KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur semoga tetap tercurah kepada Allah SWT karna hanya dengan
limpahan rahmat-nya ,penyusun dapat menyelesaikan makalah tugas komputasi teknik kimia
yang berjudul “Pembuatan LPG” dengan sebaik-baiknya sebagai pemenuhan tugas kuliah.

Selanjutnya doa, solawat, sarta salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah Muhammad
SAW, karna berkat bimbingan nya manusia terahkan menjadi seorang pemimpin bagi dirinya
dan orang lain. Penyusun mengucapkan banyak terimakasih kepada selaku dosen pembimbing
mata kuliah komputasi teknik kimia semester empat dengan penuh tanggung jawab dan
kesabaran beliau sehingga menjadikan mahasiswa peka akan bahan-bahan kimia yang ada di
lingkungan sekitar.penyusun juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang
terkait denganpenyusun makalah ini baik secara langsung maupun tak langsung.

Akhir kata, penyusun berharap kepada pembaca untuk bias mengambil petikan nilai kehidupan
yang terkandung dalam makalah ini. Tak ada gading yang retak ,tak ada yang sempura, begitu
juga dalam penulisan makalah ini, kritik dan saran yang mengandung penyusun harapan.

Palembang,1 Maret 2017

Penyusun

LATAR BELAKANG 3. KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA . PEROSES ALIRAN 8. PENGERTIAN LPG 2. PENDAHULUAN 2. 1. PRODUK 4. BAHAN PEMBUATAN LPG 3. TUJUAN BAB 2. FLOWSHEET BAB 3. DIANGRAM BLOK 7. PEROSES PEMBUATAN LPG 6. 1. RUMUSAN MASALAH 4. SIFAT FISIK DAN KIMIA LPG 5.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB 1.

alcohol. briket batubara. 1. Perubahan wujud dari padat menjadi dari padat menjadi cair bisa dilakukan secara umum dengan dua hal yang pertamadengan mendingginkan gas melampaui di bawah titik didihnya. minyak mentah diuraikan menjadi berbagai produk turunan. etanol. Perubahan wujud juga dapat dilakukan dengan meningkatkan tekanan gas pada temperature kamar metan akan mulai mencair pada 6. Untuk elpiji nya titik didihnya sekitar -162oC. Untuk elpiji umumnya titik didihnya pada tekanan atmosfir adalah -42 oC. Hidrokarbon sendiri adalah istilah untukmenyebut senyawa tertentu yang terdiri atas C (karbon) dan H (hydrogen) yang terutama terbentuk sebagaihasil siklus hidup dari fosil-fosil makhluk hidup purba. Berbagai alternatife penganti BBM (bahan bakar minyak) yaitu diantaranya adalah BBG (bahan bakar gas).dan lainsebagainya. Rumusan masalah . 2. minyak jelanta. arang. Latar belakang Harga minyak mentah dunia yang terus menerus naik dari waktu ke waktu memaksa berbagai pihak di seluruh dunia mulai memikirkan solusi alternative bahan bakar yang mudah digunakan.78 psia sementara propane mulai mencair pada 6.64 bar atau 92. ada satu proses dasar yang harus dilalui oleh berbagai jenis BBM. Metana dan propane adalah senyawa hidrokarbon rantai lurus yang tersusun untuk masing-masing satu unsure karbon tiga unsure karbon. Lewat proses ini. BAB 1. methanol.murah. LPG adalah minnyak tanah yang dicairkan. Peroduk turunan inilah yang bakal jadi bahan baku BBM yang kita kenal sekarang. Proses itu dinamakan proses penyulingan atau pemisahan distilasi. Jika elpiji adalah gas cair dengan komponen utama adalah propane. Saat ini yang paling banyak digunakan di Indonesia diantaranya adalah elpiji alias LPG (liquid petroleum gas) dan briket batubara. ramah lingkunagan . Penyulingan sendiri meskipun prosesnya berbeda-beda.maka elpiji adalah adalah gas cair dengan komponen utama metana. Pendahuluan Istilah LPG dan LNG adalah pengistilahan umum untuk gas yang dicairkian. terjamin ketersediaannya dan dapat diandalkan untuk penggunaan yang kontiyu terus menerus digunakan dalam kehidupan manusia. 3. Untuk mendingginkan diperlukan energy yang biasanya diwujudkan oleh alat yang bernama refrigator.31 bar.

Bagaimana proses aliran secara flowsheet dan diagram blok 4. Mengetahui proses dari pembuatan LPG c.Dari latar belakang diatas. Bahan –bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan LPG b. Bagaimana proses pembuatan LPG c. Apa saja hasil /produk dari proses pembuatan LPG d. Untuk mengetahui bahan –bahan dalam pembuatan LPG b. dapat ditarik suatu rumusan masalah sebagai berikut : a. Mengetahui hasil samping dan produk utama dari pembuatan LPG d. Tujuan Tujuan dari dilakukannya penulisan makalah ini adalah : a. Mengetahu aliran proses secara diagram blok atau flowsheet .

Oleh karna itulah kenapa pemerintah lebih memilih gas elpiji dibandingkan dengan briket batu bara alaupun Negara kita sama-sammemiliki kandungan batubara dn gas alam yang sangat melimpah ruah di dalam perut bumu. LPG juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil. tidak ada efek samping. Namun jika terjadi kebocoran dan diletakkan di dekat api. misalnya etana dan pentane. pembakaran lebih baik sehingga memaksimumkan/optimalisasi kalor panas yang dihasilkan. Dengan menambahkan tekanan dan menurunkan suhunya. Dari sisi kepraktisannya gas elpiji pun lebuh baik dari pada briket batu bara dimana untuk membakar briket hingga menyakla sempurna di dalam tungku dibutuhkan waktu hingga kurang lebih 15 menit. merupakan singkatan dari bahasa inggris LPG (liquefied petroleum gas artinya” gas minyak bumi yang dicairkan”) Adalah campuran dari berbagai unsure hidrokarbon yang berasal dari gas alam. KESIMPULAN Elpiji. akan menimbulkan ledakan yang sangat besar dan berbahaya. efisien. Sedangkan kerugian dari pemakaian elpiji adalah pada dasarnya jika gas LPG digunakan secara benar dan tepat guna. . Manfaat dari pemakaian Elpiji diantaranya pembakaran lebih baik karna perbaikan struktur ion dari gas elpiji oleh mudah magnet. gas berubah menjadi cair. sedangkan untuk menyalakan dan mematikan kompor gas dibituhkan waktu beberapa detik saja sehingga lebih cepat. BAB 3. Komponenya didominasi propane dan butan. dan peraktis. Dari sisi emisi BBG elpiji lebih sempurna dibandingkan dengan briket batubara karna gas dan zat buangannya tidak mengganggu kesehatan manusia dan tidak membutuhkan cerobong emisi khusus. maka tidak akan menimbulkan keruguan yang berarti.