Penjabaran KI dan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Tujuan Pembelajaran dan Materi

Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK Negeri 5 Pekanbaru
Program Keahlian : Teknik Elektronika
Paket Keahlian :-
Mata Pelajaran : Dasar Listrik dan Elektronika
Jam/Minggu : 6
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2016/2017

KI Kelas X

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar IPK Tujuan Pembelajaran Materi Pembelajaran
3.1. Memahami besaran  Menjelaskan  Melalui penggalian informasi, Konsep Besaran dan
dari “SI units” pada pengertian dan jenis- diskusi dan tanya jawab dengan Satuan
kelistrikan jenis besaran, menunjukkan rasa ingin tahu dan  Pengertian dan
besaran pokok dan percaya diri peserta didik mampu jenis-jenis
besaran turunan a. Menyebutkan pengertian dan besaran, besaran
serta satuannya jenis-jenis besaran, besaran pokok, besaran
pokok dan besaran turunan turunan dan
beserta satuannya satuannya
b. Menjelaskan besaran dan  Besaran dan
satuan dasar dan turunan pada satuan dasar dan
kelistrikan SI unit turunan kelistrikan

emf. dan penugasan dengan pada kelistrikan besaran pokok ke menunjukkan rasa ingin tahu. komponen listrik dan ingin tahu dan percaya diri power dan energy elektronika peserta didik mampu pada rangkaian menjelaskan satuan potensial listrik 3. work. parallel dan campuran dari tahanan yang diberi tegangan .4.3. resistansi. work.2. dari besaran besaran turunan dan percaya diri dan tanggung jawab pokok ke besaran sebaliknya peserta didik mampu menjelaskan turunan dan konversi besaran pada kelistrikan sebaliknya dari besaran pokok ke besaran  Menjelaskan satuan turunan dan sebaliknya charge. emf. Menjelaskan pemakaian alat-alat ukur listrik dan elektronika 3. hukum kelistrikan konduktansi. power dan energy pada rangkaian listrik 3. dan presentasi dengan rasa work.5. power  Melalui penggalian informasi  Satuan charge. emf. Memahami hukum– listrik. Membedakan rangkaian listrik dan presentasi dengan rasa konduktansi. dan energy pada  Melalui penggalian informasi resistansi. Menganalisis sifat dan aturan rangkaian seri. menjelaskan satuan charge. power  Satuan potensial konduktansi.  Konversi besaran kelistrikan dari diskusi.KI Kelas X  Menjelaskan konversi dari SI unit besaran pada  Melalui penggalian informasi. power listrik. power ingin tahu dan percaya diri  Menjelaskan satuan peserta didik mampu potensial listrik. 3. resistansi.

harga sesaat .10 Memahami dasar elektronika analog 3. aki. Memahami prinsip kemagnetan pada rangkaian DCdan rangkaian AC 3.KI Kelas X 3.12 Memahami macam-macam sensor dan transducer 4. Mengolah. sel surya. arus.8 Memahami komponen pasif 3.dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinyadi sekolah secara mandiri. harga peserta didik mampu melakukan arus.9 Memahami komponen aktif 3.1 Menerapkan besaran  Melakukan pengukuran  Disediakan perangkat peralatan  Pengukuran besaran dari “SI units” pada besaran listrik pengukuran besaran listrik. genset 3.menalar.7 Menunjukkan jenis- jenis pembangkit sumber tegangan listrik (baterai.dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Kompetensi Dasar IPK Tujuan Pembelajaran Materi Pembelajaran 4. listrik (tegangan. kelistrikan (P2) (tegangan.6.11 Memahami dasar elektronika digital 3.

2 Mengimplementasika listrik n spesifikasi data komponen listrikdan elektronika (P2) 4.4 Menggunakan alat- alat ukur listrik dan elektronika (P2) 4. arus.3 Menerapkanhukum– hukum kelistrikan(P2) 4.KI Kelas X sesaat harga rata-rata pengukuran besaran listrik harga rata-rata dan dan harga efektif) (tegangan.6 Menerapkan prinsip kemagnetan pada rangkaian DC danrangkaian AC (P2) .5 Mengukur rangkaian seri. harga sesaat harga efektif) harga rata-rata dan harga efektif) sesuai dengan prosedur dan batas toleransi pengukuran  Penerapan ekivalensi  Menerapkan ketentuan satuan dasar ke ekivalensi satuan dasar  Disediakan hasil pengukran besaran satuan turunan atau ke satuan turunan atau listrik peserta didik mampu sebaliknya sebaliknya berdasarkan menerapkan ketentuan ekivalensi berdasarkan hasil hasil pengukuran satuan dasar ke satuan turunan pengukuran besaran besaran listrik atau sebaliknya sesuai dengan SI 4. parallel dancampurandari tahanan yang diberi tegangan (P4) 4.

9 Mengukur komponenaktif (P2) 4.10 Menguji elektronika analog (P2) 4. sel surya. aki.KI Kelas X 4.7 Menggunakanpemban gkit sumber tegangan listrik (baterai.12 Menerapkan macam-macam sensor dan transducer (P2) . genset) (P3) 4.8 Mengukur komponen pasif (P2) 4.11 Menguji elektronika digital (P2) 4.