1.

Museum Balla Lompoa

Keterangan : Museum Balla Lompoa ini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No.
48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang berbatasan langsung dengan
Kota Makassar.

Sejarah ; Museum Balla Lompoa merupakan rekonstruksi dari Istana Kerajaan
Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 pada tahun 1936.
Arsitektur bangunan ini berbentuk rumah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung
yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Dibangun di atas lahan seluas satu hektar
yang dibatasi oleh pagar tembok yang tinggi. Bangunan ini terdiri dari dua bagian,
ruang utama seluas 60 x 40 meter yang di dalamnya terdapat kamar pribadi raja,
tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, bilik kerajaan dengan luas masing-
masing bilik berukuran 6 x 5 meter, dan ruang teras (ruang penerima tamu) seluas
40 x 4,5 meter. Bangunan ini banyak dilengkapi jendela yang merupakan cirri khas
rumah bugis dengan ukuran masing-masing jendela adalah 0,5 x 0,5 meter. Museum
ini merupakan tempat penyimpanan koleksi benda-benda Kerajaan Gowa.

Alasan : Museum balla lompoa merupakan situs peninggalan suku bugis Makassar
dengan gaya arsitektur tradisional sejak dulu yang menjadi simbol rumah tradisional
di Suku Makassar bugis.Menurut saya, museum balla lompoa memiliki bentuk fisik

dan aman serta perpaduan dengan kehidupan sosial masyarakat setempat. Sejarah .. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-X yang bernama Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau Karaeng Tunipalangga Ulaweng (panjang juga namanya yah. Benteng Fort Rotterdam Keterangan : Benteng fort Rotterdam ini terletak di Jalan Ujung Pandang 1 berdekatan dengan Pantai losari Makassar. bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut.. Dikenl juga dengan nama Benteng Jum Pandang (Ujung Pandang) dan Benteng Panyyua karena bentuknya yang seperti ekor penyu yang hendak merangkak turun kelaut.hehe) dan merupakan tempat raja dan keluarganya menetap. Benteng ini kemudian jatuh ditangan belanda pada tahun 1667 melalui pejanjian Bongaya setelah raja yang berkuasa pada saat itu kalah dalam pertempuran dan diganti namanya menjadi Fort Rotterdam setelah dipugar kembali oleh belanda menjadi bangunan berarsitektur Kolonial Eropa masa itu . 2.nyaman. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi kerajaan Gowa. begitupun dengan kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan. yang indah.

Alasan : Alasan saya memilih bangunan ini karena Pada bangunan ini berbentuk bangunan kuno belanda yang berada di Makassar yag tidak kita temui ditempat lain. Lokasi gedung ini tepat berada di seberang gedung RRI. Orientasi Bangunan : Benteng Fort Rotterdam ini berorientasi Arsitektur Klasik Barat-Eropa. 15 Kelurahan Pattunuang Kecamatan Wajo. dan dekat juga dari Balai Kota Makassar. . perkumpulan. Provinsi Sulawesi Selatan. dibangun pada tahun 1896 oleh pemerintah kolonial belanda dengan gaya arsitektur Neo Klasik.Jendela serta cerobong pada atap bangunan tersebut begitu unik. memeliki luas bangunan diatas tanah seluas 2. Gedung Kesenian Keterangan : Gedung Kesenian Sulawesi Selatan terletak di Jalan Riburane No. Sejarah : Dikenal dengan nama Societeit de Harmonie. Kota Makassar. 3.Bangunan ini sungguh menarik.contohnya saja pada bentuk pintu yang begitu besar dan lebar. pesta. pertunjukan sandiwara. Dahulu bangunan ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan akan tempat pertemuan.339 m2 dengan bentuk denah seperti huruf “L” dan dilengkapi dengan sebuah menara dengan atap berbentuk kubah. musik dan acara resmi lainnya yang dihadiri oleh tamu-tamu dpenting dan petinggi belanda.

Masjid ini . Di berbagai sudut masjid tumbuh pohon-pohon yang memberikan kesan hijau.tempat gedung kesenian yang memiliki keunukan pada dinding dan atap seperti bangunan belanda. Sejarah : salah satu masjid paling megah di Kota Makassar. Ide pendiriannya sendiri sebenarnya sudah terlontar sejak tahun 1989 ketika Jenderal M. Mesjid Al-Markaz Islami Keterangan : Masjid ini terletak di Jl. dan Bugis-Makassar. Jusuf. Pembangunannya membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Lantainya terbuat dari batu granit yang semakin menambah kesan megah ketika memasuki bangunan masjid. Gowa. Bangunannya didominasi wana hijau. Orientasi : Gaya ini merupakan perkembangan dari gaya Roko sebagai bangunan tua peninggalan kolonial Belanda. Bangunan ini berorientasi Klasik Barat 4. Kemegahan masjid ini semakin lengkap dengan gaya arsitekturnya yang unik. Lingkungan di sekitar masjid juga cukup asri dan sejuk. Alasan : Karena banguanan ini merupakan saksi sejarah kota Makassar. Masjid ini didirikan pada tahun 1994 atas prakarsa Jenderal M. Jusuf menjadi pimpinan perjalanan haji. Perpaduan antara arsitektur Arab. Masjid Raya Makassar.

bahkan hingga manca negara dengan nama Al Markaz Al Islami.diresmikan penggunaannya pada tahun 1996. Arsitektur masjid yang besar dan megah ini dipengaruhi oleh Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah Al Munawwarah Orientasi : Orientasi Timur dipengaruhi oleh Arsitektur Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. pendidikan. dan kantor MUI Sulawesi Selatan. koperasi. perpustakaan.Berdekatan dengan kantor walikota Makassar dengan Telkom tepat didepannya. Selain sebagai tempat ibadah.Balai kota No. aula. .11 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Bangunan masjid dikonstruksi menjadi tiga lantai yang dibagi-bagi menjadi ruangan-ruangan untuk kesekretariatan. Museum Kota Makassar Keterangan : Museum ini terletak di Jl. Alasan : Keberadaannya sangat terkenal ke seluruh nusantara. Al Markaz Al Islami juga menjadi pusat pengembangan dan penelitian serta pendidikan. 5.

jendela-jendela kayu yang lebar dan beberapa ornamen gantung. Sejarah : Bagunan berarsitektur asli kolonial belanda ini dibangun pada tahun 1916. Dahulu dikenal dengan nama Raadhus van de Gemeente atau kantor walikota. Dan Brink. dengan gaya arsitektur jendela serta atap dan kolom mirip bangunan kolonial. antara lain terdiri dari benda-benda arkeologi. Museum itu menyimpan benda koleksi bersejarah yang merekam perjalanan kota makassar dari zaman ke zaman. benda-benda pusaka. yait walikota J. Alasan : Karena Bangunan ini banyak menyimpan sejarah mulai dari kantor gubernur hingga menjadi museum sekarang. foto-foto makassar masa lalu. seluruhnya masih utuh terjaga.E. dan salinan naskah bersejarah. karena memang meupakan kantor walikota pertama pada masa itu. B Amiruddin Maula pada juni 2000. Kini kantor walikota itu telah berubah fungsi menjadi museum kota makassaryang dibuka secara resmi oleh walikota makassar H. Orientasi : Bangunan ini berorientasi Klasik-Barat . dinding-dindingnya yang tebal.

R. Kartini No.90 m. 6. Berdasarkan studi kartografis bangunan ini telah ada sebelum 1915.Hampir sama dengan yang lain bentuk fisik bangunanyang lain yang masih terjaga alami. 18/23 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Sejarah : Gedung Pengadilan Negeri Makassar berada di sisi alun-alun kota metropolitan kota Makassar yakni lapangan karebosi.40 m x 44. Alasan : Karena bangunan ini mempunyai kemiripan dengan gedung mulo atau museum kota dengan gaya arsitektur yang megah. Jl. Tidak banyak peninggalan arsitektur colonial yang fungsi maupun bentuk arsitekrutnya tidak berubah. Gedung berukuran 48. Orientasi :Bangunan ini berorientasi Klasik-Barat tepatnya bergaya arsitektur Neo Clasik Eropa campuran. Renaissance dan Romawi. .A. Gedung Pengadilan Negeri Makassar Keterangan : Pengadilan Negeri Makassar. Pada masanya gedung ini dapat dikatakan terbesar dan termegah dan lokasinya sangat strategis.

Fajar Graha Pena berdiri diatas lahan 1. 7. gedung ini berfungsi sebagai perkantoran Sejarah : Sejak mulai dioperasikan tahun 2007 yang lalu. BRI. Dan bukan hanya investor saja yang tertarik dengan gedung Graha Pena Makassar.137 space yang siap untuk dipersewakan dan 8.5 sebagai podium dan lantai 6 -19 sebagai tower (nomor lantai 13 & 14 tidak dipakai).171 sebagai area service. tak heran jika perusahaan-perusahaan besar seperti Telkomsel. Infomedia. Ketika diresmikan Wapres Jusuf Kalla pada Oktober 2007. Gedung Graha Pena Makassar telah menjadi gedung perkantoran pilihan utama bagi para investor untuk mengembangkan usahanya. PT. HELLEN KELLER dan ACIAR. HCPT. banyak LSM Internasional yang telah ikut bergabung di gedung ini seperti USAID-MCCI. Energi Sengkang. Maka. dan beberapa perusahaan lainnya memilih dan berkantor di gedung Graha Pena Makassar. Nokia Siemens Network (NSN).021 Ha yang diatasnya berdiri gedung berlantai 17 yang terdiri dari lantai 1. ILO. PT. RTI INTERNATIONAL (USAID). .308m yang terdiri dari 22. ICMC. Gedung Fajar Keterangan : Gedung ini terletak di Jalan Urip Sumiharjo tepat disamping jembatan fly over berdekatan pula dengan Jalan tol Makassar. Energi Equity. USAID-DBE2. PT. luas bangunan 30.

Jusuf Kalla sendiri hadir untuk meresmikan gedung Menara Bosowa.Graha Pena pernah menjadi jadi gedung tertinggi di kota Makassar dari tahun 2007 sampai 2009. Gedung 17 lantai ini menjadi kantor koran Fajar dan keluarga besar Jawa Pos lainnya.Termasuk gedung tertinggi di Makassar. Di sini pula terdapat kantor penyiaran Celebes TV yang bertempatkan di lantai 15. .] Menara Bosowa ini adalah milik adik ipar Jusuf Kalla. Letaknya ini tidak jauh dari Wisma Kalla di Jalan Ratulangi. Alasan : arsitektur Graha Pena di Makassar ini dibuat mirip dengan Graha Pena yang ada di Surabaya.Difungsikan pusat Kantor PT. dan dekat juga dengan kawasan Pantai Losari Makassar. Orientasi : Gedung fajar ini berorientasi Arsitektur Modern Barat 8. Gedung Bosowa Keterangan : Lokasinya di Jalan Jendral sudirman Tepat berada di lapangan Karebosi. yaitu Aksa Mahmud. September 2009 silam.Bosowa Sejarah : Menara Bosowa adalah gedung tertinggi di Makassar dan Indonesia Timur dengan 23 lantai 120 meter dan menghadap langsung ke Lapangan Karebosi.Makassar Provinsi Sulawesi Seltan.

1 Makassar atau berada disamping timur Gedung Balaikota Makassar. Sejarah : Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Immanuel Makassar terletak di Jalan Balaikota No. atau berada di samping timur Gedung Balaikota Makassar. Gereja Protestan Immanuel (De Protestante Kerk) dibangun pada tahun 1885 oleh Pemerintah Kolonial Belanda dan merupakan salah . Gereja GPIB Imanuel Keterangan : Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Immanuel Makassar terletak di Jalan Balaikota No.kolom-kolom yang tinggi dan penggunaan struktur beton pada bangunannya.Alasan : Bangunan ini termasuk bangunan tertinggi di Makassar dengan gaya arsitektur modern terlihat megah.DDan akses menuju tempat ini tidak begitu sulit. 1 Makassar. Orientasi : Gedung ini berorientasi modern dilihat dari penggunaan kaca sebagai jendela. 9.

satu dari sekian banyak arsitektur peninggalan kolonial Belanda di Makassar.428 m2. dan maha karya perahu pinisi sebagai simbol kejayaan. Sejarah : Gedung Pusat Pelayanan Akademik (GPPA) didesain sebagai ikon baru bagi UNM. Menara Pinisi UNM Makassar Keterangan : Menara Pinisi UNM Makassar terletak di Jl.Pettarani. kota Makassar dan sekaligus Sulawesi Selatan (Sulsel). diatas pintu masuk gereja terdapat menara lonceng yang tinggi dan runcing menyerupai gaya gotik klasik Alasan : Karena bangunan ini merupakan salah satu peninggalan belanda di Makassar yang memiliki gaya arsitektur gotik klasik. Orientasi : Gereja ini berorientasi klasik Barat 10. .Nampak pada menaranya yang begitu simpel tapi berkesan setiap orang yang melihatnya. falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan (Sulapa Eppa/empat persegi). Rumah Tradisional Makassar. yaitu makna Logo UNM. Gereja yang berbenduk simetris dan bergaya arsitektur gotik klasik ini memiliki luas bangunan 600 m2 yang dibangun diatas lahan sebesar 3. Eksplorasi desain gedung ini mengutamakan padapendalaman kearifan lokal sebagai sumber inspirasi.

simbol dari 3 bagian badan pada Rumah Tradisional Makassar (bagian depan/lotang risaliweng. alam tengah. dan alam atas). Ketiga.kebanggaan. Bagian ini posisinya terletak sekitar 2 meter di atas jalan agar bangunan terlihat lebih megah dari lingkungan sekitar. yang merupakan ekspresi futuristik dari aplikasi kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. dan kepala/rakkeang) dan dipengaruhi struktur kosmos (alam bawah. dipercaya mampu membentuk lingkungan kampus masa kini yang berkelas internasional. Serangkaian eksekusi bentuk dan detail-detail solusi desain yang bersumber pada kearifan lokal. terdiri dari 12 lantai yang merupakan metafora dari layar perahu pinisi dan juga bermakna ganda sebagai simbol dari angin dan api. Alasan : Seperti pada rumah tradisional Makassar yang terdiri dari 3 bagian (kolong/awa bola. dan ruang belakang/Lontang rilaleng). Pertama. Lantai kolong ini didesain menyatu dengan lansekap yang didesain miring sampai ke pedestrian keliling lahan. Bangunan ini sebagai perwujudan dari serangkaian makna. Kedua. fungsi. GPPA UNM juga terdiri dari 3 bagian. terdiri dari 3 lantai. tetapi juga memiliki keagungan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. bagian badan berupa podium. bagian kepala berupa menara. Bagian podium ini juga bermakna ganda sebagai simbol dari tanah dan air. ruang tengah/Lotang ritenggah. Kekayaan makna tersebut akan meningkatkan nilai arsitektur GPPA UNM menjadi lebih dari sekedar sosok estetis. bagian bawah berupa kolong/panggung. dan aplikasi teknologi yang ditransformasikan ke dalam sosok arsitektur berciri Modern dengan sentuhan khas daerah Sulawesi Selatan yaitu pinisi. GPPA UNM menjadi gedung tinggi pertama di Indonesia dengan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid. badan/lotang. dan keagungan. .

. sehingga ketika berada di dalam Benteng Somba Opu. Benteng Somba Opu memiliki keunikan tersendiri.Rumah adat Mandar.Rumah adat Makassar dan Rumah adat Bugis. bangunan benteng somba opu juga tidak didirikan dengan menggunakan bahan bangunan pada umumnya yang menyerupai benteng lainnya. 11. Benteng Somba Opu pada umumnya di gunakan sebagai pusat pemerintahan kerajaan Gowa. Sejarah . keunikan dari Benteng Somba Opu adalah didirikannya sebuah taman mini Sulawesi Selatan yang dimana semua jenis rumah adat Daerah Sulawesi Selatan berada di tempat ini. kita masih dapat melihat bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Gowa. selain tidak mempunyai batas yang berupa bangunan tembok besar. Menurut sejarah. kita serasa mengelilingi Sulawesi Selatan hanya dalam beberapa jam saja. Rumah Adat di Benteng somba opu Keterangan : Rumah adat dibenteng somba opu ini terletak di Jalan Daeng tata.Kota Makassar.Rumah adat toraja. Untuk saat ini.Provinsi Sulawesi Selatan. Luas dari seluruh bangunan ini melebihi luas bangunan Benteng Rotterdam. Sehingga ketika kita berkunjung ke Benteng Somba Opu. Rumah Adat yang terdapat didalamnya seperti Rumah adat Kajang.

ornament bangunan serta bentuk ters yang memiliki ciri khas tersendiri.Yang memiliki keunikan tersendiri tiap rumah adat tersebut. .seperti tiap bentuk atap.Alasan : Karena didalam benteng somba opu ini memilikirumah adat yang ada di Sulawesi selatan.

Arsitektur Klasik Dan Arsitektur Modern Arsitektur Tradisional Arsitektur Klasik Arsitektur Modern Arsitektur tradisional adalah Secara umum ciri arsitektur suatu bangunan yang modern dapat dilihat dari Arsitektur klasik adalah gaya bentuk. berlebihan. banyak dijumpai di benua alumunium anodized. Dalam jendela. Belum ditemukan garis diagonal sederhana. . hal mana secara spesifik kapan era ini bangunan yang sering digunakan mempertinggi comfort dalam dimulai maupun berakhir. apalagi tidak di Eropa.Langgam Arsitektur rumah dengan gaya arsitektur Disamping itu ruang-ruang Klasik muncul bersamaan modern. Bahan leluasa. ukuran. jenis langgam ini stainless steel finishing polished. Kesimpulan Arsitektur Tradisional. untuk rumah modern adalan ruang. Yunani. atap bangunan dan teknik medesain datar. alumunium dan pada periode Helenistik dan kehidupan dengan sebaik. bentuk kotak.struktur . dan bahan yang misalnya atap yang digunakan untuk membangun dari turunan gaya yang berasal mempunyai sudut yang tidak rumah tersebut. dibuat sedetail mungkin lindungi terhadap sinar dan seindah mungkin dengan matahari langsung. Di Indonesia kini dari telah banyak dibangun rumah- terlalu landai. Arsitektur Adapun hal yang menonjol pada Tradisional yang berkaitan Klasik ini juga nantinya terdiri arsitektur modern memang adalah dengan iklim yang panas dari gaya yang lebih modern bentuk. stainless steel trip pada pintu juga kekaisaran Romawi.fungsi. dan hujan memberi ornamen-ornamen tidak sesuai untuk iklim hiasan yang rumit. Rumah modern seringkali dimulainya bawah atau lanmgit-langit didekorasi dengan ornamen garis peradaban tulisan secara horizontal. sudut hias dan cara pembuatannya yang mengacu pada zaman lengkung dan halus. baiknya. seperti yang modern juga sering tampil efisien temurun serta dapat di pakai digunakan di Yunani kuno sedikit hiasan dengan deretan untuk melakukan aktivitas jendela kaca. tropis. Pada umumnya arsitektur yang terbuka. Ciri Arsitektur sejarah arsitektur. Namun. dan panel mengkilap. garis vertikal. Dinding atau bidang kaca yang kaca berwarna atau tinted glass. Rumah diwariskan secara turun klasik Yunani.ragam bentuknya yang asimetris. dimana dinding dengan modern memiliki ornamen yang tidak menutup rapat ke bidang minim. dan memungkinkan ventilasi yang formal.

Arsitektur Klasik dan Arsitektur Modern” OLEH : MULIYADI D51115017 TEKNIK ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN KOTA MAKASSAR 2016 . TUGAS TEORI DAN SEJARAH ARSITEKTUR 2 “Bangunan Arsitektur Tradisional.