Cara kerja Cd ROM – R

Singkatan dari Compact Disc Recordable. Piringan ini umumnya
berwarna hijau, tetapi ada yang berwarna biru, merah dan hitam. Proses
pembuatannya hampir sama dengan CD-ROM, yaitu dengan cara menaruh
selembar lapisan dan plastik. Perbedaannya plastik itu belum disinari oleh
laser. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang
berguna sebagai pelindung dan pemantul. Lalu kapan lembaran plastik itu
akan disinari laser? Jawabannya nanti pada saat kita hendak merekamnya.
Itulah sebabnya C-R disebut juga dengan CD-Blank karena isinya masih
kosong.

Menentukan kualitas CD-R juga sama dengan kualitas CD-ROM. Tapi ada yang
harus jadi perhatian ekstra, yaitu karena proses rekaman dilakukan setelah
CD tercetak dan ada begitu banyak CD-R yang dijual dipasaran, maka
kualitas lembaran di dalam CD-R itu harus cocok dengan CD Writernya.

Pada CDROM informasi yang tersimpan juga berupa 0 dan 1. Tentunya angka
0 dan 1 ini bukan langsung tertulis berupa angka 0 dan 1 melainkan merupakan
keadaan pada lapisan tertentu pada CD-ROM tersebut. CD-ROM yang dibahas disini
adalah CD ROM yang dicetak bukan CD-R ataupun CD-RW. Pada dasarnya semua
CD memberikan informasi menggunakan teknik apakah suatu sinar yang diarahkan
pada suatu posisi akan dipantulkan ke titik tertentu atau tidak. Perbedaannya terletak
pada cara CD tersebut melakukannya. Pada CD-ROM yang memang dicetak,
dipantulkan tidaknya suatu sinar itu ditentukan oleh cetakan yang digunakan. Jadi
cetakan yang digunakan harus disesuaikan dengan informasi yang ingin disimpan.
Setelah dicetak tidak bisa lagi diubah.
Untuk dapat memantulkan cahaya yang diarahkan padanya, suatu CD-ROM
itu memiliki lapisan alias layer yang dapat memantulkan cahaya. Karena tidak
diinginkan semua posisi yang nantinya terkena sinar akan memantulkan sinar tersebut
ke arah photo diode yang terdapat pada CD-ROM drive, dibuatlah dua tingkat
ketinggian pada reflective layer tersebut. Ketinggian yang dimaksud disini adalah
jarak terhadap bagian terluar dari CD-ROM. Hanya satu saja dari tingkat ketinggian

yaitu label. Selain lapisan yang berguna untuk memantulkan cahaya. Dengan kata lain. Oleh karena itu wajar saja bila suatu CD-ROM Drive akan melakukan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CDROM yang sudah mengalami banyak gangguan seperti halnya goresa CARA KERJA CD-RW CD-RW ini cara kerjanya sama seperti floppy. Pada pembacaannya sendiri CD- ROM ini akan diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. yang hanya bisa ditulisi satu kali dan dibaca berulang kali. CD-R. Untuk 1 sinar harus dipantulkan ke arah photo diode. Pada CD-ROM Drive masa kini. Hal ini membuat kecepatan linier (kecepatan pembacaan) semakin tinggi pada daerah yang semakin luar. Bila sinar diarahkan ke tingkat ketinggian satunya.tergantung merk. Oleh karena itu pola yang dicetak pada CD-ROM tersebut harulah memiliki tingkat presisi yang tinggi.karena CD-RW dapaat ditulisi dan dibaca ulang. media ini juga bisa dibaca pada sembarang CD-ROOM drive yang .itu akan memantulkan cahaya yang diarahkan padanya ke arah photo diode pada CD- ROM Drive. Tidak mengherankan bila harga CD-RW. Bila ini tidak dipenuhi. Dengan cetakan yang sesuai dapat dibuat pola tingkat ketinggian pada layer tersebut sesuai dengan data yang ingin disimpan. Selain pada CD-RW drive juga digunakan untuk menulisinya. masih ada beberapa bagian lain dari CD-ROM. sinar tidak akan dipantulkan ke arah photo diode tersebut. reflective layer. Adapun pola tingkat ketinggian dari reflective layer ini dimulai pada bagian terdalam dari CD-ROM menuju ke bagian terluar dari CD- ROM dengan bentuk spiral (bentuknya mirip dengan obat nyamuk bakar). kecepatan sudut ini akan terus dipertahankan hingga pada saat pembacaan bagian terluar dari CD-ROM. Namun CD-RW lebih fleksibel dalam hal kompatibilitas. protective layer. Inilah juga keunggulan CD-RW dibandingkan adiknya. Suatu CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian. dan polycarbonate plastic. Dengan kecepatan setinggi ini CD- ROM Drive yang digunakan juga harus memiliki tingkat presisi yang tinggi pula. sementara untuk 0 sinar tidak dipantulkan ke arah photo diode. penyimpangan informasi bisa saja terjadi. data digital yang tersimpan pada CD-ROM tersusun mulai dari bagian terdalam pada CD-ROM menuju ke bagian terluar dari CD-ROM.kemudian lebih mahal.

Berita baiknya. sekarang nama resminya adalah "DVD" saja. mulai tipe 16X ke atas. namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Sementara itu ukuran dan bentuk fisik CD-RW sama persis dengan CD-ROOM biasa sehingga dengan mudah media ini dimasukkan dan dibaca pada sembarang Multiread CD-ROOM drive. Walaupun masih terus ditingkatkan.Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrin . Jika diperhatikan dari segi kepraktisan pemasangan.kebanyakan CD-ROOM drive baru yang beredar di pasaran. alias dipakai secara bergantian oleh beberapa penguna di kantor kamu. Kaena cepat dan mudah dipasang.sudah memiliki kemampuan ini. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc. Jelas amemasang drive eksternal selalu lebih mudah dibandingkan memasang perangkat inernal yang mengharuskan kamu membuka-buka casing dan mengatur jumper dan IRQ. Memilih CD-RW drive mana yang cocok untuk memenuhi kebutuhan kamu saat ini sangat gampang. termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun. kebanyakan model yang beredar di pasaran masih terbatas. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai. ipe ini juga bisa dipindah-pindahkan diantara banyak PC. CARA KERJA DVD-RW DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data.memiliki kemampuan MultiRead. Kelemahan CD-RW terletak pada kecepatannya.

Proses pembuatannya yaitu dengan cara menaruh selembar lapisan dan plastic. dipantulkan tidaknya suatu sinar itu ditentukan oleh cetakan yang digunakan. merah dan hitam. Oleh karena itu pola yang dicetak pada CD-ROM R tersebut harulah memiliki tingkat presisi yang tinggi. Karena tidak diinginkan semua posisi yang nantinya terkena sinar akan memantulkan sinar tersebut ke arah photo diode yang terdapat pada CD-ROM drive. suatu CD-ROM R itu memiliki lapisan alias layer yang dapat memantulkan cahaya. Suatu CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian. dibuatlah dua tingkat ketinggian pada reflective layer tersebut. Dengan cetakan yang sesuai dapat dibuat pola tingkat ketinggian pada layer tersebut sesuai dengan data yang ingin disimpan. Hanya satu saja dari tingkat ketinggian itu akan memantulkan cahaya yang diarahkan padanya ke arah photo diode pada CD- ROM Drive. protective layer. tetapi ada yang berwarna biru. Pada pembacaannya sendiri CD- ROM ini akan diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. Bila . Untuk dapat memantulkan cahaya yang diarahkan padanya. sementara untuk 0 sinar tidak dipantulkan ke arah photo diode. Bila sinar diarahkan ke tingkat ketinggian satunya. a.2. Ketinggian yang dimaksud disini adalah jarak terhadap bagian terluar dari CD-ROM R. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Piringan ini umumnya berwarna hijau. masih ada beberapa bagian lain dari CD-ROM. Dengan kata lain. Setelah dicetak tidak bisa lagi diubah. data digital yang tersimpan pada CD-ROM R tersusun mulai dari bagian terdalam pada CD-ROM R menuju ke bagian terluar dari CD-ROM R. sinar tidak akan dipantulkan ke arah photo diode tersebut. reflective layer. Adapun pola tingkat ketinggian dari reflective layer ini dimulai pada bagian terdalam dari CD-ROM R menuju ke bagian terluar dari CD- ROM R dengan bentuk spiral (bentuknya mirip dengan obat nyamuk bakar). dan polycarbonate plastic. Untuk 1 sinar harus dipantulkan ke arah photo diode. Jadi cetakan yang digunakan harus disesuaikan dengan informasi yang ingin disimpan. Selain lapisan yang berguna untuk memantulkan cahaya. yaitu label. cara kerja CD ROM R Singkatan dari Compact Disc Read Only Memory Recordable. Pada CD-ROM R yang memang dicetak.

Oleh karena itu wajar saja bila suatu CD-ROM Drive akan melakukan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CD ROM R yang sudah mengalami banyak gangguan seperti halnya goresan.ini tidak dipenuhi. Dengan kecepatan setinggi ini CD-ROM Drive yang digunakan juga harus memiliki tingkat presisi yang tinggi pula. kecepatan sudut ini akan terus dipertahankan hingga pada saat pembacaan bagian terluar dari CD-ROM R. Hal ini membuat kecepatan linier (kecepatan pembacaan) semakin tinggi pada daerah yang semakin luar. b. penyimpangan informasi bisa saja terjadi. cara kerja DVD ROM R . Pada CD-ROM Drive masa kini.

media ini juga bisa dibaca pada sembarang CD-ROOM drive yang memiliki kemampuan MultiRead. kebanyakan model yang beredar di pasaran masih terbatas. namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Sementara itu ukuran dan bentuk fisik CD-RW sama persis dengan CD-ROOM biasa sehingga dengan mudah media ini dimasukkan dan dibaca pada sembarang Multiread CD-ROOM drive. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc. termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. Namun CD ROM RW lebih fleksibel dalam hal kompatibilitas.Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrin . Selain pada CD ROM RW drive juga digunakan untuk menulisinya.tergantung merk. Walaupun masih terus ditingkatkan. cara kerja CD ROM RW CD ROM RW ini cara kerjanya sama seperti floppy.kemudian lebih mahal. dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai.c. Kelemahan CD-RW terletak pada kecepatannya.karena CD ROM RW dapaat ditulisi dan dibaca ulang. d. Tidak mengherankan bila harga CD-RW. sekarang nama resminya adalah "DVD" saja. cara kerja DVD ROM RW DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data.