ISO 9000 SISTEM MENEJEMEN KUALITAS

Makalah Ini Disusun Guna Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok
Mata Kuliah Pengendalian Mutu Produksi

Disusun oleh :

Feny ayu lestrai (061440422036)

Yeni Khusnul fatimah (061440421764)

Kelas : 5 KI

Dosen Pembimbing : Ir.Siti Chodija, M.T.

TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

TAHUN AKADEMIK 2016 – 2017

kami harapkan kepada para pembaca untuk dapat memberikan masukan-masukan berupa kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini. Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki sangat kurang. taufik dan hinayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. 06 Januari 2017 Penyusun . petunjuk maupun pedoman bagi pembaca untuk lebih memahami materi bahasan “ISO 9000 Sistem Menejemen Kualitas”. Harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Akhir kata kami ucapkan terima kasih. Palembang. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Apabila terdapat banyak kesalahan penggunaan kata dan ejaan tanda baca kami mohon dimaklumi. Oleh kerena itu. KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. inayah. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan. Semoga makalah ini juga dapat menjadi referensi pembaca untuk membuat makalah selanjutnya yang lebih spesifik dan lebih baik.

Perusahaan yang menerapkan ISO 9000 memastikan karakteristik yang diinginkan dari produk dan layanan seperti kualitas. Latar Belakang Perkembangan industri yang semakin pesat saat ini membuat persaingan semakin ketat antar perusahaan yang ada di dunia. efisiensi. keamanan. sumber daya manusia dan keuangan.2002). keandalan. Ini membuktikan bahwa ISO merupakan salah satu alat manajemen yang banyak digunakan dalam dunia saat ini. Manajemen yang baik menjadi kunci kesuksesan dunia industri saat ini baik itu manajemen produksi. BAB I PENDAHULUAN 1. Penerapan standar ISO 9000 tersebut secara terintegrasi akan memberikan keuntungan pada perusahaan yang menerapkannya . pemasaran. Kondisi ini membuat penerapan elemen- elemen persyaratan standar ISO 9000 tersebut dapat diintegrasikan.1. perusahaan dapat mengadopsi standar ISO 9000 secara terintegrasi. ISO:9000 berkaitan langsung dengan sistem manajemen kualitas dan dirancang untuk membantu organisasi-organisasi untuk memastikan mereka memenuhi permintaan para konsumen dan stakeholders lainnya (Poksinska et al. bahwa sistem manajemen terintegrasi akan menciptakan beban kerja yang lebih ringan. maupun kebutuhan dokumentasi sistem. .Untuk memenuhi tuntutan pelanggan sekaligus menghindari pencemaran lingkungan. Lebih dari berjuta-juta organisasi di seluruh dunia yang berdiri sendiri dan bersertifikat membuat ISO:9001. mengurangi waktu sertifikasi. Dalam memenuhi keinginan konsumen perusahaan berorientasi pada kualitas produk yang dihasilkan dengan kualitas produk yang sesuai dengan standar salah satunya yaitu ISO 9000. biaya. Pengakuan atau konfirmasi bahwa sebuah organisasi telah memenuhi syarat-syarat dari ISO:9001 diperoleh dari pihak ketiga. Integrasi akan memicu sistem manajemen yang lebih kuat dan komprehensif . Segala upaya dilakukan untuk menjadi yang terbaik. Seiring perkembangan industri yang semakin maju perusahaan juga dituntut untuk memberikan kualitas yang terbaik baik dalam produk maupun jasa yang dihasilkan tetapi tidak melupakan dampak lingkungan yang terjadi dari segala aktivitas perusahaan.

2. Apa syarat –syarat perusahaan ISO 9000? 6. Memahami tahapan sertifikasi spesifik . Apa prinsip – prinsip ISO 9000? 3. Mengetahui prinsip. Bagaimana standar sistem menejemen kualitas? 1.3. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas. maka rumusan masalah adalah sebagai berikut: 1.1. Apa kelebihan ISO 9000? 4. Bagaimana tahap-tahap sertifikasi? 7. Apa pengertian ISO 9000? 2.dan syarat ISO 9000 3. Apa manfaat implementasi? 5. Tujuan Penulisan Tujuan dari penulisan makalah ini adalah : 1. Dapat mengimplementasikan yang baik dan benar 4. Memahami pengertian ISO 9000 2.

Lebih dari berjuta-juta organisasi di seluruh dunia yang berdiri sendiri dan bersertifikat membuat ISO:9001.1 Pengertian ISO . ISO 9001 .Quality Management Systems . ISO 9000 . Dalam bentuk modern kata ‘Isos’ kemudian ditransformasikan menjadi ‘Iso’ – seperti yang digunakan dalam istilah Isotermis (kesamaan panas).Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang. 2. Kata ini diadopsi oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi menjadi nama dari organisasinya disamping karena kemiripan arti kata ini dengan tujuan organisasi. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar kerja internasional.Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM). ISO:9000 berkaitan langsung dengan sistem manajemen kualitas dan dirancang untuk membantu organisasi-organisasi untuk memastikan mereka memenuhi permintaan para konsumen dan stakeholders lainnya (Poksinska et al. Pengakuan atau konfirmasi bahwa sebuah organisasi telah memenuhi syarat-syarat dari ISO:9001 diperoleh dari pihak ketiga. dan promosi pemakaian standar internasional. ISO merupakan kepanjangan dari International Organization for Standardization. Standar ini . dll. berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Isos’ yang berarti ‘sama’ atau ‘equivalent’. memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun. membangun. juga karena kata tersebut memiliki bentuk yang paling mendekati dengan singkatan nama organisasi. memproduksi. Isobar (kesamaan tekanan). Ini membuktikan bahwa ISO merupakan salah satu alat manajemen yang banyak digunakan dalam dunia saat ini. BAB II PEMBAHASAN 2. ISO 9000 mencakup standar-standar di bawah ini: 1.9000 Kata ‘ISO’ yang menjadi nama dari organisasi ini. publikasi standar harmonisasi internasional.Quality Management Systems .2002). ISO adalah badan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa.

5. Masih banyak lagi standar yang termasuk dalam kumpulan ISO 9000. Suatu organisasi akan meraup keuntungan penuh ketika standar-standar baru diintegrasikan dengan standar-standar yang lain sehingga seluruh bagian ISO 9000 dapat diimplementasikan". ISO-9002 merupakan sistem manajemen kualitas atau model jaminan kualitas dalam produksi. rumah sakit. pengendalian proses dan pelayanan yang bersifat non aplicable. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama. 3. Persyaratan dalam sistem manajemen kualitas ISO- 9002 ini sama dengan persyaratan yang terdapat dalam sistem manajemen kualitas ISO-9001 kecuali pengendalian desain (non aplicable). ISO-9003 merupakan sistem manajemen kualitas atau model jaminan kualitas untuk inspeksi dan tes akhir. bank.Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus.Quality Management Systems . Standar ini tidaklah ditujukan sebagai panduan untuk implementasi. ISO mencatat "Perhatian terhadap sertifikasi sering kali menutupi fakta bahwa terdapat banyak sekali bagian dalam kumpulan standar ISO 9000. sistem manajemen kualitas ISO-9002 sangat cocok untuk perusahaan jasa yang tidak memerlukan pengendalian desain seperti : hotel. Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered". ISO 9004 . asuransi. Sertifikasi hanya menyatakan bahwa bisnis proses yang berkualitas . memberikan daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila mereka hendak memperoleh kepuasan pelanggan sebagai hasil dari barang dan jasa yang secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan tersebut. hanya memberikan masukan saja. lembaga pendidikan maupun laboratorium pengetasan. instalasi dan pelayanan. Sertifikasi terhadap salah satu ISO 9000 standar tidak menjamin kualitas dari barang dan jasa yang dihasilkan. Oleh karena itu. dimana banyak juga diantaranya yang tidak menyebutkan nomor "ISO 900x" seperti di atas. Beberapa isi persyaratan yang tedapat dalam standar ini sama dengan isi persyaratan dalam sistem manajemen kualitas ISO-9001 kecuali pengendalian desain. Beberapa standar dalam area ISO 10000 masih dianggap sebagai bagian dari kumpulan ISO 9000. 4. pembelian.

sehingga sebagai perusahaan sebagai pemasok (Supplier) harus menerapkan sistem standart ISO-9000 apabila ingin tetap sebagai pemasok. Dari segi wilayah pemasaran dan tuntutan konsumen. peningkatan efisiensi. Dari segi menejemen sangat dipengarusi keyakinan akan arti penting dan manfaat bagi perusahaan. saat ini mereka telah diaplikasikan ke berbagai perusahaan dan organisasi. termasuk perguruan tinggi dan universitas. karena mereka yakin dengan cara mereka sendiri untuk menentukan pengendalian kualitas dengan menerapkan Total Quality Control (TQC) atau Total Quality Managemant (TQM) produk mereka tetap laku di pasaran internasional. beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti : harga yang kompetetif. maka kebutuhan standart ISO-9000 tidak begitu penting. dapat memenuhi kubutuhan pelanggan sesuai spesifikasi. Walaupan standar-standar ini pada mulanya untuk pabrik-pabrik. yang dinilai adalah sistem yang jelas. sehingga penerapan ISO-9000 dapat meningkatkan daya saing perusahaan lebih-lebih untuk pasar eropa. konsisten dan dapat dipercaya bagaimana sistem kualitas tersebut dikendalikan dan bagaimana komitmen mereka terhadap kualitas. maka standart ISO menjadi penting dan merupakan keharusan bila perusahaan ingin tetap eksis. Manfaat tersebut merupakan akibat semakin baiknya menejemen dalam perusahaan. Apa kelebihan sistem ini sehingga mampu menjaring begitu banyak perusaan yang menerapkannya? Terdapat beberapa kelebihan yang ada pada sistem ISO-9000. Apabila pasar bersifat internasional atau global dan ada tuntutan dari konsumen. Sistem standart ISO-9000 tidak mensyaratkan bentuk menejemen tertentu.9000 a) Manfaat dan pentingnya ISO-9000 Bagi perusahaan yang menerapkan sistem ISO-9000 akan mendapatkan banyak manfaat baik yang bersifat internal maupun ekternal. apabila pasar bersifat lokal dan konsumen tidak mensyaratkan ISO. Banyak perusahaan di Jepang tidak menggunakan standart ISO-9000. Hal-hal tersubut dapat diantisipasi dengan menerapkan ISO- 9000. yaitu : . Sumardi.2 MANFAAT DAN PENTINGNYA ISO . Penting tidaknya ISO-9000 bagi perusahaan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti manajemen. Bagi perusahaan yang akan masuk dalam pasar global.dan konsisten dilaksanakan di perusahaan atau organisasi tersebut. wilayah pemasaran dan tuntutan konsumen. Pada saat ini lebih dari 90 negara dan ribuan organisasi di seluh dunia termasuk Indonesia telah mengadopsi sistem ISO-9000. produktivitas yang naik dan tingkat ompetetif yang semakin tinggi (Tresna P. bertanggung jawab. Tetapi pasar lokal dapat saja menjadi pemicu diterapkannya standart ISO apabila konsumen mereka adalah perusahaan yang menggunakan produk mereka sebagai bahan baku dan perusahaan tersebut sudah menerapkan ISO-9000. 2. Manfaat tersebut antara lain : penghematan biaya. 1994). jaminan pasokan dan beberapa persyaratan baik yang melekat pada produk maupun masalah legalisasi.

Kekuatan untuk maju. bukan berarti masalah selesai. konsisten dan konsekuen.yang tadinya mengabaikan dokumentasi menjadi sadar pentingnya hal tersebut. lalu dengan sedikit modifikasi tergesa-gesa mengajukan sertifikasi. Sertifikasi tidak selamanya menjamin dan mencerminkan bahwa sistem manajemen mutu perusahaan selalu baik dan sesuai standart. hal ini jelas tidak ada manffatnya. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat adaptif untuk diaplikasikan pada berbagai macam bidang industri baik penghasilan barang maupun jasa 3. Proses yang terbaik sebenarnya adalah sertifikasi dilakukan setelah perusahaan melakukan pembenahan secara tuntas dan menyeluruh. 2.misalnya kebiasaaan kerja yang tadinya tidak prosedural manjadi taat prosedur. Semua fungsi yang berdampak terhadap mutu dikendalikan dengan sistematika pengendalian yang dirancang dan distandartkan. Komitmen tercermin pula sikap suportif. tetapi logika ISO-9000 memiliki dua kutub potensi. sehingga jioka diterapkan dengan benar maka kepastian mutu yang merupakan faktor signifikan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen akan dapat tercapai. Potensi yang mana akan tergali ditentukan oleh banyaknya faktor diatanranya: Motivasi : adalah perusahaan yang menerapkan ISO-9000 dengan motivasi utama untuk memperoleh sertifikat bahkan ada pula yang menempuh jalan pintas. kekuatan untuk mengubah kebiasaan dan pola kerja yang tidak baik. tetapi sertifikat ini harus dipertahankan melalui surveilance audit (pengecekan ulang untuk mempertahankan sertifikat) setiap enam bulan sekali. Perlu pila diingat bahwa sertifikat tidak berlau seumur hidup. yaitu untuk meningkatkan daya saing. Komitmen : komitmen adalah kakuatan. Misalnya dokumen sistem mutu seperti kebijakan utu dan prosedur mutu dibuat oleh konsultan tanpa banyak melibatkan karyawan sebagai pelaku sistem atau mengkopi dokumen sistem mutu perusahaan lain. kekuatan untuk belajar . Hal ini adalah sisi komersial ISO-9000. Sistem manajemen mutu ISO-9000 sangat informatif dan udah dipahami serta teah di jadikan sistem manajemen mutu standar international. 1. Jika sertifikasi dikejar dengan segala cara hanya untuk mendapatkan setatus. Biaya survelence audit termasuk biaya-biaya seperti pada waktu sertifikasi ditanggung oleh perusahaan. ketat dalam prosedur dan dokumentasi progresif dalam audit dan tindakan koreksi serta dilengkapi dengan program sertifikat. Jika setiap survelance audit dinyatakan masih memeuhi persyaratan. Meskipun secara konsrp sistem manajemen mutu ISO-9000 cukup bagus dan logis. Suportif artinya mendukung secara material dan moral. Konsisten berarti kesinambungan dalam penerapan sistem dan konsekuen berarti membiri respon secara positif terhadap segala sesuatu yang timbul akibat implementasi ISO-9000 . yaitu kutub kearah positif dan sebaliknya. Setelah masa itu perusahaan harus mengulang proses sertifikasi seperti yang pertama kali. Tujuan implementasi sistem manajemen ISO-9000. karna masa berlaku sertifikat hanya berlaku tiga tahun. Sistem menejemen mutu ISO-9000 sangat antisipatif. kekuatan untuk menggalang kerjasama dan partisipasi.

Apakah sertifikasi ini mudah didapatkan dan dari mana perusahaan mendapatkannya? Sertifikat ISO dapat diterima dengan mudah dari badan penilaiaan akreditasi (acreditation body) bila segala ketentuan dan persyaratan dalam seri ISO telah terpenuhi dan lembaga penilai dinyatakan layak untuk mendapat sertifikasi. b) LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN Perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat ISO-9000 langkah penting yang harus dilakukan adalah membenahi berbagai aspek manajemen yang sifatnya kedalam. yaitu membudayakan sistem dokumentasi mutu. maka pimpinan harus lebih dahulu menanamkan kebiasaan itu pada dirinya sendiri. Pembinaan SDM mutlak diperlukan dan untuk membina secara efektif diperlukan tekad dan keberanian para pemimpin untuk memprakarsai keteladanan. Sumber Daya Manusia : komitmen yang tinggi dan terus bergema. Quality manual (manual mutu) Beberapa pengendalian administrasi. manual operasi. 3. Operating procedures (prosedur operasi) Berupa prosedur operasi. Menjadi tugas dan tanggung jawab para pemimpin untuk memastikan semua karyawan siap menghadapi konsekuensi era mutu ISO-9000. refernsi yang memperkuat kebijakan mutu. sehingga mutu merupakan perjuangan bagi perusahaah yang ingin memperoleh sertifikat ISO. Segala persyaratan ini harus disiapkan dan didokumentasikan dengan baik sehingga mampu untuk ditelusuri atau mampu telusur dan tidak ada jeleknya dikonsultasikan pada lembaga konsultan manajemen mutu yang relevan. Komitmen mutu harus benar-benar direfleksikan dalam tindakan manajemen baik internal vontrol maupun external control. teknik dokumentas. Support document (dukumen pendukung) Gambaran bagaimana pekerjaan dilaksanakan seperti perintah kerja. tor (term of reference). diagram organisasi. Perusahaan bagaiman yang layak? Adalah perusahaan yang sudah memiliki omitmen terhadap mutu. yaitu 3 . kebijakan mutu perusahaan. 2. Kalau pimpinan menginginkan bawahannya taat prosedur. gambaran sekilas tentang aktivitas bisnis perusahaan. Sistem dokumentasi mutu yang harus dipersiapkan anatara lain : 1. 2.3 MENDAPATKAN SERTIFIKAT ISO DAN LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN a) MENDAPATKAN SERTIFIKAT ISO Sertifikat ISO adalah sebagai bukti bahwa perusahaan telah menerapkan sistem standar ISO-9000. tetapi meiliki jangka waktu. kode-kode. tanpa ditunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. gemanya tidak cukup untuk menggali potensi yang terkandung di dalamnya. dan stantar jam kerja. pengenalan. statmen tentang kebijakan khusus dalam sistem mutu. Serifikat ISO tidak berlaku selamanya atau selama perusahaan masih memasok produk tersebut.

sehingga kualitas merupakan perjuangan bagi perusahaan yang ingin memperoleh sertifikasi sistem manajemen kualitas ISO-9000. Menyusun program kerja 3. Adopsi Sebelum manajemen mengadopsi sistem manajemen kualitas ISO-9000. Lima Tahapan Menuju Sertifikasi ISO-9000 Sertifikasi sistem manajemen kualitas ISO-9000 tidak dapat diperoleh dengan sekali jadi tapi dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1. Membentuk komite d. Proses Impelentasi ISO-9000 Menuju Sertifikasi Sertifikasi sistem manajemen kualitas ISO-9000 dapat diterima dengan mudah dan badan akreditasi (acreditation body) bila segala ketentuan dan persyaratan dalam sistem manajemen kualitas ISO-9000 telah terpenuhi dan dari lembaga penilai dinyatakan layak untuk mendapatkan sertifikasi. Menentukan lingkup c. Keyakinan akan menimbulkan niat dan motivasi yang akhirnya timbul komitmen untuk mengadopsinya. Komitmen mutu harus direfleksikan dalam tindakan manajemen baik internal control mapun external control. Audit pendahuluan g. maka pihak manajemen harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa itu sistem manajemen kualitas ISO-9000. Dari mengetahui dan memahami akan timbul keyakinan akan manfaat sistem manajemen kualitas ISO-9000. Seleksi konsultan b. Persiapan Tahap persiapan ini berisikan segala bentuk persiapan yang perlu dilakukan mulai dari seleksi konsultan untuk mendiagnostik sistem organisasi hingga menyusun program kerja. Pengembangan . Kegiatan dalam persiapan ini adalah : a. Kick off meeting f. Menunjuk manajer e. 2.tahun dan setelah itu dapat juga sertifikasi dicabut bilamana perusahaan tidak dapat lagi memenuhi persyaratan. Perusahaan bagaimana yang layak ? adalah perusahaan yang sudah memilki komitmen terhadap kualitas.

Kegiatan yang harus dilakukan dalam tahap implementasi adalah : a. Pra-audit . a. Kegiatan yang termasuk dalam tahapan assessment ini adalah : a. Membuat manual kualitas (quality mannual) atau pedoman kualitas e. Rekaman data kegiatan d. Tindakan koreksi h. Pemeriksaan oleh tim audit e. Membuat prosedur kualitas (quality procedure) f. kebijakan kualitas ini harus dipahami dan dimengerti oleh setiap karyawann. Membentuk tim audit mutu internal Tahap pengembangan ini adalah tahap yang sangat penting dalam implementasi sistem manajemen kualitas ISO-9000. maka akan mempengaruhi perusahaan dalam memperoleh sertifikat. Umpan balik f. Tinjauan manajemen (management review) g. 4. Implementasi Pada tahap implementasi ini tanggung jawab sangat penting karena karyawanlah yang menjalankan sistem tersebut. Impelementasi c. Kemudian membandingkan semua prosedur yang telah ditulis dengan penerapannya dilapangan. Verifikasi 5. Menyebarkan pengertian kepada semua karyawan b. Distribusi dokumen ke setiap departemen atau bagian b. Seleksi badan sertifikasi b. Menentukan kebijakan kualitas (quality policy) c. Menyusun prosedur operasional g.Kegiatan yang harus dilakukan dalam pengembangan ini adalah perumusan dokumentasi sistem kualitas. Kebijakan kualitas merupakan pernyataan dari top manajemen tentang komitmennya terhadap kualitas. Jika terjadi beberapa proses tidak sesuai dengan prosedur yang telah disusun. Menyusun rencana kualitas (quality planning) d. Pengadaan sumber daya h. Assessment Badan sertifikasi akan menuju semua dokumen (document review) yang ada dan dibandingkan dengan ketentuan dalam ISO-9000.

Setelah sertifikasi diperolehi bukan berarti semuanya sudah berakhir.4 ASPEK – ASPEK MENEJEMEN KUALITAS DAN FAKTOR – FAKTOR PENGAHAMBAT. penerapan hingga peninjauan ulang untuk mempertahankan ssertifikat. Konfirmasi jadwal assessment e. implementasi sistem manajemen kualitas ISO-9000 dan komitmen terhadap kualitas jauh lebih penting dari pada memperoleh sertifikat. produktivitas dan efisiensi. dan adalah keliru jika suatu perusahaan menerapkan sistem manajemen kualitas ISO-9000 hanya bertujuan untuk memperoleh sertifikat. Tindakan koreksi d. namun dibutuhkan waktu rata-rata antara 12-18 bulan. Assessment j. Pembukuan i. c. Oleh karena itu. 2. Menyiapkan program kerja f. tapi memerlukan kerja keras serta komitmen perusahaan terhadap kualitas. perbaikan proses kerja. a) Aspek Komersial Sitem Manajemen Kualitas ISO-9000 Tujuan penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 bukanlah untuk memperoleh sertifikat. Pengarahan g. bagi perusahaan kecil dan menengah maupun perusahaan lain yang tidak mampu memperoleh sertifikat. Pengecekan akhir h. Penutup Waktu yang dibutuhkan perusahaan mulai tahap adopsi sampai dengan tahap sertifikasi sangat bervariasi. Komitmen dan kerja keras saja tentunga tidak cukup jika perusahaan ingin memperoleh sertifikat. Memperoleh sertifikat sistem manajemen kualitas ISO-9000 bukanlah suatu hal yang mudah. namun merupakan permulaan yang baik dari penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 untuk masuk dalam kompetisi global. . Hal yang lebih penting untuk dipertahankan dalam penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 adalah justru pada komitmennya terhadap kualitas produk. Biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh sertifikat sistem manajemen kualitas ISO- 9000 jumlahnya cukup besar dan hal ini menjadi kendala bagi perusahaan kecil dan menengah untuk mengimplementasikannya. Banyak biaya yang harus dikeluarkan perusahaan mulai dari persiapan.

Beberapa psikologis tersebut adalah sebagai berikut : 1. sistem manajemen kualitas ISO-9000 tidak berbicara kualitas suatu produk. 4. a) Aspek Psikologis Sistem Manajemen Kualitas ISO-9000 Dalam sistem manajemen kualitas ISO-9000 mengatur hubungan antara pemasok. karena bagaimanapun canggihnya suatu sistem yang dibuat faktor manusialah yang akan menentukan berjalan atau tidaknya sistem tersebut. Mengadakan perbaikan maksimal menghadapi asesmen 6. Banyak perusahaan yang memiliki kebanggan dalam memperoleh sertifikat ISO-9000. Sikap mental Sikap mental memiliki pengaruh yang cukup dominan terhadap kesuksesan penerapan sistem manajemen kualitas ISO-900. Ketika pencanangan pertama kali oleh perushaan untuk menerapkan sistem manajemen kualitas ISO-9000 banyak yang mengalami kegagalan. Setiap akan diaudit ulang mengadakan persiapan 4. Membuat banyak orang stress b) Faktor Penghambat Penerapan ISO-9000 Penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 memerlukan persiapan dan pembenahan diseluruh aspek organisasi. Komitmen manajemen rendah Penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 menuntut adanya komitmen dan tanggung jawab yang besar dari manajemen. Beban moral 2. tanggung jawab dan wewenang setiap level jabatan. penyebab kegagalan ini dapat didefenisikan sebagai berikut : 1. Oleh karena itu. Organisasi belum stabil Beberapa perusahaan ditemukan bahwa mereka kesulitan dalam pembagian kerja diorganisasinya. Bentuk organisasi dan sistem yang terjadi akan memperngaruhi proses kerja. Kebanggan tersebut diwujudkan dalam bentuk publikasi secara besar-besaran ketika pertama kali sertifikat diserahkan dan setiap produknya diberikan libel dan tanda sertifikat ISO-9000. Jika komitmen ini rendah maka penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 akan terbengkalai. 2. Berusaha menutupi kelemahan sewaktu asesmen 5. tapi berbicara proses pencapaian suatu tingkat kualitas teretntu. perusahaan dan pelanggan serta memberikan petunjuk secara umum dalam rangka memenuhi persyaratan mutu. Kritis non produktif . Malu kalau sertifikat dicabut 3. 3.

Melakukan tindakan untuk mencapai hasil yang ditetapkan dan perbaikan terus menerus. ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. namun merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh sertifikasi. Menetapkan kriteria dan metode untuk memastikan bahwa pelaksanaan dan pengendaliannya berjalan dengan efektif. Sistem manajemen kualitas ISO-9002 hanya berisikan 19 elemen dan tidak memasukkan elemen pengendalian desain. Mengidentifikasi proses yang dibutuhkan. Sedangkan sistem manajemen kualitas ISO-9003 walaupun tidak banyak diadopsi perusahaan. yaitu 20 elemen. Memastikan ketersediaan sumber daya dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung operasi dan memantau proses. Jika hal ini terjadi tanpa ada penanganan yang serius. Meskipun ketiga seri sistem manajemen kualitas ISO-9000 memiliki elemen yang berbeda. 2. mulai dari persiapan hingga tahap sertifikasi.5 PERBANDINGAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS ISO – 9000 DAN SYARAT –SYARAT DALAM MENERAPKAN ISO 9000 a) Perbandingan Sistem Manajemen Kualitas ISO-9000 Untuk penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000. memantau dan menganalisis proses. 6. Sistem manajemen kualitas ISO-9001 memiliki persyaratan yang paling lengkap. Mengukur. maka cenderung hanya akan menimbulkan perdebatan yang berkepanjangan dan sama sekali tidak produktif. Menetapakan urutan dan interaksi proses. c) Syarat – syarat Perusahaan dalam menerapkan ISO 9000 1. Sering kali timbul dalam perusahaan orang atau kelompok tertentu yang memilki sikap terlalu kritis dan selalu mempertanyakan efektifitas serta selalu mencari-cari kelemahan sistem manajemen kualitas ISO-9000. 3. 5. Sistem manajemen kualitas ISO- 9003 memuat 17 elemen sebagai persyaratan dari 20 elemen yang ada dan sangat cocok untuk perusahaan yang mengutamakan jaminan kualitas dalam inspeksi dan tes akhir. 4. 2. sementara sistem belum berfungsi secara keselutuhan. penerapan sistem manajemen kualitas ISO-9000 menjadi tanggung jawab setiap karyawan dan semua level manajemen. . Persyaratan tersebut dikenal dengan istilah elemen- elemen sistem manajemen kualitas ISO-9000.

Kesimpulan 3. serta memiliki banyak kekurangan dalam penyusunan makalah baik dari segi tulisan maupun bahasa yang kami sajikan sehingga masih memerlukan kritik dan saran.com/document_downloads/direct/115010689?extension=do Herly. Karena itu kami berpesan sekaligus menyarankan pada pembaca agar mengambil sesuatu yang positif dari makalah yang kami buat dan semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kami maupun pembaca. https://www.Dalam http://elearning.2011.scribd.Sertifikasi ISO 9000.co.blogspot.Dewi.docx.html .2003.2.atmajaya/2003/maknual-tugas uas ac. DAFTAR PUSTAKA Atmajaya.id/2011/05/sertifikasi-iso-9000.Dalam http://dewiherly. Saran Pada kenyataannya kami sadar bahwa pembuatan makalah ini masih bersifat sangat sederhana dan simpel. BAB III PENUTUP 3.1.id 115010689-ISO-9000.Maknual Tugas Uas .