PROPOSAL OUTING CLASS

“KUNJUNGAN KE KINCIR AIR GUNUNG SAGO
KURANJI
DAN MUSEUM ADITYAWARMAN”

KELAS III

SEKOLAH DASAR PLUS LILLAH
2017

.

Salah satu sarana dan prasarana dalam belajar adalah lingkungan belajar yang menyenangkan. Belajar merupakan sebuah usaha untuk membuat sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Salah satu usaha tersebut adalah dengan mengadakan outing class. Outing class merupakan sebuah metode pembelajaran dengan menyajikan lingkungan belajar di luar kelas dan tetap mengaitkan kegiatannya dengan materi yang ada. Proses tersebut terealisasi dalam kegiatan belajar. Perubahan yang lebih baik diperoleh melalui pembelajaran ilmu pengetahuan. baik di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan belajar adalah semua tempat terjadinya proses belajar. diperlukan lingkungan belajar lain di luar kelas untukmengoptimalkan semangat serta hasil belajar yang dimiliki oleh siswa. siswa diharapkan mampu menyerap materi pelajaran lebih maksimal dan mampu mengamati secara langsung proses pembelajaran. Pada umumnya proses belajar peserta didik atau siswa terjadi di dalam kelas. Dengan demikian siswa dapat membuktikan kebenaran dari teori yang hanya ada di dalam buku teks pelajaran. Proses pembelajaran yang maksimal akan terlaksana jika sarana dan prasarana yang mendukung juga tersedia. Semakin baik sebuah proses belajar. Oleh karena itu. Melalui outing class. Selain itu siswa dapat merasakan suasana yang . PROPOSAL OUTING CLASS “KUNJUNGAN KE KINCIR AIR GUNUNG SAGO KURANJI DAN MUSEUM ADITYAWARMAN” KELAS III SD PLUS LILLAH TAHUN AJARAN 2016/2017 A. Namun pada kenyataannya masih belum bias memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan. LatarBelakang Pendidikan merupakan sebuah proses untuk memperoleh ilmupengetahuan. maka semakin maksimal pula ilmu pengetahuan yang akan diperoleh oleh peserta didik.

dan berinteraksi secara langsung dan nyata dengan sumber belajar 2. D. b. c. e. Melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang sedang dipelajari. Menumbuhkan karakter dan perilaku mandiri serta bermanfaat bagi guru dan siswa. Membantu mengoptimalkan perkembangan berpikir siswa. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan berprestasi. c. Jadwal Kegiatan Kegiatan outing class akan dilaksanakan pada Hari Kamis. d. Tujuan dan Manfaat 1. berkarakter. Memberikan pengalaman baru kepada siswa dalam belajar sehingga mampu belajar mandiri. berbeda dalam belajar. yakni Kincir Air Gunung Sago Kuranji dan Museum Adityawarman Padang. Melakukan PBM (Proses Belajar dan Mengajar) dengan suasana yang berbeda dengan kondisi belajar di dalam kelas. Menambah pengalaman siswa dalam belajar. B. Lokasi Kunjungan . Pada kesempatan kali ini. serta sekaligus menimbulkan semangat baru untuk mencapai hasil belajar yang terbaik. Manfaat Manfaat dari kegiatan outing class ini adalah: a. b. Tujuan Tujuan dari kegiatan outing class ini adalah: a. 02 Maret 2017. Membuka wawasan siswa kelas III SD Plus Lillah tentang konsep energi gerak dan perubahannya serta mecintai kebhinnekaan budaya Bangsa Indonesia. Meningkatkan mutu belajar siswa. outing class akan dilaksanakan di dua tempat. Tempat ini dipilih sesuai dengan tema pembelajaran mengenai konsep energy gerak serta perubahannya dan mencintai kebhinnekaan budaya bangsa Indonesia. Outing class ini diharapkan mampu memperkuat pembuktian konsep energy gerak dan perubahannya serta menambah pengetahuan siswa mengenai mencintai kebhinnekaan Budaya Bangsa Indonesia. d. C.

Adapun lokasi outing class kali ini adalah kedua tempat. . yakni Kincir Air Gunung Sago Kuranji dan Museum Adityawarman Padang.

Transportasi (2 unit bus) Rp.- 5. Melaporkan hasil pengamatan. Uang masuk ke lokasi Museum Adityawarman @Rp. G. 30. Anggaran Dana Outing Rincian dana yang dibutuhkan untuk melakukan outing class sebagai berikut: 1. Transportasi survei dan antar surat untuk 2 tempat Rp.- 3.- 6.000. 200. 4. Uraian Kegiatan Uraian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut: 1. WaliKelas III A 1 orang 3.000.000. 7. 6. 3. Peserta Peserta dari kegiatan outing class III adalah sebagai berikut: N Peserta Jumlah o.- JUMLAH Rp. 2. 100.- 4. Ucapan terima kasih untuk 2 tempat Rp. Rp. 50. 5. Memperkenalkan Kincir Air Gunung Sago Kuranji dan Museum Adityawarman Padang 2. Melakukan pengamatan tentang konsep gerak (kincir air) serta perubahannya. Melakukan pengamatan tentang keragaman budaya Bangsa Indonesia.E. Diskusi mengenai hasil pengamatan.000. 40. WaliKelas III A 1 orang 2.000. Foto bersama.x 37 anak 74.. Siswa Kelas III B 18 orang TOTAL 39 orang F. 494.- 2. Biaya tak terduga Rp.000. Membuat laporan pengamatan di museum dan kincir air. 1.000. 2 dus air mineral Rp. Siswa Kelas III A 19 orang 4.- .000.

I Mistio Mesa Fernanda. Kepala SD Plus Lillah Mulhendri. Padang.E . 24 Februari 2017 WaliKelas III A WaliKelas III B Hermandas. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.Pd Mengetahui.H. S.Pd. semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancer serta mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan yang diharapkan. S. Penutup Demikianlah proposal rencana kegiatan Outing Class ini dibuat. S.