You are on page 1of 10

SOAL IKM 2 4 Suatu puskesmas melaporkan adanya

larva cacing pada sumber air didesa
1 Seorang dokter puskesmas ingin
tersebut. Larva tersebut bisa masuk
melakukan evaluasi mengenai
ke kulit penduduk yang kebetulan
program TB disuatu kecamatan “x”
berada di air dan menyebabkan
dari data tahun 2012, jumlah
penyakit schistosomiasis. Apakah
penduduk kecamatan X adalah
jenis penyakit melalui air yang
17.456 jiwa. Sebanyak 400 orang
paling tepat?
dengan suspek TB, dan 200 orang
a. Waterborne disease
dari suspek TB tersebut hasil BTA b. Water-privation disease
c. Water-based disease
nya positif. Berapa Jumlah minimal
d. Water-related disease
bila dikatakan TB sukses rate ppada e. Water-dispersed infection
5 Dari pernyataan di bawah ini,
kecamatan x tersebut tercapai ?
a. 130 perilaku yang tidak sesuai dengan
b. 140
PHBS adalah…
c. 150
a. Memberikan ASI ekslusif
d. 160
b. Tidak merokok di tempat umum
e. 180
c. Melakukan aktivitas fisik setiap
2 Posyandu yang memiliki lebih dari 8
hari
kegiatan, lebih dari 5 kader, cakupan
d. Menggunakan jamban sehat
program umum > 50% da nada e. Memberantas jentik di rumah
kegiatan tambahan termasuk seminggu sekali
6 Perusahaan diwajibkan untuk
posyandu…
a. posbindu melaporkan kejadian kecelakaan
b. purnama
kerja atau penyakit akibat kerja ke
c. pratama
d. mandiri Dinas Tenaga Kerja setempat secara
e. madya
berkala untuk penumpulan data
3 Metode pendidikan yang paling tepat
survei. Apakah kelemahan
dalam meberikan penyuluhan
pengumpulan data diatas?
tentang gizi buruk kepada ibu-ibu
a. Tidak ekonomis
adalah b. Tidak efisien
c. Tidak diketahui faktor dan resiko
a. konseling d. Dipengaruhi oleh waktu
b. ceramah e. Dipengaruhi oleh migrasi
c. workshop 7 Dokter di puskesmas X angka
d. roleplay
kejadian campak melebihi dari
e. simulasi

Program imuniasasi yang adalah… a. Sub PIN c. melahirkan dan nifas) c. Recovery keluarga sejahtera e. Dokter melakukan a. Membudayakan NKKBS d. Disability limitation dilakukan dokter termasuk dalam? e. Health promotion a. Pasien kesehatan dan KB serta kegiatan baru berkunjung dari berkunjung dari lainnya yang menunjang untuk saudara dengan batuk berdahak lama tercapainya masyarakat sehat dan dalam pengobatan 6 bulan sejahtera d. Specific protection . Disability e. Catch up compaign campak bayi (AKB). standar. Spesifik protection imunisasi TT dan DPT untuk b. Backflag fighting program (ibu hamil. Crash program b. Pembinaan perkembangan anak 9 Dokter puskesmas ingin mengetahui (Child Development) yang wabah DHF di wilayahnya. Suscepbility sejahtera. Angka cakupan selalu 10 Di bawah ini yang bukan termasuk kurang dari 80% selama 2 tahun tujuan penyelenggaraan posyandu berturut2. Tindakan apa yang dilakukan dokter 11 Di sebuah desa mengalami tersebut ? kebanjiran. angka kematian ibu b. Berfungsi sebagai wahana dibawah pengawasan POM. Dokter tersebut sempurna. Prompt treatment mencegah penyakit. baik fisik maupun kemudian dilakukan upaya mental sehingga siap menjdai pemberantasan jentik nyamuk. Health promotion b. Clinical disease d. Setelah ditujukan untuk membina dilakukan pemeriksaan didapatkan tumbuh/kembang anak secara jentik nyamuk. Presimptomatik keluarga dan gerakan ekonomi c. tenaga kerja yang tangguh. Hal yang d. Early diagnose c. Tahapan gerakan reproduksi keluarga yang dialami pasien ? a. gerakan ketahanan b. Menurunkan angka kematian akan dilakukan? a. Pekan imuniasasi Nasional 8 Seorang laki-laki 55 tahun datang ke kemampuan masyarakat untuk dokter dengan keluhan batuk mengembangkan kegiatan berdahak sejak 1 minggu. Meningkatkan peran serta dan e.

suspek tuberkulosis paru dengan . Padahal di daerah tersebut banyak melaksanakan kegiatan edukasi pangan seperti daging unggas. kakek. Risk rate dan nenek sudah pernah terkena e. c. 70% pada kornea akibat defisiensi vitamin 16 Suatu puskesmas di wilayah X A. selang 6 a. masyarakat buta huruf dan hanya Februari sebanyak 37.7%. Video film e. tentang penyakit Tuberkulosis Paru dan buah-buahan yang banyak pada pasien-pasien yang didiagnosis mengandung pro dan vitamin A. Apakah sebanyak 42. Mortality b. Case fatality rate 14 Seorang dokter baru saja diangkat campak.6% dan Maret mengerti bahasa daerah. Early diagnosis dan prompt Dokter tersebut ingin mengadakan treatment penyuluhan agar masyarakat dapat d.5 wabah chikungunya di daerahnya. dan nenek. Ayah. Prevalence rate c. seorang kakek. telur. Disability limitation memanfaatkan pangan tersebut untuk 12 Kasus DBD di suatu wilayah adalah mencegah terjadinya defisiensi sebagai berikut : kasus kematian vitamin A. 30% daerah. 50% d. Benda asli b. Daerah tersebut memiliki b. Morbidity 13 Ada seorang dokter menemukan 15 Sebuah keluarga terdapat ayah. Flip chart a. d. Incidence rate hari kemudian 2 saudaranya juga b. Crude death rate c. laju penyebaran apakah yang harus Suatu hari. sebagian besar pada bulan Januari sebanyak 34. Attack ratio dari kasus menjadi kepala puskesmas di suatu tersebut adalah.4%. Attack rate terkena campak. a. anak yang berusia 6 diperhatikan? tahun menderita campak. 60% balita yang mengalami kekeruhan e.. Case fatality rate e. Benda buatan c.ibu. 40% masalah dengan tingginya jumlah c. Age specific death rate d. Namun. orang anak yang berusia antara 2-10 Untuk mengetahui kecepatan dan tahun. Poster d.ibu. Disebut apakah model penyuluhan yang tepat pembagian antara kasus dengan berdasarkan kerucut Edgar Dale? kematian? a.

Ia Apa fungsi dari rapid detection test datang dengan perdarahan hebat yang dia lakukan? setelah melahirkan di dukun bayi a. Resiko relatif secara statistik. Setelah di puskesmas malaria atau tidak b. terima. b. Menghukum dukun bayi tersebut 17 Dokter puskesmas melakukan c. Dokter telah melakukan tindakan yang melakukan penelitian untuk benar d. Pencarian data Interpretasi hasil penelitian? dilakukan dalam waktu yang a. Asosiasi rendah yang tidak yang digunakan ? a. Perbandingan insidens rate 20 Seorang dokter B ingin meneliti signifikan secara statistik. d.03 (alfa=0. Menentukan kepadatan malaria . Mencegah agar tidak terulang di mengetahui asosiasi antara masa mendatang. daerah. Odd ratio c. Memastikan apakah puskesmas penelitian Asi eksklusif. Didapatkan data memiliki faktor resiko dan tanpa r=0. Lintas sektoral d. melakukan kunjungan ke Balai meninggal.05).. Tujuan a. Menentukan seseorang ada desanya. Pemberantasan penyakit menular tersebut e. p=0.6. pengetahuan ibu tentang ASI 19 Seorang dokter ingin mengetahui eksklusif dengan sikap ibu tentang tentang penyakit TB antara yang ASI eksklusif. Lintas Program audit adalah. Dinas kesehatan setempat Kegiatan ini termasuk dalam memerintahkan untuk melakukan program apa? audit atas kejadian tersebut. melahirkan dibawa ke puskesmas. kumpulan Skrining b. Angka epidemiologi secara statistik. Asosiasi rendah yang signifikan bersamaan. Asosiasi sedang yang signifikan c. Ia menggunakan rapid 18 Seorang ibu yang barusaja detection test dalam penelitiannya. b. b. Promosi kesehatan a. Menentukan derajat & keparahan perdarahan masih hebat. e.. Keluarga pasien tidak Pengobatan Puskesmas X tersebut. Mencari siapa dukun bayi c. Setelah malaria ditangani selama 1 jam pasien c. faktor resiko. Asosiasi kuat yang signifikan suatu kejadian malaria di suatu secara statistik. Angka prevalensi d. Asosiasi sedang yang tidak e. Prevalence ratio signifikan secara statistik.

000 di daerah tersebut sudah mencapai e. diberitahukan kepada petugas Berapakah prevalensi kasus TB kamar jenazah untuk periode tersebut (1Jan-30Jun) 23 Di suatu daerah hasil cakupan per 100.000 suatu daerah 90%. Prevalesi rate d. apa yang tepat dilakukan e. Mengecek daerah yang belum sekolah karena menderita campak. Diagnosis tidak boleh yang tercatat sampai tanggal 30 Juni. Memastikan tidak boleh ada setempat. Diagnosis tidak boleh lama TB sampai tanggal 30 Juni diberitahukan kepada dokter lain sebanyak 10 orang. 15 per 100. Menentukan jenis kuman malaria dilakukan? 21 Sekelompok anak TK tidak masuk a.000 c. Memastikan tidak ada bibit 22 Seorang wanita 45 tahun meninggal penyakit campak di daerah dengan HIV positif. Attack rate c. Untuk b. Diagnosis tidak boleh sana. Menentukan penularan malaria target.000? imunisasi campak pada balita untuk a. Didapatkan kasus baru TB diberitahukan kepada Kepolisian sejak tanggal 1 Januari sampai 30 c.000 .000 e. 5 per 100. Insidence rate kebal tidak boleh masuk ke c. Jumlah populasi yang tidak merawat pasien di wilayah tersebut adalah 200. 2. Memastikan balita yang tidak b.5 per 100. Termasuk angka kejadian balita kebal yang keluar dari apakah ini? daerah tersebut a. Dari data diberitahukan kepada keluarga puskesmas didapatkan total pasien pasien d. trus mau di lapor ke dinkes b. Sebagai seorang tersebut dokter. Point prevalension rate daerah tersebut e. Memastikan kekebalan kelompok terkait diagnosis pasien tersebut? lebih dari 80% a. 20 per 100. Diagnosis tidak boleh 24 Seorang dokter puskesmas ingin diberitahukan kepada Dinas mengetahui prevalensi kasus TB di Kesehatan wilayah kerjanya sejak ia bekerja di b. diimunisasi pada wilayah Guru nya sadar kalau ini tak seperti pemantauan biasanya. 10 per 100. d. Diagnosis tidak boleh Juni sebanyak 5 orang.000 memastikan apakah kekebalan balita d.tindakan apa yang perlu e. Insiden density rate d.

Psychosocial hazard mempunyai KMS oleh bayi 27 Kegiatan Posyandu dilakukan di keseluruhan RT/RW yang padat penduduk. Pemantauan Wilayah Setempat b. Evaluasi program Jumlah Bayi yang memiliki KMS d. Vectorborne transmission e. Kepala puskesmas protection mengadakan program khusus untuk c. Membagikan jumlah bayi yang d. Apakah jenis penyakit keseluruhan c. Lokakarya mini 5134 e. Membagikan jumlah bayi yang menyandang hipertensi dan ditimbang oleh bayi keseluruhan hiperkoleterolemia. Health promotion dan specific daerah tersebut. Traditional hazard yang ditimbang c.25 Puskesmas A mempunyai cakupan kesehatan apa yang dilakukan imunisasi rendah. Di e. 2012 mengenai penimbangan bayi tindakan yang perlu dilakukan untuk Jumlah Bayi Keseluruhan 5225 Jumlah Bayi yang ditimbang 3495 mengetahui keberhasilan program? Jumlah Bayi yang meningkat a. KIA rendah. Membagikan jumlah bayi yang posyandu dilakukan penimbangan ditimbang oleh bayi yang berat badan dan imunisasi. Disability limitation dan cakupan pemberian tablet besi rehabilitation rendah. Pasien diketahui a. Specific protection dan early sehingga diharapkan dapat diagnosis menurunkan KLB campak. Membagikan jumlah bayi yang tidak teratur karena kesibukan naik timbangannya oleh bayi kerjanya. Upaya mempunyai KMS . Early diagnosis dan prompt meningkatkan cakupan imunisasi treatment d. Airborne transmission d. menurut Leavell dan Clark? a. Membagikan jumlah bayi yang yang sesuai? a. Untuk 28 Data kegiatan posyandu A tahun melaksanakan program tersebut. Surveilance Untuk menentukan cara yang paling 26 Seorang perempuan berusia 38 tahun tepat tingkatan partisipasi dibawa ke unit gawat darurat setelah masyarakat terhadap program gizi ditemukan tidak sadarkan diri di puskemas ialah : ruang kerjanya. Penyelidikan epidemiologi timbangannya 3342 c. Serta makan b. Sering terjadi KB campak di b. Modern hazard naik timbangannya oleh bayi b.

Membentuk kelompok kecil 60% dari target. Faktor manusia kematian ibu. Risk ratio e. kematian ibu nasional 208/100.000 31 Dokter menemukan wabah kelahiran hidup. Evaluasi formatif yang rawan terkena DBD. Tanya jawab 30 DBD sering terjadi saat musim dilakukan di masa mendatang untuk hujan. Menurut teori Blum. Memutarkan film mencuci masyarakat yang hadir. Evaluasi proses terkena. Dokter berdasarkan berita di atas? tersebut ingin melaksanakan MDGs a. Kebijakan pemangku jabatan .Faktor apa yang 33 Seorang dokter baru lulus menyebabkan penyebaran DBD ditempatkan di Puskesmas. Latihan mencuci tangan tingkat kehadiran masyarakat hanya d. 15 menit. Perilaku c. Genetik d. Umtuk faktor apa yang paling tepat mengetahui kecepatan dan laju diintervensi oleh dokter tersebut? penyebarannya harus menghitung? a.29 Seorang dokter memberikan 32 Sebuah puskesmas melakukan penyuluhan akan pentingnya penyuluhan pencegahan TB di mencuci tangan kepada para siswa beberapa desa untuk menurunkan SD. Didapatkan angka d.000 kelahiran hidup. Case fatality rate d. walaupun tangan c. Apakah yang dapat e. Faktor tempat yang berhubungan dengan angka c. Ketiga faktor tersebut dapat kematian ibu di wilayah tersebut saling berhubungan e. Angka tentu dapat berhubungan. Prevalence rate b. Anak-anak lebih sering meningkatkan kehadiran masyrakat? a. Jakarta saat ini menjadi kota b. Evaluasi outcome jakarta. Dokter hanya diberikan waktu prevalensi penderita TB Paru. Bentuk penyuluhan yang Setelah penyuluhan terdapat tepat dilakukan adalah : peningkatan pengetahuan yang a. Lingkungan hidup a. Evaluasi impact tahun 2012 DBD meningkat di e. Ceramah signifikan pada kelompok b. Evaluasi kehadiran d. Pada c. Faktor waktu b. Ketiga faktor tersebut belum 405/100. Incidence rate b. chikungunya di daerahnya. Pelayanan kesehatan e. Attack ratio c.

Rina. Diagnosis dini dan pengobatan pindahkan ke suatu desa dekat yang sesuai dengakn gunung merapi. 28 tahun. Dokter e. Dokter terhadap 200 anak yang menderita menyarankan pasien untuk katarak kongenital. kontrolnya 200 anak dan riwayat tetangga menderita DBD 1 ternyata 80 diantaranya ibunya minggu yll. Kasus baru berbanding penduduk d. berapa menyarankan pemeriksaan darah odds rationya??: a. Peningkatan anggaran d. (160 x 40) / (80 x 120) c. (160 x 200 ) / (80 x 200) b. (160 x 80 ) / (40 x 120 ) a. Bagaimana cara menghitung masalah yaitu kurangnya kerja sama insidensi penyebaran penyakit antara lintas sektoral dan pemerintah demam berdarah dengue tersebut? setempat. Rehabilitasi 38 Seorang dokter baru saja di d. datang ke dokter penduduk dengan keluhan demam yang tak e. Demam disertai nyeri otot 37 Penelitian case control dilakukan dan nyeri tulang. Proteksi spesifik e. (40 x 200) / (120 x 200 ) termasuk dalam… b. Tindakan dokter dalam terkena rubella saat hamil. ada 160 anak melakukan pemeriksaan darah yang ibunya menderita rubella saat karena pada anamnesis ditemukan hamil. Promosi kesehatan berbanding seluruh penduduk c. Komunikasi antar-intansi b.34 Dalam pelaksanaan PHBS (Perilaku demam berdarah dengue di suatu Hidup Bersih Sehat) terdapat daerah. Apakah strategi untuk a. Kasus lama berbanding seluruh mengatasi masalah tersebut? penduduk a. Kasus baru berbanding seluruh 35 Ny. Membatasi kecacatan tersebut membagikan vaksianasi 36 Dokter Raymond akan mengadakan tetanus. Deteksi dini penyakit berisiko e. (160 x 120) / (80 x 40) d. Kasus baru + kasus lama b. Promosi kesehatan c. Tindakan dokter tersebut penelitian mengenai angka kejadian . Kasus baru + kasus lama kunjung membaik sejak dua hari berbanding penduduk berisiko yang lalu. Advokasi c.

Terapi Okupasional pekerja di sebuah bank swasta yang 42 Dinas kesehatan DKI Jakarta ingin memiliki kebiasaan olahraga dan diet mengetahui prevalensi dari deam sehat organic. Eksperimental dari pekerjaan. Early diagnosis and prompt yang sebaiknya dilakukan oleh treatment dokter/? e. Case control sering mengalami berbagai keluhan e. datang ke b. 3 bulan belakangan berdarah di Jakarta Selatan. Rehabilitation kanker stadium terminal. Terapi Rehabilitatif keluhan nyeri kepala. Vector borne hazard mengalami hipertensi sebelum d. Dokter oleh dokter? a. Terapi Preventif 39 Nn. Sasaran tersier d. termasuk tingkat pencegahan apa c. Apa kegiatan yang sesuai penyuluhan mengenai pentingya dan efektif yang perlu direncanakan menyusui pada ibu hamil. Traditional hazard banyak orang yang tidak mengetahui b. Terapi Paliatif d. Sasaran primer natrium b. Specific protection c. Health promation 41 Seorang pasien berada dengan b. Di penyakit yang sesuai? desa tersebut diketahui bahwa a. pasien tidak sempat melakukan penelitian yang akan dilaksanakan olahraga lagi karena harus lembur di adalah… a. Membuat karang taruna mengundang semua ibu hamil yang b. Aparat masyarakat menurut leavell and clark? e. Jenis ini. Penanggungjawab masyarakat a. Potong lintang d. Menyediakan makanan cepat saji d. Tina usia 26 tahun. Membuat poster mengenai terdapat di kelurahan. Cohort mulai terserang flu. Air borne hazard 40 Puskesmas Adaan akan melakukan tersebut. Sejak saat itu pasien c. Modern hazard berpartisipasi dalam penelitian e. Sasaran sekunder . Phsycosocial hazard c. Apa jenis mengenai hipertensi di daerah itu. Disability limitation a. Melakukan pengukuran kadar kasus ini? a. Terapi Kuratif praktek dokter umum dengan c. Pasien adalah e. Berperan hipertensi sebagai apakah ibu hamil dalam c. demam dan 43 Pada satu desa dilakukan penelitian sering sakit kepala. Deskriptif kantor karena kedua temannya keluar b. Terapi apa d.

e. Meningkatkan pengawasan dengan KMS .