Ners.

Nova FItria`
Kamis, 29 Agustus 2013
FILSAFAT KEPERAWATAN

A. Latar Belakang
Filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berfikir radikal dalam arti mulai dari radix suatu gejala
dari akar suatu hal yang hendak dimasalahkan, dan dengan jalan penjajagan yang radikal filsafat
berusaha untuk sampai kepada kesimpulanyang universal.
Filsafat saat ini telah berkembang lebih maju dalam berbagai bidang dan mempunyai
peranan penting dalam kehidupan. Cabang filsafat sendiri saat ini telah berkembang dalam
berbagai bidang yaitu filsafat pengetahuan, filsafat moral, filsafat seni, metafisika, politik,
filsafat agama, filsafat ilmu, filsafat pendidikan, filsafat hukum, filsafat sejarah, filsafat
matematika dan lain sebagainya. Filsafat juga sangat berperan dalam bidang kesehatan
khususnya keperawatan. Filsafat dalam bidang keperawatan ini dapat dipandang atau dilihat dari
dua sisi yaitu dari sisi filsafat pendidikannya dan filsafat ilmu keperawatannya serta
pelayanannya. Sehingga perlu dikaitkan atau dipahami dengan filsafat untuk mencari kebenaran
tentang ilmu keperawatan guna memajukan ilmu keperawatan.
Filsafat dalam bidang pendidikan keperawatan mampu memberikan pedoman kepada
para pendidik (dosen/guru) sehingga akan dapat mewarnai sikap perilakunya dalam mengelola
proses belajar mengajar (PBM). Selain itu dengan adanya filsafat akan didapatkan pengetahuan
yang murni atau kemajuan pengetahuan di bidang pelayanan keperawatan untuk dapat
diaplikasikan demi kesembuhan pasien dengan didasarkan pada premis-premis pendukung hal
tersebut.
Oleh karena itu, inilah alasan mengapa ilmu filsafat itu sangat penting untuk dipelajari
terutama filsafat keperawatan, sebagai tuntunan atau dasar untuk melakukan penalaran yang
tepat dan berpikir secara mandiri, logika, kritis.

B. Rumusan Masalah
1. Apa yang di maksud dengan filsafat keperawatan?
2. Apa yang menjadi wawasan ilmu keperawatan?

epistimologi dan Aksiologi ilmu keperawatan. serta letaknya dalam kerangka umum cabang-cabang pengetahuan intelektual (Cornelius Benjamin). Philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan. peranan filsafat dalam ilmu keperawatan serta relevansi antara filsafat ilmu dengan keperawatan. Manfaat Mendapatkan pengetahuan tentang filsafat keperawatan dan mahasiswa akan dapat menggunakan logika dalam berfikir dam memiliki kemampuan merumuskan pemikiran dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar BAB II PEMBAHSAN A. terhadap pengetahuan dan terhadap hikmah. ontology. Bagaimana peranan filsafat dalam ilmu keperawatan? 10. philosophia diambil dari kata philos dan shopia atau philos dan sophos. pengetahuan. Apa apa itu ilmu keperawatan (ontology)? 6. hakekat keperawatan. Tujuan umum Adapun tujuan umum penyusunan resume ini adalah mendukung kegiatan pembelajaran keparawatan. Bagaimana relevansi antara filsafat ilmu dengan keperawatan? C. Bagaimana keperawatan sebagai ilmu dilihat dari objek formal dan material? 5. dan hikmah. filsafat ilmu merupakan cabang pengetahuan filsafat yang menelaah sistematis mengenai sifat dasar ilmu. Tujuan a. D. Bagaimana teori dan konsep keperawatan? 4.3. b. Untuk apa ilmu keperawatan itu digunakan (Aksiologi)? 8. Bagaimana hakekat keperawatan? 9. Dalam pengertian ini seseorang dapat disebut telah berfilsafat apabila seluruh ucapannya dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan. Bagaimana lahirnya ilmu keperawatan (epistimologi)? 7. metode-metodenya. Pengertian Filsafat berasal dari bahasa Yunani. khususnya mata kuliah filsafat ilmu serta melatih mahasiswa untuk berpikir kritis. Tujuan khusus Untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian filsafat dan filsafat keperawatan. konsep-konsepnya dan praanggapan-praanggapan. philosophia dan philoshophos. Menurut bentuk kata. .

pertanyaan epistemologi ( bagaimana lahirnya ilmu keperawatan ) dan pertanyaan aksiologi ( untuk apa ilmu keperawatan itu digunakan). ilmu kesehatan masyarakat. mencakup seluruh siklus kehidupan sampai pada tingkat masyarakat. Filsafat keperawatan merupakan pandangan dasar tentang hakekat manusia dan esensi keperawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam praktek keperawatan. sosial. D. ditujukan untuk mempertahankan. dan ilmu keperawatan klinik yang aplikasinya menggunakan pendekatan dan metode pemecahan masalah secara saitifik atau ilmiah. Wawasan Ilmu Keperawatan Mencakup ilmu yang mempelajari bentuk dan sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia. konsep. Pendapat lain tentang filsafat keperawatan adalah suatu ilmu yg mempalajari tentang cara berfikir seorang perawat dalam menghadapi pasiennya tentang kebenaran dan kebijaksanaan sehingga tingkat kesejahteraan dan kesehatan pasien dapat meningkat. ilmu dasar keperawatan. ilmu keperawatan komunitas. dan hubungannya . Melibatkan fungsi inteletual terdiri atas prinsip. menopang. yang juga tercerminkan pada tidak terpenuhinya kebutuhan dasar pada tingkat sistem organ fungsional sampai molekuler. melalui pengkajian mendasar tentang hal yang melatarbelakangi serta mempelajari barbagai upaya untuk mencapai kebutuhan dasar tersebut melalui pemanfaatan semua sumber yang ada dan potensial. Teori Dan Konsep Keperawatan Teoria (Yunani): berfikir abstrak . ilmu biomedik. B. perilaku). memelihara dan meningkatkan integritas kebutuhan dasar manusia. C. Ilmu Keperawatan Mencakup ilmu-ilmu dasar (alam. Ilmu keperawatan jika dilihat dari sudut pandang filsafat akan dapat muncul pertanyaan- pertanyaan antara lain pertanyaan ontologi ( apa ilmu keperawatan ). Bidang garapan dan fenomena yang menjadi obyek studi ilmu keperawatan Ada penyimpangan atau tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia (bio-psiko-sosio-kultural- spiritual) mulai dari tingkat individu utuh.

Ontologi. serta standart pelayanan dengan berpegang teguh kepada kode etik yang melandasi perawat expert secara mandiri atau melalui upaya kolaborasi. Epistimologi dan Aksiologi Ilmu Keperawatan Ontologi: tentang apa itu ilmu keperawatan? Jawaban tentang tentang apa itu ilmu keperawatan dapat didefinisikan dalam beberapa pendapat. Objek material . . Sedangkan Florence Nightingale (1895) mendefinisikan keperawatan sebagai berikut.. penetapan diagnosa keperawatan. keperawatan adalah menempatkan pasien dalam kondisi paling baik bagi alam dan isinya untuk bertindak. Mengarahkan profesi dalam mencapai otonomi (mampu menunjukkan kemandirian) E. Melaksanakan praktek keperawatan secara professional . Di implementasikan secara terpadu dalam tahapan yang terorganisasikan dalam bentuk proses penyelesaian masalah secara ilmiah meliputi pengkajian. Epistemologi: tentang bagaimana lahirnya ilmu keperawatan berkaitan dengan kehidupan dahulu?. Ada rencana prinsip dan proposisi logis. Keperawatan Sebagai Ilmu 1. Calilista Roy (1976) mendefinisikan bahwa keperawatan merupakan definisi ilmiah yang berorientasi kepada praktik keperawatan yang memiliki sekumpulan pengetahuan untuk memberikan pelayanan kepada klien. Berkontribusi melakukan ekspansi ilmu keperawatan (teori harus dapat meningkatkan praktik) Teori dibutuhkan dalam disiplin ilmu untuk (Chinn da Jacob. tindakan keperawatan dan evaluasi hasil tindakan keperawatan . Objek formal: . Pendekatan secara sistematis dan ilmiah F. holistic berdasarkan ilmu dan kiat. Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa keperawatan adalah upaya pemberian pelayanan/asuhan yang bersifat humanistic dan expert. 1986): . Menghindari terjadinya praktik keperawatan yang tidak bertanggung jawab . Respon manusia terhadap masalah kesehatan terkait pemenuhan kebutuhan dasar . Karakteristik Dasar teori: Interelasi konsep dalam teori yang menghasilkan cara melihat fenomena. perencanaan. Adanya landasan ilmu keperawatan . Bantuan diberikan karena ada masalah 2. Teori harus mampu untuk riset agar valid dan realible.

keluarga. Hal ini membuahkan kesimpulan bahwa perawatan lingkungan berperan dalam keberhasilan perawatan pasien yang kemudian menjadi paradigma keperawatan berdasarkan lingkungan. dan merawat orang lemah). intuisi (diluar kesadaran). Secara naluriah keperawatan lahir bersamaan dengan penciptaan manusia. Sehingga bisa merubah kondisi seseorang atau sekelompok orang dari kondisi sakit menjadi sembuh dan yang sudah sehat dapat mempertahankan atau mengoptimalkan derajat kesehatannya G. Orlando (1961) menemukan teori komunikasi sebagai dasar perawatan. Aksiologi: untuk apa ilmu keperawatan itu digunakan? Jawaban pertanyaan aksiologis diatas dapat dijelaskan bahwa ilmu keperawatan digunakan sebagai ilmu. memiliki tingkat klien (individu. Diawali oleh seorang Florence Nightingale yang mengamati fenomena bahwa pasien yang dirawat dengan keadaan lingkungan yang bersih ternyata lebih cepat sembuh dibanding pasien yang dirawat dalam kondisi lingkungan yang kotor. Pekerjaan “merawat” dikerjakan berdasarkan naluri (instink) “mother instinct” (naluri keibuan) yang merupakan suatu naluri yang bersendi pada pemeliharaan jenis (melindungi anak. Orang-orang pada zaman dahulu hidup dalam keadaan original. dan penggunaan metode ilmiah dengan penelitian-peneltian dalam bidang keperawatan. kelompok bahkan sampai masyarakat luas guna meningkatkan derajat kesehatan pasien tersebut. Hakekat Keperawatan Pada hakekatnya keperawatan merupakan suatu ilmu dan kiat. Misalnya Peplau (1952) menemukan teori interpersonal sebagai dasar perawatan. kelompok dan masyarakat) serta . Perkembangan keperawatan dipengaruhi oleh semakin majunya peradaban manusia maka semakin berkembang keperawatan. keluarga. Namun demikian mereka sudah mampu memiliki sedikit pengetahuan dan kecakapan dalam merawat atau mengobati. Roy (1970) menemukan teori adaptasi sebagai dasar perawatan. dump common sense (pengalaman tidak sengaja). pedoman. dan dasar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien dengan berbagai tingkatan dari individu. Johnson (1961) menemukan stabilitas sebagai tujuan perawatan dan Rogers (1970) menemukan konsep manusia yang unik. profesi yang berorientasi pada pelayanan. otoritas dari seorang yang ahli. Sehingga semenjak itu banyak pemikiran baru yang didasari dengan berbagai tehnik untuk mendapatan kebenaran baik dengan cara Revelasi (pengalaman pribadi).

Setiap orang berhak mendapatkan perawatan tanpa memandang perbedaaan suku. Sebagai kolaborator dengan tim kesehatan lainnya dalam pembinaan kesehatan. agama dan ekonomi. terhadap hikmah dan ucapannya yang baik dan sopan seseorang dapat mengetahui bagaimana landasan dasar dari ilmu keperawatan tersebut 3. Sedangkan esensinya yang meliputi: 1. kepercayaan. 3. Sebagai profesi yang berorientasi kepada pelayanan umtuk membantu manusia mengatasi masalah sehat dan sakit dalam kehidupannya untuk mencapai kesejahteraan. pengobatan alternatif. Dapat memecahkan suatu permasalahan meliputi dampak teknologi. Pelayanan keperawatan tersebut merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan mengingat perawat bekerja dalam lingkup tim kesehatan bukan sendiri-sendiri. Sebagai pelayanan kesehatan yang memiliki tiga sasaran. pencegahan penyakit. status sosial. Bentuk pelayanan keperawatan harus diberikan secara langsung dengan memperhatikan aspek kemanusiaan. Manfaat/peranan Filsafat Dalam Ilmu Keperawatan Dalam pengembangan ilmu keperawatan tidak bisa terlepas dari peranan filsafat didalamnya. sosial budaya. terhadap pengetahuan. penyembuhan serta rehabilitasi dan pembatasan penyakit. Sebagai ilmu dan seni. 4. ekonomi. Pasien adalah mitra aktif dalam pelayanan kesehatan bukan sebagai penerima jasa yang pasif. Adapun hakekat keperawatan adalah sebagai berikut: 1. H. kepercayaan spritual dan masih banyak yang lainnya mengenai seluk . Memudahkan proses keperawatan karena tanpa mempelajari filsafat ilmu keperawatan maka akan semakin sulit melaksanakan proses keperawatan 2. Memandang pasien sebagai makhluk yang utuh (holistik) yang harus dipenuhi segala kebutuhannya baik biospikososio dan spritual yang diberikan secara komprehensif dan tidak bisa dilakukan secara sepihak atau sebagian dari kebutuhannya. merupakan suatu ilmu yang didalam aplikasinya lebih kearah ilmu terapan. diantaranya individu. rasa cinta terhadap kebijaksanaan. Dengan mengetahui dan melaksanakan perilaku yang mengandung makna. penentuan diagnosis dini. 3. 4. pelayanan yang mencakup seluruh rentang pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Adapun manfaat atau peranan filsafat dalam keperawatan antara lain adalah: 1. 2. 2. keluarga dan masyarakat sebagai klien.

Relevansi Filsafat Ilmu Dengan Keperawatan Filsafat keperawatan mengkaji penyebab dan hukum-hukum yang mendasari realitas. beluk lingkup profesi keperawatan yang semuanya digunakan dalam hal pencapaian profesionalisme seorang perawat 4. Mendapatkan kebenaran tentang hal-hal yang dianggap belum pasti apakah tindakan yang kita lakukan dan pendapat yang kita keluarkan itu adalah benar atau salah. I. dalam hal ini pengetahuan keperawatan. Menghindari dan meminimalisasi kesalahpahaman dan konflik dalam pencarian kebenaran tentang ilmu keperawatan 5. Dengan filsafat seorang perawat dapat menggunakan kebijaksanaan yang dia peroleh dari filsafat sehingga perawat tersebut dapat lebih berfikir positif (positif thinking) dan dengan positif thinking tersebut seorang perawat dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga pasien yang tadinya susah berkomunikasi dapat menjadi lebih dapat berkomunikasi dengan baik dan akhirnya dapat mempercepat proses penyembuhan pasien tersebut. Diposkan oleh Nova Fitria di 19. serta keingintahuan tentang gambaran sesuatu yang lebih berdasakan pada alasan logis daripada metoda empiris. jadi setelah kita mengetahuinya maka kita akan melakukan tindakan itu secara benar 7. Sebagai dasar dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan untuk bertindak melalui pengalaman-pengalaman yang sudah ada 6. Filsafat keilmuan harus menunjukkan bagaimana pengetahuan ilmiah sebenarnya dapat diaplikasikan yang kemudian menghasilkan pengetahuan alam semesta. sehingga filsafat keperawatan adalah keyakinan dasar tentang pengetahuan keperawatan yang mengandung pokok pemahaman biologis manusia dan perilakunya dalam keadaan sehat dan sakit terutama berfokus kepada respons mereka terhadap situasi. misalnya jika kita melakukan tindakan seperti injeksi terhadap klien kita harus tahu terlebih dahulu prosedur- prosedur apa saja yang dilakukan.27 Reaksi: Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest Tidak ada komentar: Poskan Komentar Link ke posting ini .

Buat sebuah Link Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Lencana Facebook Nova Luph Muamuaana II Buat Lencana Anda Ada kesalahan di dalam gadget ini Langganan Pos Komentar Follow by Email Arsip Blog Pengikut Entri Populer  ELEKTROKARDIOGRAM (EKG) .

Indonesia Sekarang belum jadi apa-apa. NTB. Template Simple. .  FILSAFAT KEPERAWATAN  ARTI KATA MANIFESTASI Mengenai Saya Nova Fitria Mataram. Diberdayakan oleh Blogger. suatu saat akan menjadi apa? Lihat profil lengkapku Nova Fitria.