Sejarah Manusia Purba Dan Jenis-Jenisnya

Manusia Purba ada yang mengatakan adalah nenek moyang dari manusia yang hidup di
zaman dahulu kala. Mereka berevolusi dan jadilah kita manusia di zaman modern sekarang.
Mari kita simak lebih lanjut mengenai sejarah manusia purba dan jenis-jenisnya agar kita
lebih paham.

Sejarah Manusia Purba Di Dunia
Manusia prasejarah atau yang biasa disebut dengan manusia purba adalah manusia yang hidup
sebelum tulisan ditemukan. Mereka hidup dengan cara yang sangat sederhana dan sangat
bergantung pada alam.
Para ilmuwan barat yang sebagian besar menganut teori evolusi memasukkan
Australopithecus atau ras kera yang telah punah sebagai ras "Nenek Moyang Manusia". Padahal ada
perbedaan yang besar dan tak berhubungan antara kera dan manusia. Perbedaan ini yang tidak bisa
dijelaskan mereka yang selanjutnya disebut dengan mata rantai yang hilang (missing link).
Selama ini kita mendapatkan pemahaman yang salah. Dimana manusia purba disebut sebagai
nenek moyang kita. Padahal Nabi Adam lah yang pertama kali diciptakan sebagai "Manusia", oleh
ALLAH SWT. Semuanya jelas ada pada Al-Qur'an. Karena manusia purba hanyalah sebagian dari
evolusi biologi dan sejarah kehidupan umat manusia yang hadir.

gigi. Diperkirakan fosil tersebut telah berumur 1-2 juta tahun. Di Indonesia jenis Pithecanthropus ada 3. Pithecanthropus Mojokertensis. Itulah fosil manusia purba yang paling banyak ada di Indonesia. yaitu Pithecanthropus Erectus.Jenis-Jenis Manusia Purba Dan Ciri-Cirinya Berikut jenis-jenis manusia purba yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya : 1. Jawa Timur. Meganthropus Paleojavanicus Meganthropus Paleojavanicus memiliki arti yaitu Megan=besar. dan rahang yang besar dan kuat  Mereka memakan tumbuh-tumbuhan 2. Anthropus=manusia. . Fosil yang ditemukan tulang rahang atas. dan Pithecanthropus Soloensis. Paleo=tua. Javanicus=dari jawa. Ciri-cirinya :  Punya tonjolan tajam di belakang kepala  Memiliki tulang pipi dan tonjolan kening yang mencolok  Tidak punya dagu seperti kera  Mempunyai otot kunyah. Pithecanthropus Erectus : Ditemukan oleh Eugene Dubois Tahun 1891 disekita lembah sungai bengawan solo. Kesimpulannya dari artinya adalah Manusia purba bertubuh besar tertua di Jawa. Pithecanthropus Pithecanthropus artinya adalah manusia kera yang berjalan tegak. tengkorak dan tulang kaki. Fosil ditemukan di daerah Sangiran. Jawa Tengah antara tahun 1936 - 1941 oleh seorang peneliti Belanda bernama Von Koeningswald. Trinil. Jawa Tengah. Pithecanthropus Mojokertensis : Atau disebut juga Pithecanthropus Robustus. Fosil ini ditemukan oleh Von Koeningswald tahun 1936 di Mojokerto. Fosil yang ditemukan tulang tengkorak anak-anak.

fosilnya berasal 15. Masa Bercocok Tanam . Awalnya mereka hidup sendiri- sendiri. karena menghadapi keadaan alam yang berat dan makhluk buas. Homo Soloensis. Homo Floresiensis. Di Indonesia ada 3 jenis manusia purba dari genus homo. Ini termasuk manusia (homo) dan bukan lagi kera (Pithecanthropus). akhirnya mereka menyadari pentingnya hidup berkelompok.000-40.Sejarah Manusia Purba Dan Jenis-Jenisnya 2. Masa berburu dan Mengumpulkan makanan Mereka mengumpulkan umbi-umbian liar dan melakukan pemburuan untuk mendapatkan makanan. yaitu Ngandong dan Sangiran tahun 1931-1933. Pithecanthropus Soloensis : Ditemukan oleh Von Koeningswald juga dan Oppernoorth tapi ditempat terpisah. Hidupnya berpindah-pindahan. Homo Wajakensis.000 tahun SM. Fosil yang ditemukan tengkorak dan tulang kering. diantaranya sebagai berikut : 1. Ciri-ciri dari spesies ini adalah :  Tinggi tubuh antara 165-180cm  Badan tegap. tapi tidak setegap Meganthrophus  Volume otak antara 750-1350cc  Kening menonjol tebal dan melintang sepanjang pelipis  Hidung lebar dan tidak berdagu  Rahang kuat dan geraham yang besar  Makanannya tumbuhan dan daging hewan buruan Sedangan manusia purba dari genus homo adalah manusia purba yang paling muda. Kehidupan Manusia Purba Pra Sejarah Manusia purba hidup dengan cara yang sederhana dan masih bergantung sekali dengan alam.

. Jika tanah untuk bercocok tanamnya tidak subur. 4. Ada bangunan-bangunan yang sangat besar untuk digunakan upacara. Bahkan sudah ada sistem pertukaran untuk mendapatkan logam. barulah mereka pindah. kapak. tulang dan kayu. Masa Mengenal Kepercayaan Mereka melakukan upacara-upacara dimana masa itu manusia purba mulai menyadari adanya kekuatan lain yang melebihi dirinya. Pada masa ini mereka sudah menetap. dengan menyediakan makanan sendiri dengan cara bercocok tanam dan berternak. Masa Perundagian Dimana alat-alat yang mereka gunakan untuk bertahan hidup hanyalah batu runcing. Barang-barang yang mereka buat dengan cara mencetaknya. upacara ritual dan upacara persembahan. Mereka tinggal di suatu daerah dengan membuat rumah dari kayu dan menunggu waktu panen dari hasil bercocok tanamnya. Tapi masa itu berubah lebih berkembang mereka membuat barang- barang yang berasal dari logam. 3. Upacara pemujaan. Mereka diperkirakan sudah mengenal pakaian yang terbuar dari kulit binatang atau kulit kayu.