You are on page 1of 13

SOAL- SOAL BELAJAR HUMANIORA ETIKA 2

1. Dokter tajir dalam praktiknya meresepkan produ suplemen kesehatan dari
sebuah perusahaan multi level marketing dimana ia menjadi salah satu
anggotanya. Ditinjau dari segi etika, perbuatan dokter tersebut tidak
sesuai dengan kodeki. Apakah prinsip atau pasal yang dilanngggar oleh
dkter ini ?
a. kebebasan dan kemandirian profesi
b. bijak dalam penemuan baru
c. member keterangan atau pendapat yang valid
d. profesionalisme
e. kejujuran dan kebajikan terhadap pasien dan sejawat
2.Pasien 22 tahun, laki-laki periksa ke dokter didiagnosis Gonore. 1 mingu
kemudian Orang tua pasien bertanya penyakit anaknya ke dokter. Prinsip
dokter ?
a. Nonmalificence
b. Malificence
c. Autonomy
d. Justice
3. pasien datang ke IGD perdarahan pervaginan, TD 80/70 mmHg, nadi
halus. Orangtua belum datang. Dokter mencarikan kekurangan darah.
Prinsip dokter ?
a. nonmalificence
b. malificence
c. justice
d. autonomy
4.Seorang laki-laki usia 68 th, keluhan nyeri dada, sesak, dan badan lemah.
Pada hasil pemeriksaan ditemukan infark miokard inferior dan edem paru.
Dokter menyarankan agar pasien dirujuk ke RS yang terdapat fasilitas ICU,
namun pasien menolak, walaupun keluarga sudah setuju. Apakah tindakan
yang seharusnya dilakukan oleh dokter?
a. Tetap merawat pasien semampunya
b. Merujuk pasien tanpa persetujuan pasien
c. Meminta pasien menandatangani surat penolakan
d. Merujuk dengan persetujuan keluarga pasien
5. Seorang pria, usia 25 th dtg memeriksakan diri ke Puskesmas dan
dinyatakan HIV+ setelah dilakukan rapid test. Dokter ingin memberi tahu
kepada istri dan dinas kesehatan tapi pasien menolak untuk memberi tahu
siapa siapa. Sikap profesional sebagai seorang dokter adalah
a. Memberitahu istri melalui surat
b. Membuat pertemuan selanjutnya dengan melibatkan istri
c. Menjelaskan kepada pasien bahwa sangat penting untuk memberitahu
istri
d. Melaporkan ke dinas kesehatan untuk ditindak lanjuti
e. Membuat pertemuan dengan istri
6.Seorang pasien perempuan datang dengan keluhan perdaran dari kemaluan
sejak 1 hari yang lalu disertai syok. Pasien terlambat haid dan belum
menikah. Tindakan sebagai dokter adalah ...
a. Menunggu keluarga datang
b. Meminta persetujuan tindakan dari telepon
c. Meminta temanya menandatangani inform consent

Autonomy d. Alasan yang benar jika dokter menyetujui adalah? a. Keluarga sangan mengharapkan dokter menyanggupi permintaan keluarga pasien. Voluntary Euthanasia d. Apa etika yang dilakukan dokter tersebut? a. Bukan tergolong Euthanasia 9. Kemudian dokter mendiskusikan dengan istri pasien di ruang dokter dan memutuskan untuk tetap memasang alat bantu nafas walaupun pasien menolak. Kasus ini termasuk euthanasia jenis apa? a. seharusnya jika bapak meminum dengan teratur. dan minta dokter untuk menghentikan segala upaya pengobatan. Veracity 8. pasien masih sadar.Pria 55 tahun dirawat di ICU karena menderita tumor pankreas stadium akhir. Breach of duty c. gula darah bapak tidak mungkin masih 250” Kalimat “ yang benar sih pak. Meneer. TTV pasien turun. Asumsi c. Memotong pembicaraan pasien 11. 32 Tahun. saya sudah meminum obatnya sesuai dengan anjuran dokter” Dokter : “ yang benar sih pak. Kaidah bioetik apa yang berlaku? a. Active Euthanasia b. pasien mengatakan pada dokter dan istri pasien agar ventilator dilepas dan diizinkan pulamh. usia 35 Tahun. Justice e. Felix. Keesokan harinya pasien jatuh dalam keadaan koma. Refleksi pikiran e. Benefience b. Melakukan tindakan resusitasi segera e. Keluarga sudah pasrah karena kasihan. Autonomy b. mederita retradasi mental datang dibawa keluarganya karena hamil 39 minggu agar dilakukan SC dan steril setelah kelahiran. di bed pasien terdapat tulisan DNR (do not recucitate). Honoury . Seorang pasien dengan VT di rawat diruang ICU. Non maleficence e. gula darah bapak tidak mungkin masih 250” merupakan? a. dokter jaga ditelpon untuk melihat keadaan pasien. Evaluasi b. Non maleficence c. kemudian dokter jaga tidak melakukan apa2. Passive Euthanasi c. Involuntary Euthanasia e. setelah di ICU. Justice 10. 16 jam kemudian pasien meninggal. seharusnya jika bapak meminum dengan teratur. Abandon d. Refleksi isi d. d. Melaporkan kepolisi 7.Di bawah ini terdapat percakapan dokter dan pasien di sebuah klinik Dokter : “apakah benar bapak sudah meminum obat yang tempo hari saya berikan secara benar?” pasien : “iya pak. Tn. Ny. mengalami koma karena malaria serebral.

pasien saat ini tengah hamil anak pertama. Pada plang hanya dicantumkan jam praktek yaitu 16-19. Communicator . Beneficence e. Pasien juga mengalami keterbelakangan mental. Dokter langsung menyarankan agar dilakukan pemeriksaan seksama. Apakah yang dilanggar? a Medical practice b Medical malpractice c Civil malpraktek d Criminal malpraktek e Human right 14. Wanita tersebut ingin menggunakan KB. b. Virtue b.Seorang wanita 20 tahun datang dengan keluhan perdarahan dari vagina. dan pasien adalah korban kasus pemerkosaan. Altruism d. Decision maker c. Excellence e. akhirnya pasien memilih untuk memakai KB pilihan dokter. Setelah berdiskusi dengan dokter. Komunikasi apa yang terjadi antara dokter dan pasien tersebut? a Menekan b Menarik diri c Kompromi d Negosiasi e Menerima 15. Accountability 12.00 tetapi dokter tersebut baru datang jam 18.Seorang dokter membuka praktek disuatu wilayah. Non-maleficence 13. Berdasarkan keterangan keluarganya. Respect c. Autonomy d.00. Seorang wanita datang ke puskesmas untuk berkonsultasi dengan dokter. Keluarga pasien meminta untuk dilakukan sterilisasi pada pasien setelah proses persalinan ini berlangsung. Apakah dasar bioetika yang anda gunakan saat anda menyetujui dilakukan sterilisasi pada pasien ini? a. dari anamnesa didapatkan bahwa sedang mengandung 20 minggu. Kemudian dokter menjelaskan penyakit tersebut kepada masyarakat melalui radio lokal setempat. Disini dokter berperan sebagai ? a. Dokter tersebut tidak memasang plang nama dokter karena sudah sangat terkenal di masyarakat. Disini dokter bertindak sebagai ? a Non maleficience b Autonomy c Beneficence d Berterus terang e Justice 16. Care provider b.Seorang pria datang berobat ke puskesmas dengan keluhan utama batuk lama. Wanita tersebut mengajukan keinginan pilihan KB nya. Justice c.Seorang perempuan berusia 24 tahun dibawa oleh keluarganya ke rumah sakit dalam keluhan keluar lendir bercampur darah dari kemaluan sejak 3 jam yang lalu.

Justice dan beneficence d.Ny. direncanakan untuk kemoterapi karena keadaannya memburuk. Euthanasia involunter e. Angel. Euthanasia volunteer d. karena bukan hal besar b. Penelusuran menunjukkan tidak ada kesalahan pada dokter. Suami menuntut dokter melakukan malpraktik. Justice c.Seorang wanita penderita kanker serviks. Tidak. karena tidak mampu membiayai lagi. Euthanasia pasif c. Non-maleficence d. Manager e. Anak dibawa ke klinik untuk diimunisasi. apabila terdapat tanda bahaya e. Bagaimana posisi dokter dalam kasus ini? a Dokter salah karena tidak memenuhi keinginan pasien b Dokter salah karena melakukan tindakan SC tanpa indikasi c Dokter tisak salah karena sudah meminta persetujuan d Dokter dan pasien salah e Pasien salah 20. Dokter lupa bahwa anak sudah mendapatkan diimunisasi. Community leader 17. Beneficence b. Ya. Hal ini merupakan? a. Apotik dokter tersebut lebih lengkap sehingga membuat orang-orang tidak ada lagi yang membeli di apotik lainnya. Apakah dokter harus memberitahu keluarga? a. Justce dan autonomy 18. Ya. Euthanasia paksa 19. Intergrity . Quality of life dan autonomy e. Non-maleficience dan autonomy c. orang tua anak tersebut meminta untuk menghentikan pemberian bantuan hidup. Keluarga menolak dan memutuskan untuk membawa pasien pulang. Autonomy e. untuk menjaga kepercayaan dokter dan pasien 21.Seorang anak dengan penurunan kesadaran di rawat di ICU. Tidak. Angel meminta dokter kepada dokter yang merawatnya untuk melakukan SC walaupun tidak ada indikasi medis. Kaidah biotetik yang ada dlam kasus ini? a. terdapat komplikasi yang mengakibatkan kematian Ny. sesuatu yang tidak dapat diprediksi.Seorang dokter membuka apotik di daerah yang sudah ada apotiknya. Kaedah etik apa yang dilanggar dokter tersebut? a. Dari pihak dokter tidak memperbolehkan. d. karena dapat mencegah bahaya d. Setelah anak Ny. Ya. karena tidak ada dampaknya c. karena jika pulang sama saja dengan euthanasia. Angel terlahir. Beneficience dan autonomy b. dan pasien meninggal karena emboli air ketuban. Euthanasia aktif b.

Seorang pemimpin rumah sakit melakukan kerja sama dengan perusahaan obat.Pasien datang ketempat praktik dokter dengan meminta surat keterangan sakit dikatenakan untuk berlibur dikarenakan jatah cuti dari pasien di tempatnya bekerja habis. Dengan kriteria eksklusinya adalah keparahan penyakit pasien. Autonomy c. Non maleficence d. Etik b.Dokter suatu daerah y dilaporkan bahwa sering datang ditempt praktik sesuai jam yang tertera pada papan dokter yang betada depan tempt praktiknya. Akhirnya pemimpin rumah sakit memutuskan untuk tidak menggunakan jasa perusahaan tersebut dan memilih perusahaan obat lain yang dapat memberikan obat paten. Sangsi apakah yang dapat dikenakan pada dokter tersebut? a.22. a Semua pasien akan mendapatkan pengobatan yang sama diakhir penelitian b Hasil penelitian akan menyelamatkan banyak nyawa dikemudian hari c Keluarga pasien dan rumah sakit telah memberi persetujuan d Pasien dengan kondisi yang gawat darurat tidak diikut sertakan e Lebih banyak keuntungan yang didpat pasien daripada kerugian . Beneficial e. Hukum e. Administrasi d. Sangsi yang dapat dikenakan pada dokter tersebut adalah? a Etik b Disiplin c Pidana d Perdata e Administrasi 26.Seorang dokter melakukan penelitian untuk meneliti pengobatan baru terhadap HIV-AIDS. Disiplin c. Dia ingin operasi bedah plastik karena tidak pede. Kemudian pemimpin rumah sakit tidak mau dengan hal yang dilakukan perusahaan obat tersebut. Justice c. Autonomy e. Intergrity 23. Confidential 24. Justice b. Kaedah etik apa yang dianut dokter tersebut? a. Perusahaan ini menyediakan obat-obatan generik untuk pasien yang dirawat dirumah sakit tersebut. Dokter tersebut memberikan surat keterangan sakti tersebut kepada pasien selama 3 hari saja. Dokter tersebut mendapatkan intensif untuk setiap pasien yang menjadi responden Apa alasan yang tepat sehingga hal tersebut dibenarkan dalam kode etik. Adat 25. Beneficence b. Asas apa yang digunakan? a.Pasien luka bakar sehingga cacat. Non-maleficence d. Dokter menyutujuinya.

.namun sejak 2 hari lalu semakin banyak. Beneficence c. a. Sehingga dokter meminta suami pasien untuk membuat surat penolakan.Seorang dokter memeriksa pasien post KLL yang membutuhkan segera transfusI darah.fisik Ku lemah. memberitahu pemimpin tempat kerja c. memberitahu pasien tentang resiko penularan &menyerahkan keputusan spenuhnya pada pasien d.otonomi c. Justice. Otonomi-nonmaleficence. N:110x/mnt. Dokter tetap memutuskan untuk menggunakan orang tersebut untuk transfui darahpasien post KLL.otonomi b. Beneficence. Pmx. Dokter sudah menjelaskan bahwa akan dilakukan kuretase dan menjelaskan bahayanya jika kehamilannya dilanjutkan. merahasiakan penyakit pasien dari keluarga 28. Seorang anak laki-laki usia 10 tahun menderita thalasemia.35th hamil 2 bulan datang dengan keluhan keluar darah dari vagina sejak 1 minggu yg lalu. Asas yang terdapat pada kasus di atas adalah a.nonmaleficence e. apa yang harus dilakukan? a. Beneficence. Justise b.otonomi c.nonmaleficence e. Tindakan bioetik yang dilakukan dokter tersebut adalah? . Akhirnya didiagnosis TB. menyarankan pasien untuk disipilin minum obat tanpa mencampuri urusann pribadi pasien e. Wanita. Justice. Sebagai dokter yang memiliki kode etik. dan kedua orang tuanyaPasien merupakan tulang punggung keluarganya.T:37 RR:20. TD:90/60 mmhg. Tetapi keluarga menolak dengan alasan bertentangan dengan norma agamanya. Laki-laki mengeluh batuk berdahak sudah 1 bulan. Menurut dokter ia membutuhkan transfusi darah. Beneficence. Sikap dokter dalam pengambilan surat penolakan termasuk dalam. Pasien kerja di pasien bekerja dirumah makan dan membiayai istri. Sedangkan seseorang dengan golongan darah yang sama dengan pasien saat itu memiliki HCV (+).nonmaleficence d. Asas yang terdapat pada kasus di atas adalah? a. Justice.27. Menurut dokter ia membutuhkan transfusi darah. Sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan didiagnosis abortus iminens. Seorang anak laki-laki usia 10 tahun menderita thalasemia. 2 orang anak. menyarankan pasien untuk berhenti kerja karena bisa menular ke orang lain b. 29. autonomy 30. Justice. Otonomi-nonmaleficence 31. Tetapi keluarga menolak dengan alasan bertentangan dengan norma agamanya.nonmaleficence d.. Beneficence.otonomi b.composmentis. non maleficence d.namun suami pasien menolak untuk dilakukan kuret dan tetap mempertahankan bayinya.

Setelah dilakukan pemeriksaan. Dokter mengatakan bahwa halite wajar dan nanti akan sembuh snediri. Beneficience dan non-maeficience 34. accident c.Seorang wanita usia 25 tahun dirawat di ICU post trauma kecelakaan motor. didapatkan bahwa terdapat anggota keluarga yang terkena kusta. Kemarin pasien disuntik pada tempat yang sama. Apakah kaidah bioetik pada kasus ini? a. Jika tidak dilakkukan. Benefience c. Autonomi dan beneficience b. resikomedis e. Pasien dengan persistent vegetative state dan menjadi ventilator dependent sejak 1 tahun yang lalu. a. Non maleficience b.Pasien laki-laki kecelakaan dan harus diamputasi kedua kakinya. Autonomy d. Hal ini adalah : a. maka keadaan pasien akansemakin memburuk. Dokter yang merawat pasien itu dengan sengaja memberikan obat diuretic kuat per injeksi tanpa melihat keluaran urin dan balans cairan pasien. tindakan apa yang telah dilakukan dokter itu ? a Melanggar kebebasan dan kemandirian profesi b Tidak melakukan tindakan sesuai standar profesi c Melakukan tindakan yang menurunkan daya tahan fisik psiksi pasien d Tidak melakukan kewajiban melindungi insan manusia e Melakukan tindakan inkompeten sesuai kebebasan teknis dan moral 35. Dokter Jamal memutuskan untuk melakukan pemeriksaan seluruh anggota keluarga untuk mencari apakah ada anggota keluarga yang lain yang terkena kusta. Autonomi dan non-maleficience d. Diketahui bahwa kasus . Pasien tidak didampingi olehkeluarga dan pasien harus segera diamputasi.Puskesmas Tanjung Duren mendapat laporan telah terjadi kasus diare cair yang berwarna putih. near miss d. Justice dan non-maleficience c. cholera.Seorang pasien mengeluh muncul benjolan ditempat bekass Suntikan. diketahui bahwa etiologi V. Jumlah kasus: wilayah A 24 kasus. malpraktik 33. insiden b. wilayah C 45 kasus. Dilihat dari sisi etik kedokteran. wilayah B 32 kasus. Justice 32.Di sebuah rumah. Justice dan autonomi e. wilayah D 24 kasus. Kegiatan pencegahan apa yang dilakukan dokter tersebut? a Health promotion b Specific protection c Early diagnosis d Disability limitation e Rehabilitation 36.

a Endemi b Pandemi c Epidemi d Kejadian luar biasa e Epidemiologi 37. Tapi dia tidak mau melahirkan anak itu dan meminta aborsi kepada dokter. Disiplin kedokteran 39. non-maleficence c. 5 pasien yang akan masuk ke UGD tersebut dan dokter memprioritaskan memeriksa pasien yang lebih gawat. Kedua pasien membutuhkan operasi segera. Tidak menyetujui dan mengedukasi 40.Perempuan 24 tahun setelah periksa ke dokter ternyata positif hamil. hukum apakah yang telah dilanggar dokter itu? a. Perdata c. confidential 38. Mengaborsi karena nyawa belum ditiupkan c. Pidana b.Wanita 21 tahun datang karena tidak mens 3 bulan.. Dokter menolak tapi memberi tahu tempat praktik aborsi. seorang berusia 56 tahun dan seorang lainnya 18 tahun. Dua orang pasien kecelakaan. beneficence e. Berdasarkan kasus di atas. kolpra ini merupakan kasus pertama setelah 5 tahun terakhir ini. Mengaborsi demi kebaikan pasien d. Karena belum ada pihak keluarga yang datang. Setelah operasi. Pasien aktif berhubungan seksual. Pasien minta diaborsi jika hamil. Ada 5 pasien di UGD dan satu tempat perawatan intensif. maka dokter mengoperasi pasien tersebut. Tetapi pasien menolak. Etik kedokteran e. Prinsip bioetik apakah yang dipegang oleh dokter tersebut : a.Pasien perempuan 50 tahun dengan DM 10 tahun tidak terkontrol datang dengan gangren pada jempol kaki nya. kedua pasien butuh perawatan intensif. Dilema etik yang diangkat? a Beneficence b Non Maleficence c Fidelity d Autonomy e Justice 41.. justice d. Untuk mencegah penyebaran dokter menyarankan amputasi. Ternyata ruang ICU untuk monitoring sedang penuh dan hanya sisa 1 bed. Administrasi Negara d.. Apakah tindakan yang akan anda lakukan sebagai dokter yang sesuai dengan etika kedokteran? a. Beberapa bulan kemudian pasien kembali ke dokter dan gangren telah menyebar hingga seluruh tungkai bawah. Tidak mengaborsi dan memberitahu tentang RS swasta yg bisa mengaborsi b. Sesuatu saat polisi melakukan penyelidikan terhadap tindakan aborsi tersebut. Kejadian terse but paling tepat disebut dengan. Autonomy b. Ada pasien yang protes karena dokter lebih .

Malpraktek 93. administrasi rumah sakit menolak memberikan dokumen tersebut karena dikatakan hal ini merupakan arsip rumah sakit dan hanya memberikan resume keadaan terakhir pasien. datang ke dokter bedah plastik dengan tujuan untuk melakukan . hukum diselesaikan oleh pengadilan e. Beneficience e. Secara bioetika. Apakah hal yang terjadi pada kasus diatas? a. Nearmiss d. Etika diselesaikan oleh majelis kode etik. Etika untuk umum. Satu hari yang lalu pasien sempat dirawat di UGD dan mendapat suntikan di lengannya dari dokter.Perempuan 25 tahun dengan shock hipovolemik dan sudah diresusitasi. Seorang pasien datang ke UGD mengeluh nyeri dan terdapat benjolan di lengan kanan.Oleh karena tidak puas dengan pelayanan di suatu rumah sakit. Non-maleficience 95. Resiko tindakan e. Autonomy c. Accident b. hokum disusun oleh lembaga profesi c. Ketika ia meminta rekam medis dari rumah sakit lama.Wanita. Pasien dan dokter e. ini sesuai dengan prinsip? a. Justice b. memprioritaskan pasien gawat darurat tersebut karena menurutnya. Altruisme d. hokum ada peraturan perundangannya 94.. Etika sangsinya ganti rugi.Dalam melakukan prakter. Etika seluruhnya tertulis. Etika disusun oleh lembaga yang berwenang. Siapakah yang berhak memiliki isi data rekam medik tersebut? a. pasien sudah mengantri sejak pagi. Autonomy e. Justice d. Non-maleficence c. seorang dokter dituntut menjunjung tinggi asas etika sesuai dengan KODEKI yang berlaku. Confidentialy 42. seorang laki-laki berusia 40 tahun memutuskan pindah ke rumah sakit lain untuk mengobati penyakit TBC nya. Menurut pernyataan diatas . Namun pasien menolak karena bertentangan dengan kepercayaannya. Pasien dan rumah sakit 96. Dokter menyarankan tranfusi PRC. Pasien b. Prinsip dasar etik apa yang berkaitan dengan islustrasi a. Pada pemeriksaan lab didapatkan Hb 6. Dokter mengaku menyuntik pasien dengan standar pelayanan medik. Beneficence b. hokum untuk lingkungan profesi b. dokter sudah bertindak tepat. hokum sangsinya penjara d. Dokter kemudian tidak memberikan tranfusi. Rumah sakit d. Dokter c. Insident c. apakah perbedaan etika dan hokum : a.

Pemeriksaan lanjutan juga menunjukkan bahwa Tn. Selama 3 bulan pasien tidak sadarkan diri dan berada dalam keadaan vegetatif. Dari hasil biopsi. Memberi keterangan sesuai pemeriksaan medis 98. Beneficence c. sebelumnya ia pernah menderita penyakit yang sama sekitar 1 tahun yang lalu setelah itu ia menderita kelumpuhan badan sebelah kiri. Tahap apa dalah 5 stages of grief yang ditunjukkan oleh pasien tersebut? . Dokter memutuskan untuk melakukan biopsi. tetapi tidak terjadi perkosaan d. Tuan Roni berusia 65 th mengalami perdarahan otak akibat stroke. Pasien sekarang menerima diagnosis dokter dan berusaha untuk hidup senang bersama anak dan cucu- cucunya. Confidence 99. Kaidah bioetik yang terkait dalam kasus ini: a. Paternalistik c. Menurut pasien tidak ada alasan menolak karena ini adalah badannya sendiri dan mempunyai uang untuk mendapatlan vitamin C. Ferly mengeluh sesak napas dan batuk darah sejak 2 minggu sebelumnya. Dokter mengajak pasien berdiskusi sambil memberi penjelasan. Cultural based d. Istrinya sudah tidak mampu membayar biaya perawatan sehingga ia meminta dokter untuk melepas ventilator. Menjelaskan bahwa terjadi penganiayaan. Non malaficence d. Respect for autonomy d. Apa yang harus dijelaskan oleh dokter? a. operasi perbaikan pada wajahnya. Pasien memaksa dokter melakukan. Integrity f. Autonomy b. Apakah prinsip etika dasar yang terkandung dalam keputusan dokter? a. pernah mengalami kecelakaan dimana wajahnya terkena minyak panas. Dokter menolak dengan alasan tidak ada indikasi medis. Collaborative e. Menyimpulkan korban tidak diperkosa b. Diakui oleh pasien . Non maleficence c. Ferly mengalami metastasis ke otak. Apakah jenis hubungan dokter pasien pada kasus diatas? a. Justice e. Justice e. Kemudian dokter melepas ventilator tersebut. tanpa terganggu oleh penyakitnya.Seorang perempuan 38 th datang ke praktek dokter untuk meminta bdisuntik vitamin C untuk membuat kulitnya lebih cantik. Pada pemeriksaan didapatkan hymen intak. Saat ini pasien dirawat ICU dengan menggunakan ventilator. Menjelaskan bahwa terjadi penganiayaan dan perkosaan c. Individual b. Ada penurunan berat badan. ternyata pasien mengalami kanker paru stadium lanjut. Altruism 97. Independent 100.Seorang wanita datang ke dokter untuk meminta surat keterangan VER setelah pasien mengakui telah diperkosa. Beneficence b. Tn.

0C. ada nyeri tekan pada abdomen. maka dokter mengoperasi pasien tersebut. dokter melakukan rujukan ke RS terdekat.Wanita 21 tahun datang karena tidak mens 3 bulan. Pada pemeriksan fisik. Wanita 32 tahun dating ke GD dengan keluhan utama nyeri perut mendadak sampai pingsan di rumah. Keluhan ini dirasakan sejak pagi hari. Bukan rujukan e. menceritakan dengan bahasa medis d. menceritakan dengan bahasa medis e. kedua pasien butuh perawatan intensif. Rujukan horizontal b. Setelah itu. a dokter boleh menceritakan hal umum saja b menceritakan hal khusus c menceritakan dengan bahasa medis d menceritakan dengan bahasa medis e tidak menceritakan informasi apa pun 104. suhu 36. dokter boleh menceritakan hal umum saja b. Konflik yang terjadi adalah…. Rujukan Interval 102. Denial b. keadaanlemah dan keluhan juga dirasakan sampai pasien pingsan. Pasien aktif berhubungan seksual. tidak menceritakan informasi apa pun 103. Seorang laki-laki 10 taaun didiagnosis thalassemia. Anger c. RR 20x/mnt. Ketika kakak kandung si pasien meminta informasi mengenai kondisi adiknya. Acceptence 101. Dua orang pasien kecelakaan. Jenis rujukan tersebut adalah? a. a. nadi 80x/mnt. Kemudian. Bargaining d. Pasien minta diaborsi jika hamil . Depression e. kakak kandung pasien dating dan menanyakan tentagn sakitnya pasien. Dilema etik yang diangkat? a Beneficence b Non maleficence c Fidelity d Autonomy e Justice 105. Setelah operasi. Pasien dating ke rumah sakit diantar oleh suami. Rujukan Vertikal c. si wanita juga belum mempunyai anak selama 6 tahun pernikahannya. Ternyata ruang icu untuk monitoring sedang penuh dan hanya sisa 1 bed. didapatkan tekanan darah 100/70 mmHg. Dokter menyarankan terapi harus transfuse darah. Ada riwayat terlambat haid 2 bulan yll. Karena di puskesmas tersebut tidak ada EKG. tapi keluarga menolak karena bertentangan dengan agama. Karena belum ada pihak keluarga yang datang. Kedua pasien membutuhkan operasi segera. Jessika datang ke puskesmas kecamata dengan keluhan nyeri dada. seorang berusia 56 tahun dan seorang lainnya 18 tahun. menceritakan hal khusus c. Alih rawat d. Lalu. Ny. sikap anda sebagai dokter adalah … a.

Kemudian dokter melepas ventilator tersebut. Apotik dokter tersebut lebih lengkap sehingga membuat orang. pasien tidak pernah sadarkan diri dan berada dalam keadaan vegetatif. Collaborative e. Sebelumnya. Confidentiality 107. Individual b.orang tidak ada lagi yang membeli di apotik lainnya. Respect for autonomy d. Autonomy b. Disarankan oleh dokter untuk dilakukan histerektomi. Sebagai dokter apa yang kita lakukan a Membujuk pasien agar mau dilakukan histerektomi b Membujuk keluarga pasien c Meminta pasien untuk menandatangani surat penolakan tindakan d Memaksa pasien e Memaksa keluarga pasien 110. Seorang ibu datang ke dokter dan meminta menggugurkan kandungan anaknya padahal anak pasien menolak menggugurkan kandungannya. Saat ini pasien dirawat di ICU dengan menggunakan ventilator. Kaidah yang ditaati dokter tersebut adalah… a. a Tidak mengaborsi dan memberitahu tentang rs swasta yg bisa mengaborsi b Mengaborsi karena nyawa belum ditiupkan c Mengaborsi demi kebaikan pasien d Mendoakan e Tidak menyetujui dan mengedukasi 106. Dokter melakukan pemeriksaan tanda vital. Non-maleficence c. namun pasien menolak. Dokter tidak melakukan tindakan tersebut. Kaedah etik apa yang dilanggar oleh dokter ini? a Beneficence b Justice c Non-maleficence d Autonomy e Intergrity 109.Ibu darmawan 38 tahun datang kepraktek dokter karena kepalanya terkena tongkat kasti. Apakah hubungan dokter-pasien tersebut? a. Apakah prinsip etika dasar yang terkandung dalam keputusan dokter? a. Seorang dokter membuka apotik di daerah yang sudah ada apotiknya.Tuan roni berusia 65 tahun mengalami perdarahan otak akibat stroke. ia pernah menderita penyakit yang sama sekitar 1 tahun yang lalu. Beneficence b. Paternalistik c. Selama 3 bulan. Saat ini anaknya berusia 22 tahun. Istrinya sudah tidak mampu membayar biaya perawatan sehingga ia meminta dokter untuk melepas ventilator. Seorang pasien didiagnosis kanker rahim stage 1b. Justice e. memeriksa ada patah di tulang tengkorak dan meminta kepada pasien untuk menjalani pemeriksaan CT scan dan pasien menurut.Non malaficence . Beneficence c. setelah itu ia menderita kelumpuhan badan sebelah kiri. Independent 108. Cultural-based d.

seorang berusia 56 tahun dan seorang lainnya 18 tahun. kedua pasien butuh perawatan intensif. Wanita 21 tahun datang karena tidak mens 3 bulan. Namun. Non Maleficence c. Kedua pasien membutuhkan operasi segera. veracity 111. Pasien minta diaborsi jika hamil a Tidak mengaborsi dan memberitahu tentang RS swasta yg bisa mengaborsi b Mengaborsi karena nyawa belum ditiupkan c Mengaborsi demi kebaikan pasien d Tidak menyetujui dan mengedukasi 113. Justice . Kemudian dokter pun memenuhi permintaannya. Ternyata ruang ICU untuk monitoring sedang penuh dan hanya sisa 1 bed. justice b. Dua orang pasien kecelakaan. Beneficence b. Setelah operasi. Pasien aktif berhubungan seksual. prima facie c. K datang membawa suaminya yang sedang mengalami penurunan kesdaran ke RS. Autonomy e. beneficience d. Kemudian suaminya dirawat diruangan intensif hingga berhari-hari dan membutuhkan ventilator. Ny. d. Dokter melakukan pengecekan dan sudah ditemukan tanda kematian batang otak. maka dokter mengoperasi pasien tersebut. Karena belum ada pihak keluarga yang datang. Fidelity d.Dilema etik yang diangkat? a. dikarenakan masalah biaya. justice e. non malaficience e. Apakah istilah tindakan yang dilakukan oleh dokter ? a. maka ia meminta dokter untuk melepaskan ventilatornya. eutanasia pasif 112.