You are on page 1of 7

TUGAS PENELUSURAN PUSTAKA Tahun 2016/2017

A. Buatlah kelompok dalam satu kelas teori dengan anggota 4-5 orang.
Kelompok memilih sendiri tidak harus urut absen. Prosedurnya: daftarkan
nama anggota kelompok ke koti, lalu koti memberi identitas nomor kelompok
(kelompok 1,2,3 dst). Koti harus memastikan semua mahasiswa mendapat
kelompok, jika ada yg tercecer belum mendapat kelompok, maka koti yang
harus merapikan kelompoknya agar kelompok hanya berisi 4-5 orang. Jika
tersisa 1 mahasiswa, maka bisa diplotkan ke yg masih 4 orang. Koti harus
setor kelompok ke Bu Siska paling lambat Kamis, 2 Maret 2017.
B. Carilah pustaka dan riset dari tentang herba ciplukan :
1. Sistematika tanaman
2. kandungan senyawa
3. karakteristik simplisia dan ekstrak
4. aktivitas farmakologi
5. toksisitas
6. perkembangan penelitian di bidang farmasi
C. Carilah pustaka tentang konsep/teori salah satu metode pemisahan sesuai
kelompok :
1. Kelompok 1 maserasi
2. Kelompok 2 sokhlet
3. Kelompok 3 dan 8 ekstraksi cair-cair: teori dan aplikasinya pada bahan
alam
4. Kelompok 4 dan 9 kromatografi kolom cair vakum: teori dan aplikasinya
pada bahan alam
5. Kelompok 5 dan 10 kromatografi lapis tipis: teori dan aplikasinya pada
bahan alam
6. Kelompok 6 dan 11 kromatografi lapis tipis preparatif: teori dan
aplikasinya pada bahan alam
7. Kelompok 7 dan 12 kristalisasi : teori dan aplikasinya pada bahan alam
D. Buatlah lembar kerja dengan format terlampir.
E. Namai file dengan format
PenelusuranPustaka_teori_kelompok.doc
Contoh PenelusuranPustaka_1_8.doc
F. Kirim file lembar kerja ke email fransiska.leviana@gmail.com. Jika file terlalu
besar, kirim lewat dropbox atau serahkan file dengan flasdisk, paling lambat
pada pertemuan ketiga jam 02.00 pagi.

.Sc. LEMBAR KERJA MATA KULIAH PENELUSURAN PUSTAKA Dosen Pengampu : Fransiska Leviana. Disusun Oleh : Nama NIM Kelas Kelompok Teori Tugas PROGRAM STUDI S1 FARMASI FAKULTAS FARMASI SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 . Apt. M.

Sistematika tanaman 2. 1 . HERBA CIPLUKAN 1. toksisitas 6. aktivitas farmakologi 5. dan rak buku. cover buku belakang. kata kunci saat mencari di katalog. 3. buktikan juga dengan foto cover buku depan. A. kandungan senyawa 3. Daftar Pustaka Tuliskan daftar pustaka dengan sistem Harvard lengkap dengan halaman. nomor klasifikasi buku. karakteristik simplisia dan ekstrak 4. jelaskan. bukti dengan foto cover buku depan. dan halaman identitas buku misal seperti ini: b. buku harus dibawa saat kuliah penelusuran pustaka. perkembangan penelitian di bidang farmasi Pustaka ditulis dengan format (pengarang tahun) 2. halaman identitas buku. cover buku belakang. Tinjauan Tentang Herba Ciplukan Tuliskan di sini informasi terkait herba ciplukan yaitu : 1. Buku Penjelasan cara perolehannya : a. foto tampilan katalog komputer yang menampilkan hasil browsing. paragraf gantung. urut abjad. dan buktikan cara mendapatkan satu-persatu pustaka yang Anda tulis di daftar pustaka dengan ketentuan berikut: 1. Jika pinjam perpustakaan  Jelaskan cara mencarinya. foto nomor klasifikasi buku yang ada di cover depan. Jika beli  jelaskan beli dimana dan kapan waktunya. Metode Penelusuran Pustaka Tuliskan.

c. cover belakang. halaman identitas buku Contoh menunjukkan halaman identitas ebook buku Google Mesin Pencari Yang Ditakuti Raksasa Microsoft : 2 . Jika ebook mengkopi dari orang lain o file buku diberi nama sesuai judul bukunya o dibuktikan dengan printscreen/screenshoot file yang sedang diklik Contoh menunjukkan ebook buku Google Mesin Pencari Yang Ditakuti Raksasa Microsoft : o dibuktikan dengan print screen cover depan.

Jika download ebook o file buku diberi nama sesuai judul bukunya o dibuktikan dengan printscreen/screenshoot file yang sedang diklik o dibuktikan dengan print screen cover depan. halaman identitas buku o sebutkan kata kunci yang digunakan saat mencari pada mesin pencari o printscreen/screenshoot tampilan saat mencari dengan mesin pencari. cover belakang.d. o Jika download menggunakan suatu program disertai bukti printscreen/screenshoot file program di komputer dimana program sedang diklik. misal o alamat web download dan screenshoot halaman web yang tersedia menu download buku. Misal bukti menggunakan google book downloader: 3 .

dan kalian bisa mendapat fulltext dengan membayar. Jika pinjam perpustakaan  Jelaskan cara mencarinya. e. buktikan dengan foto bukti transaksi pembayaran. kata kunci saat mencari di katalog. c. Jika beli  jelaskan beli dimana dan kapan waktunya. cover belakang. sebutkan kata kunci dan media browser/database artikel yang digunakan b. jelaskan mana browser/database yang tersedia fulltext dan yang tidak tersedia untuk judul artikel yang sama. dan halaman daftar isi b. dan rak buku. Artikel jurnal Penjelasan cara perolehannya : a. lampiri juga bukti screenshoot tampilan saat mencari media browser/database artikel dan alamat web artikel. foto tampilan katalog komputer yang menampilkan hasil browsing. foto cover belakang. bukti foto cover jurnal/majalah/prosiding/tugas akhir/dll depan. cari juga untuk judul artikel yang sama menggunakan media browser/database yang lain. foto halaman identitas buku. e. halaman identitas buku o sebutkan kata kunci yang digunakan saat mencari pada mesin pencari o printscreen/screenshoot tampilan saat mencari dengan mesin pencari o alamat web download dan screenshoot halaman web yang tersedia menu download o Foto bukti pembayaran 2. alamat web download artikel dan screenshoot halaman web yang tersedia menu download artikel d. Jika download ebook berbayar o file buku diberi nama sesuai judul bukunya o dibuktikan dengan printscreen/screenshoot file yang sedang diklik o dibuktikan dengan print screen cover depan. Jika internet: a. nomor klasifikasi buku. 4 . printscreen/screenshoot tampilan saat mencari media browser/database artikel c. cover belakang. dan harus dibawa saat kuliah penelusuran pustaka. Jika semua browser/database tidak ada fulltext. bukti foto cover jurnal/majalah/prosiding/tugas akhir/dll. foto nomor klasifikasi yang ada di cover depan.

Metode Penelusuran Pustaka Tuliskan. 5 . Tinjauan Tentang Maserasi Tuliskan di sini informasi terkait maserasi. paragraf gantung. dan buktikan cara mendapatkan satu-persatu pustaka yang Anda tulis di daftar pustaka dengan ketentuan seperti di atas. urut abjad. A. jelaskan. MASERASI (sesuaikan dengan topik pembagian kelompok) 1. Daftar Pustaka Tuliskan daftar pustaka dengan sistem Harvard lengkap dengan halaman. 3. Pustaka ditulis dengan format (pengarang tahun) 2.