SOAL MIKROTES BAHASA INDONESIA (KTSP

)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
1. Peristiwa itu memberikan semacam peringatan bagiku. Setiap aku akan mengendarai
kendaraan helm selalu kugunakan. Keselamatan dan kesehatan lebih penting dari
kecepatan dalam berkendara.
Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A. orientasi
B. insiden
C. interpretasi
D. koda

2. Untuk kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Wajahnya
mulai memerah. Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Karung hanya terangkat sedikit.
Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia
pasti kuat, tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak.
Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A. orientasi
B. insiden
C. interpretasi
D. koda

3. Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Ia mencari
sumber suara yang tak ingin ia dengar. Ia pun berlari kencang setelah mengetahui sumber
suara itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu.
Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan penyuka hewan
piaraan.

Paragraf di atas dalam teks eksemplum termasuk dalam struktur....
A. orientasi
B. insiden
C. interpretasi
D. solusi

4. Setelah lima menit berlalu Ririn, siswa kelas VII F menoleh ke belakang.(1) Ia mencari
sumber suara yang tak ingin ia dengar.(2) Ia pun berlari secepatnya setelah mengetahui
sumber suara itu.(3) Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan
piaraan itu.(4) Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. Ia memang bukan
penyuka hewan piaraan.(5)

Kata keterangan waktu yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Wajahnya mulai memerah. Kalimatnya jelas. 5 B. Ia pun berlari secepatnya setelah mengetahui sumber suara itu. 2 C.. Karung hanya terangkat sedikit. Setelah lima menit berlalu Ririn. perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga.. 6 D. 4 B. siswa kelas VII F menoleh ke belakang. Kalimat majemuk bertingkat yang digunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat. Dengan demikian. Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan pada kalimat pertama di paragraf di atas kurang tepat. Tak lebih dari satu jengkal tangan orang dewasa. Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai figur/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Ia memang bukan penyuka hewan piaraan. pimpinlah diri sendiri”. Setiap siswa yang lewat pasti membacanya. Untuk kedua kalinya ia mencoba memaksakan diri mengangkat karung itu. Ririn merupakan salah seorang siswa yang tidak menyukai hewan piaraan itu. tetapi kali ini ia tak dapat berbuat banyak. Kata hubung intrakalimat yang tepat adalah. Kata keterangan cara yang digunakan dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat. Biasanya kalau dalam kondisi normal ia pasti kuat... Darah mengarah ke urat syaraf kepala. Tulisannya besar. pimpinlah diri sendiri”. Kalimatnya jelas.. Untaian kalimatnya rapi. atau B..5. A. 5 C. A. Baginya hewan itu tidak layak untuk dipelihara. 7 9.. Pesannya jelas dan bermakna. pada C. “Jika ingin jadi siswa berkualitas. kemudian anak mengambil nilai-nilai yang . Tulisannya besar.. 3 7. Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk berlatar hijau itu.. 6 C. 3 D.. Ia mencari sumber suara yang tak ingin ia dengar. Lima meter jarak antara kami dan tulisan di spanduk hijau itu. A. 1 B. dengan D... A. Setiap siswa ya pasti membacanya. sampai 8. 4 6. Pesannya jelas . Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam pragraf di atas terdapat pada kalimat. “Jika ingin jadi siswa berkualitas. Untaian kalimatnya berbaris rapi. 4 D.

kata keterangan tujuan D. kata keterangan tempat B.. Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah.. dengan demikian D. kini B. kata keterangan waktu C. Kekacauan kebijakan subsidi terletak pada desain kebijakan itu sendiri tanpa dikaitkan dengan problem nasional lain terkait energi. Semua ini sebenarnya disebabkan oleh ketidakjelasan Pemerintah dalam mengelola energi nasional. “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu. A. Dalam hal ini orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya. Arti istilah fatwa dalam paragraf tersebut adalah . A. batik adalah primadona bangsa Indonesia. kata keterangan cara 11.. kata keterangan tempat B. dalam hal ini 10. Bel tanda masuk kelas sebentar lagi akan berbunyi. A. Langkah demikian merefleksikan ketidakberdayaan Pemerintah merumuskan kebijakan mengatasi subsidi bahan bakar minyak yang dinilai tidak tepat sasaran. Kata hubung antarkalimat yang dipergunakan dalam teks di atas adalah. Terkesan aneh bin ajaib jika benar Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu.. C. batik kebanggaan bangsa Indonesia. ditanamkan orang tuanya. D. Batik sudah mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. dan C. kata keterangan tujuan D.. batik warisan kebudayaan Indonesia..... Gagasan utama paragraf tersebut adalah. usulan C. Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa. Batik seakan mampu menyampaikan rasa kebudayaan bangsa. B. larangan 13. Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah. A.. kata keterangan waktu C. A. keputusan B. . Bambang!” ujar Paman. batik lambang kebudayaan Indonesia. Keberadaan batik selama ini telah menjadi primadona di kalangan pecinta mode. imbauan D. kata keterangan cara 12.. baik secara sadar maupun tidak...

. . Pencemaran lingkungan disebabkan oleh plastik kemasan. Sampah dapur diubah menjadi kompos. (3) D. abu terbang limbah pabrik pun dapat diubah menjadi batu bata. Bahan pencemar lingkungan dapat dibuat sesuatu yang bermanfaat . (4) 15. 14. Bacalah dengan cermat! (1) Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih. Pencemaran lingkungan disebabkan oleh sampah dapur. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. (2) C. C. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor . Pencemaran lingkungan disebabkan oleh limbah pabrik. ada yang layak minum. Simpulan isi paragraf di atas adalah .. (5) Bahkan. D. tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak. Plastik bekas kemasan diubah menjadi tas. Bahkan. A. (1) B. B. Salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan mengubah bahan pencemar itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. ia bisa menjadi tak layak minum.. A. . (2) Selain itu.