MAKALAH

TEKS EKSPOSISI DAN CONTOHNYA

Disusun Oleh :
Kelompok
Sarmani
Bayu Mauludin
Yunalia Siregar
Hana Fadilah
Restu Octaviani

SMK MULIA HATI INSANI
TAHUN AJARAN 2016/2017

Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi. Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya. Warunggunung. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami. Maret 2017 Penyusun 1 . Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai .

....................................... DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.................................................. 10 2 ................................................................. i DAFTAR ISI.................................................. Langkah – langkah membuat teks eksposisi............. 1 A............................................. 4 C........... 1 B.. 9 B............................................... Saran............................ 5 D......... 9 DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. Rumusan Masalah... 6 BAB III PENUTUP........................................... 3 B.......................................... 1 BAB II PEMBAHASAN................................................................. Point – point penting dalam teks eksposisi........................ 9 A............................................................................................... Contoh tek eksposisi.............................................................. Cara menyunting teks eksposisi.................. Latar Belakang............................. ii BAB I PENDAHULUAN................................................ Kesimpulan.................... 2 A.....

(Kosasih. itu karena proses penyutingan adalah sebuah tahapan 1 . Mengapa kita harus tahu bagaimana langkah-langakah membuat dan cara menyunting teks eksposisi? Karena dalam membuat sebuah karangan bahasa Indonesia. Apa yang siswa dapat kan dari materi ini? Siswa jadi bisa membuat teks eksposisi dengan kaidah kaidah yang benar. dan padat. akurat. BAB I PENDAHULUAN A. B. Latar Belakang Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat. Rumusan Masalah 1. jika ada dari kalian yang ingin menjadi seorang penunlis maka tekhnik meyunting ini sangat di butuh kan sekali.2013:39) Jadi. Lalu kenapa kita harus juga harus mengetahui bagaimana cara menyunting teks karangan eksposisi? Karena dalam sebuah karangan teks eksposisi sering di temukan kesalahan-kesalahan yang walau pun sedikit tapi bisa fatal akibat nya. dan juga siswa dapat menggunakan tehnik menyunting untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada di dalam sebuah karya karangan bahasa Indonesia.(Wikipedia Indonesia) Eksposisi adalah paparan atau uraian yang bertujuan menjelaskan sesuatu agar pembaca mendapatkan informasi atau pengetahuan. teks eksposisi adalah teks yang berupa karangan yang berdasarkan fakta yang di tunjukan untuk memberikan informasi kepada pembaca. yaitu karangan eksposisi. 2.salah satunya adalah teks eksposisi dalam membuat teks eksposisi ada langkah langkah yang harus di tempuh karena jika tidak di tempuh maka karangan eksposisi yang di buat akan mengalami kesalahan besar baik dari segi penentuan tema atapun dalam proses pembuatan kerangka penentuan tujuan dan yang lainnya.

menulis yang menjadi salah satu kunci sukses menjadi penulis ternama. yaitu : 1. dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial. hal-hal yang langka ataupun unik. kaidah. a) Selama proses pembelajaran siswa mampu mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan isi. bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan. bentuk. struktur. karakteristik. BAB II PEMBAHASAN A. bentuk. dan kebijakan publik. bahasa dalam teks secara lisan atau tulisan siswa diharapkan mampu menyunting sebuah teks yang telah dievaluasinya. Tujuan dan Manfaat Selama dan setelah proses pembelajaran siswa memiliki perilaku jujur. jenis atau ragam. karakteristik. peduli. Langkah-langkah Membuat Teks Eksposisi Dalam membuat teks eksposisi kita harus menjalankan beberapa langkah. struktur. Menetukan topik yang menarik Suatu topik di katakan menarik apabila topik itu berkenan dengan hal-hal yang aktual. menyangkut orang-orang terkenal atau peristiwa-peristiwa besar. jenis atau ragam. menyangkut kepentingan pembaca. kaidah. ekonomi. santun. politik. b) Setelah mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan isi. 2 .

harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca. Pola Pertentangan Adalah paragraf yang mempertentangkan dengan gagasan lain.berbeda. sebaliknya. 3. Membuat kesimpulan Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi. bagaimana suatu peristiwa terjadi. Kata hubung atau konjungsi (biarpun. yaitu suatu kondisi yang benar- benar terjadi. kelebihan dengan kekurangan. dan dapat bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja. Antara lain : Contoh topik: · Data faktual.berbeda dengan. 2. objektif dan logis. melainkan. Dalam paragraph eksposisi dikenal juga pola pengembangan paragraf ekspositif. walaupun. demikian juga. Pola Umum Khusus Pola umum khusus yaitu paragraf yang dimulai dari hal –hal yang bersifat umum kemudian menjelaskan dengan kalimat –kalimat pendukung yang khusus. · Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian. Membuat kerangka karangan Sebelum pembuatan karangan eksposisi terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis. kerugian dengan keuntungan. Mengembangkan Pembahasan Setelah kerangka karangan tersusun. eksposisi yang bersifat informatif. di kembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan.sesuai dengan) c. kesimpulan ini haruslah sejalan bahkan harus memperkuat tesis tersebut. 5. Kata hubung (jika dibandingkan dengan. Dalam karangan ini pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu. 4. meskipun begitu. dan sebagainya. Pola Perbandingan Adalah paragraf yang membandingkan dengan hal yang lain. b.selaras dengan. namun. akan tetapi. Menentukan tujuan membuat sebuah teks eksposisi Setelah menentukan topik yang akan di paparkan/jelaskan nanti.) B. seperti halnya. 3 . berdasarkan unsur kesamaan dan perbedaan. sama dengan. · Suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta. diantaranya sebagai berikut : a. Poin-poin Penting Yang Harus Di Perhatikan Dalam Karangan Eksposisi. ada.

· Analisis perbandingan. Cara Menyunting Teks Eksposisi Kegiatan Menyunting adalah kegiatan memeriksa dan memperbaiki naskah. Langkah-langkah Menyusun Paragraf Proses Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam. · Urutan atau analisis sebab akibat. · Memilih data yang sesuai dengan tema. lambang bilangaan. 4 . Menyunting di lakukan untuk menyiapkan naskah siap cetak atau siap di terbitkan dengan memperhatikan sistematika penyajian. pengalaman hampir semua penulis besar mengungkapkan. Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya. C. · Membagi perincian atas tahap tahap kejadiannya. penulis harus memisahkan dan mengurutkannya secara kronologis. dan struktur kalimat). Langkah-langkah penulisan: · Menentukan tema. · Membuat kerangka karangan. isi.Contoh urutan analisis: · Urutan kronologis/proses. dan bahasa (menyangkut ejaan. Berikut langkah penulisannya : · Penulis harus mengetahui perincian secara menyeluruh. yaitu memberi penjelasan tentang bekerjanya sesuatu atau terjadinya suatu peristiwa. Ketepetan penulisan huruf. Kegiatan penyuntingan terlihat sepele sehingga tahap ini sering sekali terabaikan. Menyunting dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini. biasanya memaparkan proses. diksi atau pilihan kata. Proses ini biasanya dilakukan oleh diri sendiri terhadap tulisan sendiri atau penyunting terhadap tulisan orang lain. di antaranya pola pengembangan proses. kata. proses penyutingan adalah sebuah tahapan menulis yang menjadi salah satu kunci sukses mereka menjadi penulis ternama. · Menentukan tujuan karangan. · Urutan fungsional. Padahal. antara lain : 1. Bila tahap-tahap kejadian ini berlangsung dalam waktu yang berlainan. bagaimana hal itu terjadi. bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini). serta ketepaan peggunaan tanda baca. bagaimana barang itu disusun. · Mengembangkan kerangka menjadi karangan. Menyunting dapat di artikan sebagai kegiatan membaca kembali sambil menemukan kesalahan-kesalahan redaksional sebuah tulisan.

Sebuah paragraf terdiri atas kalimat topik dan kalimat penjelas. 4. dalam hal-hal tertentu. Membaca kalimat demi kalimat untuk menemukan kesalahan penggunaan ejaan. Memeriksa keterpaduan paragraf untuk menemukan kesalahan. kecuali paragraf tersebut paragraf narasi atau paragraf deskripsi. Urutan kalimat. Struktur kalimat yang baik harus mengandung unsur S-P (subjek-predikat). D. mengganti kata yang tidak tepat. Akan tetapi . 2. atau pola kalimat. 8. Kesatuan. c. Syarat kalimat efektif sebagai berikut : a. apabila hubungan antar unsur dalam kalimat tidak terganggu. Kelengkapan. Keterpaduan paragraf. Kalimat-kalimat disusun baik secara runtut sesuai dengan urutan kejadian (narasi atau deskripsi). Sebuah paragraf gagasan pokok yang tersirat pada kalimat utama. Membetulkan kalimat dapat dilakukan dengan cara menambah kata. Syarat paragraf padu adalah sebagai berikut: a. b. Contoh Teks Eksposisi Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan teks eksposisi tentang pendidikan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia 5 . b. dan mengubah susunan kata dalam kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat yang baku. 6. Padu. Membetulkan kesalahan penggunaan ejaan. 5. mengganti. Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin di sampai kan kepada pembaca. pemilihan kata. apabila makna kalimat dapat di terima oleh jalan pikiran atau akal sehat manusia. Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai dengan situasi dan kondisi. Hemat. 7. 9. dan memperbaiki kata yang tidak tepat. c. apabila kalimat yang disusun tidak menggunakan kata secara berlebihan. 3. dapat di guanakan kalimat tidak lengkap. Logis. mengurangi kata.

Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas. Tidak hanya itu. dan mencoba atau mencipta. Karena selama ini. Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat. keterampilan. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut. kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Melalui Kurikulum 2013 ini. 6 . inovatif dan afektif.Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. menanya. sikap dan karakter. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap. cinta tanah air dan bangsanya. karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah. keterampilan. bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan. Yang mana. menalar. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan. kreatif. kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini. Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas. pengetahuan. Argumentasi : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional. Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati. pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif.

Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.Tidak hanya itu. ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Penegasan Ulang : Akan tetapi. Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana. banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah. 7 . sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas. kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Bahkan.

Kesimpulan Dalam pembuatan teks eksposisi itu bukan hanya sekedar di butuh kan pemahaman mengenai eksposisi yang akan di jabar kan akan tetapi juga di perlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara membuat karangan teks. Eksposisi. Karangan. Saran Untuk semua yang ingin bisa membuat sebuah karangan dengan baik dan benar maka gunakan lah kaidah kaidah yang baik dan benar dan jika anda ingin membuat sebuah karangan eksposisi maka gunakan lah cara-cara yang telah penulis berikan karena itu bisa membantu anda dalam membuat sebuah karangan teks eksposisi yang sesuai kaidah. 8 . Menyunting. merupakan karya tulis untuk mengungkapkan suatu gagasan yang di sampaikan melalui bahasa tulis. adalah suatu bahan tertulis. adalah teks yang berupa karangan yang berdasarkan fakta yang di tunjukan untuk memberikan informasi kepada pembaca. kedua hal yang telah diasampai kan tadi amat lah penting. Eksposisi. Lalu jika dalam karagan teks eksposisi terdapat beberapa kesalahan kita bisa memperbaikki nya dengan cara menyunting teks. jika sudah dapat dikuasai hal. apalagi apabila dari salah satu dari anda ini ada yang ingin menjadi seorang penulis hal ini sangat lah di butuh kan untuk menjadi seorang penulis ternama. Glosarium Teks. B. Jadi. BAB III PENUTUP A. kegiatan memeriksa dan memperbaiki naskah.hal itu maka bisa dikatakan berhasil.

02 November 2014 Pukul 23:40 WIB).blogspot.org/wiki/Eksposisi diakses pada hari minggu 02 November 2014 pukul 23:50 WIB). (http://googel22. DAFTAR PUSTAKA (http://id. Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Related Post Makalah Teks Eksposisi Baca Posting Lebih Baru Posting Lama 9 .com/2012/12/paragraf-eksposisi.wikipedia.html di akses pada hari minggu.