You are on page 1of 12

1.

Perempuan 22 tahun, datang ke puskesmas dengan keluhan terdapat bercak pada kulit dan
terasa baal. Status dermatologis lesi infiltrat difus, beberapa papul dan nodul, distribusi
simetris dan anestesi tidak jelas. Pemeriksaan BTA(+) dan globus. Diagnosis kasus diatas
adalah?

a. Tipe BT

b. Tipe BB

c. Tipe BL

d. Tipe LL

e. Tipe L

2. Tn. Sidul usia 30 tahun datang dengan keluhan bintil-bintil disekitar kemaluannya. Pasien
juga mengeluh demam 3 minggu ini, badan pegal, dan tak napsu makan. Pada pemeriksaan
fisik ditemukan efloresensi berupa vesikel berkelompok diregio sekitar kemaluan pasien,
eritematosa, berisi cairan seropurulen, tak ada indurasi. Tak ada pembesaran KGB inguinal.
Berdasarkan gejala klinisnya, infeksi pada kasus diatas termasuk dalam fase

a. Infeksi primer
b. Fase laten infeksi
c. Infeksi rekuren
d. Fase aktif
e. Infeksi sekunder
3. Seorang wanita 32 thn dtg ke puskesma dgn keluhan gatal di daun teling sejak 3 hari yll.
Keluhan dirasakan semenjak px memakai anting2 baru. status venerologis didapatkan bercak
kemerahan, krusta, papul, eksudat. Pada patch tes didapatkan hasil yang positif. Apa
diagnosis dari pasien tersebut?
a. Dermatitis kontak alergi
b. Urtikaria kontak
c. Dermatitis foto kontak
d. Dermatitis kontak iritan
e. Dermatitis kontak impetiginisata
4. Seorang laki-laki datang berobat dengan keluhan nyeri saat BAK yang disertai dengan
keluar nanah sejak 4 hari yang lalu. Dari pemeriksaan mikroskopis didapatkan bakteri kokus
gram negative. Tata laksana pada pasien ini adalah…
a. Cefixime 1 x 400 mg dosis tunggal dan doksisiklin 2 x 100 mg selama 7 hari
b. Cefixime 1 x 400 mg dosis tunggal dan tetrasiklin 4 x 500 mg selama 7 hari
c. Cefixime 1 x 400 mg dosis tunggal dan azitromisin 1 x 100 mg selama 7 hari
d. Cefixime 2 x 400 mg selama 7 hari dan doksisiklin 2 x 100 mg selama 7 hari

Benjolan nyeri ketika ditekan dan tak berkaitan dengan pergerakan lutut. EIA-TP e. dengan skuama kasar. Impetigo e. Pengobatan yang diberikan? a Penicilin 2. Laki-laki 25 tahun mengeluh keluar pus dari saluran kencing. Bagian kebotakan sewarna dengan kulit sekitar. terutama setelah menstruasi. Ternyata pasangan lelaki nya sering berhubungan dengan PSK. pada pinggirnya ditemukan plak hiperpigmentasi. Cefixime 2 x 400 mg selama 7 hari dan ciprofloksasin 2 x 100 mg selama 3 hari 5. b. Pada regio lutut kanan dan kiri terdapat nodul dengan permukaan seperti jengger ayam dan warna keabuan. Diagnosis pada pasien ini adalah. Seorang wanita 17 thn mengeluh gatal pada anusnya. Furunkel c. keluhan sudah dialami berulang selama 2 tahun. sejak 3 hari/minguu lupa yg lalu. Mereka juga memeriksakan luka di alat kelamin yang tidak terasa sakit. Masih ada rambut halus pada bagian . Moluskum kontagiosum b. Pemeriksaan fisik lain dan laboratorium dalam batas normal. apa nama penyakitnya? a Tinea kruris b Tinea korporis c Candidosis d Pitriasis versikolor e Pitriasis rosea 7. Folikulitis d. Veruka vulgaris 6. 18 tahun. FTA-ABS 9.4 juta unit b Doksisiklin 2x200 mg c Cefadroxil 2x500 mg d Eritromicin 2x300 mg e Cefixime 4x100 mg single dose 8. Laki-laki datang dengan keluhan kebotakan pada temporalis. a. dari pengecatan ditemukan diplococcus gram negative. Angga. dateng dengan keluhan benjolan di kedua lututnya sejak 4 bulan lalu. VDRL d. TPPA b. erosi. memeriksakan kehamilan bersama pasangannya. status dermatologik ditemukan makula hiperpigmentasi. berbentuk numular diameter 4 cm. pasien senang menggunakan celana pendek. An. Pemeriksaan penunjang apa yang dianjurkan untuk pasien tersebut? a. Seorang perempuan berusia 29 tahun... TPHA c. hamil G1P0A0. Riwayat berhubungan dengan PSK 5 hari yll.

Sistemik lupus eritematosus d. Penggunaan obat-obatan tertentu disangkal. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ditemukan defisiensi/ enzym uroporphyrinogen dekarboksilasi pada pasien. Selain itu kulit pasien makin menghitam dan rambut-rambut dikulit semakin tumbuh lebat. Rubella e. Ny. Varisela 12.. Diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini adalah ? a. Lina berusia empat tahun mengeluh gatal pada kepalanya. Tn. Seorang laki2 berusia 55 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan nyeri pada punggung bawah. Hidroa Vacciniforme 13. tengah dan semakin tipis pada bagian ujungnya. a. terlihat rambut berwarna kusam keabu-abuan dan terdapat bercak yang menyebar disertai kebotakan pada beberapa tempat. Dokter . Daerah sekitar kebotakan masih ditumbuh rambut tebal. Pada pemeriksaan fisik di daerah punggung bawah ditemukan vesikel unilateral di sepanjang dermatom mulai dari punggung sampai ke garis tengah dan edematosa. datang dengan keluhan gatal-gatal yang disertai adanya lapisan putih tebal seperti mika pada kulit kepala. Tatalaksana yang tepat pada pasien ini adalah. telinga. Asam salisilat 0. Selain itu warna kencing pasien berubah seperti teh. Salep 2-4 e. Epidermolisis bulosa b. Moluskum kontangiosum d. disebut apakah kebotakan tersebut? a Alopesia areata b Alopesia universal c Alopesia androgenik d Alopesia seboroik e Alopesia generalis 10. Fahri. Asam salisilat 5 % d.. dan tangan melepuh apabila terkena trauma mekanaik atau terkena paparan sinar matahari. siku dan kaki yang sering kambuh. Porfiria Kutanea Tarda e. leher.1% b. 30 tahun datang dengan keluhan kulit pada bagian wajah. Asam salisilat 10% c. Herpes zoster c. Selly. Dilakukan pull test dan ia tidak merasakan kesakitan. Apakah diagnosa yang paling mungkin? a. Pada pemeriksaan fisik. Herpes simpleks b. Antibiotik salep 11. Epidermolisis bulosa aukisita c. 31 tahun.

Dokter ingin melakukan pemeriksaan KOH. Diagnosis yang tepat adalah a Lipoma b Hemangioma c Rhabdomyoma d Fibroma e Neurofibroma 16. . Cytomegalovirus . danlengan sejak 3 hari yang lalu. Bayi Puri usia 1 minggu dibawa ke dokter karena muncul bercak bewarna merah terang di dahi semenjak lahir. nadi 100x/mnt RR 30x/mnt. usia 24 th datang dengan keluhan mual dan muntah sejak 1 jam yll. langsung memeriksakan dengan lampu wood dan hasilnya hijau kekuning-kuningan. a Bedak b Bedak kocok c Solution d Salep e Pasta 15. bentuk lobular. Sebelumnya pasien diberi obat anti nyeri oleh temannya karena sakit gigi dan sebelumnya pasien belum ada riwayat minum obat analgetik. . Apakah penyebab penyakit ini? a. Bercak agak meninggi. suhu 37 derajat C. Pemeriksaan fisik tensi 120/80 . Riwayat trauma saat lahir disangkal. ukuran 2 cm. Ny W. Pada pemeriksaan tampak vesikel berisi cairan jemih didasari kulit eritematosa yang tersebar. badan. Seorang anak laki-laki berusia 7 tahun dibawa ke dokter oleh ibunya karena mengeluh adanya bintilbintil berisi air dan terasa gatal di seluruh muka. Mekanisme yang menyebabkan gangguan diatas adalah ? a Reaksi efek samping obat b Reaksi overdosis obat c Reaksi toleransi obat d Reaksi toksis obat e Reaksi hipersensitivitas 17. Sebelumnya ia demam ringan. Perempuan usia 46th dengan plak hiperpigmentsi batas tegas dengan likenifikasi dan sedikit ekskoriasi di leher dan pergelangan tangan. Berapakah konsentrasi KOH yang dibutuhkan? a KOH 10% b KOH 20% c KOH 30% d KOH 5% e Presentase berapapun 14. berbatas tegas dan lunak pada perabaan. Didaptkan kemerahan pada tubuh dan urtikaria. kumat-kumatan gatalnya jadi sering digruk. Vehikulum yang tepat untuk pengobatan pada pasien ini adalah .

Reaksi Ag dan Ab merangsang aktivitas kelenjar sebasea b. Pemeriksaan fisik: geographic tongue (+). Pasien mengaku saat usia 10 tahun pernah terkena cacar air. caries dentis (+). plak eritema psoriasis formis (+). menurunnya daya tahan tubuh. Apakah tatalaksanan yang tepat pada pasien ini? a Asiklovir 5 x 800 mg 3 hari b Asiklovir 5 x 800 mg 7-10 hari c Asiklovir 5 x 200 mg 7-10 hari d Asiklovir 3 x 1000 mg 7-10 hari e Valasiklovir 5 x 800 mg 7-10 hari 21. Herpes simplex virus-l d. Seorang perempuan berusia 20 tahun berobat kedokter dengan keluhan bercak merah di dada. Bercak merah tersebut berawal dari sebuah lesi di perut dan diikuti lesi lain yang erupa tapi lebih kecil. Awalnya keluhan hanya terdapat di lutut saja. Apa terapi yang digunakan untuk penyakit tersebut? a Metronidazole b Cotrimoxazole c Fluconazole d Azithromicine e Penisilin G 19. Apa diagnose yang paling tepat untuk kasus di atas? a Eritroderma . peningkatan turn over epidermis 6-7 kali dari normal d. Herpes simplex virus-2 e. sehingga terjadi reaktivasi virus e. RR 20x/mnt. Varicella zoster virus c. penghentian steroid secara tiba-tiba sehingga terjadi reaksi withdrawal 20. punggung dan lengan atas disertai sedikit gatal jika berkeringat sejak 1 minggu yang lalu. peningkatan waktu pematangan keratosit 7 hari c. TD 130/80 mmhg. b. Keluhan penyerta: bengkak dan nyeri di sendi-sendi jari. Keluhan disertai demam dan nyeri sejak 5 hari yang lalu. Pada pemeriksaan di temukan lesi eritematosa bentuk oval dengan squama halus kolaret terebut dengan pola inverted Christmas tree appearance. pada pemeriksaan fisik ditemukan sekret kuning kehijauan banyak berbau apek pada pemeriksaan inspekulo ditemukan serviks strawberry appearance. Amir 30 th datang dengan keluhan muncul bintik kemerahan yang terasa nyeri pada wajah sebelah kanan sejak 3 hari yang lalu. Pria 32 tahun datang dengan keluhan bercak kemerahan di lutut dan punggung. kuku rusak. HR 72x/mnt. Tn. Human papilloma virus 18. Seorang wanita berumur 40 tahun datang dengan keluhan keputihan dari vagina. Patofisiologi untuk penyakit di atas: a. perut.

teraba nyeri. tanpa nyeri. Herpes simpleks .4 juta IU IM dosis tunggal c Acyclovir 2x400 mg selama 5 hari d Acyclovir 5x200 mg selama 5 hari e Acyclovir 2x400 mg selama 7 hari 24.b Ptriasis rosea c Psoriasis vulgaris d Dermatitis atopic e Dermatitis seboroik 22. Pasien tinggal di pesisir Jawa. ada tiga lesi. suhu 36. Apa Diagnosis px ini? a Folikulitis b Dermatits seboroik c Dermatitis kontak iritan d Dermatitis kontak alergi e Dermatitis atopi 23. Bercak terkadang disertai rasa gatal. Morbus hansen c. RR 20x. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah a. Psoriasis vulgaris e. Kondiloma akuminata e. Pada px dermatologist didapatkan papul eritema. pustul dibelakang kepala dan skuama kekuningan disekitarnya. Gonorrhea d. perbesaran n. Penyakit yang diderita ibunya saat hamil sehingga menyebabkan kelainan ini adalah? a.5 cm. datang dengan keluhan ketombe di kepala yang terasa gatalsejak 2 hari yang lalu. Pitiriasis versikolor d. nadi 80x. Ulkus molle b. eritem. Vitiligo 25. Perempuan 26 tahun dengan keluhan borok pada kemaluan yang terasa nyeri. Keluhan disertai bisul-bisul kecil dan nyeri. didapatkan tekanan darah 120/80. borok di genital disertai rasa nyeri/pedih dan gatal. Pasien menggunakan kerudung yang jarang diganti dan mengaku sering ganti shampo. Dari pemeriksaan didapatkan Hutchinson teeth. Dari hasil pemeriksaan tanda vital.5C. Yuyun 22 tahun. Seorang anak dibawa berobat oleh ibunya karena giginya berbeda bentuk dengan anak lainnya. Macula hipopigmentasi pasca inflamasi b. penanganannya? a Ciprofloxacin 2x500 mg selama 5 hari b benzadin benzhatine penisilin G 2. Laki-laki 30 tahun dating ke puskesmas dengan keluhan bercak putih di dada. berdasarkan pemeriksaan venereologis didapat gambaran 5 buah papula yang berkumpul dengan ukuran 0. auricularis magnus dan BTA (+). berdasarkan anamnesis 3 hari yang lalu. Sifilis c. Nn. pada pemeriksaaan fisik ditemukan.3-0.

Pemeriksaan fisik infra mamae bilateral didapatkan patch eritema.. Keadaan yang terjadi. Eritema nodular 30. Diana. imunitas humoral rendah. Diagnosis yang tepat saat ini adalah . a Imunitas seluler rendah. Pada pemeriksaan ditemukan bercak kemerahan dan udem lokal di daerah muka dan leher. Seorang wanita 45 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bercak merah yang membasah dibawah kedua payudara. lengan. Veruka vulgaris c. imunitas humoral rendah. betis.. imunitas humoral tinggi. jumlah bakteri sedikit 32. Pemeriksaan indeks bakteri ++. ia mengalami bercak kemerahan dan bersisik di seluruh tubuhnya. xerosis. Pada pemeriksaan didapatkan kulit mengelupas berlapis-lapis seperti tetesan lilin. Saat ini. keluhan didapatkan pada kedua siku. Loratadin e. jumlah bakteri sedikit b Imunitas seluler rendah.. simetris. a Eritroderma b Eritrasma c Erisipelas d Ektima e Selulitis 29. lengan. imunitas humoral rendah.. a.. imunitas humoral tinggi. dan tungkai didapatkan multiple makula eritem dengan batas tidak tegas. Bercak mati rasa dan pasien sering mengalami kesemutan pada kedua tangannya. Tinea corporis d. Seorang mahasiswi berusia 21 tahun datang ke dokter dengan keluhan gatal-gatal di bagian muka dan leher beberapa saat setelah makan makanan laut. Seorang anak usia 8 tahun datang kr RS dengan ibunya dengan keluhan utama bercak kemerahan pada wajah.26. Dari pemeriksaan pada wajah. lengan. Psoriasis b. maserasi dengan papul . tungkai sejak 1 tahun yang lalu. Seorang pria datang dengan keluhan kulit mengelupas. dengan penebalan kulit yang bersisik pada siku. lutut. Siklizin d. dan punggung. 28 tahun. bokong yang hilang timbul sejak 1 tahun yang lalu. pembesaran nervus ulnaris dextra dan sinistra. Kemungkinan penyakit yang di derita oleh pasien ini adalah. jumlah bakteri banyak c Imunitas seluler tinggi. CTM b. kelopak mata sedikit bengkak 2 hari yang akan datang ia akan menghadapi ujian. Candidiasis e. lutut. badan. badan. hipoestesi.. Difenhidramin c. jumlah bakteri banyak d Imunitas seluler tinggi. Belum pernah berobat sebelumnya. kepala. jumlah bakteri banyak e Imunitas seluler tinggi. indeks morfologi 30%. Dimenhidrinat 31. Pasien membawa hasil gula darah sewaktu 200 mg/dl. Obat antihistamin apa yang paling tepat? a.

Bintik merah dimulai dari muka. dan mata merah. geographic tongue dan lesi psoriasiform pada lutut dan punggung. Tanda patognomonis yang ditemukan pada anak ini adalah? a Deskuamasi b Hiperpigmentasi c Bercak koplik d Bercak forscheimer e Tear drop appearance . Pada pemeriksaan. Pada pemeriksaan dermatologis ditemukan rash di seluruh tubuh. fotofobi. Dari pengecatan gram didapatkan diplococcus gram negatif intra dan ekstra seluler. datang ke pusesmas dengan keluhan bercak merah bersisik pada lutut dan punggung yang tidak terlalu gatal.. Keluhan disertai demam tinggi. 50 tahun. a Ciprofloxacin 2 gr PO dosis tunggal b Doxicyclin 1 gr PO dosis tunggal c Cefixime 400 mg PO dosis tunggal+siprofloksasin 2x 400 mg 7 hari d Ceftriaxone 250 mg IM dosis tunggal +doksisiklin 2x 100 mg 7 hari e Doksisiklin 2 x100 mg 7 hari 35. meluas ke badan dan kaki. Awalnya bercak muncul pada kedua lutut yang meluas ke punggung. didapatkan karies dentis. eritema dan pustule di sekelilingnya. Juga ditemukan pembesaran kelenjar inguinal. Sebasea b Memanjangnya waktu pematangan keratinosit selama 7 hari c Peningkatan turn over epidermis sampai 7-8 kali lebih cepat d Penurunan imunitas yang mengakibatkan aktivasi virus e Reaksi withdrawal akibat penghentian mendadak kortikosteroid 34. Apa patomekanisme keluhan pasien? a Reaksi antigen antibodi yang memicu hipereaktivitas kel. Riwayat berhubungan seksual dengan PSK 5 hari yang lalu. Apakah diagnosis yang paling mungkin? a Kandidiasis intertrigo b Eritrasma c Kandidiasis interdigitalis d Tinea korporis e Tinea kruris 33.. Selain itu terdapat keluhan ujung kuku rapuh dan terdapat pembengkakan sendi jari tangan yang nyeri. Dari pemeriksaan fisik ditemukan OUE memerah dengan ektropion (+) dan duh tubuh mukopurulen. Seorang pria. Dari kemaluannya keluar nanah berwarna putih kekuningan. Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan bintik merah di kulit. Pemeriksaan mikroskopi kerokan skuama dengan KOH di dapatkan gambaran hifa pendek dengan bidding. Pengobatan yang tepat untuk pasien ini adalah. Seorang laki-laki berusia 41 tahun datang ke praktek dokter dengan keluhan nyeri ketika BAK dan ereksi. batuk pilek.

37. komplikasi yang mungkin adalah? a Eritrasma b Erisipelas . Pada pemeriksaan didapatkan plak eritematosa. skuama putih tebal kasar berlapis keperakan (+). e Microsporum sp. multipel. Laki laki dengan keluhan ulkus pada kelamin. Fitri 22 tahun berobat ke puskesmas dengan keluhan timbul bercak merah pada wajah. kedua lengan. Riwayat berganti-ganti pasangan. Seorang anak laki-laki 15 tahun dibawa ibunya berobat dengan keluhan keropeng disekitar mulut. papul dan vesikel pada tepi lesi.36. Satu minggu lalu pasien mengeluhkan batuk pilek lalu berobat dan mendapat obat parasetamol dan cotrimoxazol. Gatal dan perih bertambah pada saat beraktivitas atau berkeringat. Pemeriksaan lanjutan? a VDRL b KOH c Tzank Test d Kultur e Pewarnaan Gram 40. batas tegas. Ny. tidak bergaung. Wanita usia 45 tahun mengeluh perih dan kulit kemerahan pada lipatan payudara dan ketiak selama dua minggu. dan skuama tipis. perut atas. Pada pemeriksaan kerokan didapatkan lesi satelit. dada yang semakin lama semakin banyak sejak 3 hari lalu disertai gatal. plakat. Dari pemeriksaan fisik didapatkan lesi batas tegas berupa plak eritema madidans. Apa diagnosa pasien? a Eritrasma b Eritema Multiform c Impetigo Krustosa d Fix Drug Eruption e Urtikaria 39. Laki-laki 25 tahun datang dengan keluhan bercak kemerahan dan gatal pada punggung atas. Penyebab keluhan pada wanita tersebut adalah a Malassezia furfur b Pityrosporum ovale c Candida albicans d Trichosporum sp. soliter tidak nyeri. Pasien sebelumnya mengkonsumsi NSAID yang dibeli di warung. Apa diagnosis yang tepat pada pasien ini ? a Fixed drug eruption b Dermatitis eksfoliatif c Erupsi obat tipe morbiliformis d Hypersensitivity syndrome reaction e Acute generalized exanthemaous pustulosis (AGEP) 38. kedua siku bagian luar.

karbunkel c. Pasien anak usia 5 tahun datang dikeluhkan banyak binti-bintik bernanah diwajahnya sejak 1 minggu yang lalu. sycosis barbae 43. Dari pemeriksaan didapatkan adanya bula dengan dinding kendur. Pada pemeriksaan kulit region pipi kanan dan kiri ditemukan makula eritematosa berbentuk bulat. Gatal terutama saat malam hari atau ketika sedang banyak pikiran. Keluhan terasa 3 hari yll. menyebar secara . Diagnosis pada kasus di atas adalah? a Candidiasis pseudomembran b Candidiasis atrofi akut c Candidiasis atrofi kronis d Candidiasis hiperplasia e Candidiasis mucocutaneus 44. 6 bulan . dasar lesi pada mukosa eritematous. Saffa. By. impetigo bochart b. Dari pemeriksaan fisik didapatkan ulkus pada mukosa buccal. Kemungkinan diagnosa adalah : a. Ny. furunkel b. dan sebagian sudah pecah meninggalkan krusta. Riwayat ibu menderita asma (+). garus kulit terlihat jelas dan terdapat likenifikasi. c Eritroderma d Eritema multiform e Epidermolisis bulosa 41.A 56 tahun datang ke klinik dengan keluhan punggug kakinya terasa gatal dan menghitam sejak 2 bulan lalu. Maria usia 5 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan demam sejak 3 hari yang lalu dan muncul bintik kemerahan disertai vesikel dikulit daerah badan. menebal. hipopion. impetigo bulosa d. Apakah potensi krim steroid yang dapat dpilih pada pasien tersebut? a Potensi I b Potensi II c Potensi III d Potensi IV e Potensi V 45. Tatalaksana yang tepat pada pasien ini adalah a Betametason dipropiaonat salep b Hidrokortison salep c Mometason furoa krim d Betametason dipropiaonat krim e Hidrokortison krim 42. nyeri. Pada pemeriksaan fisik didapatkan lesi kehitaman. Dokter berencana memberikan krim steroid. Bintik terutama didaerah bibir dan hidung. sirkumkripta. bilateral simetris. Wanita datang dengan luka pada rongga mulut sejak 4 hari. tampak erosi dan krusta pada permukaannya. diantar ibunya ke praktek dokter dengan keluhan bercak merah pada kedua pipinya. An.

a. Reaksi hipersensitivitas tipe I b. Rifampisin. dan ofloksasin 47. Eritroderma b. Reaksi hipersensitivitas tipe IV e. Rifampisin. Diagnosisnya adalah… a. Reaksi reversal c. dan klofazimin c. Sebelumnya ada keluhan nyeri kepala dan pasien membeli obat di apotik. dapson. dan sedang menyelesaikan pengobatan MDT-MB dosis ke 12. dan minoksiklin e. Rifampisin dan dapson b. Pada pemeriksaan dermatologi didapatkan vesikel. Reaksi hipersensitivitas tipe III d. Laki-laki 24 tahun datang ke PKM dengan keluhan tiba-tiba kelainan kulitnya menjadi lebih merah dan tebal. Klofamizin. Seorang laki-laki berusia 50 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bercak kemerahan yang nyeri pada kedua tungkai. Pemeriksaan dasar vesikel dengan pewarnaan giemsa didaptkan sel datia berinti banyak. Resistensi primer d. Pemeriksaan fisik menunjukkan papul eritem multiple yang nyeri di daerah kedua tungkai. bula. Resistensi sekunder e. Diagnosis pada pasien adalah…. sentrifugal ke muka dan ekstremitas. Seorang perempuan umur 30 thn. Tidak adanya demam maupun gatal. Namun etelah diperiksa BTA hasilnya negative. Rubeola e. Pada pemeriksaan dermatologi dijumpai lesi kulit berupa plak eritem berukuran lentikuler polimorfik. Diagnosisnya adalah… a. mengeluh bercak di punggung dan kulit terasa baal. Reaksi hipersensitivitas tipe II c. erosi dan ekskoriasi di bibir dan genital. Herpes zoster 46. Variola c. Rafampisin dan ofloksasi d. Wanita 25 tahun datang dengan keluhan lepuh seluruh tubuh. Reaksi ENL 49. Pemfigus c. Pasien didiagnosis dengan kusta tipe MB. Varicella b. Keluhan dimulai sejak 1 bulan yang lalu setelah menjalani pengobatan lepra. ofloksasin. Herpes simpleks d. Apa terapi pada pasien ini ? a. Reaksi peningkatan imun yang mendadak 48. tapi dijumpai nyeri pada siku kiri. Relaps b. Bagaimana patofisiologi keluhan tersebut? a. Impetigo vesikobulosa . dari pemeriksaan fisik didapatkan 3 buah lesi.

Wanita 60 tahun datang berobat dengan kelha utama luka di hidung yang tidak sembuh sejak 6 bulan yang lalu. Kesadaran kompos mentis. NET e. Apa kemungkinan diagnosisnya… a. Pitriasis . d. Melanoma maligna d. Pasien bekerja sebagai seorang petani. Tapak ulkus di hidung yang mudah berdarah. Basal cell carcinoma c. Squamous cell carcinoma b. SSSS 50. Dermatomikosis e.