BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Lemak merupakan sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsur Carbon
(C),Hidrogen (H) dan Oksigen (O), yang mempunyai sifat dapat larut dalam zat-zat pelarut
tertentu (zat pelarut lemak), seperti petroleum benzene, ether. Lemak yang mempunyai titik
lebur tinggi bersifat pada suhu kamar, sedangkan yang mempunyai titik lebur rendah, bersifat
cair. Lemak yang padat pada suhu kamar di sebut lemak atau gaji, sedangkan yang cair pada
suhu kamar di sebut minyak.
Lemak di dalam makanan yang memegang peranan penting ialah yang disebut lemak
netral, atau triglycerida, yang molekulnya terdiri atas satu molekul glycerol (glycerin) dan
tiga molekul asam lemak, yang diikatkan pada glycerol tersebut dengan ikatan ester. Ketiga
asam lemak tersebut bisa sama semua, tetapi dapat juga dua sama atau ketiganya tidak ada
yang sama.

1

Mengetahui proses pencernaan lemak 7. Mengetahui fungsi lemak 8. Bagaimana Klasifikasi lemak? 3. Apa fungsi lemak ? 8. Mengetahui pengertian lemak 2. Bagaimana proses pencernaan lemak ? 7. B. Mengetahui sifat lemak 4. RUMUSAN MASALAH Pada makalah ini. MANFAAT  Bagi Penulis Makalah ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk meniangkat minat. Mengetahui Klasifikasi lemak 3. Makalah ini juga dapat dijadikan sarana informani untuk mengetahui tentang apa itu lemak  Bagi Siswa 2 . Mengetahui struktur lemak 5. Bagaimana struktur lemak ? 5. Mengetahui sumber lemak 9. dan kreativitas penulis. 1. Mengetahui Tata nama letak Lemak 6. TUJUAN Tujuan dari penulisan makalah ini adalah. kami merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Pengaruh Lemak Terhadap Kesehatan ? C. Mengetahui Pengaruh Lemak Terhadap Kesehatan D. Bagaimana Tata nama letak Lemak? 6. Apa pengertian lemak ? 2. Apa saja sumber lemak ? 9. Bagaimana sifat lemak ? 4. sebagai berikut. bakat.

PENGERTIAN LEMAK Lemak dalah nama suatu golongan senyawa organik yang meliputi sejumlah senyawa yang terdapat di alam yang semuanya dapat larut dalam pelarut-pelarut organik tetapi sukar larut atau tidak larut dalam air. 3 . Makalah ini dapat dijadikan media informasi bagi Siswa mengenai Lemak  Bagi Masyarakat Makalah ini dapat dijadikan media untuk mengimformasikan masyarakan tentang Lemak BAB II PEMBAHASAN A.

3. tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar seperti suatu hidrokarbon atau dietil eter. B.  Lemak Kompleks (Compound Lipids). basa nitrogen atau zat lainnya. 2. Lemak ini merupakan ester asam lemak yang mengandung gugus lain yang terikat pada alkoholnya. e. Contoh: asam risinoleat. Ada 3 jenis lemak sederhana. Lemak golongan ini meliputi: 1. Suatu lemak didefinisikan sebagai senyawa organik yang terdapat dalam alam serta tak larut dalam air. b. Minyak yang teksturnya cair dalam suhu kamar. asam linolenat. Asam lemak. 3. yaitu: 1. Asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap ganda/lebih dari satu (polyunsaturated fatty acids) Contoh: asam linoleat. Pembagian asam lemak: a. Lemak kompleks lainnya: kelompok ini termasuk sulfolipida. Asam lemak ini merupakan hasil hidrolisis dari lemak. asam laurat. Asam lemak yang mengandung gugus hidroksil. Di alam asam lemak yang terbanyak adalah yang mengandung atom C genap dan ikatannya membentuk rantai lurus. Asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal (monounsaturated fatty acids) Contoh: asam palmitoleat dan asam oleat. Serebrosida (glikolipida): zat yang terdiri dari asam lemak dengan karbohidrat dan mengandung asam fosfat. Asam lemak siklik 4 . Lemak yang teksturnya padat dalam suhu kamar. asam palmitat. 2. dan lipoprotein. amino lipida. c. KLASIFIKASI LEMAK  Lemak Sederhana Lemak ini merupakan zat yang terdiri dari ester asam lemak dengan alkohol. dan asam arachidonat. Asam lemak jenuh (saturated fatty acids) Contoh: asam butirat. Fosfolipida: ester asam lemak dan gliserol yang mengandung asam fosfat. d.  Derivat Lipida Derivat lipida adalah zat yang berasal dari hasil hidrolisis zat-zat tersebut di atas yang antara lain: 1. Lilin atau malam yang merupakan ester asam lemak dengan alkohol yang BM-nya tinggi (rantai C-nya panjang). dan sebagainya.

4. atau eter yang seringkali dipergunakan untuk ekstrasi lemak dan jaringan. Hal inilah yang menyebabkan minyak membentuk lapisan atas pada air atau bumbu salad campuran minyak dan cuka lemak mudah larut didalam pelarut nonpolar. Lemak akan terhidrolisis jika dididihkan dengan asam. Asetil alkohol merupakan hasil hidrolisis lilin/malam. Hal inilah yang menyebabkan minyak membentuk lapisan yang lebih rendah dari air. D. atau jika dieri enzim lipase yang diekskresikan ke dalam usus halus oleh pancreas. benzene. seperti kholoform. Contoh: asam kaulmograf. Senyawa ini memiiliki grafitasi spesifik yang lebihi rendah dari air. 2. lemak disebut dengan triasilgliserol atau trigliserida . sebab steroid tidak dapat bereaksi dengan penyabunan. Badan-badan keton (ketone bodies). Triasilgliserol adalah molekul hidrofobik nonpolar karena molekul ini tidak mengandung muatan listrik atau gugus fungsional dengan plaritas tinggi. Hidrolisis trisgliserol oleh basa (KOH atau NaOH) di sebut penyabunan (yang berarti pembentukan sabun). menghasilkan suatu campuran sabun K+ atau Na+ dan gliserol. triasilgliserol disebut juga dengan lemak netral. yang merupakan ester alcohol gliserol dengan 3 molekul asam lemak. 3. 5 . Struktur gliserol dan struktur umum triagliserol dapat dilihat pada gambar . Alkohol dan gliserol. Adanya gliserol dapat dites dengan uji akrolein. Zat ini banyak terdapat pada sel tubuh terutama jaringan syaraf dan tidak terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Sterol. C. SIFAT LEMAK Lemak bersifat tidak larut dalam air. Alkohol merupakan hasil hidrolisis lipida selain asam lemak. Pelarut-pearut inilah yang sering kali dipergunakan untuk ekstrasi lemak dari jaringan. Beberapa sterol yang terpenting diantaranya adalah kolesterol. Oleh karena itu. Biasanya terdapat bersama lemak dan dapat dipisahkan dengan cara penyabunan. STRUKTUR LEMAK Berdasarkan strukturnya. misalnya gliserol dan asetil alkohol. Lemak aldehid.basa. Steroid mempunyai inti derivat siklo pentane perhidro fenantren. 5.

asam oleat (C17H33COOH). dan asam linoleat (C17H29COOH). oleh karena itu lemak adalah suatu trigliserida. Contoh : Rumus struktur dan rumus molekul asam lemak : E. asam stearat (C17H35COOH).R2-COOH. R1-COOH. Asam lemak yang terdapat di alam adalah asam palmitat (C15H31COOH). pada lemak. satu molekul gliserol mengikat tiga molekul asam lemak. Penamaan lemak dimulai dengan kata gliseril yang diikuti oleh nama asam lemak. Perhatikan reaksi berikut. TATA NAMA LETAK Molekul lemak terbentuk dari gabungan tiga molekul asam lemak dengan satu molekul gliserol. Nama lazim dari lemak adalah trigliserida. dan R3-COOH adalah molekul asam lemak yang terikat pada gliserol. 6 .

maka pemberian nama senyawa lemak sebagai berikut. senyawa tersebut dinamakan gliserol tristearat. tergantung dari nama asam lemak yang diikatnya. Apabila lemak mengikat asam lemak yang sama.Dalam pemberian nama suatu lemak. b. Gliserol + tri + asam lemak Contoh : Oleh karena senyawa tersebut terdiri dari asam lemak yang sama yaitu asam stearat. Apabila lemak mengikat asam lemak yang berbeda maka pemberian nama senyawa lemak seperti berikut. a. Gliserol + asam lemak menurut letaknya Contoh : 7 .

lambung. PENCERNAAN LEMAK Lemak. F. Lemak makanan yang mengandung asam lemak rantai panjang (mengandung ≥12 atom C) meninggalkan lambung dan masuk ke usus halus. lemak masuk kedalam lambung. Setelah out. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim lipase yang dihasilkan oleh sel-sel yang terletak dibagian belakang lidah. lemak juga mengalami pencernaan secara kimiawi melalui kerja enzim lipase yang dihasilkan oleh sel-sel yang terletak dibagian belakang lidah. dan gerakan peristaltic usus. Lemak pertama kali mengalami hidrolisis didalam mulut (tidak perlu asam empedu). dan kelenjar pancreas.didalam lambung. Enzim lipase ini aktif pada pH asam. lemak mengalami amulsifikasi (tersuspensi dalam partikel-partikel halus dalam lingkungan air) oleh garam-garam empedu. keluanya getah pancreas. Jadi senyawa lemak tersebut dinamakan gliserol palmito stearo oleat. mengalami hidrolisis oleh enzim lipase lambung. gerakan mengaduk dari lambung. dan meningkatnya pengikatan co-lipase pancreas. Lemak tersebut dinamakan gliserol stearopalmito oleat. menjadi lemak dan 2-monoasilgliserol. Asam lemak bebass (hasil pencernaan trigliserid oleh lipase) merangsang sekresi kolesistokinin. seperti halnya karbohidrat. Dari mulut. Didalam usus halus.garam 8 . keluarnya cairan empedu. Hasil pencernaan langsung diserap oleh pembuluh darah dan diedarkan kesluruh tubuh. didalam saluran pencernaan mengalami pencernaan secara mekanik (oleh alat pencernaan) yaitu gigi. lemak yang mengandung asam-asam lemak rantai pendek dan sedang (mengandung 12 atom karbon atau kurang ).

Pancreas juga menghasilkan esterase yang mengutus asam lemak dari berbagai senyawa (misalnya ester kolestrol) dan fosfolipase yang mencerna fosfolipid menjadi kompenen-konponennya. Pancreas juga mensekresikan bikarbonat. Lipase pancreas menghidrolisis asam lemak pada atom C1 dan C3 dari gliserol pada triasilgliserol yang menghasilkan 2 asam lemak bebas dan monoasilgliserol. dan lemak makanan lainnya di absorbs oleh sel mukos melalui difusi pasif dan mencapai sel epitel usus. yang mengikat globolus lemak makanan ntuk menjadi larutan melalui pembentukan misel sewaktu terjadi pemecahan oleh kerja peristaltic selama pencernaan berlangsung. Lemak makanan lainnya. yaitu suatu ubutiran halus yang mengalami emulsifikasi oleh garam empedu. lemak dihidrolisis oleh enzim lipase pancreas. Lipase pakreas disekresi bersama dengan protein lain. asam lemak tersebut diaktifkan menjadi asam lemak KoA. Lebih dari 95% gram empedu mengalami resirkulasi . dan membentuk emulsi yang stabil. Didalam sel epitel usu. yaitu kolipase. Hati mensekresikan garam empedu ke dalam empedu untuk disimpan dalam kandung empedu dan dialirkan ke dalam lumen usus pada daur pencernaan berikutnya. asamlemak rantai panjang digabung kembali oleh reaksi enzimatik di dalam reticulum endoplasma halus untuk membentuk triaslgliseroldengan bantuan koenzim A. Enzim lipase pancreas merupakan enzim utama yang mencerna lemak makanan (triasilgliserol) yang dihasilkan oleh pancreas. monoasilgliserol. misel kemudian berpindah menmbuslapisan air ke mikrovili pada permukaan sel epitelusus. Gugus karboksilat yang bermmuatan negative diimbangi oleh jumlah muatan ion positif yang sama. Peran kolipase adalah mengikat lemak makanan dan meningkatkan kerja lipase sehingga enzim ini menjadi lebih aktif. Garam empedu berfungsi sebagai deterjen. Asam lemak dan monoasilgliserol yang dihasilkan oleh proses pencernaan dikemas kedalam misel. Garam empedu yang tetap berada di dalam usus mengalami penyerapan ekstensif saat mencapai ileum. Lemak terdispersi menjadi tetesan dengan adanya sabun. mengelilingi tetes leak. Dalam usus halus. Asil lemak 9 . yaitu beredar melalui sirkulasi enterohepatik ke hati.. yang menetralkan asam yang masuk ke dalam usus bersama dengan makanan setelah tercerna dari lambung.juga di kemas dalam misel ini.bikarbonat meningkatkan pH isi lumen usus menjadi sekitar 6 yang optimal bagi kerja semua enzim pencernaan dalam usus. misalnya kolestrol dan vitamin yang larut lemak.empedu adalah senyawa amfipatik (mengandung kompenen hidrofobik dan hidrofilik) yang disiintesis di hati dan disekresikan melalui kandung empedu ke dalam lumen usus. Kontraksi kantung empedu dirangsang oleh hormone koleksistokinin dan sekresi enzim pancreas dirangsang oleh pankreatin dan sekretin. yang membentuk suatu larutan hidrofolik dari gugus karboksilat yang amat polar. selanjutnya asam lemak.

Selanjutnya. Setelah asam-asam lemak dan senyawa monoasilgliserol dari butir lemak yang teremulsi diserap di bagian bawah usus halus. asam lemak tersebut masuk ke dalam ddarah melalui pembuluh porta (bukan ke limpfe) dan diangkut ke hati. dan turunan dari asam kolat. 10 . sisa lipid yang masuk kedalam usus besar sangat bervariasi. garam-garam empedu yang memmbantu proses ini juga diserap kembali. Dengan demikian . yang selanjutnya mengeluarkan isinya kedalam usus halus. garam-garam empedu secara tetap beredar diantara hati dan usus. Reaksi pembentukan triasilgliserol disel epitel usus ini berbeda dari yang terjadi di hati dan sel adipose. gliserol masuk kedalam sel epitel usus mellaui pembuluh balik porta menuju ke dalam darah dan hati.garam-garam empedu merupakan bahan pengeulsi kuat yang disekresikan oleh hati ke dalam kentung empedu.KoA kemudian bereaksi dengan monosilgliserol untuk membentuk diasilgliserol. Asam lemak ini diserap langsung kedalam sel epitel usus. garam-garam empedu yang membantu proses ini juga diserap kembali.bukan fosfatidat. Sel usus mengemas triasigliserol bersama dengan protein dan fosfolipid dalam bentuk kilomikron. garam-garam empedu secara tetap berdaur di antara hati dan usus halus. dikeluarkan dari sel epitel usus disalurkan kedalam pembuluh limfe (kelenjar getah bening) danmengalir ke dalam darah melalui duktus torasikus. Setelah terserp. yaitu zat antara pada sel epitel usus adalah monoasilgliserol. Oleh karena itu tidak perlu dikemas kedalam kilomikron. Garam-garam empedu tersebut kembali ke hati untuk kemudian digunakan lagi berkali-kali. Garam-garam empedu manusia terutama adalah natrium glikolat dan natrium taurokolat. Garam empedu merupakan bahan pengemulsi kuat yang disekresikan oleh hati ke dalam empedu yang selanjutnya mengeluarkan isinya kebagian atas usus halus. yang bereaksi dengan asil lemak KoA lainnya untuk membentuk triasilgliserol. Dengan demikian. triasilgliserol akan menggumpal dan mengganggu aliran darah. Kilomikron juga mengandung kolestrol dan vitamin larut lemak. Setelah asam lemak dan senyawa monoasilgliserol dari butir lemak yang termulsi diserapdibagian bawah usu halus. triasilgliserol yang telah terbentuk kembali tersebut diangkut dalam bentuk partikellipoprotein karea tidak larut dalam air. Sisa lipid yang tidak diserap akan masuk kedalam usus besar. Dalam keadaaan yang normal. Apabila langsung masuk ke dalam darah. Konstituen protein pada lipoprotein dikenal dengan apoprotein. Asam lemak rantai pendek dan sedang (C4 sampai C12) untuk dapat diserap tidak memerlukan garam empedu. Garam-garam empedu tersebut kembali kehati untuk kemudian digunakan lagi berkali-kali. Selanjurnya kilomikron. yaoitu partikel lipoprotein yang tidak mudah menggumpal dalam lingkungan air dan berfungsi sebagai pengangkut lemak. melalui mekanisme ekositosis.

Sumber Energi 11 . Pencernaan lemak secara kimiawi hingga terbentuknya kilomikron dapat dilihat pada gambar 1. FUNGSI LEMAK a.2 Gambar 1.2 Pencernaan lemak secara kimiawi hingga terbentuk kilomikron G.

E. yang mengakibatkan dalam suhu kamar terbentuk padat. Lemak mengandung terutama asam lemak jenuh. Kedua jenis lemak ini berbeda dalam jenis asam lemak yang menyusunnya. h. minyak kelapa sawit mengandung bayak karotenoid (provitamin A). Penghemat Protein Lemak menghemat penggunaan protein untuk sintesis protein. d. yaitu 2. Lemak nabati mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh yang menyebabkan titik cair yang lebih rendah dan suhu kamar berbentuk cair. dan protein. Lemak susu dan minyak ikan laut tertentu mengandung vitamin A dan D dalam jumlah berarti. 12 . lemak membantu transportasi dan absorpsi vitamin lemak yaitu A. seperti jantung. Sebagai simpanan lemak. g. SUMBER LEMAK Menurut sumbernya kita membedakan lemak nabati dan lemak hewani. lemak. c. lemak merupakan cadangan energy tubuh paling besar. dan 5 % dijaringan intramuskuler. disebut lemak. telur dan susu. Memberi Rasa Kenyang Dan Kelezatan Lemak memperlambat sekresi asam lambung dan memperlambat pengosongan lambung. sedangkan lemak hewani berasal dari binatang. Lemak dan minyak merupakan sumber energy paling padat. dan ginjal membantu menahan organ-organ tersebut tetap ditempatnya dan melindunginya terdapat benturan dan bahaya lain. Sebagai Pelumas Lemak merupakan pelumas dan membantu pengeluaran sisa pencernaan. hati. Disamping itu lemak member tekstur yang disukai dan member kelezatan khusus dalam makanan. khususnya mempunyai rantai karbon panjang. 45% di sekeliling organ dalam rongga perut. Lemak nabati berasal dari bahan makanan tumbuh-tumbuhan. Lemak tubuh pada umumnya disimpan sebagai berikut: 50% dijaringan bawah kulit (subkutan).5 kali besar energy yang dihasilkan oleh karbohidrat dan protein dalam jumlah yang sama. b. Hampir semua minyak nabati merupakan sumber vitamin E. H. Memelihara Suhu Tubuh Lapisan lemak dibawah kulit mengisolasi tubuh dan mencegah kehilangan panas tubuh secara cepat. f. sehingga protein tidak digunkan sebagai sumber energi. Sumber Asam Lemak Essesial Lemak merupakan sumber asam lemak essensial. termasuk ikan. dengan demikian lemak berfungsi juga dalam memelihara suhu tubuh. e. D. yang menghasilkan 9 kkal untuk tiap gram. sehingga lemak memberi rasa kenyang lebih lama. Simpanan ini berasal dari konsumsi berlebihan salah satu atau kombinasi zat-zat energy: karbohidrat. K. asam linoleat dan linolenat. Pelindung Organ Tubuh Lapisan lemak yang menyelubungi organ-organ tubuh. Alat Angkut Vitamin Lemak Lemak mengandung vitamin larut lemak tertentu.

3. Sayur dan buah (kecuali alpukat) sangat sedikit mengandung lemak. Aspek ini pula dapat memebrikan resiko jelek buat arteri jantung. 4. biji- bijian. Jikalau telah berlangsung kerusakan arteri sehingga sanggup menyebabkan masalah terhadap otak & ginjal. Akibatnya sehingga lemak bisa tetap menumpuk dalam jaringan badan di beraneka tempat. Akibat yangg paling egampang terjadi ialah kendala kepada organ pencernaan seperti usus & perut. dan lemak hewan (lemak daging dan ayam) sumber lemak lain adalah kacang-kacangan. 5. lemak tidak jenuh ganda.Obesitas Seluruh tipe lemak yang masuk kedalam badan sanggup menjadi yaitu lemak tidak jenuh tunggal. susu. keju. serta makanan yang dimasak dengan lemak atau lemak atau minyak. 2. Dengan demikian sumber utama lemak adalah minyak tumbuh-tumbuhan (minyak kelapa. lemak jenuh & lemak trans.Kerusakan otak 13 . Lemak membutuhkan kala yang lebih lama utk dimakan maka terkadang organ lambung tak sanggup kosong sepenuhnya. kelapa sawit.Kerusakan dinding arteri Mengkonsumsi lemak jenuh berlebihan dapat menciptakan kandungan kolesterol dalam darah meningkat. krim. mentega. jagung dan sebagainya). daging. Bermacam Macam type sumber lemak yang konsisten menumpuk dalam badan tak sanggup difungsikan seluruhnya oleh badan. I.Sembelit Orang yang terbiasa konsumsi beraneka ragam makanan yang mengandung lemak tinggi mampu mempengaruhi system kerja organ badan. kacang kedelai. margarine. PENGARUH LEMAK TERHADAP KESEHATAN (AKIBAT KEKURANGAN DAN KELEBIHAN LEMAK)  Akibat Kelebihan Lemak Dalam Tubuh 1. Kalau keadaan ini dibiarkan terus-menerus sehingga badan sanggup jadi amat gemuk atau obesitas.Meningkatkan dampak kanker Pola makan yang jelek seperti terlampaui tidak sedikit konsumsi lemak & tak konsumsi makanan yang kaya akan serat dengan baik dapat memicu tumbuhnya sel kanker di bermacam macam organ badan. dan kuning telur. Penyakit yang lebih sering berjalan yaitu sembelit. dan ayam gemuk. kacang tanah.

yang paling bagus merupakan konsumsi ikan salmon. penumpukan plak kepada pembuluh darah. Tidak Hanya itu. apabila memang lah kurang. 6. 2. kamu bisa mencukupinya dengan konsumsi makanan yang mengandung cukup lemak . Koletserol yang tinggi mampu menyebabkan beragam masalah seperti kerusakan arteri.Kolesterol tinggi Mengkonsumsi beraneka lemak mampu meningkatkan kandungan kolesterol dalam badan. Seandainya factor ini berlangsung kepada kamu.Kulit kering Kulit kering bisa pula berlangsung kalau badan tak mempunyai cukup lemak yang sehat. sebab kandungan lemak jenuh mampu merusak sektor hipotalamus.Sering merasa kedinginan Lemak yang ada didalam tubuh merupakan sumber produksi panas & bertanggung jawab dalam menghangatkan badan. Hipotalamus yakni salah satu bidang di dalam otak yang berfungsi buat mengatur keseimbangan energi. penyempitan pembuluh darah & bermacam macam kategori efek penyakit jantung. 4. Maka orang yang tak mempunyai lumayan lemak didalam tubuhnya. segeralah periksakan kadar lemak di dalam badan kamu. 3.  Akibat Kekurangan Lemak Dalam Tubuh 1. Mengkonsumsi bermacam macam kategori makanan yang mengandung lemak sanggup menyebabkan kerusakan otak. akibat kekurangan lemak yang tidak jarang muncul merupakan merasa kedinginan.Susah berkonsentrasi Akibat kekurangan lemak yang yang lain merupakan susah berkonsentrasi & gampang lelah. Perubahan pengaruh lemak terhadap protein & gen amat sangat erat hubungannya bersama mengkonsumsi lemak berlebihan. kulit dapat lebih sensitif dalam sekian banyak kasus kekurangan lemak bahkan kulit jadi bersisik & gatal.Gula darah tak stabil 14 .

sehingga badan bakal kekurangan energi. Peranan lemak dalam bahan pangan yang utama adalah sebagai sumber energi. BAB III PENUTUP A. seandainya lemak didalam badan tak tercukupi. KESIMPULAN Lemak merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh. Perihal ini bakal menyebabkan rasa lemas. bisa saja badan kamu kekurangan lemak. gampang lelah & malas. namun dalam mengonsumsinya harus sesuai dengan batas yang dianjurkan untuk menghindari berbagai penyakit .dan oksigen dalam lemak oksigen lebih sedikit daripada yang terdapat dalam karbohidrat. Di dalam tubuh lemak berfungsi terutama sebagai cadangan energi dalam bentuk jaringan lemak. 5.memberikan kualitas renyah terutama pada makanan yang di goreng. B.hydrogen.Merasa lemas Lemak bermanfaat untuk meningkatkan energi didalam badan.memberi kandungan kalori tinggi dan memberikan sifat empuk (lunak) pada kue yang di bakar. Adapun fungsi dari lemak yaitu didalam makanan memberikan rasa gurih. Lemak mempermudah menstabilkan gula didalam badan. Lemak merupakan senyawa organik yang mengandung unsur karbon. SARAN Inilah hasil makalah kami.yang kami harapkan dari pembaca agar memahami isi-isi yang ada dalam makalah ini dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari serta kepada pembaca di harapkan menginformasikan kepada masyarakat supaya masyarakat juga berminat membaca makalah ini. 15 . kalau kadar gula darah kepada badan terlampau tinggi & tak stabil.

co. DAFTAR PUSTAKA http://umiazbul17.web.id/2014/03/lemak.blogspot.html http://andinioktafilayaxx.html 16 .ilmukimia.id/2014/10/pengertian-struktur-kimia-fungsi- lemak.htmlhttp://tipssehatonline.id/akibat-kelebihan-dan-kekurangan-lemak-bagi-tubuh/ http://www.co.blogspot.org/2013/04/asam-lemak.