PROPOSAL KEGIATAN 10 NOVEMBER (HARI PAHLAWAN

)
BAB I
1. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
“Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa-jasa para
Pahlawannya”. Tentu saja kita masih ingat dari apa yang telah kita pelajari melalui
sekolah ataupun kesaksian para pelaku sejarah mengenai pengorbanan yang sudah
pahlawan berikan. Tak tanggung-tanggung, bahkan jiwa dan ragapun sudi
dipersembahkan demi terwujudnya kemerdekaan negara tercinta. Namun, zaman
terus bergerak dan berubah. Di era sekarang, kita yang hidup di masa kini tentulah
mengalami peristiwa yang berbeda dengan waktu penjajahan dahulu. Bila perjuangan
yang dilakukan di zaman lampau ialah dengan mengangkat senjata guna mengusir
penjajah, lalu apa yang wajib generasi muda sekarang upayakan demi mengisi
kemerdekaan bagi bangsa ini?
Kita semua pasti ingin bangsa ini menjadi bangsa yang besar maka kita semua
wajib menghargai jasa-jasa dari para pendahulu kita. Bagaimanakah upaya kita
menghargai jasa-jasa mereka? Apakah cukup dengan mengenal sejarah mereka?
Apakah lewat pendirian monumen yang megah? Atau dengan menamakan jalan-jalan
dengan nama para pahlawan?
Itu semua tidaklah cukup, ada hal lain yang dapat melengkapi tindakan kita guna
menghargai jasa-jasa mereka, yaitu dengan menbangun nilai-nilai kepahlawanan
seperti semangat pantang menyerah dalam belajar, rela berkorban satu sama lainnya
dan menjunjung tinggi rasa solidaritas serta sportivitas kita sebagai siswa-siswi
SMPN 10 Pekanbaru. Inilah upaya-upaya yang dapat membangun karakter Siswa-
siswi yang tangguh agar bangsa ini sama besar dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain
di dunia.
Menumbuhkembangkan karakter bangsa yang besar hanya dapat terlaksana bila
spirit kepahlawanan telah menyatu dalam jiwa setiap siswa-siswi SMPN 10
Pekanbaru. Oleh karena itu, kami bermaksud mengadakan acara dalam memperingati
hari pahlawan yakni mempresentasikan foto-foto serta sejarah tokoh pejuang
(pahlawan), dan pentas drama yang bertemakan “DRAMA MUSIKAL 10
NOVEMBER BERSAMA AREK-AREK SUROBOYO”

B. Dasar kegiatan

menjunjung tinggi sportivitas yang ada dalam jiwa siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru. kesadaran. 2) Menumbuhkembangkan karakter bangsa yang besar dan spirit kepahlawanan disetiap diri siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru. BAB II 1. PELAKSANAAN KEGIATAN A. pantang menyerah. dan rasa tanggung jawabserta solidarotas siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru. JENIS KEGIATAN . Hasil yang diharapkan Hasil yang diharapkan setelah kegiatan ini yaitu siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru semakin mencintai tanah air dan memiliki semangat juang seperti pahlawan dan tidak melupakan sejarah panjang yang menjadikan negara ini tebebas dari belenggu penjajah dan meningkatkan potensi-potensi yang ada di diri siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru terutama dibidang pentas seni drama. 4) Mengingatkan kepada siswa-siswa mengenai semangat juang para pahlawan yang telah gugur. 6) Menumbuhkan rasa kerjasama. D. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan : 1) Peristiwa sejarah 10 November 1945 2) Tinggi nya minat peserta didik dibidang seni 3) Program Kerja OSIS SMPN 10 Pekanbaru C. 5) Tergalinya potensi-potensi siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru. Tujuan Kegiatan Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Tertanamnya nilai-nilai kepahlawanan dalam diri siswa-siswi sebagai bentuk semangat. 3) Mengenalkan kepada siswa mengenai perjuangan pahlawan dalam melawan sekutu di peristiwa 10 November 1945.

29 Oktober 2016 Waktu : 08. URUTAN JALANNYA PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS 1. 6. E. S. SUSUNAN KEPANITIAN Adapun susunan kepanitiaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS diantaranya: Penanggung Jawab : Hj. Ketua KPPS yang merupakan Mahasiswa PPL memimpin pelaksanaan perhitungan suara. 29 Oktober 2016 Waktu : 07. Raja Izda Chairani.1.35 WIB Tempat : LAPANGAN SMPN 10 PEKANBARU C. Upacara bendera dalam peringatan hari pahlawan 2. 4. dan Pembina OSIS dilapangan terbuka dan bersifat transparansi sehingga tidak terjadi manipulasi surat suara. tanggal : Sabtu. Pukul 07. PROSES PENGHITUNGAN SURAT SUARA 1. absensi dan kelengkapan administrasi lainnya.15 WIB Tempat : LAPANGAN SMPN 10 PEKANBARU D. Perhitungan suara disaksikan oleh siswa. 3. Dalam hal ini yang bertugas menjadi KPPS adalah guru- guru PPL UIN SUSKA RIAU. Pentas seni drama musical “10 November bersama Arek-arek Suroboyo” B. 5. guru-guru PPL. Anggota KPPS 3 yang merupakan Mahasiswa PPL menyusun surat suara yang sudah disahkan dalam susunan sesuai suara yang diperoleh masing-masing pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS 4. F. Calon ketua dan wakil ketua OSIS serta tim sukses masing-masing kandidat melakukan pemilihan secara bersama-sama. Setelah itu pemilihan OSIS dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 10 Pekanbaru dan berlanjut ke guru-guru SMPN 10 Pekanbaru. PELAKSANAAN KEGIATAN Hari.00 seluruh siswa dikumpulkan dilapangan basket untuk melihat penampilan Acoustic dari kelas IX.15 – 08. menghitung jumlah setiap dokumen.10.35. Presentasi foto-foto beserta sejarah tokoh pahlawan. tanggal : Sabtu. 2. Anggota KPPS 1 dan 2 yang merupakan Mahasiswa PPL mencatat jumlah pemilih dan surat suara di lembar karton dan juga di kertas HVS. Arahan Pemilihan OSIS di pandu oleh guru SMPN 10 Pekanbaru. 2. PELAKSANAAN PENGHITUNGAN SUARA Hari. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai bertugas mengecek surat surat suara.Pd Pembina I : Asti Rusti. 3. Pemilihan OSIS dibuka oleh Kepala Sekolah beserta Jajarannya dan mulai memberikan hak suaranya. 3. PMS (Wakasek Kesiswaan) . Jenis kegiatan ini adalah : 1.

DATA PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA PEMILIHAN OSIS Tempat Pemungutan Suara (TPS) : Lapangan SMPN 10 Pekanbaru 1.000 Rp 5.000 Rp 8.000 Total Rp 328.027 c) Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilih (golput) : 28 2. berisi suara sah dan tidak sah a) Surat suara sah untuk seluruh calon kandidat OSIS : 993 b) Surat suara yang tidak sah : 6 Jumlah : 999 .Pd (Pembina OSIS) Ketua Pelaksana : Arifaldi (Mahasiswa PPL) Wakil Ketua Pelaksana : Geza Zulfi Meylinda (Mahasiswa PPL) Anggota : Pengurus OSIS 2016-2017 G.000 Rp 1.000 3 Peralatan : 1.000 6. Gunting 1 Rp 5.000 Rp 90. Klasifikasi Surat suara yang terpakai. Penerimaan dan Penggunaan Surat Suara a) Jumlah surat suara yang diterima (termasuk cadangan) : 1. Print 2 Rp 2. - 3. Tinta 6 Rp 15. Solasi 1 . Kardus 10 .000 Rp 170. . ANGGARAN BIAYA No Nama Barang Unit Harga Jumlah 1 Absensi Siswa 27 . Spidol 9 . Koran . Tali Rapia 1 Rp 1.250 1) Jumlah surat suara yang diberikan : 1. - 2. - 2 Surat Suara : 1. Fotokopi 250 Rp 200 Rp 50. Data Pemilihan a) Jumlah pemilihan dalam Salinan Daftar Pemilihan Tetap : 1.000 Rp 4.027 2) Surat suara cadangan : 223 b) Surat suara yang dikembalikan oleh pemilih karena rusak : 0 c) Surat suara yang tidak terpakai : 251 d) Surat suara yang terpakai : 999 3.000 7. - 4 Selempang OSIS 2 Rp 85. - 8.000 2.000 5.000 4.000 H. Double Tip 1 Rp 8.027 b) Jumlah yang menggunakan hak pilih berdasarkan Salinan Daftar Pemilihan Tetap : Laki-laki : 477 Perempuan : 550 Jumlah : 1. S. Pembina II : Yulmaliza.

TSABITA TSANY = 201 M. ANTASENA DILAGA = 132 VIVIRA AIDA YAHYA 2.I. FEBRIAN PUTRA 3. HASIL PEROLEHAN SUARA 1. DZAKY HIKMAL HAFIQ = 660 ADYTIA NURRAHMAN BAB III .

.6) 2) Tsabita Tsany (VII. jujur dan adil dengan pemilih yang berjumlah 1.1.6) dan Adytia Nurrahman (VII.5) 3) Dzaky Hikmal Hafiq (VII.6) Aditya Nurrahman (VII. bersih.027 siswa sesuai daftar nama (absensi kelas). penuh dengan kegiatan yang bermanfaat dan maju.2) Vivira Aida Yahya (VII. Kemudian setelah dilakukan penghitungan suara. KESIMPULAN Dalam rangka berakhirnya masa jabatan pengurus OSIS 2015-2016. pada hari Sabtu. Laporan penanggung jawaban kegiatan pemilihan OSIS ini apat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan pedoman dalam kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutya dan bisa menjadi pegangan bagi semua pihak yang membutuhkan.4) dengan perolehan 660 suara.4) Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancer. 2. 29 Oktober 2016.15-10.5) M. SARAN Demikian susunan LAPORAN PENANGGUNG JAWABAN KEGIATAN PEMILIHAN OSIS yang dibuat dengan sebenar-benarnya. langsung. berbudi pekerti luhur yng pada gilirannya akan membawa nama baik sekolah terutama OSIS SMPN 10 Pekanbaru kearah yang lebih baik. Pemilihan OSIS dimulai pukul 07. Febrian Putra (VIII.15 dengan 3 Kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS yang terdiri dari : 1) Antasena Dilaga (VII. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan akan lahir kader-kader pemimpin yang berdedikasi tinggi. terampil. kreatif. jujur. inovatif. sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi politik siswa SMPN 10 Pekanbaru sudah cukup bagus. akan tetapi masih sedikit yang belum sadar akan politik. namun 999 siswa saja yang menggunakan hak pilih mereka. pengurus OSIS 2015-2016 mengadakan kegiatan Pemilihan Osis (PEMILOS) untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS periode 2016-2017. pasangan yang terpilih untuk menjadi ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 10 Pekanbaru periode 2016-2017 adalah Dzaky Hikmal Hafiq (VII.