Penanggung Jawab
Azwir Nazar

Pemimpin Redaksi
Nurul Zahra Qasmira Zamal

Manajer R&D
Salam Redaksi.. Sufia Ummi Fadhal

Manajer Iklan
Puji syukur kepada Allah Swt. atas izin-Nya kami Haka Fajriana Febda Kurnia
Verelika Uliya Fatin
dapat menerbitkan majalah KONSTANTINESIA
edisi II. Kami mengucapkan terima kasih kepada
Editor
tim redaksi yang telah bekerja keras dalam
Aida Nurul Barokah
proses penyelesaian majalah serta teman-teman Mega Lestari Abadi
yang telah mengirimkan karyanya. Sarah Tsabita Kaysi
Tanty Arianty
Dalam edisi II ini kami mengusung tema “Sudut
Turki” yang akan meneropong lebih dalam me- Desain Grafis
ngenai hal-hal fenomenal dari Turki yang dapat Humam Ari Wahyudin
dijadikan cendera mata serta bekal bagi para Trastanechora Maestro
penerus bangsa ketika kembali ke tanah air.
Staf Redaksi
Kritik dan saran yang membangun sangat kami Amir Fadli Nasution
harapkan untuk membenahi kekurangan juga Asadullah Syamil Safiq
demi kualitas majalah yang lebih baik. Majalah Dea Amalia
ini diharapkan tidak hanya menjadi penyatu Fathiya Salima Fajri
seluruh masyarakat Indonesia di Turki namun JM. Vivi Violina
Umar Miftah Fauzi
juga mampu menghadirkan inspirasi serta men-
Nisa Zakiyah Fajrina
jadi ilmu yang bermanfaat.
Staf Litbang
Selamat membaca! Muhammad Zulfikri Khair
Resky Ervaldi
Salam Redaksi Majalah Teuku Zaqirul Haq
KONSTANTINESIA
(Bersatu Untuk Menginspirasi) Karikaturis
Muhammad Azzam

Biro Wilayah
Umar Miftah Fauzi
Ahmad Faqiih
Ahmat Izzet Islami
Asma Hanifah Ahmad
Nisa Zakiyah Fajrina
Fahmi Muhammad Hanif
Fitri Anjarsari
Mahardhika Muhammad

.

Sebagai mitra ANC Finance dalam mendekatkan diri ke pelajar di Turki dan juga sebagai wadah informasi yang kreatif dan menambah wawasan. (Faizal Prasetyo Adi. tapi semua PPI wilayah mengisi. ada artikel yang menulis secara rinci acara tersebut. para pelajarnya dan info yang menarik. isi beritanya sedikit. Proporsi tulisan dengan kombinasi gambar yang disesuaikan juga sangat memikat. dll. Bursa Teknik Üniversitesi) Awalan luar biasa untuk Konstantinesia dan PPI Turki. mulai dari topik yang berat sampai yang ringan semuanya dikemas secara menarik. kurang merangkul pelajar-pelajar di Turki. Misalnya di Izmir ada acara. nah. Mungkin bisa ditambah tentang sejarah Turki. Cuman. Bukan satu rubrik. lengkap dan konten-nya menarik. Hanya saja. (Bariza Erittin. Bisa juga ditambah tentang tempat kuliner yang biasa jadi tempat hang out mahasiswa Indonesia di Turki. Bisa diambil dari pelajar yang ada di Turki. (Muhammad Muallimin Al-Hafiz. Surat Pembaca Kalau timeline nya sih. ditambah rubrik profil. Sudah bagus. PNS Dinas Pendidikan) Majalah Konstantinesia sudah bagus dalam konten dan rubriknya. Apakah itu kabar dari PPI wilayah. Juga kalau bisa. Terus maju! (-ANC Finance. (Hulya Ashfie. Dan rubrik tokoh juga penting untuk ditambah. seperti tempat bersejarah dan destinasi wisata. Ege University) Luar biasa keren. Turkish Literature. Akan lebih baik jika majalah Konstantinesia memberi ruang bagi setiap PPI wilayah untuk mengisi satu rubrik di majalah.“feel safe with us!”) 1 . Iyi yazmalar. Bekasi) Awesome! Saya suka majalahnya. sudah bagus. Wawasan baru mengenai Turki. Alumni UIN. Irit sekali diterbitkan per musim. banyak inspirasi yang didapat. Banyak informasi yang bisa saya dapatkan.

bila ada per- hanya itu. butuh penopang. beberapa kasus bom ditutup hingga ada yang memu. Mulai positioning sebagai mitra yang Turki sampai Januari 2017 masih dari ada pelajar yang ditangkap. membangun sinergisme. jumlah pelajar. musibah ini kebanyakan adalah milih diam. dapi banyak ujian dan tantangan sebagai organisasi pelajar yang ruh dunia. dalam kondisi darurat sipil. traan dan komunitas di Turki. Ketua PPI Turki 2016-2017 Turki belakangan menjadi Dalam setahun ini kita mengha. bukan penembakan Dubes Rusia di nya keinginan besar dalam mementingkan “citra” dengan Ankara pada sebuah acara pa. harus dipandang dalam rangka tahil PPI Turki ke depan akan ngaruhi kehidupan WNI teru. untuk memperjuangkan aspirasi Dengan makin bertambahnya lakangan terus mempengaruhi dan advokasi kepentingannya. Namun. mengalami fase di mana tanta tama pelajar di Turki. membangun lagi motivasi un. “PPI harus bergerak atas landasan moral dan kemanusiaan. lah tercapai. Mereka bahasa yang disusun rapi tapi meran akhir Desember kemarin. menyelesaikan kuliah. dan dinamika kepelajaran. Perlindungan ne. Tak terputus beasiswa. baik di level agar cita-cita untuk tetap seko. tetap berada di jalur yang benar perbincangan hangat di selu. Sebagai organisasi lama ini sangat amat untuk ku. depan. bukan mus- Situasi demikian tentu meme. tuk saling menguatkan. butuh wadah untuk mengelabui. Kede. Organisasi Kemi- geopolitik Turki. Berbagai situasi yang terjadi be. lajar akan lebih tajam. hal kawasan maupun dalam negeri. yang dilakukan berbagai elemen pelajar dan semua. Tekad dan se. ngan hebat pascakudeta. tantangan PPI bisa saja informasi dan selalu waspada berkurang atau bahkan bertam- mengingat hal-hal buruk dapat bah seiring persoalan Turki yang Masjid Nabawi saja terjadi sebagai dampak terus bergejolak. mereka yang memiliki spirit kuat pelajar yang independen PPI liah. Kita selalu tuk bangkit setelah terjadi gunca ngan internal dan dinamika pe- mengingatkan teman pelajar un. pelajar yang mengalami sebagai institusi tak boleh me- kota Gunung Es Erciyes yang se. Pascakudeta militer di Turki yang memengaruhi pola kritis dan berani mengambil yang gagal pada 15 Juli lalu. sekolah yang Dengan demikian. harus bergerak atas landasan Yang paling mengentak adalah mangatnya menunjukkan ada. bukan mement- ingkan ‘citra’ dengan bahasa yang disusun rapi tapi untuk mengelabui” Azwir Nazar. untuk bertahan. berbagi pannya. wajib didapatkan. Besar harapan 30 Desember 2016 situasi terkini Turki. Bila tak kan kapan gonjang-ganjing ini Untuk itu segala aktivitas positif bisa berdiri di atas kepentingan berakhir. siapa pun dia maka PPI di Istanbul tapi juga di Kayseri. soalan yang dihadapi pelajar ke bunuh diri terjadi bukan saja tuskan tidak kembali ke Turki. ini menjadi tantangan tersendi- Mata uang Lira Turki Baru terus gara atas keamanan pelajar pun ri bagaimana caranya PPI Turki jatuh dan belum dapat dipasti. moral dan kemanusiaan. kita estafet kepemimpinan PPI 2 . hangat.

Armenia. “Bangsa yang telah ada sejak beribu tahun ini tak hanya memiliki kekayaan di dalam budaya saja. Sudut TURKI Oleh: Dea Amalia Amanda & J. Azerbaijan dan Iran di sebelah Timur dan Laut Mediterania di bagian Selatan. Laut Marmara merupakan bagian dari Turki yang digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua. tetapi juga keindahan negeri yang begitu menawan. Vivi Violina APA ITU SUDUT TURKI? Republik Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah Utara. Yunani dan Laut Aegea di sebelah Barat.M. percampuran budaya Timur dan Barat di Turki tergolong unik dan sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua peradaban.” 3 .

masyarakat Turki selalu mengawali dengan roti (Ekmek) dan sup. masih terdapat kurangnya kompromi politik untuk mengakhiri pelarangan tersebut. Wanita dan anak-anak juga selalu didahulukan terlebih dahulu. Kerajaan Ottoman mulai mengembangkan sayap. Turki sangat berbeda dengan lidah orang Indonesia secara umum. Turki menjadi khalifah Islam yang melibatkan interverensi sejumlah negara asing. Negara ini memiliki penduduk yang mayoritas beragama Muslim dengan persentase 98. Untuk Islam sebagai agama resmi sejak saat itu. Fakta unik lainnya TEROPONG TURKI adalah di Turki tidak ada saus sambal melainkan hanya ada sambal tomat. Bagaimanapun juga. Turki memiliki minuman yang demokratis dan bersatu. Wanita berjilbab juga ditolak di sebagian besar perusahaan swasta. Nama Turki sendiri khas bernama Ayran. Makanan dan Minuman Soal rasa dan penyajian makanan. para pria selalu berusaha menjaga jarak jika berdekatan dengan wanita. Fakta 4 . Sejak saat itu pulalah pemerintah Turki Ottoman memperoleh pengaruh Islam yang kuat. Bangsa Turki (çay) juga menjadi minuman ikonis dari negeri telah berimigrasi sejak lama dan memasuki daerah ini. Pelarangan jilbab masih menjadi sebuah topik hangat bagi Turki selama satu dekade. Sejarah Singkat Turki adalah sebuah negara republik konstitusional Untuk kategori minuman. Uniknya. menandakan kita tidak ingin minum teh lagi. Akan tetapi.6%. Beberapa instansi pemerintahan masih tidak mempekerjakan para wanita yang mengenakan jilbab. Bahkan sepeninggalan Khulafaur Rasyidin. lain dari negara Turki yaitu mereka menggunakan Mazhab Hanafi. Agama Pada tahun 2010 Turki menduduki peringkat ke-8 sebagai negara dengan populasi Muslim terbanyak dalam catatan The Pew Forum on Religion & Public Life. Turki sangatlah menghormati wanita. Mereka mulai tuan rumah maupun pelayan akan menuangkan mengenal Islam pada abad ke-9 dan menjadikan teh ke gelas kosong kita tanpa diminta. Kota-kota milik Kerajaan Romawi ditaklukan hingga akhirnya berhasil merebut Konstantinopel pada abad ke-12 di bawah kekuasaan Sultan Mehmet II. para Turkistan dan Persia pada abad ke-11. Masyarakat Turki jarang sekali menambahkan garam ke dalam makanan. baik di rumah maupun restoran. Selain itu teh asli turki berarti tanah milik orang-orang Turki. di Turki jarang sekali kita menemukan wanita dan laki-laki duduk berdekatan di dalam transportasi umum. Setiap makan. biasanya orang Turki meletakkan sendok teh Berdirinya Kerajaan Ottoman bermula dari terbalik di atas gelas. yaitu perpaduan antara plain berasal dari bahasa Arab. Oleh karena itu. Kota ini terkenal dengan sistem pertahanan yang kuat dengan tiga lapis benteng dan dibangun di atas tujuh bukit di antara Tanduk Emas dan Laut Marmara. hancurnya Kerajaan Seljuk. Jika ada wanita ataupun orang lanjut usia di dalam transportasi umum para remaja dan pria dewasa biasanya akan berdiri dan memberikan tempat. Di bawah pimpinan Sultan Osman. yakni Turkiyyah yang youghurt dengan garam.

Sistem pendidikan formal memiliki tiga tahapan. Sedangkan untuk pendidikan tinggi mebutuhkan waktu tetapi juga keindahan negeri yang begitu sekitar 4 tahun. Berbicara pariwisata di Turki tentu tidak Untuk pendidikan dasar membutuhkan waktu 8 tahun. Jika di Indonesia kita sering melihat orang menggunakan sandal ke luar rumah. pendidikan menengah. Di kota ini kita dapat menyaksikan perpaduan Islam dan Kristen. Bahkan para menyambut setiap pengunjung dari atas balon udara. yaitu tahap pendidikan Pariwisata dasar. dan terbenam dengan menggunakan balon udara. akan pernah habis. Para pekerja di Turki dari pegunungan hijau yang dipenuhi dengan daun guru hingga sopir rata-rata menggunakan teh hingga gunung salju terdingin. paruh baya pun menggunakan jas ketika Kemudian di timur Turki kita akan menemukan keluar rumah. jas dan berdasi. Setiap sudut Turki selalu di Turki adalah pada saat menempuh perguruan tinggi menyimpan keunikan dan sejarah yang tidak ada pembuatan skripsi. Konya. Hal berkesempatan mengenyam pendidikan formal dan itulah yang membuat Turki tak pernah sepi orang yang ingin mengembangkan ilmunya atau untuk dari pengunjung selain dari keramahan mereka yang drop out. memiliki kekayaan di dalam budaya saja. Pun percampuran bangsa Turki dan Romawi yang tersembunyi di ujung menara-menara masjid dan tembok- tembok benteng kota lama. Orang Turki menggunakan sandal Turki memiliki dua jenis sistem pendidikan. Petugas kebersihan dan Canakkale. 5 . dan dapur umum selalu menggunakan seragam Fathiye juga menjadi destinasi yang paling dicari berwarna putih atau warna cerah lainnya. Pamukkale. Percampuran budaya Eropa dan nonformal tersedia bagi setiap orang yang tidak Asia terasa begitu kental di negeri ini. Contoh hal menarik yang diterapkan menawan. Selain Istanbul. Kota yang menjadi ikon Turki tentulah Istanbul. orang Turki selalu paling utama untuk melihat pesona matahari terbit berpakaian rapi dari kemeja hingga jas. Bursa. serta pendidikan tinggi. Merupakan hal biasa melihat orang-orang Selanjutnya panorama lembah batu bertingkat akan menggunakan jas di Turki. warganya. Sedangkan pendidikan berbeda. Kayseri. oleh para turis. Bangsa yang telah pendidikan menengah atau biasa disebut Ortaokul ada sejak beribu tahun ini tak hanya atau Lise Ortaokul membutuhkan waktu 3 tahun. Kota ini menjadi pilihan Di kesehariannya. di Turki orang-orang lebih sering menggunakan Pendidikan sepatu. Kota metropolitan yang juga menjadi simbol saksi bisu peradaban paling hebat di Eropa. di Turki kita dapat menemukan Pakaian kota bernama Kapadokkia. yaitu sistem di dalam rumah ataupun toilet. Antalya. pendidkan formal dan nonformal.

metrobus -Fransisco Afrid.intipsejarah. dapat diisi ulang. Adapun keutungan menggunakan Istanbulkart yaitu multifungsi. mudah digunakan. mudah dengan subway. Teknologi Teropong Turki untuk sudut teknologi kali ini adalah melalui perusahaan Teknologi Militer Roketsan dan Tubitaksage Turki menciptakan rudal terbaru dari pengembangan SOM (Satha Arilan Menzili Muhimmat) ke SOM-J. http://tikadwitdk. umum yang nyaman untuk membawa kita -Guru Kelana. kapal-perang. juga dapat menghancurkan basis kapal perang musuh.com/2015/12/som-j-rudal-penghancur- dan feri. 2016. Transportasi Sumber-sumber: Negara yang memesona dan menyimpan -Wikipedia. http://www.com/2014/07/14/ transportasi-di-turki-i/ . kita bisa jalan-jalan murah di kota Istanbul.org/wiki/Turki. Berbagai tempat wisata -Kustia. dan dengan Istanbulkart kita otomatis akan 6 . https://gurukelana.html diakses tanggal 26 Oktober 2016. diakses pada tanggal 27 Oktober memiliki berbagai jenis transportasi 2016.upi. 2015. -Kurniawan. utama. http://www. satu kartu dapat digunakan untuk beberapa orang. diakses pada tanggal 26 Oktober 2016.html. 2014. Turki. pusat belanja. Sejarah berdirinya negara Turki. Perbedaan Negara Turki dengan Indonesia. menelusurinya. 2015. diakses tanggal 26 Okto- ber 2016. berpadu dengan sentuhan modern ini com/2014/08/sejarah-berdirinya-negara-turki. taman-taman kota blog. Transportasi di Istanbul. https://id. Tika Dwi. SOM-J Rudal Penghancur Kapal Perang buatan Turki Siap Operasional 2016. Apalagi dengan adanya Istanbulkart.wikipedia. menghancurkan pesawat yang terparkir. mendapatkan diskon 10% dari tarif normal kendaraan umum.edu/2015/10/11/perbedaan-negara-indonesia-dengan-negara-turki/ diakses dan tempat hang out bisa dicapai dengan pada tanggal 27 Oktober 2016. SOM adalah sebuah senjata “Rudal Jelajah” yang mampu terbang sejauh 2 5 0 km untuk menghancurkan bangunan dan kubu pertahanan musuh. kekayaan sejarah yang berlimpah. Rahmad. trem. 2014.afrid-fransisco.

BULETIN PPI TURKI 7 .

23 dan 30 Oktober 2016 lalu. Semangat PPI Ankara Aktif A+ ini mendapat apresiasi positif dari para mahasiswa baru maupun dari pihak Kedutaan Besar Indonesia. kita diajarkan tentang perbedaan seorang pemimpin. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Kedutaan Besar Republik Indonesia dan puluhan mahasiswa yang berasal dari luar Ankara. Program pertama bernama Latihan Dasar Organisasi (LDO). Dalam kegiatan ini. Dalam rangkaian kegiatan Hello Autumn yang dilaksanakan pada tanggal 22. Acara ini diselenggarakan selama dua hari dan diakhiri dengan Kompetisi Olahraga Putra dan Kompetisi Olahraga Putri (Kopa-Kopi) se-Ankara. Sampai berjumpa di program kerja PPI Ankara lainnya. Rangkaian Hello Autumn ditutup dengan event megah demi menyambut kedatangan mahasiswa-mahasiswi dan keluarga baru PPI Ankara dalam welcoming ceremony. Kopa-Kopi menjadi salah satu ajang pelepas penat sekaligus ajang silaturahmi. PPI Ankara telah menghidupkan musim gugur ini dengan program-program inovatif yang bertemakan Hello Autumn. Acara yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda ini menghadirkan berbagai games dan tata ruang yang cantik di Wisma Duta KBRI. yaitu Bapak Yusliandi Ginting dan kakak kita Syafri Hariansyah yang tentunya sangat membantu kita agar menjadi generasi-generasi yang lebih kompeten. 8 . Kegiatan ini dikemas menarik dengan tema Boss Versus Leader. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana di musim-musim yang akan datang. PPI Ankara hadir dengan 3 program unggulan. Materi ini disampaikan oleh 2 pembicara ahli dan sudah berpengalaman di bidangnya.PPI ANKARA Musim gugur memiliki arti tersendiri bagi PPİ Ankara Aktif A+.

acara berlanjut ke Jejak Bursa. İstanbul. Salah satu program unggulan PPI Istanbul tahun ini adalah ISAY Project (Indonesian Student Association in Istanbul Youth Project). yaitu ISAY Forum 2016. juga sebuah pelatihan kepemimpinan yang mengundang Yaseer Rashed. PPI Istanbul berusaha memfasilitasi kebutuhan anggota yang memiliki berbagai latar belakang pendidikan dengan mengadakan berbagai program. Tiga rangkaian awal dari ISAY Project dapat terlaksanakan. Küta- hya. Denizli dan Ankara juga berkunjung ke Bursa hari itu. Bapak Wardhana. diadakan cerdas cermat yang bertujuan menguji wawasan tentang kota Bursa. Timur. yang menariknya ada beberapa teman dari kota selain Bursa yang ikut serta pada acara ini. seorang international Badan Pengurus Harian PPI Istanbul (BPH PPI trainer. pertengahan Desember. PPI ISTANBUL PPI Istanbul 2016 diketuai oleh Fikri Rahmat dan wakilnya Nabila Yahdiani Aliah. PPI BURSA Sabtu. rangkaian akhir. diawali kajian oleh Mas Luqman. dibatalkan karena berbagai pertimbangan Dua kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah mengenai keamanan Istanbul pasca-percobaan diskusi santai bersama CEO KitaBisa. Terima kasih KBRI. Dengan jumlah anggota yang terhitung banyak. Setelah kajian selesai. mahasiswa baru yang akan melanjutkan studi doktoral-nya di kota Bursa. Meski melelahkan. teman-teman PPI Bursa mengadakan acara Kaji- an Islami dan Jejak Bursa. te- man-teman dari Gerakan Turun Tangan. Kegiatan terakhir tersebut diadakan dengan Istanbul) terus mengadakan berbagai kegiatan kerja sama antara PPI dan Persatuan Pelajar sebelum akhir masa kepengurusan pada Malaysia (MASAT). Tidak hanya KBRI. seminggu sebelum Turki mera- yakan hari kemerdekaannya. ISAY Speak Up! (diskusi rutin). program ini tetap seru dan meriah dikarenakan antusiasme yang tinggi dari teman-teman PPI Bursa. Di program ini teman-teman PPI Bursa bersama-sama me- napaktilasi sejarah dan modernisasi kota Bursa. Namun. yaitu sekitar 200 orang. Di akhir acara. teman-teman dari kota İzmir. dan diakhiri dengan ISAY Forum 2016. Di acara yang merupakan salah satu program kerja PPI Bursa ini. dan semua yang sudah meramaikan acara pada akhir pekan yang seru ini. 22 Oktober 2016. ISAY Project adalah rangkaian dari Focus Group Discussion. PPI Bursa mendapat kunjun- gan spesial dari KBRI untuk memberikan bantuan beasiswa kepada teman-teman PPI Bursa yang terputus beasiswan- ya. ISAY Research (kelompok belajar). Acara yang berlokasi di Mete Cengiz Kültür Merkezi ini diawali dengan sambutan dan nasihat oleh Duta Besar Indonesia untuk Turki. Alfatih kudeta pada tanggal 15 Juli lalu. Uşak. Keesokan harinya. 9 .

PPI Izmir ialah satu. dan makanan. Tak butuh banyak waktu untuk mengenal keluarga baru PPI Izmir. Lukmanul Hakim selaku ketua PPI Kayseri menuturkan bahwa tujuan piknik kali ini adalah untuk mempererat tali silaturahim antaranggota. mengadakan piknik di Gunung Ali Dağ. atau latar belakang yang hambarnya ekmek dan telur rebus berbeda. Sebuah keluarga yang tak lagi ada sekat lezatnya rendang. serta kebahagiaan yang hakiki pada tawa. serta memperkenalkan anggota yang baru bergabung di keluarga besar PPI Kayseri. 10 . anggota PPI Kayseri lebih kompak di masa mendatang. Tergambar jelas dalam itu semua. obrolan. Acara yang berlangsung dari pukul sepuluh pagi hingga pukul setengah tiga siang itu diakhiri dengan berfoto ria bersama seluruh anggota yang Minggu. nasi goreng. seakan sudah mengenalnya cukup lama. rasanya kebahagiaan tak akan pernah sirna. Acara yang dipersiapkan oleh Dewan Pengurus Harian (DPH) Kayseri ini diawali dengan rapat DPH PPI Kayseri. PPI KAYSERI Piknik kali ini dihadiri oleh tiga puluh lima anggota PPI Kayseri. antara status pendidikan dan usia. 9 Oktober 2016. justru sumringah yang dirasa ketika PPI Izmir bertambah anggota keluarga. kemudian dilanjutkan dengan acara makan bersama dengan menu sate. Kayseri. ‘Surga’ kami sungguh Ah. Berkumpul meleburkan ayam sambal. golongan. Indonesia. bakwan dan sup daging. para pendatang baru yang hanya tahu merhaba dan teşekkürler. di sini. Lukman berharap dengan FOTO KAYSERI diadakannya acara ini. Bukannya lelah. Welcome Party menjadi resepsi kebahagiaan selain syukur kepada- Nya. Perhimpunan Pelajar Indonesia di Kayseri hadir. telur balado. Ali Dağ Mesire Alanı. rasanya perut ini memberontak ketika membayangkan sederhana. melainkan langkah kekeluargaan baru telah dimulai asrama. Lalu lalang menembus angin Izmir agaknya bukan pula halangan untuk mengurus segala hal yang dibutuhkan oleh kami. pecel yang tersanding di antara Bukan sebuah daerah. PPI IZMIR Belum genap seminggu menjajakkan kaki di Izmir.

Kenalan Mahasiswa Sakarya. Korucuk. mereka pun ikut andil dalam membantu mempersiapkan acara ini. Walaupun sederhana. kami memenuhi kebutuhan spiritual dengan kegiatan kerohanian. keluarga sampai Warga Negara Indonesia yang menikah dengan Warga Negara Turki (Gelin) juga ikut hadir dalam acara ini. Tahun ini. kami bertilawah Al-Qur’an serta menyimak ceramah dari teman-teman PPI Konya. Selain sehat secara jasmani. adalah sebuah kegiatan silaturahim yang rutin dilakukan setiap tahun oleh pelajar Indonesia di Sakarya. Di tengah kesibukan kuliah. Sekitar 40 orang yang terdiri dari pelajar lama dan beberapa keluarga menyambut kehadiran 11 mahasiswa baru. Kegiatan tahunan kami salah satunya adalah Öğrenci Buluşması. agar tetap hangat “Salam Sakarya” yang merupakan akronim dari Sambut dan walaupun di perantauan. Kami pun memiliki program diskusi bersama narasumber dengan materi diskusi yang beraneka ragam. PPI KONYA PPI Konya telah melaksanakan banyak program dan kegiatan organisasi. PPI SAKARYA Bahkan tidak hanya hadir. Salam Sakarya diadakan pada Sabtu. Kegiatan ini menjadi program dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Sakarya (PPI Sakarya) yang mengundang seluruh masyarakat Indonesia di Sakarya agar dapat saling mengenal satu sama lain. Di sini kami mempertunjukan kebudayaan khas Indonesia seperti silat. Di dalam kegiatan kerohanian ini. Tahun ini kami membuat dua buah karya berupa video seputar wisata kuliner khas Konya dan Street Interview yang dapat ditonton di channel Youtube PPI Konya (Layar PPI Konya). tari saman. Salah satu kegiatan rutin PPI Konya adalah olahraga futsal yang diadakan setiap pekan kecuali pada musim dingin. kami juga menyempatkan diri untuk berkarya. 6 di antaranya adalah penerima beasiswa dari pemerintah Turki dan 5 mahasiswa biaya mandiri. Dari pelajar. 11 . Tak lupa program favorit yaitu piknik yang biasanya dilaksanakan pada saat musim gugur usai ujian tengah semester. Sakarya. 22 Oktober 2016 di Korucuk Park. kegiatan ini menjadi pintu konektivitas masyarakat Indonesia di Sakarya. dsb. Acara ini merupakan ajang di mana mahasiswa setiap negara memperkenalkan kebudayaan mereka.

dan Rapat Evaluasi Tengah Tahun MPA PPI Trabzon. Salah satunya adalah Spring Festival yang jatuh pada bulan Mei. Sepanjang tahun 2016 ini. PPI Trabzon mengadakan tiga events sekaligus dalam satu hari di kediaman “Manten Anyar Trabzon” alias kediaman pasangan muda Ummi & Ghazali. 12 . Acara tersebut terdiri dari Rubik (Rumah Bicara Kreatif). PPI Samsun bertamasya mendalami kota Samsun dengan mengunjungi Samsun Adventure Park untuk bermain paintball. Kemudian pada bulan Juni. yaitu piknik yang jatuh pada bulan April. aktivitas pelajar Indonesia di kota Samsun diawali dengan acara andalan PPI Samsun. Jamuan makan siang oleh tuan rumah pun melengkapi rasa bahagia kami. Rapat Evaluasi Tengah Tahun oleh MPA PPI Trabzon menjadi penutup kegiatan kami dan menghantarkan kepada ucapan terima kasih untuk seluruh pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini. PPI SAMSUN Penyenggelaraan Spring Festival di kota Samsun disponsori oleh Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı atau YTB. Acara dilanjutkan dengan TBZ61. Selain makan-makan. TBZ61. PPI Samsun rutin mengikuti acara ini dan tahun ini merupakan kali ke-3 kami membawa nama Indonesia untuk lebih dikenal di Turki. Rubik kali ini bertajuk “Erasmus Talk Show” dengan dua narasumber yang merupakan mahasiswi Indonesia di KTU Trabzon yang baru saja kembali dari program pertukaran pelajar Erasmus. sebelum libur panjang tiba dan tepat setelah ujian akhir selesai. PPI TRABZON Dalam memulai tahun ajaran 2016/2017. PPI Samsun juga melakukan diskusi atau rapat untuk acara yang akan diselenggarakan sepanjang tahun ini. Anis Uswatun Hasanah dari Swedia. dan Nur Al Faizah dari Republik Ceko. di mana teman-teman diajak menguras otak sekaligus tertawa bahagia saat games dimulai.

13 .

14 .

T: Dibandingkan dengan negara lain. beserta rombongannya dalam rangka memberikan bantuan beasiswa pada Sabtu (22/10) di Uludağ University. peluang kerja sama terbuka luas antara Indonesia dan Turki. Bincang Bersama Duta Besar Republik Indonesia. Tentunya sangat disayangkan kalau pengalaman yang diperoleh di Turki tidak bisa di implementasikan dalam rangka mengembangkan kapasitas pribadi maupun untuk tujuan membantu negara dan bangsa kita. industri. Bapak Wardana. Tentunya ini akan menjadi nilai tambah. T: Kami sebagai mahasiswa Indonesia di Turki ingin menerapkan apa yang telah kami pelajari. Jadi. ekonomi. tapi saran saya lebih fokus pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya produktif. sosial budaya. telah disepakati untuk menaikkan tingkat dukungan ke Indonesia- Turki untuk menjadi Strategy Partnership. Supaya apa-apa yang telah kami pelajari di sini bisa kami terapkan di Indonesia. apa perhatian pemerintah sendiri untuk hal seperti ini? J: Kalau sudah kembali ke Indonesia. apa saja hal menarik yang menjadi perhatian besar Bapak? J: Di tahun 2011 pada suatu kunjungan. Intinya adalah kerja sama dalam konteks strategy partnership itu boleh dikatakan levelnya lebih tinggi daripada kerja sama bilateral biasa. Bagaimana bisa mengembangkan. Bursa. Justru kalian semua belajar di luar negeri termasuk di Turki di samping penambahan kapasitas keilmuan. pertahanan dsb. kami tidak tahu langkah apa yang pertama kali kami lakukan. Bapak Wardana “Pengembangan komunikasi. juga menambah wawasan yang tidak diperoleh teman-teman yang tidak belajar di luar negeri. interaksi yang intensif itu akan menambah cara berpikir kita. ketika baru menjabat sebagai duta besar Republik Indonesia di Ankara. Buat saja forum ikatan alumni atau semacamnya. ini semua bisa jadi bahan pengembangan untuk kita lebih mengembangkan diri” T anya jawab dalam pertemuan sejumlah mahasiswa Turki dengan Kedutaan Besar RI di Ankara. dari segi kerja sama yang telah didedikasikan. aktivitas dari teman-teman sendiri. Cari sarana yang bisa mendorong kita mampu mengembangkan diri dengan baik. hanya saja terkadang ketika balik ke Indonesia. wawasan kita. 15 . banyak sekali kaitannya dengan kerja sama di bidang politik. Nah. Kerja sama strategy partnership ini didedikasikan untuk berbagai peluang yang bisa dikembangkan. mendukung program pengembangan di bidang kerja sama kedua negara. ini balik lagi ke kreativitas.

Ini point yang saya kira yang diharapkan pemerintah sendiri terhadap cukup menarik. bagaimana bisa menjalin made. Pengembangan komunikasi. sampaikan tadi. Fadhal & Fahmi M. Dengan adanya respon positif- T: Indonesia sedang meningkatkan bantuan-ini. menyelesaikan study-nya di Turki ini dapat terlaksana. mudah-mudahan nanti akan ada penerbangan working dengan pihak asing yang mungkin baru dari Istanbul ke Denpasar. dalam sektor apa teman akan mampu lebih memberikan fokus sajakah kerja sama seperti itu? perhatiannya pada kegiatan belajar. Jadi pada saat teman-teman di kami mahasiswa yang telah menerima bantuan Indonesia. Ada penerbangan baru langsung dari Turki tambah bagaimana komunikasi dengan ke Jakarta lewat maskapai Turkish airlines dan pihak asing. Turki yang berada di luar negeri itu memiliki nilai juga.000 watt oleh Pak Presiden. situ. Lalu bidang apa saja yang bisa dimaksimalkan Kemudian akan ada produksi di kedua negara. harus lebih kita garap lagi. Hanif Penulis Ulang: Nisa Zakiyah F. pemerintah semaksimal mungkin. Saya kira J: Yang jelas untuk teman-teman untuk sistem visa kita sudah bebas visa. Kalau dalam konteks industri pertahanan. wawasan kita. Ini suatu hal yang tidak akan diperoleh oleh teman-teman yang luar biasa. interaksi yang intensif itu akan menambah T: Dengan beberapa kondisi sulit cara berpikir kita. mudah-mudahan 2017 bisa didemonstrasikan. seperti yang sudah Bapak membuat medium tank (tank kelas menengah). salah satunya yaitu nilai tambah. T: Banyak perbedaan antara mahasiswa kita juga sudah bekerja sama antara salah satu yang kuliah di Indonesia dengan mahasiswa perusahaan kita dan perusahaan Turki untuk yang kuliah di Turki. teman-teman memiliki posisi tertentu tersebut? sehingga teman-teman tidak canggung lagi J: Prinsip pertama adalah menyakinkan menghadapi suasana seperti itu karena sudah bahwa keinginan teman-teman untuk segera biasa kita lakukan. kami sangat berterima kasih jadi bahan pengembangan untuk kita lebih atas bantuan pemerintah terhadap kami. ini semua bisa belakangan ini. harapan kita justru teman- hubungan dengan Turki. ada di Indonesia. 16 . oleh karena itu saya coba tinggi. kita tawarkan ke mereka dan mereka ternyata banyak yang tertarik untuk masuk ke Perekam: Sufia U. Manfaatkan kepercayaan yang diberikan tarik mereka untuk memberikan perhatian. Kita ada proyek namanya perkembangan penciptaan tenaga listrik 35. Juga J: Perusahaan Turki memiliki keunggulan berusaha untuk memperoleh prestasi yang lebih di sektor energi. dengan penuh untuk mahasiswa yang kuliah di Tantangan kita untuk saat ini adalah sektor Turki itu sendiri? pariwisata. Apa mengembangkan diri.

Negara Bahkan. Namun. Satu hal yang sering kita lupakan. belakangan ini Bandung ramai dengan yang keindahan alamnya mempesona dunia.” Strategi Sederhana yang Efektif Oleh: Realistyo Elang Wicaksono I ndonesia merupakan negara yang pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah kaya akan sumber daya alam. penduduknya. membutuhkan angin segar berbagai masalah lingkungan hidup termasuk dalam mengatasi masalah sampah ini. Berbagai cara dilakukan sampah ialah “banyak tempat sampah. Sekarang ini Indonesia sedang Kepadatan penduduk tersebut mengakibatkan membutuhkan inspirasi. Indonesia juga melainkan masalah serius dan harus kita perhatikan. masalah kebersihan angin segar inspirasi datang dari Negara Timur Tengah.” 17 . Ini membuktikan bahwa hayati. keanekaragaman budaya dan keramahan sampah bukan hal sepele yang bisa kita lupakan. Di sisi lain. tapi tetap saja belum bisa teratasi. Negara tersebut. dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa. yang tanah dan lautnya subur. Kebetulan. Ada satu yang berbeda dari Negara Sampah adalah hal sepele yang mungkin Turki dalam pengelolaan sampah. denda sampai lima puluh juta bagi para pembuang Negara yang terkenal dengan keanekaragaman sampah sembarangan. merupakan Negara Muslim terpadat di dunia. “Satu hal yang patut dicontoh dari Negara Turki dalam mengelola sampah: banyak tempat sampah. hal ini justru dapat patut dicontoh dari Negara Turki dalam mengelola menjadi masalah serius. Turki.

Keinginan membuang sampah sembarangan akan lenyap setelah melihat ada tempat sampah di depannya.” Hal ini justru mendorong kita. mengatakan bahwa lebih banyak tempat sampah tidak ada gang-gang kumuh. hingga ada yang menerapkan strategi ini. sadar arti kebersihan. hal ini dapat dijadikan pendidikan secara langsung kepada anak-anak usia dini dalam membangun kesadaran mereka membuang sampah pada tempatnya. malah membuang sampah sembarangan. dan sebagainya. Tempat pun tidak perlu bekerja ekstra. kita tidak perlu pusing-pusing mencari tempat sampah. yang sebelumnya punya niat untuk membuang sampah pada tempatnya. Masyarakat akan sampah banyak ditemukan di sokak (jalan). 18 . Dikarenakan jarak tempat sampah satu dengan yang lain pendek. Pendeknya jarak tempat mencobanya? Why not? sampah satu dengan yang lain inilah yang membuat Turki berbeda. apabila Indonesia menempatkan tempat sampah. Dengan begini kesadaran membuang sampah pada tempatnya akan terbangun dari generasi ke generasi. Sederhana tapi efektif. Terlintas pikiran “mau buang sampah pada tempatnya kok malah susah. gang. Kalau diperhatikan. petugas kebersihan dibandingkan sampahnya itu sendiri. Apa salahnya cenderung pendek dan bervariasi mulai dari 10 kita mencontoh Negara Turki? Mengapa kita tidak meter hingga 20 meter. Mungkin denda lima puluh gang. pengalaman saya sendiri sering kesulitan mencari tempat sampah. Jarak juta rupiah untuk pembuang sampah sembarangan antara tempat sampah satu dengan yang lain tidak akan pernah ada di Indonesia. Selain dapat menggugurkan niat membuang sampah sembarangan. Turki banyak Mari kita bayangkan. Berbeda dengan di Indonesia. Penempatan banyak tempat sampah dengan jarak satu sama lain pendek ini adalah suatu strategi yang jitu dalam mengatasi permasalahan sampah. taman bermain. lingkungan akan bersih.

Oleh: Fathiya Salima Fajri “Inovasi ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dikarenakan pada saat ini manusia masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi utamanya” 19 .

Pada saat siang hari. Itu artinya. Proyek ini bertujuan untuk memperbarui energi bersih dan penghematan listrik. Energi surya merupakan sumber energi terbesar di bumi ini yang tidak dapat diperbaharui dan tidak akan habis hingga akhir zaman. lampu tenaga surya mengisi baterainya untuk digunakan pada malam hari. pembangkit listrik tenaga matahari menghasilkan listrik tidak langsung yang kemudian panas dari cahaya matahari akan ditangkap oleh sel–sel fotovoltaik. E nergi matahari atau energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Di Turki. 20 . Pertama. Inovasi ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dikarenakan pada saat ini manusia masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi utamanya. Batas penyalaan lampu tersebut tergantung dari berapa banyak sinar matahari yang diperoleh saat siang hari. sebuah panel surya. dan sebuah baterai isi ulang. manusia harus terus membuat inovasi untuk keberlangsungan hidupnya. pemanfaatan energi surya sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah yang dinamai “Solar Kavşak Projesi” (proyek tenaga surya yang ada di persimpangan jalan). Lalu. Energi surya juga termasuk dalam energi alternatif. yaitu energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. sumber energi tersebut akan habis. panas matahari tersebut digunakan untuk memanaskan cairan yang selanjutnya menjadi uap dan akan dipanaskan oleh sebuah generator yang menghasilkan listrik. fotovoltaik. Cara kerja dari lampu ini sangat sederhana. Lalu bagaimana cara kerja lampu tenaga surya ini? Lampu tenaga surya adalah lampu yang menggunakan tenaga matahari dan terdiri dari lampu LED. Pada saat malam hari. lampu ini akan secara otomatis menyala meskipun ada beberapa yang menyala secara manual. Padahal menurut perkiraan. Proyek energi surya ini sudah diwujudkan dengan adanya lampu tenaga surya yang berada di Bandara Internasional Atatürk dan lampu lalu lintas.

perubahan UUD 1945. Selain itu. Ankara. dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum. dan prinsip negara hukum. Mahkamah Konstitusi berwenang Turki (Anayasa Mahkemesi) yang juga bertempat mengadili pada tingkat pertama dan terakhir di ibu kota Turki. memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. korupsi. pengkhianatan terhadap negara. Alasan yang sama juga Berkedudukan di ibu kota negara Republik melatarbelakangi pendirian Mahkamah Konstitusi Indonesia. yang sesuai dengan Keberadaan lembaga tersebut memang tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan dalam UUD 1945. tindak pidana berat lainnya. Mahkamah Konstitusi Kewajiban itu yang dikenal sebagai kewenangan Republik Indonesia memiliki peranan sangat untuk memutus pemakzulan (impeachment) penting dalam usaha menegakkan konstitusi terhadap presiden dan/atau wakil presiden. memutus pembubaran partai politik. dan/atau tidak lagi memenuhi mumpuni dalam mengatasi berbagai persoalan syarat sebagai presiden dan/atau wakil presiden bangsa. Peradilan konstitusi tersebut ketatanegaraan yang mungkin timbul pasca ada sejak 2003. orde sebelumnya. Mahkamah Konstitusi wajib memberikan putusan atas pendapat DPR bahwa presiden dan/atau wakil presiden diduga telah melakukan pelanggaran hukum berupa 21 . sejak diberlakukannya Undang. atau yang memiliki peran penting dan perbuatan tercela. kekuasaan kehakiman. serta untuk mengatasi Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah persoalan-persoalan yang kerap muncul pada Konstitusi. 2002 telah menciptakan satu lembaga penyuapan. Perbedaan Kewenangan Mahkamah Konstitusi Indonesia dan Turki Oleh: Luthfi Widagdo Eddyono Anggota Indonesia-Turkey Research Community (ITRC) Kewenangan Konstitusional Mahkamah Konstitusi Indonesia P erubahan UUD 1945 pada tahun 1999. yang putusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lembaga tersebut adalah Mahkamah sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Konstitusi yang merupakan salah satu pelaku Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

menyangkut pelanggaran perkembangan. juga peraturan pelaksanaan parlemen Turki (Grand National Assembly of Turkey). menjadi salah satu organ konstitusi tertinggi Selain itu. complaint). ketua Mahkamah Konstitusi Turki mulai melakukan parlemen. keputusan memiliki kekuatan hukum yang dikeluarkan selama keadaan darurat.gov.tr. pengadilan Tata Penghakiman Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Konstitusi Turki yang setara dengan Majelis Nasional Agung dan berwenang menyelesaikan perkara pembubaran kekuasaan eksekutif. anggota dewan menteri. pengadilan tinggi Nomor 44 Tahun 1962 tentang Pembentukan dan tingkat banding. serta ditempatkan sebagai partai politik (dissolution of political parties) organ peradilan pertama di antara “Pengadilan dan melaksanakan audit keuangan terhadap Tinggi” di Turki.Kewenangan Konstitusional Mahkamah Konstitusi Turki Sebagaimana informasi termuat dalam Kewenangan Mahkamah Konstitusi Turki laman http://www. terjadi pula perubahan konstitusi hingga akhirnya Selebihnya. PTUN Tinggi Militer. serta mengadili presiden. yaitu pemecatan anggota parlemen (disqualification memeriksa konstitusionalitas undang-undang dan from membership). 22 . tidak dapat diajukan ke Mahkamah Konstitusi. parlemen (cases of parliamentary immunity Kewenangan Mahkamah Konstitusi Turki membership to parliament) yang termasuk juga pertama adalah constitutionality review. Pada tahun 1982 terkait dengan dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsi masing- perubahan Konstitusi 1982. tinggi tingkat banding militer. Pada tahun 2004 dan tahun 2010. partai politik (financial audit of political parties). Walau demikian. Mahkamah lainnya adalah mengadili pengajuan permohonan/ Konstitusi Turki didirikan berdasar pada Konstitusi gugatan individu oleh warga negara (constitutional 1961 yang meniru model peradilan di Eropa. kewenangan Mahkamah Konstitusi Mahkamah Konstitusi memiliki paling tidak enam Turki adalah memeriksa kekebalan kepada anggota kewenangan. Sistem pengadilan konstitusionalitas majelis hakim dan jaksa penuntut. Mahkamah Konstitusi masing (Supreme Criminal Tribunal). dan kepala jaksa penuntut umum dan sampai dengan Konstitusi 1982 dengan beberapa jaksa penuntut umum. darurat militer atau dalam waktu perang. peraturan (decrees). dewan parlemen. ketua dan kegiatannya sejak berlakunya Undang-Undang hakim Mahkamah Konstitusi.anayasa. Court of tersebut ditetapkan dalam Konstitusi 1961 Accounts.

” Rindu yang Halal Oleh: Aco Paroki (Rudy Syalam) 23 . “Pemandangan indah Masjid Ayasofya dengan keempat menara- nya dan Jembatan Bosphorus yang membentang dari Eropa ke Asia yang berada di belakangnya tak sanggup mengobati rinduku padamu.

Wajah ceria para pelayan jelas terukir palsu terlihat dari mata mereka yang sendu. Tapi. Rindu dengan senyummu. terlalu banyak kritikan pedas yang menjatuhkan mental. Seasli wajahnya yang tanpa polesan bedak dan riasan—yang sungguh menyejukkan hati—dan seharum aroma tubuhnya tanpa campuran parfum mahal seharga ratusan ribu. “Istri ente mau dikasih makan otak dan dengkul ente. musuhku. memperhatikan senja yang perlahan tenggelam berganti malam. yang belum tentu orang lain bisa rasakan. membuat hatiku tenang ketika kupandang. Tapi. ya?” celetuk Si Cukrit. Dari rumahku terdengar suara tangisan istrinya dan sesekali suara dentuman benda tumpul yang diiringi suara erangan kesakitan bapak tetanggaku itu. Uang dari bekerja sebagai penulis lepas dan sebagian dari beasiswaku kusisihkan buat kebutuhan Nina. “rezekiku dan istriku sudah ada yang atur!” Suasana dalam kafe riuh dengan celoteh-celoteh para pengunjung yang sesekali tertawa terbahak-bahak. bahkan mungkin milyaran kepalsuan yang tercipta setiap harinya. Aku malah lebih semangat menyelesaikan kuliah yang tinggal setahun lagi—di salah satu universitas yang ada di Istanbul— juga lebih terpacu lagi buat menulis. sahabatku. Apakah itu tawa asli atau palsu aku pun tak tahu. hanya katanya saja. terlalu banyak kepalsuan jika harus kupikir satu per satu. Rindu mengajakmu ke dermaga. Banyak orang protes karena belum ada kerjaanlah. percuma saja. Tapi. Pemandangan indah Masjid Ayasofya dengan keempat menaranya dan Jembatan Bosphorus yang membentang dari Eropa ke Asia yang berada di belakangnya tak sanggup mengobati rinduku padamu. Di sudut lain aku duduk diam menatap secangkir penuh kopiku di atas meja yang perlahan mulai dingin. ketika kau duduk diam di sampingku. dari sosok istriku tak kutemukan kepalsuan sedikit pun. “Ahhh …. Seperti bapak tetangga apartemenku yang duduk terbahak dengan teman-temannya. Sudah kesekian kalinya aku mencoba mengobati rinduku dengan duduk di balkon apartemen. Tapi. Kota Istanbul dengan keramaiannya berbanding terbalik dengan suasana hatiku yang sunyi senyap dalam rindu. Seasli alisnya yang tak hilang ketika terbasuh air wudu. Semuanya benar-benar asli. teman apartemenku. Jawabanku hanya satu. Penuh dengan kelap-kelip bintang dengan temaram cahaya rembulan yang menyinari wajahmu. kuliah belum bereslah. Tadi malam kulihat di depan pintu rumahnya beberapa orang berbadan besar mengetuk pintu dengan kasar. Kenekatanku menikah muda menuai banyak kecaman. sedingin orang-orang yang ada di sekitarku. Minggu pagi aku duduk di kafe seberang apartemen. A ku rindu. kenyataannya ada ribuan. tapi istriku selalu bersyukur dengan apa yang ada. Terlalu banyak kepalsuan di dunia yang katanya nyata ini. 24 . mencoba mengusir rindu dan penat setelah sepekan menjalani kewajiban sebagai seorang mahasiswa dan penulis cerpen di salah satu majalah yang ada di tanah air. istriku. Terlalu banyak kebaikan dan manfaat berkat nikah muda ini. Rinduku semakin menjadi-jadi. ketika mendengar kabar aku sudah me- nikah. Walaupun gajiku jauh dari kata cukup. “Sudah gila ya kamu?” Cetus Sin Eng. Menunggu senja tenggelam berganti malam—seperti yang sering kita lakukan berdua.” kataku sambil meny- eruput kopi yang sudah dingin. Rindu dengan pekikanmu ketika lantai dermaga yang terbuat dari kayu berdecit meringkik menahan berat badan kita berdua. dengan itu aku malah tidak jatuh dan tidak menyerah begitu saja. “Anak orang mau dikasih makan apa?” Komentar Si Abang. Rindu menggendongmu hingga ke ujung dermaga. “Mungkin ini yang dinamakan rindu yang halal!” Gumamku dalam hati sambil mengecek harga tiket Indonesia ke Turki untuk istriku.

Sampai saat ini. kemasyarakatan. Nasruddin Hoca dan Abu Nawas Oleh: Asadullah Safiq Uluslararası Şehit Ömer Anadolu Imam Hatip Lisesi “Dua tokoh ini memang terkenal dengan karyanya di dunia sastra dan hikayat. Eskisehir. infrastruktur rusak Nasruddin Hoca sehingga hasil pertanian dan pekerjaan lain sangat mengenal dan memahami menurun. “Kelak. orang-orang akan menertawaimu. menggantikan para pemungut biasa maupun pajak untuk menghitung pajak yang lebih besar. sebijak apapun kata-katamu. membawa buku-buku laporan. dan bersikap mereka dipecat dan diusir. dan mengingatkan agar jauh dari keburukan. Pada masa Timur Lenk. Ia juga merupakan seorang tokoh yang sering mengajak manusia kepada jalan yang benar. pemungut pajak dikumpulkan. mengajak kepada kebenaran. engkau akan menjadi orang bijak. 25 . ia digelari dengan sebutan Mizah Kahramani (pahlawan humor) atau biasa dikenal dengan Hazircevapliligi (pemberi jawab yang cepat). Konon. hal menarik dari Nasruddin Hoca adalah ia mengekspresikannya dengan cara yang berbeda. ia membuat kikuk banyak lawan bicaranya hingga tak jarang dari mereka dibuatnya merasa tertohok. Para psikolog dan dan sosiolog di daerah Persia sering disebut “Juha” atau “Molla saat ini banyak yang meneliti karya-karya beliau Nasruddin” lahir di desa Hortu yang berlokasi di untuk lebih mengerti komunitas-komunitas atau Sivrihisar. Di zamannya. menyampaikan kebaikan. Nasruddin selalu membuat ulah menarik bagi teman-temannya sehingga mereka sering lalai akan pelajaran sekolah. Kemudian. (ekonomi). Saya sisipkan juga salah satu kisah pendek sebagai penutup bagian Nasruddin Hoca. Edmonde Savussey di mana dalam bukunya diisi dengan kisah-kisah yang terinspirasi dari Nasruddin Hoca sendiri dan dipublikasikan secara terbuka. dengan baik di Timur Lenk memerintahkan Nasruddin yang hadapan orang telah dipercayanya. Namun. ketika engkau sudah dewasa. Mereka datang bertetangga. Pajak yang diberikan daerah-daerah tidak banyak hal seperti memuaskan bagi Timur Lenk. Maka gurunya yang bijak bernubuat. Dengan kecerdikannya. Nasruddin adalah seorang manusia dari humornya. Maka para pejabat sosiologi.” Ramalan itu pun jadi kenyataan. Tapi ada perbedaan di antara mereka dan kadang ada yang masih tidak tahu tentang mereka berdua. Itulah mengapa humor filsuf.” Nasruddin Hoca (1208-1284 Masehi) atau musuhnya sendiri. sufi yang hidup di masa pemerintahan Dinasti Nasruddin Hoca berbeda dari yang lain. Timur Lenk masalah ticaret marah dan merobek buku-buku itu satu per satu. lalu menyuruh mereka memakannya. Tetapi. “Festival Internasional Nasruddin Hoca” diadakan serta dirayakan pada tanggal 5 dan 10 Juli di tempat asalnya. berkawan. yang terkenal dengan cerita-cerita dalam buku La Litterature Populaire Turque karya atau kisah-kisah anekdot/cerita humor dengan dibumbui sifatnya yang cerdik. Seperti Seljuk Turki. sewaktu masih muda. Namun.

” Buktinya.” daerah Ahvaz. Sesungguhnya Engkau Maha Paduka. maka Lenk lebih marah lagi. “Kau berpura-pura gila lagi.com . Nasruddin?” Bentak Timur Lenk. “Kau hendak menyuapku dengan roti celaka tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahim. Banyak sumber tentang kontroversinya tokoh ini.org . maka al-Hakami/Abu Engkau-lah yang berhak mengampuni. Jadi semuanya aku dosaku selalu bertambah. adalah seorang penyair yang sangat masyhur pada zaman Dinasti Abbasiyyah. Iran. “Wahai Tuhanku! Aku bukanlah ahli surga. “Menurut pembahasan pada zaman Abu Nawas.Nasruddin mencoba mengelak.wikipedia. berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki Nasruddin menjawab takzim. F. dari seorang ayah berkebangsaan Arab dan ibu berkebangsaan Persia. kampunglucu. ia berpengaruh kepada penulis Sumber: tr. dan telah memohon kepada-Mu. yang dikutip dalam buku karya Jim Colville yang berjudul Poems of Wine and Revelry. Aku tak akan kuat makan Umurku ini setiap hari berkurang. fikralarim. Kepiawaiannya dalam mengubah kasidah syair membuat dia sangat terkenal di berbagai kalangan. tetapi akhirnya ulung seperti Umar Khayyam. sudah cukup lanjut. sebagaimana terlihat dari kebiasaannya minum khamir dan berpesta pora yang terlihat pada karya- karyanya seperti Al-khamriyyat (minum-minum) dan Mujuniyyat (humor yang kasar). “Paduka. kesalahanya yang telah lalu melalui Al-i’tiraf Nasruddin datang menghadap Timur Lenk (sebuah pengakuan) yang isinya seperti ini: sambil membawa roti hangat. Maka Nasruddin pun Abu Nawas bertaubat dan mengakui kesalahan- dipanggil. Dia juga adalah seorang ahli berbagai macam puisi-puisi Arab dan juga kisah-kisah yang terkenal dan yang mungkin kita sangat familier dari karyanya adalah “1001 Malam” atau syair (ada yang berkata itu adalah doanya) yang berjudul “Al-I’tiraf” yang merupakan karya yang dibuat menjelang akhir hayatnya. ia terpaksa menggantikan tugas para pemungut Terlepas dari pembahasan sebelum ini. ia pernah menjadi seorang penyair terbaik yang pernah dimiliki Islam. kepada siapa lagi aku mengharap selain Masehi) lahir di kepada Engkau.” Wahai Tuhanku! Hamba-Mu yang berbuat dosa telah datang kepada-Mu dengan mengakui segala Abu Ali dosa. ampunilah dosaku. Nasruddin?” Timur Dosaku bagaikan bilangan pasir. pajak yang diambil tetap kecil dan banyak riwayat menyebutkan di akhir hayatnya. usiaku keagungan.” jawab Nasruddin dengan gaya pejabat. Hasan bin Hani’ Maka. pada masa- masa setelahnya. Islam memang melarangnya. itu. pajak. sehingga dia dianggap sebagai pemimpin para penyair pada zamannya. Namun.F Arbuthnot dalam Arabic Authors berkata. bagaimana aku pindahkan pada roti menanggungnya? hangat ini. jika Engkau mengampuni. Pengampun dosa yang besar. tidak memuaskan Timur Lenk. walaupun begitu. sedang kertas-kertas laporan itu. Jika Engkau Nawas (756-814 menolak.com . DILSET yayinlari 26 . Maka berilah aku taubat (ampunan) dan “Laporan keuangan saya catat pada roti ini.

tentu saja setiap negara Yugoslavia di Semenanjung Balkan. Afrika. hingga yang baik hingga yang buruk. Asia Tengah. kekhawatiran Jika Indonesia nyaris berada dalam keadaan itu. Mulai dari Yakni besarnya masalah negara yang tak sanggup tetangga kita dari Asia Tenggara. dan Afrika Utara kita. pun tak jarang melintas di benak kami. suatu kebutuhan bagi kami di sini. pecahnya India menjadi tiga negara melancong ke Turki begitu beragam. disintegrasi dan permusuhan antarnegara bekas Kita tahu. Dan sayangnya nasionalisme merupakan Mari kita lihat sejenak. kami putra putri Indonesia yang tengah menuntut ilmu di negeri seberang ini selalu mengikuti perkembangan dan keadaan di negeri sendiri. India dan Bangladesh). untuk bangga mengatakan 27 . kekhawatiran dan prasangka itu muncul. keluarga. Akankah negeri kami bernasib seperti negeri mereka yang buruk keadaannya?” Yang Tersisa Hanya Nasionalisme Oleh: Amir Fadli Nasution M eski jauh. Maka dari itu. bagaimana suatu kemewahan terakhir yang tidak lagi dimiliki sejarah telah berulang kali memperingatkan oleh orang-orang Arab. maupun langsung dari wisatawan yang Usmani. saat ini. Dimulai dari runtuhnya Kesultanan Turki di awal abad ke-20 ini. Sebab Sesungguhnya nasionalisme merupakan masalah di negara kita sudah hampir serupa suatu hal yang besar. Mulai dari berbeda (Pakistan. Balkan. dikendalikan oleh pemerintah yang berkuasa. yang membuat kita masih hidup dengan keadaan negara-negara yang mengalami sebagai saudara sebangsa dan setanah air hingga kemunduran di masa lalu maupun masa kini. Dari tiga punya masalahnya sendiri. Akankah mengapa kita masih sanggup bertahan sebagai negeri kami bernasib seperti negeri mereka satu negara hingga hari ini? Mungkin hanya tinggal yang buruk keadaannya? Bukan tanpa alasan nasionalismelah jawabannya. Kami biasanya hidup bersama sebagai sebuah bangsa. sejarah besar itu. terdapat satu garis kesamaan berdiskusi dengan kawan lintas negara menjadi yang menjadi suatu peringatan besar bagi kita. Lantas. Apakah berdiskusi tentang keadaan negeri kami dengan Indonesia berada pada kedua pilihan tersebut? negeri rekan kami di sini. “Kekhawatiran pun tak jarang melintas di benak kami. hingga negeri-negeri di justru masyarakatnya sendiri yang sudah tidak ingin tanah harapan benua Amerika. Sejauh ini kabar yang kami dapatkan dari berbagai media seperti berita. atau Eropa Timur.

Banjar-Madura. Huntington dalam bukunya “The negaranya masing-masing? Clash Of Civilizations” (1996). Pilihan kembali pada kita sebagai rakyat Begitu juga orang Pakistan dan Bangladesh Indonesia. hingga OPM-RI yang belum juga berhenti hingga hari ini. atau bahkan bangsa Balkan yang dan mencegah kita dari apa yang diprediksi lebih memilih berpisah untuk mendirikan oleh Samuel P. Poso. Pakistan. Lebih dari itu. apakah tetap ingin mempertahankan yang tidak lagi cinta pada negeri Hindustan. Terlebih dalam kedaan negara yang tidak stabil ini di mana masih sangat jelas kita ingat konflik GAM-RI. nasionalismelah memihak rakyatnya.negara kami adalah Kesultanan Turki Usmani. nasionalisme itu dan mengatakan “Stop!” Serta rakyat bekas negara Yugoslavia yang pada kekusaan yang lemah. Sebab banyaknya suku dan budaya di Indonesia menjadikan Indonesia menjadi negara yang rentan akan konflik. permusuhan antara sesama rakyat Indonesia Bangladesh. masa depan yang akan diwarnai dengan benturan dan konflik yang terus melebar antarkelompok entitas budaya yang berbeda. 28 . Ambon. Atau mungkin kita lebih yang dapat menyelamatkan kita dari ancaman memilih seperti halnya bangsa Arab. pada kekuasaan saling berperang atas nama suku dan agama yang arogan serta pada kekuasaan yang tidak masing-masing.

d. Jam kerja: Setiap hari Biaya masuk: 10 TL 29 . Dolmabahçe Istana Dolmabahçe adalah istana dengan gaya Baroque berikut kemewahan emas dan kristal di dalam bangunannya. Masjid ini memiliki 1 kubah utama. Kamis Biaya masuk: 20 TL Basilica Cistern Basilica Cistern ini dulunya adalah sebuah gereja yang didirikan Kaisar Justinian (abad ke-6).` Blue Mosque Blue Mosque dikenal dengan masjid berinterior keramik warna biru yang mencapai dua puluh ribu keping. Z. Jam kerja: Senin s. SIAP JELAJAHI TURKI? Oleh: Nurul Zahra Q. kemudian dijadikan tangki air dengan tujuan menampung air yang dimanfaatkan penghuni Istana Topkapı. 8 kubah sekunder dan 6 menara.

Saat ini II. Jam kerja: Rabu s. sekolah. di mana hal yang menjadi daya tarik pengunjung Biaya masuk: 30 TL adalah jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW. yang Topkapı pada masa itu digunakan sebagai gereja Orthodoks. masjid. Senin Menara Jam Izmir Biaya masuk: 20 TL Dijadikan landmark Izmir yang dibangun pada tahun 1901 oleh arsitek Perancis untuk memperingati pemerintahan Abdulhamid II ke-25. 30 . Istana ini memiliki fasilitas berupa rumah sakit. Ketika Fatih Sultan Mehmet menaklukan Konstantinopel (yang saat ini disebut Istana Topkapı dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mehmed kota Istanbul).d. Hagia Sophia berpindah alih menjadi masjid. Hagia Sophia Hagia Sophia dibangun pada tahun 532 M oleh arsitek Yunani. perpustakaan dan Basilica Cistern (tangki air di Jam kerja: Setiap hari bawah tanah). taman. Hagia Sophia dijadikan sebagai museum.

31 .

20. kita dapat berendam dalam untuk memasukinya saja harus menunduk. Cappadocia Hamparan bebatuan berwarna putih yang terlihat Pemukiman Göreme di kota Cappadocia merupakan seperti kapas. juga dua burung elang dan dua singa dan dijadikan tempat berdiskusi Maulana dengan anak yang mengapit pemakaman di puncak gunung. Biaya masuk: 5 TL Ephesus Archaeological Site Menonton Whirling Dervishes Di Ephesus Archaeological Site. dipercaya mampu mengobati House (sensasi menginap di rumah gua buatan).00) 1. Melihat alam dengan Hot Air Baloon di Cappadocia.00 Theater. dan musim dingin tutup pukul 17. 120 Euro (1 jam). dan bila diinjak seperti menginjak salju. bukit-bukit batu kerucut yang kontur tanahnya seperti Lapisan putih tersebut merupakan mineral kalsium yang permukaan di bulan.d. pada akhirnya.Cotton Castle Göreme. pukul 08. Terrace House dan The Great Jam: Setiap hari Sabtu pukul 20. rematik. Tempat: Konya Belediyesi Perpustakaan Celcius. di dalamnya juga terdapat peninggalan makam yang terdapat patung-patung.00 s. Jam kerja: Setiap hari Biaya masuk: 40 TL atau Museum Card (pelajar 20 TL) 32 . penyakit asma.000 Euro (privat) Biaya masuk: 8 TL Gunung Nemrut Mevlana Museum Gunung Nemrut adalah gunung aktif yang terletak di Selain terdapat makam besar Sufi Jalaluddin Rumi Adiyaman. Kabar kolam-kolam air panas yang berbentuk berundak atau baiknya. ruang-ruang yang pernah ditinggali Persia dan Yunani. Di sana banyak gua-gua yang mengeras.00 (saat Biaya: 70 Euro (30 menit). Hingga dan muridnya. ada sebuah kompleks (penyair Islam). wisatawan dapat mencoba fasilitas Cave terasering secara alami. Jam kerja: Setiap hari. The Great Theater dulunya digunakan sebagai tempat teater dan gladiator berukuran raksasa yang mampu menampung penonton hingga 25. Di kawasan ini. kepala patung-patung tersebut terpisah Jam kerja: Setiap hari dari badannya dan bergeletakan begitu saja. Pada tahun 62 SM. penyakit mata dan kulit. serta peninggalan bersejarah lainnya.000 orang. terdapat bangunan sejarah Romawi Kuno dan Yunani seperti Kuil Artemis. beragam dewa jubah Maulana.

The Ephesus Archaeological Site Oleh: Nisa Zakiyah Fajrina 33 .

John dalam menyebarkan agama Kristen dan merupakan rumah Bunda Maria dalam menghabiskan hari-hari terakhirnya. Desa yang masih mempertahankan keunikannya sejak abad ke-5 hingga sekarang. Ephesus merupakan kota terbesar kedua di dunia karena jumlah populasinya. tersembunyi dan tertutup oleh pohon-pohon untuk melindungi Bunda Maria. sebuah arena yang sempat digunakan untuk menonton gladiator pada era Helenistik. Turki. Setelah melewati perpustakaan kuno. kita bisa mengunjungi House of Virgin Mary. seorang konsul Asia sebagai kenangan untuk ayahnya. Di kota ini juga ada sebuah tempat yang diyakini sebagai gua tujuh orang yang terlelap selama tiga ratus tahun sebagaimana diceritakan dalam Al-Quran yang biasa disebut Seven Sleepers (Al-Kahfi).000 tempat duduk. Bangunan ini sendiri didirikan oleh Julius Aguila. Selain itu. Dulu. kita akan langsung bertemu dengan Celcus Library. Pada abad ke-1 SM. Tempat ini dapat menampung sekitar 23. Kuno. Tujuan dibangunnya perpustakaan ini adalah menyimpan 12. yang merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Pada abad ke-5. Selcuk dan era Ottoman sepanjang jalan. bangunan yang mirip dengan Petradi Jordan. kita akan langsung disuguhi artefak sejak era Mycenaean. Sebelum memasuki wilayah kota tua Efes. Helenistik. kita bisa menemukan beberapa destinasi peninggalan sejarah pada zaman Romawi dan Yunani Kuno. Byzantium. Wallahualam. D i kota Selçuk.000 gulungan kertas. Rumah ini terletak di Gunung Bulbul. 34 . Romawi. Ephesus sendiri telah dikunjungi oleh Ratu Mesir Cleopatra dan Raja Romawi Mark Anthony. Tiberius Julius Celcus. dari pintu gerbang utama kita akan disajikan pemandangan indah The Grand Theatre. Ephesus menjadi tempat pertemuan besar orang Kristen yang disebut Konsili Ephesus. Di kota ini pula telah terjadi saksi bisu usaha St. Di sisi lain Efes. kota ini terkenal karena adanya Kuil Arthemis atau The Temple of Artemis. Di tempat inilah konon Bunda Maria menutup usia. Pada era Raja Romawi Cladius Efes. di kota ini juga kita akan menemukan sebuah desa pembuat anggur bernama Sirince. Setelah melewati kawasan The Great Theater. Diduga Yohanes menulis Injilnya di kota ini. provinsi Izmir. Selçuk merupakan salah satu dari dua belas kota anggota Lonian League pada masa Yunani Kuno. arena ini sempat dibangun ulang dan selesai pada era Raja Trajan. Klasik.

IG: elangsono Tempat pengambilan gambar di Karagöl. Trabzon 35 . Borçka Artvin IG: haizakiah Tempat pengambilan gambar di Beşirli Sahili.

Antalya 36 . IG: hafidma15 Tempat pengambilan gambar di Saat Külesi İzmir IG: nurazizahmia7 Tempat pengambilan gambar di Amasya IG: fidafr_ Tempat pengambilan gambar di Kaleiçi.

37 .

38 .

9 pilihan untuk pendidikan. 3 orang memilih topik bisnis. Terima kasih telah membaca majalah Konstantinesia PPI Turki. Topik apa yang paling Anda sukai untuk di- curkan edisi perdananya untuk edisi bulan Mei tulis? sampai bulan Juni 2016 melalui media sosial. 9 orang di antaranya menggu- nakan komputer. 39 . 4 orang memilih topik budaya. mengunggah ma- Media apa yang Anda gunakan untuk mem. vei. jalah selain di issuu. 2 orang memilih topik pendidikan. 2 orang dari Instagram dan 2 orang lainnya mengenal dari website PPI Sedangkan untuk masukan dari pengisi sur- Turki. 4 pilihan untuk politik. Dari 7 orang. Topik apa yang paling cocok untuk edisi se- lanjutnya? Dari 22 orang. Dari mana Anda mengenal majalah Kon- stantinesia PPI Turki? Dari 22 orang. 12 orang berasal dari negara Tur- ki dan 10 orang berasal dari negara Indonesia. 3 orang mengenal majalah Kon- stantinesia dari teman.com/kon- stantinesia/docs/edisi_01__april-mei_2016. 1 orang memilih topik musik. 1 orang memilih topik olahraga. mereka berharap untuk mempercantik dan merapikan layout majalah. 12 pilihan untuk seni dan budaya dan 3 pilihan lagi untuk teknologi. Hasil Survei Majalah Konstantinesia PPI Turki Edisi Mei Sampai Juni 2016 Oleh: Fathiya Salima Fajri Majalah Konstantinesia PPI Turki resmi melun. 1 pilihan di antaranya untuk olahraga. 1 orang menggunakan ma- jalah. dan 2 orang lainnya memilih topik teknologi. dan lebih memperban- baca majalah Konstantinesia PPI Turki? yak rubrik yang bertemakan “Jalan-Jalan”. kami bisa memperbaiki kekurangan serta men- jadi lebih baik lagi. Dari 22 orang. Dengan data ha- sil survei sebagai berikut: Dari 22 orang yang bisa memilih lebih dari satu Negara mana dengan pembaca terbanyak? pilihan. 8 orang memilih topik jalan–jalan.com. 9 orang menggunakan smartphone dan 3 orang lainnya menggunakan tablet. kami membuat survei yang telah diisi oleh 22 orang dengan lima pertanyaan yang kami ajukan. 1 orang memilih topik ke- hidupan. web PPI Turki dan situs https://issuu. Dari hasil penerbitan tersebut. Kami sangat berharap agar pada edisi selanjutnya.