Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian

Bagi Guru SMK/SMA (Keahlian Ganda)

PANDUAN

Pelaksanaan, Pelaporan dan
Evaluasi Project Work

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
2016
1

Latar Belakang Pada program ON-1 dan ON 2. Oleh karena itu sangat diperlukan panduan pelaksanaan. 2 . Penugasan project work ini dilakukan melalui proses memilih topik project work pada setiap modul. Memahami cara melaksanakan. dan menyusun laporan project work dibawah bimbingan guru pendamping. BAB I A. melaporkan project work. C. Penugasan tersebut diharapkan peserta memiliki pengalaman nyata berdasarkan teori yang ada pada setiap modul. Memiliki pengalaman nyata (proses internalisasi) terkait dengan modul yang dipelajari. dan 5. Sasaran Sasaran project work adalah seluruh peserta Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) yang mengikuti program ON-1 dan ON-2. mengerjakan project work. baik kompetensi pedagogik maupun profesional. peserta Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) wajib mengerjakan project work sesuai dengan karakter dari modul yang sedang dipelajari. 3. Memahami konsep setiap modul yang dipelajari. Memiliki wawasan keilmuan yang mendalam tentang materi dalam lingkup paket/kompetensi keahlian yang akan diampu. khususnya 3 (tiga) modul pada ON-1 dan 2 (dua) modul pada ON-2. Tujuan Panduan project work Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) bagi peserta adalah: 1. pelaporan dan evaluasi project work. 2. Memahami sistem penialaian project work. B. 4.

Memahami ruang lingkup project work Sebelum memulai perencanaan project work. Durasi penyelesaian project work tergantung dari waktu yang telah ditentukan pada tugas project work yang tercantum dalam setiap modul. men-setup server software. b. melakukan training untuk admin user. Peserta pada ON-2 adalah seluruh peserta Keahlian Ganda yang sudah dinyatakan lulus pada program On-1 dan IN-1 oleh PPPPTK terkait dan/atau LPPPTK KPTK. 3 . menginstall aplikasi X di 5 buah PC. menginstall server aplikasi X. men-setup server hardware. membeli software aplikasi X. 2. Persyaratan Peserta Peserta pada ON-1 adalah seluruh peserta Program Keahlian Ganda yang sudah ditetapkan dan mendapat undangan dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Contoh untuk menginstall server aplikasi X. Waktu dan Tempat Kegiatan project Work Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) pada ON-1 dilaksanakan selama peserta mengikuti program ON-1 dan pada ON-2 dilaksanakan selama peserta mengikuti program ON-2. Strategi Pelaksanaan Strategi pelaksanaan Project Work Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) adalah sebagai berikut ini: 1. maka dapar dirinci menjadi paket-paket kerja (work package): a. Menentukan topik/judul project work yang akan dipilih berdasarkan topik/judul project work yang terdapat dalam setiap modul. BAB II PELAKSANAAN PROJECT WORK A. masih dapat dirinci lagi. peserta perlu memahami ruang lingkup (scope) project work yang akan dikerjakan. menginstall server aplikasi X. Contoh: Ruang lingkup proyek: membeli sebuah server. B. C. c. Dari beberapa ruang lingkup proyek tersebut.

merakit server. membuat prosedur instalasi. langkah berikutnya adalah menentukan koneksi masing-masing aktivitas. 4. Untuk mengurutkan aktifitas yang akan dilakukan. 8. Menyesuaikan Perencanaan Proyek dengan Budget Pada tahap ini. Mengidentifikasi Resourceses (Sumber Daya) Identifikasi sumber daya. dan kedua menetapkan koneksi dari 2 aktifitas atau lebih yang saling berkaitan satu sama lain. dapat dirinci beberapa aktifitasnya sebagai berikut: a. dilakukan pelaksanaan proyek sesuai dengan perencanaan proyek yang diuraikankan pada nomor ( 1) satu sampai ( 7) tujuh. dianjurkan untuk melakukan bersama-sama dengan tim ahli atau yang memahami proyek tersebut. Menyusun urutan kegiatan proyek (mengurutkan aktifitas) Ada dua langkah utama yang dapat dikerjakan. dan e. d. 6. melakukan test. biaya. perlu dilakukan penyesuaian draft perencanaan proyek dengan budget yang tersedia (bila ada). 5. b. Melaksanakan Tugas Proyek Pada tahap ini. dapat berbentuk identifikasi sumber daya manusia yang akan melakukan/membantu proyek. Melaporakan Tugas Projek Pada tahap ini meserta membuat laporan tugas proyek sesuai dengan format yang tersedia 4 . Tentunya tidak diinginkan biaya proyek yang dikerjakan melebihi budget yang tersedia. langkah berikutnya adalah mengembangkan atau mendefinisikan aktifitas-aktifitas yang akan dilakukan . Contoh: dari work package men-setup server hardware. menyiapkan peralatan manual. 7. Setelah aktifitas disusun secara berurutan. dan sarana dan prasaran yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. c. yakni pertama mengurutkan aktifitas dari yang paling pertama dilakukan sampai terakhir. Memasukan durasi (jangka waktu) penyelesaian aktifitas proyek Durasi adalah lamanya suatu aktifitas dapat dikerjakan atau waktu pada saat aktifitas selesai dikerjakan dikurangi dengan waktu pada saat aktifitas mulai dikerjakan. menempatkan server di rak server.3. 9. Mendefinisikan aktifitas Setelah memiliki work package sebagai kerangka perencanaan proyek.

PELAKSANAAN PROJECK WORK 2. PENDAHULUAN 1.2 Saran LAMPIRAN 5 .2 Alat dan Bahan (yang digunakan dalam kegiatan project work) a.3 Pengembangan/Tindak Lanjut Bab IV.D. BAB III PELAPORAN PROJECT WORK Pelaporan project work yang sudah dilakukan disusun dalam laporan. Faktor Penghambat 3. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian laporan project work. diketahui oleh Guru Pendamping dan dibawa pada saat mengikuti kegiatan IN-1. Bahan 2. Laporan diserahkan dalam bentuk hard copy. dilakukan oleh Instruktur pada saat IN 1.1 Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat) a. Waktu Pelaksanaan (Jelas) b.TEMUAN 3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan a.2 Manfaat yang diperoleh 3. Bab II.2 Tujuan Memuat tujuan dari project work yang dipilih. Faktor Pendukung b.1 Simpulan 4. Adapun kerangka Laporan project work mengikuti outline berikut ini: Judul Lembar Pengesahan Daftar Isi Kata Pengantar Bab I.1 Latar Belakang Memuat latar belakang project work dan alasan memilih project work tersebut. 1.4 Hasil yang dicapai (hasil pelaksanaan project work) Bab III. Evaluasi Evaluasi project work Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) dilakukan dengan menilai laporan project work.3 Langkah Kerja (yang digunakan dalam kegiatan project work) 2. Tempat Pelaksanaan (Jelas) 2. SIMPULAN DAN SARAN 4. Alat b.

Rubrik Penilaian Project Work Skore No. Uraian Maksimal Skore HALAMAN PEMBUKA/PENDUKUNG 10 Judul/Cover 2 Lembar Pengesahan 2 Daftar Isi 3 Kata Pengantar 3 Bab I. Data pendukung 2. Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan 5 Penghambat) Manfaat yang diperoleh 5 Pengembangan/Tindak Lanjut 5 Bab SIMPULAN DAN SARAN 10 IV. 1. PENDAHULUAN 10 Latar Belakang 5 Tujuan 5 Bab II. Simpulan 5 Saran 5 LAMPIRAN 15 Data Pendukung (Foto/video/film 15 kegiatan/hasil project work Jumlah Nilai 100 6 . PELAKSANAAN PROJECK WORK 40 Waktu dan Tempat Pelaksanaan 5 Alat dan Bahan 5 Langkah Kerja 10 Hasil yang dicapai 20 Bab TEMUAN 15 III. Foto/video/film sebagai produk project work BAB IV PENILAIAN LAPORAN PROJECT WORK Penilaian laporan project work program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Program Keahlian) dilakukan terhadap laporan project work. menggunakan instrumen penilaian atau Rubrik berikut ini.

guru pendamping. Semoga Panduan ini dapat memudahkan peserta. 7 . BAB III PENUTUP Panduan ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan project work program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMA/SMK (Keahlian Ganda). instruktur dan panitia dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.