You are on page 1of 5

MAHASISWA DAN MASA DEPAN INDONESIA

(Peran Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Revolusi Mental)

Nama : Wira Perdana Damanik
NIM : 13714047

Tanggal Pengumpulan :
Jumat, 16 Desember 2016

STUDIUM GENERALE
INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
2016

merupakan hal yang sangat serius untuk kita temukan solusinya. pertama kia harus paham terlebih dahulu apa itu revolusi mental. adil dan makmur. Korupsi. Pemerintah ingin wujudkan bangsa dan negara yang . PENDAHULUAN Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menjalankan revolusi mental.” begitu disampaikan oleh Menteri PMK Puan Maharani dalam paparan kuliah umum yang beliau sampaikan di Universitas Brawijaya Malang 27 September 2016 yang lalu. revolusi adalah perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang. yaitu merdeka. revolusi mental berarti perubahan batin dan watak manusia secara mendasar. Yang jika saya sederhanakan. kekerasan. Pemeritah secara terus menerus meneriakkan revolusi mental ini. I. bersatu. Dan pengertian mental sendiri adalah sesuatu yang bersangkutan dengan watak dan batin manusia. berdaulat. Kita bisa rasakan dan lihat dengan jelas bagaimana sikap dan tindakan masyarakat zaman sekarang dalam menghadapi permasalahan yang terjadi. Revolusi mental merupakan salah satu agenda besar yang dibawa oleh pemerintahan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. criminal merupakan sedikit contoh tindakan-tindakan buruk yang bisa menghancurkan negeri ini. yang berdasarkan Pancasila. Melihat kondisi sekarang ini.Abstrak Revolusi Mental adalah bagian dari proses untuk membentuk karakter bangsa.Untuk itu. Menurut KBBI. Bangsa kita sedang mengalami krisis secara mental di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan sangat diharapkan menjadi garda terdepan dalam menyuarakan dan membawa perubahan dengan revolusi mental. Mahasiswa yang pada hakekatnya memiliki kebebasan berpikir dengan energi yang masih sangat mampu dalam menyelesaikan persoalan negeri ini. agar bangsa kita dapat mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

baru sekitar 7. jumlah Perguruan Tinggi dan mahasiswa di Indonesia berturut.2% anak bangsa yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Sedangkan menurut statistic yang saya ambil dari sebuah berita (Pikiran Rakyat). Oleh Karena ini Perguruan Tinggi dan mahasiswa mempunyai potensi besar dalam membangun revolusi mental ini. Data dan Analisis Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014.turut adalah 678 dan 613655 jiwa. Ketiga hal ini bisa dilatih untuk diwujudnyatakan di Perguruan Tinggi yang tentunya bersama mahasiswa. Peran perguruan Tinggi dalam mewujudkan revolusi mental salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dan apabila dibandingkan dengan Negara tetangga Malaysia yang sudah mencapai .berdaulat dalam bidang politik. PENDAHULUAN A. mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Metodologi Tentukan Tema dan Judul Analisis peran mahasiwa dan perguruan tinggi Tentukan permasalahan yang mengahmbat proses revolusi mental Temukan solusi permasalahan tersebut Selesai B. II.

C. yaitu : 1. mahasiswa yang ada dan Perguruan Tinggi juga belum melakukan tugasnya dengan baik didalam kehidupan bermasyarakat. Disinilah salah satu letak permasalahan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih maju dan mandiri. Seperti yang tertuang pada Tri-Dharma Perguruan Tinggi. Penelitain. Kedepannya diharapkan agar Mahasiswa bersama Perguruan Tinggi bisa menyelesaikan permasalahan diatas. Bukan hanya sibuk meningkatkan kualitas akademik dan penelitian. terutama dalam mewujudkan revolusi mental yang kit harapkan. Mengefektifkan Perguruan Tinggi dan Mahasiswa yang ada Pemerataan pendidikan yang dimasud adalah agar nantinya semua anak bangsa yang harusnya mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan formal dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Padahal mahasiswa dan Perguruan Tinggi adalah aspek yang sangaat memungkinkan untuk menjalankan revolusi mental yang diharapkan. baik secara fisik maupun mental bangsa yang belum mendapatkan dampak langsung dari Perguruan Tinggi maupun mahasiswa. Sehingga pemikiran dan ide-ide akan selalu tersalur dan selalu baru. Persentasi anak bangsa yang mengenyam pendidikan tinggi masih sangat kecil yang membuat kita sulit berkembang. ada dua permasalahan yang harus segera diselesaikan. Dari sini kita bisa temukan. Kesimpulan Kesimpulan yang bisa kita dapat adalah masih banyak PR kita sebagai Mahasiswa dan pihak Perguruan Tinggi. Masih banyak kondisi lingkungan di Indonesia. yaitu Pendidikan. Di sisi lain. namun juga harus dalam pengabdian masyarakat.20%. Perguruan Tinggi dan mahasiswa yang aktif diharapakan mampu memberi dampak yang baik bagi masyarakat. Pemerataan pendidikan di Indonesia 2. Beberapa cara yang mungkin bisa cepat terealisasi adalah dengan menaikkan anggaran belanja Negara . dan pengabdain masyarakat. Yang kedua adalah dengan mengefektifkan potensi yang ada.

Perguruan Tinngi dan Mahasiswa memiliki potensi yang sangat besar mewujudkan revolusi mental untuk mencapai Indonesia yang lebih baik di masa depan nantinya D. namun Perguruan Tinggi juga bisa ikut berperan dengan menyampaikan aspirasi. Tentunya ini tugas pemerintah. Kemudian kita juga sangat mengharapkan Perguruan Tinggi dan masyrakat bisa memberikan dampak langsung ke masyarakat yaitu dengan pengabdian masyarakat. Supaya mahasiswa terbiasa dan semakin sadar bahwa dia adalah bagian dari bangsa ini yang mempunyai tanggung jawab besar untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.go. Referensi  https://www.id/linkTabelStatis/view/id/1840  Data BPS (Badan Pusat Statistik)  http://www. Baik itu dengan beasiswa ataupun sekolah gratis.go.untuk pendidikan dengan membantu biaya pendidikan.bps.id/press-release/menko-pmk-pemuda-dan- mahasiswa-bagian-penting-dalam-gerakan-nasional-revolusi-mental .pikiran-rakyat.com/pendidikan/2012/05/12/188222/baru- 72-persen-anak-bangsa-nikmati-bangku-kuliah  http://revolusimental. Sehingga nantinya anak- anak bangsa bisa semakin termotivasi untuk berkuliah dan belajar.