Jenis kesenian di Kabupaten Kediri

1. Jaranan Jawa
2. Jaranan Dor
3. Jaranan Pegon
4. Jaranan Senterewe
5. Sanggar Tari
6. Reog
7. Reog Kendang
8. Karawitan
9. Ketoprak
10.Wayang Orang
11.Wayang Mbah Gandrung
12.Wayang Purwo
13.Wayang Krucil
14.Wayang Suroboyoan
15.Wayang Suluh
16.Tiban
17.Mocopat
18.Langen Tayub/Waranggono
19.Kentrung
20.Jemblung
21.Jangrung/Siteran
22.Kasidah
23.Samroh
24.Hadrah
25.Orkes Melayu
26.Keroncong
27.Kolintang
28.Band
29.Pengrajin Wayang
30.Sanggar Lukis
31.Seni Ukur Kayu
32.Cerita Rakyat
33.Lawak
34.Teater
35.Pramugari
36.Pranotocoro

Kesenian spesifik yang merupakan cir khas Kabupaten Kediri dan berkembang
dengan baik adalah:

1. Tiban
2. Jaranan
3. Wayang Mbah Gandrung

Kebudayaan di Kabupaten Kediri

Nomor 5 tahun 1992. prasasti. Upacara adat daerah  Upacara adat Ziarah Sri Aji Joyoboyo di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo – Desa Menang – Pagu  Upacara adat Sesaji Gunung Kelud di Desa Sugihwaras. Bagian barat Kabupaten Kediri Masyarakat Kabupaten Kediri bagian barat juga memiliki budaya yang condong ke arah kulonan (Surakarta) 3.Masyarakat Kabupaten Kediri secara umum memiliki kebudayaan yang tidak berbeda dengan kebudayaan lainnya. Kec. Penari jaranan menunggang kuda yang terbuat dari anyaman bambu dan diiringi musik gamelan. namun di Kabupaten Kediri memiliki ragam budaya masyarakat yang didasarkan pada pengaruh budaya. Kec. dan sebagainya. Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa 3. yang demi pelestariannya semua merupakan benda cagar budaya yang dilindungi Undang-undang Negara Republik Indonesia . Bagian timur Kabupaten Kediri Masyarakat Kabupaten Kediri bagian timur ini lebih cenderung kea rah budaya Kulonan (Surakarta) meskipun daerah ini berbatasan dengan wilayah Kabupaten Malang namun budaya Malang tidak berkembang di wilayah ini. Budaya materi berupa benda cagar budaya Tingginya kebudayaan di Kabupaten Kediri tidak hanya meninggalkan ragam kesenian namun juga meninggalkan jejak-jejak sejarah berupa artefak-artefak yang sangat penting bagi kesejarahan Bangsa Indonesia antara lain berupa candi. Bagian utara Kabupaten Kediri Masyarakat Kabupaten Kediri di bagian utara memiliki budaya yang lebih condong pada budaya Suroboyoan (Surabaya) 4. arca. Kec. Bagian selatan Kabupaten Kediri Masyarakat Kabupaten Kediri di bagian selatan juga memiliki budaya yang condong ke arah kulonan (Surakarta) Keragaman budaya Kabupaten Kediri antara lain: 1. Ngancar  Upacara adat Ziarah Prabu Anom di Desa Doko. Beberapa penari lain menggunakan bentuk caplokan dan celeng. Plosoklaten  Upacara adat tiban di Ngadiluwih 2. salah satu diantaranya adalah ketika pemain jaranan sedang mengalami trance (kesurupan) dan menampilkan atraksi . Dalam kesenian jaranan ini terdapat sebuah atraksi yang banyak digemari oleh penonton. Seni Jaranan Jaranan merupakan kesenian khas dan sangat popular di Kabupaten Kediri. Ragam kesenian Kabupaten Kediri 1. Mojo  Upacara adat ziarah Boto Putih di Desa Kawedusan. 2. Kec. Ngasem  Upacara adat Tirta Husada di Desa Jugo. yaitu: 1.

dua orang penari warok yang menari diiringi alunan musik gamelan. Untuk peralatan dan busana yang digunakan masih sangat sederhana. pada Jaranan Dor ini diganti dengan bedug. kekayaan dan kepadatan gerak disertai iringan yang riang dan dinamis. Jaranan Dor Jaranan Dor ditarikan dengan unsur humor pada alat musik gamelannya. Jaranan Pegon Jaranan Pegon identik dengan jaranan senterewe yaitu jaranan yang memiliki kreatifitas gerak dan iringan yang dinamis dan dalam pemakaian busananya menggunakan busana seperti yang dipakai dalam wayang orang. Tiban Kesenian ini merupakan jenis kesenian rakyat yang berasal dari wilayah selatan Kabupaten Kediri. d. Pada puncaknya penari akan mengalami trance (kesurupan) dan melakukan atraksi di luar nalar manusia. Jaranan Jowo Jaranan ini memiliki unsur magis dalam tariannya. Kesenian Tiban disajikan sebagai bentuk ritual untuk memohon hujan ketika kemarau panjang melanda. 3. 2. dua orang penari topeng penthul. c. Ciri lain dari Jaranan ini adalah para penarinya umumnya sudah berumur dan pada waktu pencapaian trance (kesurupan) membutuhkan waktu yang cukup lama. Kesenian jaranan di Kabupaten Kediri berada dalam naungan Induk Organisasi Jaranan yang bernama Paguyuban Seni Jaranan (PASJAR) Kabupaten Kediri. Reog Seperti halnya di Ponorogo. dan begitu pula dengan proses “penyadaran” dari kesurupan. b. yang tidak bisa dinalar. Jenis jaranan ini merupakan jaranan yang banyak digemari masyarakat karena dalam penampilannya diikuti dengan penampilan hiburan lagu- lagu yang bernada diatonis. Para penari menari diiringi gamelan dan saling mencambuk hingga tubuhnya meneteskan darah. kesenian reog juga berkembang di wilayah Kabupaten Kediri. Gong yang biasanya digunakan pada jaranan pada umumnya. empat orang penari jaranan. Masyarakat setempat meyakini bahwa darah yang menetes ke tanah merupakan pengorbanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga selanjutnya diberikan berkah hujan. Jaranan ini masih eksis di Kabupaten Kediri. Kasidah . Beberapa ragam kesenian jaranan yang terdapat di Kabupaten Kediri antara lain: a. Kesenian ini ditampilkan oleh dua orang penari atau lebih yang saling melecutkan cambuk dari lidi aren yang dipilin. Jaranan Senterewe Jaranan jenis ini biasanya lebih mengutamakan kreatifitas gerak. Kesenian ini ditarikan oleh dua orang penari reog. 4.

Tak jarang dalam melakukan atraksinya sang pawang melakukan ritual keselamatan terlebih dahulu. Di Kabupaten Kediri ada beberapa bentuk wayang kulit. 8.Seni Atraksi Akrobatik Seni atraksi akrobatik ini terdapat di Kecamatan Kras dengan menampilkan kepiawaian dan ketrampilan sang pawang dalam bergulat dengan binatang buas yang sangat berbahaya. Salah satu bentuk . Cerita yang ditampilkan dalam kesenian inipun beragam. Wayang Orang Seperti halnya kesenian di Jawa pada umumnya. Wayang Kulit gaya Jawa Timuran 2. Ludruk merupakan kesenian khas Jawa Timur dan berkembang di seluruh wilayah Jawa Timur. Kisah dalam wayang orang juga disisipi lawak yang dipentaskan oleh Punokawan. 9. Dalam penampilannya. Kesenian ini diyakini sebagai kesenian warisan dari Wali Songo yang merupakan penyebar agama Islam di wilayah Jawa dan beberapa diantaranya menggunakan media seni dalam menyampaikan dakwah dan menyebarkan agama. para penari putra disebut pengibing. Ludruk Kesenian Ludruk merupakan kesenian yang menampilkan seni peran. Wayang Kulit gaya Surakarta 3. Seni Campursari menampilkan penyanyi-penyanyi yang sudah cukup ternama dan tidak jarang pula dalam penyajiannya menampilkan pelawak sebagai hiburan. Campursari Seni Campursari merupakan jenis seni musik yang mengkolaborasikan musik tradisional dan musik modern terutama pada alat musiknya yang memadukan antara gamelan dan alat musik modern seperti gitar. Kesenian teater ini menampilkan adegan demi adegan dari cerita tentang Mahabharata maupun Ramayana layaknya seperti yang biasa dipentaskan dalam wayang kulit. kesenian wayang orang terdapat juga di wilayah Kabupaten Kediri. Wayang Kulit gaya Yogyakarta 10. Selain penari ada seorang lagi yang bertugas sebagai pembagi giliran dalam menari dengan mengalungkan sampur pada calon penari berikutnya yang dikenal sebagai pramugari. Wayang Kulit Wayang kulit merupakan kesenian Jawa yang mengadaptasi budaya pra-Islam dengan proses akulturasi budaya yang sangat kental. organ. 7. Kesenian wayang berkembang pesat di Jawa. dan drum. 5. Kasidah adalah jenis kesenian islami yang berkembang di wilayah Kabupaten Kediri. sedangkan penari putri disebut Waranggono yang sekaligus sebagai vokalisnya. 6. Tayub Tayub atau Langen Tayub adalah salah satu bentuk tari pergaulan dan sangat memasyarakat di Kabupaten Kediri. yaitu: 1. mulai dari masa kerajaan sampai dengan masa perjuangan kemerdekaan. Lagu-lagu yang dibawakannya pun merupakan lagu Jawa yang populer di masyarakat. Pada mulanya seni pewayangan dikembangkan oleh Wali Songo sebagai penyebar agama Islam. Dalam seni tayub ini.

Sanggar ini selain memberi pelatihan seni tari kreasi baru juga mengajarkan tari-tari klasik. sanggar ini mengelola berbagai macam kesenian seperti teater. materi yang banyak diajarkan lebih banyak menggunakan materi hasil kreatifitas atau penciptaan/koreografi dari sanggar pusat Kembang Sore di Yogyakarta. 12. Selain tari. dan lukis. Sanggar Tari Tri Mukti Beralamat di Jalan Wilis. 14. pecahan kaca. Kecamatan Pare. Atraksi ini sangat menuntut kepiawaian dan ketrampilan pemainnya. atraksi yang ditampilkan dalam kesenian ini antara lain adalah duel manusia melawan King Cobra. Tarian ini diiringi dengan alunan musik diatonis yang cenderung disukai kawula muda saat ini.Seni Tari Atraktif Seni tari atraktif ini merupakan bentuk karya tari modern (modern dance) yang mengutamakan unsur atraktif atau menampilkan kebolehan dalam berkarya seni. Di sanggar ini. remaja. dan dewasa. kembang. Atraksi yang ditampilkan para pemainnya antara lain berguling-guling di atas pecahan kaca. rambut diikat dan ditarik ke atas tiang. Kecamatan Ngasem. Kelurahan Pare. Sanggar Tari Ande-ande Lumut Sanggar ini beralamat di Desa Purwodadi.Debus Debus merupakan seni akrobatik yang menampilkan unsur kekebalan tubuh sebagai daya tariknya.Sanggar Tari a. b. Sanggar Tari Kembang Sore Sanggar Tari Kembang Sore Cabang Kediri beralamat di Perum Asabri.Bantengan Seperti halnya kesenian jaranan. 11. dan sebagainya. Penampilan karya tari ini menampilkan berbagai macam konfigurasi dengan kekompakan tim yang solid. dan duel dengan buaya. 13. Siswa Sanggar Tari Kembang Sore terbagi menjadi tiga golongan yaitu tingkat anak. Tak jarang atraksi yang ditampilkan membuat penonton menjadi was-was sekaligus terpukau. kesenian bantengan merupakan kesenian rakyat yang tumbuh subur di Kabupaten Kediri khususnya di wilayah Kabupaten Kediri bagian timur. Kecamatan Kras. karawitan. Atraksi yang ditampilkan dari kesenian ini adalah atraksi banteng yang ditarik oleh beberapa orang. Desa Gogorante. tubuh diseret oleh kendaraan roda empat. c. tak jarang pemainnya mengalami trance (kesurupan) dan melakukan hal-hal diluar nalar seperti makan ayam hidup-hidup. .

Persatuan Sapta Darma Alamat Kelurahan Pare. Di Kabupaten Kediri terdapat sejumlah organisasi Penghayat Kepercayaan. Kecamatan Plosoklaten d. Kecamatan Ngancar c. Organisasi yang merupakan cabang a. Kecamatan Pare g. Kecamatan Ngasem b. diantaranya adalah: 1. Kecamatan Pare h.RAGAM BUDAYA DI KABUPATEN KEDIRI Selain memiliki ragam kesenian. Kecamatan Ngadiluwih d. Kecamatan Ngancar i. Organisasi Penghayat Kepercayaan yang berpusat di Kediri: a. Kecamatan Kepung g. Kecamatan Kandangan 2. Murtitomo Waskito Tunggal Alamat Desa Tepus. Aliran Seni dan Kepercayaan Alamat Desa Gringging. Kapribaden Alamat Desa Manggis. Kawruh Djowo Dipo Alamat Bedali. Ilmu Sejati Alamat Kecamatan Plemahan Organisasi-organisasi ini dikoordinir oleh Badan Koordinasi Organisasi Kepercayaan (BKOK) dan Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK). Aliran Perjalanan Alamat Branggahan. Roso Manunggal Alamat Desa Sambirejo. baik yang merupakan pusat organisasi maupun yang merupakan cabang dari daerah lain. Kecamatan Grogol f. Purwaning Dumadi Kautaman Kasampurnan Alamat Desa Brumbung. Kecamatan Puncu c. Sangkan Paraning Dumadi Sri Djojoboyo Alamat Desa Wonosari. Purwa Ayu Mardi Utomo Alamat Desa Panceran. Kawruh Sedulur Sejati Alamat Desa Bobang. Kecamatan Semen b. Darma Bhakti Sri Pamenang Alamat Desa Payaman. Kecamatan Ngadiluwih k. Paguyuban Pangudi Katentreman Alamat Desa Klampisan. . Kecamatan Pagu e. diantaranya adalah Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Upacara Adat Daerah. Kecamatan Ngancar e. Kecamatan Plemahan j. Amongrogo Panggugah Sukmo Alamat Desa Pandantoyo. Paguyuban Ngesti Tunggal Alamat Kelurahan Pare. Kawruh Sasongko Alamat Desa Tales. Paguyuban Djowo Domas Alamat Desa Klanderan. Kecamatan Pare f. Kabupaten Kediri juga memiliki kebudayaan masyarakat yang beragam.

Upacara adat ini dilaksanakan pada Bulan Suro (Muharram) sebagai bentuk ziarah dan memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kabupaten Kediri. 3. Kecamatan Ngasem. 2. Prosesi Hari Jadi Kediri . Kabupaten Kediri. Pada Bulan Suro (Muharram) Kalender Penanggalan Jawa masyarakat melaksanakan upacara adat ke Makam Prabu Anom Doko dan memohon berkah serta keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sesaji Tirto Husodo Upacara adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat di Pegunungan Wilis sisi timur. Ziarah Ki Ageng Boto Putih Upacara adat ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kawedusan. Raja Kadiri Sri Aji Joyoboyo merupakan Raja besar di Jawa yang termasyur akan ramalannya yang lebih dikenal sebagai Jongko Joyoboyo. Kabupaten Kediri yang dibantu oleh Yayasan Hondodento dari Yogyakarta di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo. Kecamatan Pagu. Ziarah Prabu Anom Upacara adat ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Doko. Kecamatan Plosoklaten. 5. tepatnya di Dusun Besuki. Upacara adat ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Menang. Desa Jugo. Upacara yang dilaksanakan setiap setahun sekali yang jatuh pada Bulan Suro (Muharram) pada penanggalan Jawa ini bertujuan untuk berziarah di Makam Ki Ageng Boto Putih serta memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.Upacara Adat Daerah 1. Selain itu dilakukan juga jamasan senjata pusaka sebagai salah satu bentuk pelestarian warisan leluhur. Ziarah Menang Sri Aji Joyoboyo 4. Sesaji Gunung Kelud 7. 6. Kecamatan Mojo.