sendiri dampaknya sangat besar bagi tubuh kita. lebih mudah lelah. namun Anda tetap tidak menghentikan kebiasaan mengisap rokok karena merasa saat ini kesehatan Anda masih baik-baik saja. namun kebiasaan merokok bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup Anda sehari-hari. 30 . sesak napas. 2. Memang tidak semua perokok akan meninggal karena penyakit jantung. Efek rokok yang bisa Anda rasakan sehari-hari adalah batuk-batuk.dengan membatasinya kita akan bisa mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif dan lebih kepada mengoreksi diri.dengan sering membaca dan berdiskusi. lebih rentan terhadap infeksi. Sebagai mahasiswa kedokteran gigi kita dituntut untuk dapat mengidentifikasi suatu penyakit dari ronnga mulut. Mungkin Anda sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh. Batasi waktu bermain dengan teman. Mendalami agama sesuai dengan kepercayaan. kanker paru-paru. Perbanyak ilmu anda tentang pola hidup yang sehat . 5. Karena kita sudah belajar saat perkuliahan. 4. Kita membahas tentang kandungan dan bahaya dari merokok. atau mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari. Mencari teman dari bergaul yang benar 3. Kita seharusnya dapat menghindari merokok.

Perlu diingat. C. D. Rahman dan M. Hikmah yang kita dapat jikalau menghindari dari kasus diatas adalah : A. (Roli A. Minuman keras dan Rokok yang mengganggu kestabilan jasmani dan rohani menyebabkan hati seseorang bertambah jauh dari mengingat Allah. rokok dan makanan yang tidak sehat. Dengan begitu. minum alkohol dan tidak menjaga kebersihan mulut dengan 31 . merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. B. Kita akan terhindar dari kejahatan yang diakibatkan pengaruh minuman keras. Jika kamu seorang petugas kesehatan apa yang harus kamu lakukan terhadap kasus diataa Menurut saya jika saya seorang petugas kesehatan langkah pertama yang harus dilakukan terhadap haikal tersebut ialah dengan mengubah kebiasaannya yang buruk seperti merokok. 2008 : 63-66) G. Kita terhindar dari sikap kebencian dan permusuhan akibat pengaruh minuman keras dan rokok. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani dari penyakit yang disebabkan pengaruh minuman keras. Tidak hanya Anda. Kita dapat menjaga hati agar tetap taqwa kepada Allah dan mengerjakan sholat sehingga selalu memperoleh cahaya hikmat. orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun. risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Khamzah. hati menjadi gelap dan keras sehingga mudah sekali berbuat apa yang menjadi larangan Allah.

Kasus berlanjut ke madat dan bagaimana prosesnya Haikal adalah anak orang kaya tetapi dia kurang kasih sayang dari kedua orangtua nya . sebagai seorang petugas kesehatan (dokter gigi) kita harus menyarankan kepadanya agar menghentikan kebiasaan buruk nya yaitu dengan cara berhenti merokok dan janagn menggunakan tembakau dalam bentuk apapun. masa depan dia hancur . Dari fisik yang dia rasakan dia nampak pucat . Oleh karna itu langkah awal yang harus dilakukan ialah dengan melakukan perawatan terhadap haikal tersebut. Lalu lama kelamaan si Haikal diberi narkoba dengan temannya dan coba sedikit-sedikit lalu candu dan dia pun menjadi madat .baik sehingga banyak dampak yang ditimbulkan terhadap kebiasaan tersebut seperti sariawan. karena dia sering mengkonsumsi minuman dan rokok berlebihan . Sehingga penyebab yang didapatkan oleh si haikal adalah ketergantungan dengan narkoba . menmenghindai mengonsumsi alkohol. 32 . Seperti kasus diatas dampak yang telah terjadi sangat besar yaitu kanker mulut. Oleh karna itu. hingga yang parah yaitu kanker mulut yang diderita haikal tersebut. H. mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Setelah itu memberikan saran kepadanya untuk berhenti melakukan kebiasaan buruknya tersebut karena dengan begitu dapat membantunya untuk meredakan penyakitnya tersebut dan jangan mengonsumsi alkohol atau minuman apapun lagi yang dapat memperburuk kondisi nya. serta menjaga kebersihan mulutnya dengan baik. Haikal anak yang terlalu bebas karena orangtua nya tidak peduli dengan haikal sehingga dia terkena kanker mulut . mulut kering.

6.Apa yang harus di lakukan untuk agar kasus di atas tidak di ikuti mahasiswa lain? Sebagai mahasiswa kita harus punya kepribadian yg baik. Tdk boleh mempunyai kebiasaan jelek yg merugikan diri sendiri. biasakan cek kesehatan gigi sekali dlm 6 bulan. 2. 4. Harus menjaga gigi dan rongga mulut kita. 8.dan Berikut tips untuk membantu seseorang agar dapat menjauhi rokok : 1. Berikan contoh yang baik. 7. Oleh sebab itu persediaan miras tetap harus ada yaitu di hotel-hotel 33 . 9. Pahami tekanan dari teman sebaya. I. 3. badan tidak terasa nyaman . Berikan gambaran mengenai masa depan mereka. mual . sel-sel sarafny rusak dan bisa menyebabkan kematian . Dalam hal penanggulangan miras ini kita perlu memperhatikan dua hal : a. Tangani kecanduan akibat rokok dengan serius. Rokok bukanlah hal yang keren 5. mengantuk . Rokok membuang uang. Awasi penggunaan produk bertembakau lainnya 10. Katakan tidak pada rokok. mudah lelah kalau tidak mengkonsumsi narkoba . Pahami ketertarikan yang dapat ditimbulkan oleh rokok.kurus . Kita juga menerima pemasukkan dari para turis mancanegara dan juga turis domestic. Dari sedini mungkin. Ikut terlibat secara aktif.

Namun kebijakkan ini harus disertai dengan perangkat hukum yang jelas dan tegas. berbintang. J. Pelayanan kesehatan Jenis pelayanan kesehatan yang tepat untuk kasus diatas adalah pelayanan kedokteran Yaitu Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat bersifat sendiri (solo practice) atau secara bersama-sama dalam satu organisasi. Jangan lupa bahwa miras untuk kepentingan adat. pengendalian penyakit. restoran. club malam lainnya. Tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan. diskotek. serta sasarannya terutama untuk perseorangan dan keluarga. 34 . pengurangan penderitaan akibat penyakit. Hal ini perlu segera dipertegas legalisasinya dengan Undang-Undang atau peraturan Daerah. Dan pelayanan kesehtan tersebut adalah pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit. agar penggunaan miras pada saat acara adat betul-betul disiplin hanya untuk keperluan acara adat dan bukan untuk acara mabuk-mabukan atau kompetensi antara anak-anak muda. atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin. agar tidak disalah gunakan dikemudian hari. b.

Menurut Minor dan Mowen (2002). dan bagaimana mengalokasikan waktu. Faktor internal meliputi sikap. bagaimana membelanjakan uangnya. motif . keluarga. kepribadian. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup berasal dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal). Oleh karena itu kritik 35 . Gaya hidup didalam masyarakat modern adalah life style (gaya hidup) yang mengikuti pola perkembangan zaman.1 Kesimpulan Gaya hidup dapat disimpulkan bahwa gaya hidup lebih menggambarkan perilaku seseorang. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan yang penulis miliki. Masyarakat modern adalah masyarakat yang telah mengalami transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu masyarakat yang mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi zamannya atau hidup sesuai dengan konstelasi zamannya. gaya hidup adalah menunjukkan bagaimana orang hidup. 3. dengan segala bentuk kemajuan iptek. kelas sosial. BAB IV PENUTUP 3. dan persepsi.2 Saran Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini tetapi kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Adapun faktor eksternal meliputi kelompok referensi. konsep diri. yaitu bagaimana mereka hidup. dan kebudayaan. pengalaman dan pengamatan. menggunakan uangnya dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya.

36 .dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan ke depannya.

com/artikel/manfaat-menjalankan-gaya-hidup- sehat. (2002). Rizky. dan Peter. S K. Segmentasi Gaya hidup pada Mahasiswa http://www. Perilaku Konsumen. Pengaruh Faktor-Faktor Gaya Hidup Konsumen Terhadap Raganda. (2014). Jone. ssDAFTAR PUSTAKA Hartono. Analisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Sutisna. (2015).html 37 . (2006). R P. Gramedia:Jakarta Yohanes.carakhasiatmanfaat.