RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN

BIMBINGAN KLASIKAL

1. Materi /Topik Bahasan : Indahnya kebersamaan
2. Bidang Bimbingan : Pribadi
3. Jenis Layanan : Layanan Orientasi
4. Tujuan Layanan : KES: Membantu peserta didik
memahami tentang peran masing-masing keluarga
KES-T: Agar peserta didik terhindari dari masalah
yang timbul karena ketidak tahuan peserta didik
dalam melaksanakan perannya sebagai anggota
keluarga
5. Fungsi Layanan : Pemahaman
6. Sasaran Layanan/Semester : Kelas VII/ Ganjil
7. Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
8. Waktu Penyelenggaraan : 2 X 40 menit
9. Penyelenggara Layanan : Guru BK
10. Pihak-pihak yang Dilibatkan : -
11. Metode : Diskusi dan Penugasan
12. Media dan Alat : Power point, LCD (dikondisikan), Laptop
13. Uraian Kegiatan/Skenario :

TAHAP URAIAN KEGIATAN WAKTU

- Mengucapkan salam pada peserta didik
Pembukaan 5’
- Menanyakan kabar pada peserta didik
- Kontrak layanan ( kesepakatan layanan ), hari ini kita akan
melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat
akan melakukan dengan baik.
- Ice breaker (Senam Otak).
Kegiatan inti - Peserta didik mengamati tayangan materi melalui media 30’
power point
- Guru BK membagi kelas menjadi 5 kelompok, 1
kelompok 8 orang
- Peserta didik mendiskusikan materi yang ditayangkan
dalam kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas mendiskripsikan tentang
kehidupan keluarga (peran masing-masing)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompok di depan kelas secara bergantian ,kelompok
yang lain memberi tanggapan.
Guru BK memberi kesimpulan materi
Penutup 5’
- Evaluasi : Refleksi hasil , setiap peserta didik menuliskan
di kertas yang sudah disiapkan.

14. Sumber Materi : 1. Media Bimbingan dan Konseling

S.Laiseg Penilaian proses : Antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan Penilaian hasil : (Understanding) Pemahaman peserta didik terhadap perannya dalam keluarga (Comportable) Perasaan yang dialami peserta didik setelah menerima layanan informasi tentangperannya dalam keluarga (Action) Rencana tindakan yang akan diambil peserta didik setelah menerima layanan . Peserta didik dapat menjalankan perannya dalam keluarga sesuai harapan(tidakmalladjusment) Mengetahui.MPd Inur Mutamimmatul Fahmi.Laijapan : (Pengamatan terhadap peserta didik dalam waktu 1semester sampai 1 tahun ). Rencana Penilaian : . Instrumen penilaian . Prambon. 15. M. Uraian materi 2. Lembar kerja siswa 3.Peserta didikdapat menjalankan perannya dalam keluargasesuai harapan (tidak malladjusment) .Pd LAMPIRAN-LAMPIRAN 1. KHOLIF. 20 Agustus 2016 Kepala SMP Wachid Hasyim 10 Prambon Konselor Drs. H.Laijapen : (Pengamatan terhadap peserta didik dalam waktu1 minggu sampai 1 Bulan ).

Fungsi keluarga Menurut BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) bahwa fungsi keluarga dibagi menjadi 8.Lampiran 1 : Uraian Materi Indahnya Kebersamaan A. 3 Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan (Departemen Kesehatan RI. Suatu keluarga setidaknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1 Terdiri dari orang-orang yang memiliki ikatan darah atau adopsi. Pengertian Keluarga Keluarga adalah salah satu kelompok atau kumpulan manusia yang hidup bersama sebagai satu kesatuan atau unit masyarakat terkecil dan biasanya selalu ada hubungan darah. yaitu : 1. 2 Anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk satu rumah tangga.1978 ). anak dan saudara. 3 Memiliki satu kesatuan orang-orang yang berinteraksi dan saling berkomunikasi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain. bapak dan ibu. dan meningkatkan perkembangan fisik. atau adopsi. Fungsi keluarga yang dikemukakan oleh BKKBN ini senada dengan fungsi keluarga menurut Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994. yaitu: 1 Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan. mempertahankan budaya. tinggal bersama dalam satu rumah yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga. yaitu dengan memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga yang lain dalam kehidupan beragama. ikatan perkawinan atau ikatan lainnya. 2 Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah. 1988). perkawinan. emosional. Fungsi keagamaan. mental. dan tugas kepala keluarga untuk menanamkan bahwa ada kekuatan lain yang mengatur kehidupan ini dan ada kehidupan lain setelah di dunia ini. 1986). mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya (Bailon dan Maglaya. yang memainkan peran suami dan istri. B. serta sosial dari tiap anggota keluarga (Duvall dan Logan. dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan. Terdapat beberapa definisi keluarga dari beberapa sumber. . 4 Mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas. kelahiran.

membentuk norma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Fungsi reproduksi. Fungsi melindungi. jenis anggota keluarga dan kekuasaan. dan menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa datang. keluarga berperan sangat besar dalam pembinaan lingkungan. 2. memelihara dan membesarkan anak. C. sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman. serta memberikan perhatian diantara anggota keluarga. 8. dilakukan dengan membina sosialisasi pada anak. adalah serangkaian dari fungsi lain yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah keluarga. Fungsi sosialisasi dan pendidikan. tinggal bersama atau dekat dengan keluarga sedarah suami. merupakan fungsi dalam keluarga yang dilakukan dengan cara mendidik anak sesuai dengan tingkat perkembangannya. 4. diberikan dalam bentuk memberikan kasih sayang dan rasa aman. Berdasarkan Garis Keturunan a Patrilinear adalah keturunan sedarah yang terdiri dari sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi. dimana hubungan itu disusun melalui jalur garis ayah. Berdasarkan Jenis Perkawinan a Monogami adalah keluarga dimana terdapat seorang suami dengan seorang istri. meneruskan nilai-nilai budaya keluarga. Fungsi cinta kasih. b Poligami adalah keluarga dimana terdapat seorang suami dengan lebih dari satu istri. Disinilah peran keluarga sangat diperlukan sebagai pelindung dari pengaruh negatif lingkungan. menyekolahkan anak. pemukiman. memelihara dan merawat anggota keluarga 6. bertujuan untuk melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik. pembentukan perilakusangatdipengaruhioleh lingkungan dimana individu tersebut bertempat tinggal. Sosialisasi dalam keluarga juga dilakukan untuk mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik 7. Berdasarkan Pemukiman a Patrilokal adalah pasangan suami istri. jenis perkawinan. Fungsi pembinaan lingkungan. Fungsi sosial budaya. pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bentuk keluarga Keluarga dibagi menjadi beberapa bentuk berdasarkan garis keturunan. 3. 5. merupakan fungsi yang bertujuan untuk meneruskan keturunan. . Fungsi ini dilakukan dengan cara mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 3. 2. Fungsi ekonomi. b Matrilinear adalah keluarga sedarah yang terdiri dari sanak saudara sedarah dalam beberapa ganerasi dimana hubungan itu disusun melalui jalur garis ibu. 1.

tinggal jauh dari keluarga suami maupun istri. Sedang ibu berkedudukan sebagai istri sekaligus sebagai pendamping suami. dan 2 orang anak disebut caturwarga. ibu dan anak- anak. D.Sedangkan Keluarga inti yang terdiri dari ayah. dan anak. Berdasarkan Kekuasaan a Patriakal adalah keluarga yang dominan dan memegang kekuasaan dalam keluarga adalah dipihak ayah. f Keluarga Kabitas (Cahabitation) adalah dua orang yang terjadi tanpa pernikahan tetapi membentuk suatu keluarga. Berdasarkan Jenis Anggota Keluarga a Keluarga inti (Nuclear Family) adalah keluarga yang terdiri dari ayah.Keluarga inti yang terdiri darri ayah. b Matrikal adalah keluarga yang dominan dan memegang kekuasaan dalam keluarga adalah pihak ibu. ibu. tinggal bersama atau dekat dengan keluarga satu istri c Neolokal adalah pasangan suami istri. b Matrilokal adalah pasangan suami istri. ibu. c Keluarga Berantai (Serial Family) adalah keluarga yang terdiiri dari wanita dan pria yang menikah lebih dari satu kali dan merupakan satu keluarga inti. d Keluarga Duda/janda (Single Family) dalah keluarga yang terjadi karena perceraian atau kematian. 5. ibu. dan 3 orang anak disebut pancawarga. Ayah berkedudukan sebagai pemimpin rumah tangga dan kepala keluarga. dan lain-lain. b Keluarga besar (Extended Family) adalah keluarga inti ditambahkan dengan sanak saudara. c Equalitarium adalah keluarga yang memegang kekuasaan adalah ayah dan ibu. keponakan.Keluarga inti terdiri dari ayah. 4.Keluarga . e Keluarga berkomposisi (Composite) adalah keluarga yang perkawinannya berpoligami dan hidup secara bersama. Misalnya : kakak. nenek. Kedudukan Anggota Keluarga Setiap anggota keluarga memiliki kedudukan sendiri-sendiri.Anak-anak merupakan anggota keluarga yang berkedudukan sebagai anak yang harus berbakti kepada kedua orang tuanya.

bila ayah tiada. Ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga yang sehari–hari hanya mengurus rumah dan keluarga. jika saling menyayangi. seperti buku untuk sekolah. Ayah bertanggung jawab atas seluruh anggota keluarga. Keluarga hidup bahagia. saling mengasihi. 3.Bertanggung jawab atas kegiatan kebersihan dan kerapian di rumah. Sampai suatu ketika.Tugas utama ibu rumah tangga adalah mengurus rumah tangga dan keluarga. ayah berkedudkan sebagai Kepala Keluarga (KK). saling membantu.bukan inti keluarg yang tinggal dalam satu rumah selain ayah. agar suasana rumah tenag dan bahagia. Ayah Dina mengalami kecelakaan lalu lintas pada saat berangkat kerja. Adapun kedudukan ibu di dalam keluarga anatar lain: a) Pendamping suami. (YUN) CERITA Dina anak pertama dari empat bersaudara.Orang tua berkewajiban memnuhi kebutuhan anak. anak berkewajiban menjaga seluruh harta benda yang ada dirumah. dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. 1. b) Wajib membantu pekerjaan oraang tua dirumah. Ayah Dina mengalami lumpuh permanen akibat kecelakaan tersebut.Ayah juga sebagai pemimpin rumah tangga.usia Dina sudah 15 tahun. dan anak. d) Sebagai pengganti kedudukan ayah. c) Pendidik putra-putrinya. Kepala keluarga yang baik adalah kepala keluarga yang demokratis.Berikut ini beberapa macam kedudukan anggota keluarga di rumah. c) Jika orang tua tidak ada dirumah.Tidak berbuat semaunya. a) Taat dan tunduk kepda perintah ayah dan ibu. meskipun tidak mewah tetapi ayahnya mampu mencukupi kebutuhan keluarga. ibu. dan saling menjaga kerukunan keluarga. b) Penjaga harta benda yang ada dirumahnya.Anak Sebagai anggota keluarga. Ayahnya bekerja sebagai supervisor di salah satu perusahaan terkenal di Surabaya. pakaian.Karena sudah . adik Dina ada tiga. Pada awalnya kehidupan keluarga Dina cukup bahagia.Ayah Dalam keluarga. senantiasa mengajak seluruh anggota keluarga bermusyawarah dalam mengatasi masalah dan mengambil keputusan.Ibu Ibu adalah istri ayah. Kedudukan anak di dalam keluarga yaitu.Anak mempunyai kewajiban belajar dan membantu orang tua. anak berhak mendapat perhatian dan kasih saying serta bimbingan dari orang tua. 2.Ibu disebut ibu rumah tangga. makanan yang bergizi.

sedangkan adik-adik Dina masih butuh perhatian karena masih kecil-kecil. Dina jadi sedih sekali. Ibu dan adik-adiknya. Dia ingin berhenti sekolah agar bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga. . secara otomatis kehidupan keluarga jadi berantakan.Sebagai anak tertua Dina merasa bertanggujawab terhadap kehidupan Ayah. Namun apa yang bisa dilakukan oleh anak seusia Dina? Sementara dia tidak memiliki Ijasah dan keahlian apa-apa.sudah tidak ada yang bekerja lagi di keluarga Dina.Sedangkan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sangat diperlukan keahlian tertentu. Ibunya bingung harus bagaimana mengatasi masalah perekonomian keluarga.

Lampiran 2: Lembar Kerja Siswa 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keluarga! 2. Sebutkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang keluarga! . Sebutkan ciri-ciri sebuah keluarga! 4. Sebutkan 8 fungsi keluarga menurut BKKBN! 5. Sebutkan salah satu difinisi tentang keluarga beserta tokohnya! 3.

Lampiran 3: Instrumen Penilaian LEMBAR REFLEKSI DIRI Pilihlah dengan cara mencentang ( √ ) jawaban “YA” apabila anda setuju dan jawaban “ TIDAK” apabila anda tidak setuju REFLEKSI YA TIDAK Saya merasa sangat perlu dengan materi ini Menurut saya materi ini sangat menarik Saya sangat memahami materi yang telah diberikan Saya merasa sangat perlu bantuan dari guru BK untuk dapat menjalankan menempatkan diri pada posisi yang tepat dalam keluarga .