DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN GARUT

Alamat
Jl. Pramuka No. 28, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut,
Telepon/Faksimili (0262) 236657

Website
http://www.dlhkp.garutkab.go.id

Kepala
Asep Suparman, S.IP., M.Si

Selayang Pandang
Dinas Lingkungan Hidup pernah mengalami perubahan kelembagaan (SOTK)
diantaranya :
1. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2002 dan Peraturan Bupati
Nomor 587 Tahun 2002 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas
Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Garut.
2. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2004 tentang Pembentukan
Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Garut dan Peraturan Bupati Garut
Nomor……Tahun 2004 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan
Lingkungan Hidup dan Kebersihan
3. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan
Susunan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Garut dan Peraturan
Bupati Garut Nomor 422 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata
Kerja Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
4. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 7 Tahun 2012 tentang
Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Garut Tahun 2008 tentang
Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Garut dan
Peraturan Bupati Garut Nomor 539 Tahun 2012 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan
5. Pada tahun 2017, berubah menjadi Dinas Lingkungan Hidup

b. membawahkan : a. Seksi Penaatan Hukum dan Pengembangan Kapasitas Rencana Kerja Rencana Strategis (Renstra) Dinas Lingkungan Hidup. Bidang Tata Lingkungan. Seksi Keanekaragaman Hayati dan Sumber Daya Alam c. Sekretariat. Kebersihan dan Pertamanan (BPLHD) untuk tahun 2008 – 2013 merupakan langkah-langkah kontribusi BPLHD Provinsi Jawa Barat untuk pencapaian tujuan serta sasaran yang ditetapkan Provinsi Jawa Barat. dan c. dan c. Subbagian Umum dan Kepegawaian.Struktur Organisasi Struktur Organisasi Dinas Lingkungan Hidup terdiri dari : 1. Subbagian Keuangan. membawahkan : a. Untuk itu prinsip perencanaaannya pun dilandasi dan dibatasi oleh kewenangan yang dimiliki lembaga ini sebagai Lembaga Teknis Daerah yang . Seksi Pengkajian Dampak Lingkungan. b. Subbagian Perencanaan. 2. Evaluasi dan Pelaporan 3. Seksi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan b. Seksi Penyelarasan dan Evaluasi Lingkungan 4. Kepala Dinas. Bidang Pengendalian dan Pelestarian Lingkungan a. Seksi Manajemen Lingkungan.

Rencana Strategis ini sangat ditentukan oleh komitmen. dimana BPLHD Provinsi Jawa Barat selaku institusi tingkat Provinsi. khususnya dalam aspek-aspek yang sangat erat kaitannya dengan implementasi program dan kegiatan yang menjadi kewenangan BPLHD Provinsi Jawa Barat. Langit Biru (Program pengendalian Pencemaran Udara) dan ADIPURA. 22 Tahun 2008. baik dalam bentuk fasilitasi kebijakan maupun pendanaan dalam upaya- upaya pengendalian lingkungan hidup dalam skala makro maupun mikro. masyarakat. keterlibatan serta dukungan dari pada masyarakat serta pihak eksekutif dan legislatif. BPLHD Provinsi Jawa Barat menitik beratkan peranannya selaku koordinator dan fasilitator bagi seluruh stake holder (Pihak terkait) yang terdiri dari institusi sektoral. dunia pendidikan dan LSM di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. dunia usaha. peranannya menjadi fasilitator guna mengimplementasikan makna Otonomi Daerah berdasarkan UU No. Pada pelaksanaannya.ditetapkan oleh PERDA No. tidak tertutup kemungkinan terjadi perubahan dalam arti kata perencanaan pengembangannya dan tujuan serta sasarannya. Dalam Rencana Strategis ini program maupun kegiatan merupakan refleksi dari pada visi. sehingga dengan demikian pada tahun 2008 sampai dengan 2013 besar kemungkinan tidak banyak perubahan kecuali untuk program-program bersifat wajib (mandotary programme) yang dicanangkan oleh Pusat seperti Proyek Prokasih (Program Kali Bersih). 32 Tahun 2004 dan perkembangan minat masyarakat. Berdasarkan kajian kewenangan lembaga teknis daerah. misi yang telah ditetapkan pada tahun 2008 yang merupakan perencanaan yang berkesinambungan dan berkaitan sangat erat. Visi Misi BPLHD Provinsi Jawa Barat menetapkan VISI yaitu ”MENJADI AGEN PERUBAHAN DALAM SIKAP DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN GUNA MENCAPAI PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN 2013” MISI : Misi BPLHD Provinsi Jawa Barat yang sedang dan akan kita wujudkan dalam Program/Kegiatan pada tahun 2008– 2013 yang merupakan penjabaran dari Misi Jawa Barat pada butir 4 yaitu adalah sebagai berikut: .

Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup. Tugas Pokok Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 7 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 23 Tahun 2008 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Garut serta Peraturan Bupati Garut Nomor 539 Tahun 2012 tentang Tugas Pokok. Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Garut. Mengelola Lingkungan Berdasarkan Perkembangan Sains dan Teknologi. Membangun Masyarakat Peduli Lingkungan (Green Society). 5. melaksanakan kerja sama dan mengendalikan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah bidang Lingkungan Hidup. mempunyai tugas pokok yaitu : merumuskan kebijakan teknis operasional. Meningkatkan Kinerja Pengelolaan Lingkungan dunia Usaha dan Industri. Meningkatkan Efektifitas Penerapan Peraturan Lingkungan. mengkoordinasikan. Kebersihan dan Pertamanan. 6. Menjaga Keselarasan dan Keseimbangan Pemanfaatan SDA Untuk Kesejahteraan Rakyat. Membangun Kewaspadaan dan Partisipasi Masyarakat yang Responsif. Udara.1. 2. 3. 8. Meningkatkan Kualitas Lingkungan (Air. dan Tanah). termasuk di dalamnya pengelolaan urusan tempat pemakaaman umum dan penerangan jalan umum sesuai kebutuhan daerah dan kewenangan lain yang dilimpahkan. Mengembangkan Balaikliring (Clearing House) Lingkungan Hidup. 7. . 4.

Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industri dan domestik. d. 3. kebersihan. e. pertamanan. TPA dan bencana. Program Kerja PROGRAM KERJA berserta sasarannya yang ada di Dinas Lingkungan Hidup. Mengembangkan produksi yang lebih bersih (Cleaner Production) dan EPCM (Environmental Pollution Control Manager) Program Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Program Peningkatan Pengendalian Polusi Program Rehabilitasi dan Konservasi Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup a. Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri. pengaturan dan pelaksanaan kebijakan teknis operasional bidang lingkungan hidup. Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis. 2. Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Garut. Meningkatkan konservasi air bawah tanah. pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan tugas kesekretariatan. Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati. Rehabilitasi dan konservasi sumber sumber mata air dan kawasan resapan air tanah b. pengendalian dan pelestarian lingkungan. c. b. . Dinas Lingkungan Hidup. Kebersihan dan Pertamanan Provinsi Jawa Barat mempunyai fungsi : 1. Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup. dalam menyelenggarakan tugas pokoknya. Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3. kebersihan dan pertamanan sesuai dengan kebijakan nasional dan provinsi serta kebijakan umum daerah. Program Pengendalian pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup b. d. Penyelenggaraan kesekretariatan Dinas. c. pembinaan. Perumusan.Fungsi Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2008 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Garut serta Peraturan Bupati Garut Nomor 539 Tahun 2012 tentang Tugas Pokok. Menanggulangi kerusakan lahan bekas pertambangan. Program Pengelolaan Kawasan Lindung a. Kebersihan dan Pertamanan Provinsi Jawa Barat adalah sebagai berikut : a. tata lingkungan.

Mengembangkan demplot Kampung Iklim . Menjaga ekosistem dan lingkungan Pantai dan Laut Lestari c. Meningkatkan ketahanan masyarakat dan lingkungan terhadap perubahan iklim b.Program Pengelolaan Ekosistem Pesisir dan Laut a. Mengembangan ekowisata dan jasa lingkungan di kawasan konservasi Pesisir dan Laut dan hutan Program Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim a. Inventarisasi Kerusakan Padang Lamun dan Ekosistem Mangrove di Kabupaten Garut Program pengembangan ekowisata dan jasa lingkungan di kawasan-kawasan konservasi laut dan hutan a. Meningkatkan Penghijauan sempadan pesisir pantai b.