KEGUNAAN BENZENA DAN TURUNANNYA

Kegunaan benzena yang terpenting adalah sebagai pelarut dan sebagai bahan baku pembuatan
senyawa-senyawa aromatik lainnya yang merupakan senyawa turunan benzena. Masing-masing
dari senyawa turunan benzena tersebut memiliki kegunaan yang beragam bagi kehidupan
manusia. Berikut ini beberapa senyawa turunan Benzena dan kegunaannya:
1. Toluena
Toluena digunakan sebagai pelarut dan sebagai bahan dasar untuk membuat TNT
(trinitotoluena), senyawa yang digunakan sebagai bahan peledak (dinamit).

3. Anilina
Anilina merupakan bahan dasar untuk pembuatan zat-zat warna diazo. Anilina dapat diubah
menjadi garam diazonium dengan bantuan asam nitrit dan asam klorida.

Garam diazonium selanjutnya diubah menjadi berbagai macam zat warna. Salah satu contohnya
adalah Red No.2 yang memiliki struktur sebagai berikut:

Struktur Zat Pewarna Red No.2
Red No.2 dulunya digunakan seabagai pewarna minuman, tetapi ternyata bersifat sebagai
mutagen. Oleh karena itu, sekarang Red No.2 digunakan sebagai pewarna wol dan sutera.
4. Benzaldehida
Benzaldehida digunakan sebagai zat pengawet serta bahan baku pembuatan parfum karena
memiliki bau yang khas. Benzaldehida dapat berkondensasi dengan asetaldehida (etanal), untuk
menghasilkan sinamaldehida (minyak kayu manis).

sakit gigi. demam dan sakit jantung. Asam asetil salisilat • Natrium benzoat yang biasa ggunakan sebagai pengawet makanan dalam kaleng. dan asma. alergi. . diantaranya adalah: • Asam asetil salisilat atau lebih dikenal dengan sebutan aspirin atau asetosal yang biasa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit (analgesik) dan penurun panas (antipiretik).6. Oleh karena itu aspirin juga digunakan sebagai obat sakit kepala. Natrium Benzoat • Metil salisilat adalah komponen utama obat gosok atau minyak angin. gangguan ginjal. Asam Benzoat dan Turunannya Terdapat beberapa turunan dari asam benzoat yang tanpa kita sadari sering kita gunakan. Penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi lapisan mukosa pada lambung sehingga menimbulkan sakit maag. Metil Salisilat • Asam tereftalat merupakan bahan serat sintetik polyester.

Asam Tereftalat • Parasetamol (asetaminofen) memiliki fungsi yang sama dengan aspirin tetapi lebih aman bagi lambung. Penggunaan parasetamol yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan ginjal dan hati. Hampir semua obat yang beredar dipasaran menggunakan zat aktif parasetamol. Berikut ini beberapa turunan benzena yang umum: Struktur Nama Struktur Nama Toluena Fenol p-xilena Benzaldehida . Parasetamol SENYAWA TURUNAN BENZENA Kemudahan benzena mengalami reaksi substitusi elektrofilik menyebabkan benzena memiliki banyak senyawa turunan. Semua senyawa karbon yang mengandung cincin benzena digolongkan sebagai turunan benzena.

Manfaat benzena Benzena banyak digunakan sebagai pelarut nonpolar. bahan peledak. Manfaat fenol Fenol digunakan dalam pembuatan karbol/lisol yaitu sebagai desinfektan atau pembunuh kuman pada bahan pembersih lantai. dan deterjen. bahan pembuatan plastik. Stirena Asam Benzoat Anilina Benzil alkohol Selain senyawa-senyawa di atas. dan bahan dasar plastic bakelit. ataupun dua substituen atau lebih. tinta. sebagai bahan pembuat zat warna. masih banyak lagi senyawa turunan benzena yang terdapat di sekitar kita baik itu dengan satu substituen yang terikat pada cincin benzena. zat pewarna. sebagai bahan pembuatan pelarut pada pemurnian minyak pelumas. Dalam bentuk resin. Benzenejuga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan senyawa turunan benzena. dan juga digunakan dalam industry sepeda motor. nilon. fenol dimanfaatkan untuk mengawetkan kayu. . karet sintetik. membuat konstruksi bangunan. misalnya dalam pembersih cat dan pembersih karburator.

dan deman. seperti panu dan kutu air. Aspirin ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit jantung. Manfaat asam salisilat Asam salisilat ditambahkan ke dalam bedak dan salep sebagai zat antifungi (antijamur). . Aspirin banyak digunakan pada obat sakit kepala.Manfaat asam benzoate & natrium benzoate Asam benzoate dan garamnya (natrium benzoate) dimanfaatkan sebagai pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan dan minumann ringan Manfaat nipagin dan nipasol Nipagin dan nipasol memberikan manfaat yang sama seperti halnya asam benzoate dan natrium benzoate yang sebagai bahan pengawet width="100"> Manfaat butyl hidroksi toluene (BHT) dan butyl hidroksi anisol (BHA) butyl hidroksi toluene (BHT) dan butyl hidroksi anisol (BHA) digunakan sebagai zat antioksidan untuk mencegah bau tengik pada minyak goreng dan mentega. Manfaat asam asetilsalisilat (asetosal/aspirin) Asam asetilsalisilat dikenal juga sebagai aspirin atau asetosal dimanfaatkan sebagai zat analgesic (penghilang rasa sakit) dan zat antipiretik (zat penurun panas). sakit gigi. Zat ini juga digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit kulit. Asam salisilat juga ditambahkan dalam shampoo karena dapat mengikis lapisan ketombe dan secara aktif menghambat pertumbuhan mikroorganisme di kepala.

Manfaat zat warna azo Zat warna azo merupakan pewarna sintetik yang dikelompokkan menjadi dua jenis. Manfaat aniline (fenil amina/amino benzene) Aniline atau fenil amina digunakan sebagai bahan dasar pembuatan zat warna. yaitu pewarna tekstil dan pewarna makanan. . Manfaat Nitro benzene Nitro benzene digunakan sebagai bahan pembuatan aniline dan parfum pada sabun. trinitro benzene juga dimanfaatkan sebagai bahan peledak dan kekuatannya lebih besar daripada TNT. bahan bakar roket. dan juga bahan peledak. Manfaat trinitro benzene (TNB) Sama seperti trinitro toluene. obat- obatan. Manfaat trinitro toluene (TNT) Trinitro toluene digunakan sebagai bahan peledak karena mudah mengalami autooksidasi.Manfaat parasetamol/asetaminofen Parasetamol atau asetaminofen memiliki khasiat yang hampir sama dengan aspirin yaitu sebagai analgesic dan antipiretik serta lebih aman bagi lambung.