Pengertian Integral dan Deferensial

INTEGRAL

Integral merupakan materi matematika yang termasuk pada aspek kalkulus. Materi Integral ini

diberikan di kelas XII semester pertama. Integral merupakan invers dari diferensial(turunan), oleh

karena itu sebagai materi prasyarat adalah materi turunan yang sudah diberikan di kelas XI semester

kedua.

Materi Integral ini dibagi dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

1. Pengertian Integral

Bagian ini membahas pengertian integral sebagai invers(kebalikan) dari turunan, baik turunan fungsi

aljabar maupun turunan fungsi trigonometri.

2. Integral Tentu

Pada bagian ini dibahas pengertian integral tentu yang diturunkan dari konsep luas daerah sebagai

limit jumlah. Menghitung nilai integral tentu dengan menggunakan teorema dasar kalkulus.

3. Teknik Pengintegralan

Bagian ini membahas teknik-teknik pengintergralan. ada 3 teknik yang digunakan:

- Pengintegralan dengan substitusi

- Pengintegralan dengan substitusi Trigonometri

- Pengintegralan Parsial

4. Penerapan Integral

Bagian ini membahas tentang penerapan Integral dalam menentukan:

- Luas daerah yang dibatasi kurva dan sumbu-sumbu koordinat

- Luas daerah antara 2 kurva

- Volume benda putar mengelilingi sumbu-X

- Volume benda putar mengelilingi sumbu-Y

Kualifikasi dan Tujuan

Tujuan dari pembelajaran Integral ini adalah siswa dapat:

• Mengenal arti Integral tak tentu

• Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan

• Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

• Menggunakan konsep integral tak tentu untuk menentukan fungsi yang berhubungan dengan

masalah sehari-hari

• Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh dua kurva • Merumuskan integral tentu untuk volum benda putar dari daerah yang diputar terhadap sumbu koordinat • Menghitung volume benda putar dari daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu X. Kalkulus meliputi hitung differensil dan integral. Hitungan perkiraan tersebut dilakukan dengan fungsi polinomial yang diperoleh berdasar data tersedia.• Mengenal arti integral tentu • Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat integral • Menyelesaikan masalah sederhana yang melibatkan integral tentu dan tak tentu • Menentukan integral dengan cara substitusi untuk fungsi aljabar • Menentukan integral dengan cara substitusi untuk fungsi trigonometri • Menetukan integral dengan dengan cara parsial • Menentukan integral dengan dengan cara substitusi trigonometri • Menggambar suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva • Merumuskan integral tentu untuk luas daerah • Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat. Integral . Kadang-kadang disebut juga “Kalkulus differensial dan kalkulus integral”. Bentuk paling sederhana adalah apabila tersedia dua titik data yang dapat dibentuk fungsi polinomial order satu yang merupakan garis lurus (linier). • Menghitung volume benda putar dari daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu Y • Menghitung volume benda putar dari daerah yang dibatasi oleh 2 kurva mengelilingi sumbu X • Menghitung volume benda putar dari daerah yang dibatasi oleh 2 kurva mengelilingi sumbu Y DEFFERENSIAL Dikenal sebagai hitung differensial berkaitan dengan mengenai integral karena hitung differensial bagian dari kalkulus. Metode integral numerik merupakan integral tertentu yang didasarkan pada hitungan perkiraan.

ensiklopedia bebas Integral adalah kebalikan dari proses diferensiasi. Integral ditemukan menyusul ditemukannya masalah dalam diferensiasi di mana matematikawan harus berpikir bagaimana menyelesaikan masalah yang berkebalikan dengan solusi diferensiasi. Daftar isi Mencari nilai integral [sunting]Substitusi Contoh soal: Cari nilai dari: [sunting]Integrasi parsial Integral parsial menggunakan rumus sebagai berikut: Contoh soal: Cari nilai dari: Gunakan rumus di atas . Integral tertentu biasanya dipakai untuk mencari volume benda putar dan luas. Bedanya adalah integral tertentu memiliki batas atas dan batas bawah. Lambang integral adalah Integral terbagi dua yaitu integral tak tentu dan integral tertentu.Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

[sunting]Substitusi trigonometri Bentuk Gunakan Contoh soal: Cari nilai dari: Cari nilai dari: dengan menggunakan substitusi .

Masukkan nilai tersebut: Nilai sin A adalah [sunting]Integrasi pecahan parsial Contoh soal: Cari nilai dari: Akan diperoleh dua persamaan yaitu dan Dengan menyelesaikan kedua persamaan akan diperoleh hasil .

[sunting]Rumus integrasi dasar [sunting]Umum [sunting]Bilangan natural [sunting]Logaritma [sunting]Trigonometri [sunting] .

Artikel ini memberikan tabel operasi integrasi yang umum dijumpai. .Integrasi adalah salah satu dari dua operasi dasar kalkulus. Pada daftar integrasi di bawah ini.C menyataka n konstanta sebarang. Pada penurunan. operasi yang lain adalah penurun an(derivasi). terdapat aturan yang menjadikan turunan dari fungsi- fungsi kompleks dapat ditelusuri dari penurunan fungsi-fungsi komponennya yang lebih sederhana. Hal ini tidak terdapat dalam integrasi sehingga tabel integral biasan ya amat berguna.

[sunting] Aturan integrasi dari fungsi- fungsi umum 1. [sunting]Integr dari fungsi- fungsi sederhana [sunting]Fungs rasional Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar integral dari fung rasional . 3. 4. 2. 5.

[sunting]Fungs Artikel utama adalah: Daftar in irrasional [sunting]Logar Artikel utama integral dari fung [sunting]Fungs Artikel utama dari fungsi ekspo [sunting]Fungs Artikel utama: Daftar integral dari fungsi trigonometri dan Daftar integral dari fungsi arc .

[sunting]Fungs Artikel utama [sunting]Fungs .

[sunting]Lihat .