MAKALAH

DASAR TELEKOMUNIKASI

“TELEGRAF”

OLEH

KELOMPOK II

BELLA E1D1 15 006
AHMAD ANDRI ERWANDA E1D1 15 008
ERIS EKO SETIAWAN E1D1 15 009
ERI ERIANTO E1D1 15 010
FAJAR KUSUMA AKHMAD E1D1 15 012
FIANI KANSIL E1D1 15 013
RUKMAN E1D1 15 057

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2016

KATA PENGANTAR

Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Makalah ini membahas tentang mekanisme komunikasi jarak jauh (telegraf). Dalam penyusunan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian. BAB I PENDAHULUAN . Olehnya itu. semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi.

Melihat kesulitan ini serta didukung adanya penemuan-penemuan oleh Volta tentang baterai (1800). RUMUSAN MASALAH Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah: 1. . Tujuan makalah 1. Untuk mengetahui sejarah telegraf. LATAR BELAKANG Dari dulu hingga sekarang komunikasi jarak jauh dianggap sangat penting terutama pada saat perang di Eropa abad 18. 2. Untuk mengetahui prinsip kerja telegraf. Pada makalah ini saya akan membahas tentang telegraf dan cara kerjanya. 3. Bagaimana prinsip kerja telegraf ? C. B. Bagaimanakah sejarah dari telegraf ? 2. Oersted tentang pengaruh arus listrik terhadap magnet (1820). 4. Apa yang dimaksud dengan telegraf ? 4. sinyal asap (1588). Kata "telegraf" yang sering didengar saat ini. dan teleskop dan kode semapore (1794) yang disebut telegraf optik. Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. maka informasi disampaikan melalui kode-kode seperti tanda lampu (1775). Pada saat ini telegraf sangat susah dicari. Untuk mengetahui pengertian telegraf. dan Sturgeon tentang elektromagnet (1825). muncullah telegraf listrik temuan Morse pada tahun 1830. jarang orang orang menggunakan telegraf karena banyak alat komunikasi jarak jauh yang lebih praktis dan modern. secara umum merupakan telegraf elektrik.A. Untuk mengetahui perkembangan telegraf. Bagaimana perkembangan telegraf ? 3. Karena zaman dahulu belum ada alat komunikasi jarak jauh modern.

membuat kode morse yang menyimbolkan huruf dengan Morse. Alfred Vail. Giovanni Caselli. pertama kali dengan bebas ditemukan dan dipatenkan di Amerika Serikat pada tahun 1837 oleh Samuel F. Pantelegraf telah sukses digunakan dan diterima sebagai saluran telegraf antara kota Paris dan Lyon. seorang penemu asal Skotlandia. menemukan sebuah alat yang bisa dikatakan merupakan sebuah mesin faksimil pertama. B. Baron Schilling membuat telegraf elektrik pertama. Morse. ia mengirim sebuah pesan “Apa yang telah Tuhan ciptakan" (What . Alexander Bain. Asistennya. Pada tahun 1855. Pesannya dibaca "Seorang penunggu yang sabar bukanlah pecundang" (A patient waiter is no loser) dan pada tanggal 24 Mei 1844. juga membuat sebuah telegraf elektrik yang dapat mengirimkan pesan. New Jersey. Telegraf Amerika pertama dikirimkan oleh Morse pada tanggal 6 Januari 1838 melalui 2 mil/3 km kawat di Speedwell Ironworks dekat Morristown. Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf elektrik untuk alat komunikasi tetap pada tahun 1833 di Göttingen. Caselli menamai penemuannya ini dengan “Pantelegraf”. Pada tahun 1843. Kemudian pada tahun 1832. Telegraf yang ditemukan Bain ini mampu mengirimkan gambar menggunakan kawat elektrik. Ia menyebut penemuannya ini dengan “recording telegraph” (teleraf perekam). Sejarah Telegraf Telegraf elektrik pertama kali ditemukan oleh Samuel Thomas von Sömmering pada tahun 1809. Telegraf ini dipatenkan di Inggris pada tahun 1837. Telegraf komersil pertama dibuat oleh William Fothergill Cooke dan dipasarkan pada Great Western Railway di Inggris. seorang biarawan Italia. BAB II PEMBAHASAN A. Sebuah telegraf elektrik. Telegram ini dikirimkan pada jarak 13 mil/21 km dari stasiun Paddington ke West Drayton dan mulai dioperasikan pada tanggal 9 April 1839.

ketika Thomas Edison menemukan "telegraf dua arah dengan rangkap dua penuh" (full duplex two-way telegraf) dan melipatgandakan kapasitasnya dengan menemukan guadruplex pada tahun 1874. 1858. Pada abad ke-19 Ilmu Telegrap menetapkan bentuknya dengan susunan yang teratur. Perkembangan Telagraf Pada Awal tahun 1830. hath God wrought) dari the Old Supreme Court Chamber di Gedung DPR di Washington kepada Mt. Pada masa perkembangan sebelum surat-surat pribadi dikirim melalui saluran-saluran tersendiri dengan cara : penarikan daripada potongan- potongan kertas oleh arus elektrik. Morse/fail telegraf dengan cepat disebarkan pada 2 dasawarsa berikutnya. Keterbatasan teknologi saat itu adalah hasil pengiriman kode melalui kabel tidak dapat di print. Kabel telegraf komersil pertama yang mampu melintasi samudera atlantik berhasil diselesaikan pada tanggal 18 Juli 1866. gelembung-gelembung gas yang dihasilkan oleh elektrolisa daripada sel Volta. B. Hal ini menimbulkan berita baru bagi dunia. Sumber daripada kata "TELEGRAP" adalah sebagai berikut : pada tahun 1794 tentara Perancis mengambil tachygraph yang diciptakan oleh Chappe agar dapat mengirim berita-berita jarak jauh dan menamakannya "Telegraphe". Australia merupakan penghubung pertama dunia pada Oktober 1872 melalui telegraf bawah laut di Darwin. Kemudian. dan 1865. telegraf elektrik dikembangkan dengan menggunakan elektromagnet receiver. Kabel pada tahun 1957 hanya dioperasikan beberapa kali. Clare Depot di Baltimore. telegraf elektrik berkembang dengan digunakannya tegangan listrik untuk mengontrol elektromagnet yang didengarkan pada ujung-ujung transmisi. Edison mendaftarkannya pada lembaga pematenan US dan duplex telegraf berhasil dipatenkan pada tanggal 1 september 1874. Dengan elektro magnet receiver. Kemajuan teknologi telegraf selanjutnya terjadi pada awal tahun 1970. kode morse dapat diterjemahkan kepada pendengarnya dalam bentuk tulisan. kombinasi sudut-sudut yang . Kabel lintas atlantik mulai dicoba digunakan pada tahun 1857.

Kata "telegraf" yang sering didengar saat ini. Pesawat-pesawat indikator telegraf mengirim pulsa-pulsa listrik tahap demi tahap untuk memindahkan tanda penunjuk penerimaan sampai menunjuk huruf dalam cakram indikator. penulis Morse-inker menghasilkan garis-garis yang ditarik dengan pensil atau tinta.B. secara umum merupakan telegraf elektrik. C. Daerah komunikasi menjadi lebar disebabkan oleh oleh penemuan rele untuk mengulangi sinyal-sinyal. sebuah angka.B. Samuel F. . Dengan demikian teknik Ilmu Telegrap melalui kabel laut dengan menggunakan undulator. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain. Morse menciptakan kode morse yang disusun dengan kombinasi tanda-tanda panjang dan pendek serta jarak-waktu yang dihasilkan dengan cara membuka dan menutup arus listrik. Pesawat telegraf printing sebelumnya menggunakan metode "step by step". Telegraf adalah sistem komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan isyarat listrik dalam bentuk kode morse. Telegraf diciptakan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F. Kode morse adalah kode yang menggunakan kombinasi suara panjang (dinyatakan dengan simbol garis) dan suara pendek (dinyatakan dengan titik) untuk menyatakan sebuah huruf. Megenai mekanisme penerima. ataupun tanda-tanda yang lain. Sebaliknya usaha lanjutan diteruskan untuk mengirim dan menerima surat-surat mereka sendiri tanpa sistem kode. Pengertian Telegraf Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. miring daripada tangan magnet. Telekomunikasi dengan kode Morse membawa kemajuan pula karena mesin otomatis untuk mengirim dan menerima kode-kode dipakai secara praktis dengan penggunaan mesin lirik yang menyerupai mesin tik dan pita perforator. Pada tahun 1832. dan sebagainya dipergunakan untuk membaca surat-surat.

angka-angka. Random Posts Peran TIK dalam Dunia Medis TIK banyak diaplikasikan di bidang medis. dan pasien. Ilmu Telegrap adalah salah satu metode Telekomunikasi dimana huruf- huruf. justru medis. meminta pertolongan. Hal itu dilakukan untuk memperoleh teknik daripada pengetokan suatu kunci pengirim atau pengetikan mesin-tulis-jauh agar mengubah bentuk ciri bahasa tertulis ke dalam kode-kode. Banyak rumah sakit menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan. dan tidak sama dengan . diubah ke dalam bentuk sinyal-sinyal listrik dan dikirim ke tempat yang jauh melalui saluran transmisi. Sebagai contoh. dan sering disingkat dengan pesan kabel atau kawat. Pada bagian penerima. Kemudian diubah kembali menjadi informasi yang asli dan dicatat. atau mengirimkan sinyal SOS. Meskipun telegram sudah jarang digunakan. yaitu informasi dapat dicatat dan berita yang dicetak dapat ditinggalkan kepada si alamat. Telegram biasanya digunakan untuk keperluan bisnis. Dalam terminologi telegraf. tetapi pada masa ini. namun Ilmu Telegrap mempunyai jasa besar . kode morse dipakai untuk mengirim tanda bahaya. bahkan jika ia pergi dari tempatnya. Kode tersebut selanjutnya dikirim melalui kawat peghubung sebagai media perantara dan diterima oleh bagian penerima. kode morse masih dipakai sampai sekarang. Yang dapat dianggap sebagai ciri yang paling banyak digunakan dalam teknologi Ilmu Telegrap biasanya telegram. sistem. dalam dunia pelayaran. pesan itu disebut telegram. Sistem Operasi Telegraf (HF 0606094365) Pesan pada telegraf dikirimkan oleh operator telegraf (telegrapher) menggunakan kode morse yang dikenal dengan nama "telegram" atau “kabelgram”. telegram ini sangat terkenal pemakaiannya. kode-kode tersebut diterjemahkan kembali menjadi pesan seperti aslinya. dan simbol simbol diberi kode. dinas telex dan transmisi data telah memperoleh perkembangan pesat dalam bidang komunikasi. Sebelum telepon jarak jauh (interlokal) diperkenalkan dan digunakan. Pada sistem telegraf. Walaupun cara memperoleh kemahiran ini sulit dan menghendaki usaha. suatu pesan akan diterjemahkan menjadi sederetan kode morse. Misalnya.

Dinas telex : dimulai dengan pemutaran nomor seperti pada pemutaran nomor pada telepon untuk menghubungkan pihak lainnya. Bersamaan dengan perkembangan dan meluasnya teknologi telepon. Pada saat yang sama sistem sinkron start-stop telah diciptakan. Dinas telegraf umum : melayani pengiriman dan penerimaan berita melalui jaringan telegraf switching. Kemudian oesawat telegraf printing/teleprinter digunakan untuk hubungan langsung. Lalu-lintasnya ringan. Kemudian penyelidikan telah dilakukan untuk memperbanyak dan mempercepat. . Dengan demikian telegraf printing yang modern telah meletakkan dasarnya. Demikianlah transmisi jarak panjang yang stabil dan ekonomis telah tersedia.email. Bentuk-bentuk dinas yang termasuk maju dapat diklasifikasikan ke dalam 3 jenis berikut ini : 1. Telegram sering digunakan untuk pengiriman dokumen resmi dalam perjanjian bisnis. dengan cara ini telegraf printing menjadi cara yang terutama dalam telekomunikasi dewasa ini sebagai pengganti daripada telegraf Morse. sekaligus bermacam-macam operasi daripada telegraf dan telepon dipikirkan. pelayanan dilakukan dalam sistem telegraf printing.Jean M. 2. Paham ini mengembangkan telegraf sirkit phantom bumi pada sirkit telepon dan gelombang pembawa telegraf. sedangkan dimana saja dalam pusat bagian yang memiliki lalu-lintas padat. Paham mengenai kode 5-satuan yang digunakan sekarang dalam Ilmu Telegrap Printing dulunya digambarkan oleh Gauss dan Weber. pelayanan dilakukan lewat telepon yang dipasang untuk dinas telegraf/telegraf faksimili. Baudot menjalankan percobaan yang pertama dengan mengirimkan 5-satuan sinyal-sinyal listrik untuk setiap huruf dan menghasilkan cetakan huruf-huruf yang telah diberi kode oleh pengirim sinyal-sinyal.E. Struktur dan operasi daripada pesawat telegraf printing menjadi lebih sederhana dan telah memungkinkan pengguna praktis daripada bermacam- macam jenis telegraf printing. Telegram dapat pula dinyatakan dan disampaikan melalui langganan-langganan telepon atau telex.

dan angka-angka. Pesawt terminal dipasang pada tempat-tempat partikulir dan sluran transmisi digunakan atas dasar sewa. Pemakai partikulir memasang pesawat dan perusahaan bertanggung jawab hanya atas pemeliharaannya. 3. Kode Morse : kombinasi dari dua elemen titik dan garis. kunci dan sounder dihubungkan secara seri. D. yaitu memasang pesawat tersebut dan memeliharanya. Prinsip-Prinsip Telegraf Prinsip ilmu telegrap telekomunikasi menggunakan pola(kode-kode) yang dihasilkan oleh gabungan pulsa-pulsa listrik yang bermacam-macam untuk menghasilkan huruf-huruf. maka titik-titik dan garis-garis dicatat pada pita kertas selama kunci ditekan dan jika kunci terbuka pencatatan blanko dikerjakan. Kode-kode telegraf dapat diklasifikasikan ke dalam 4 jenis berikut ini : 1. dan pemeliharaanya. Kondisi yang pertama disebut "Mark" dan kondisi yang kedua disebut "Space". Sirkit telegraf yang sebenarnya dihubungkan dengan satu saluran dan tanahnya digunakan sebagai saluran kembali. Manajemen langsung dari perusahaan termasuk penawaran pesawat- pesawat. Ada 3 macam sistem pemeliharaan untuk pesawat terminal : 1. 2. Dinas telegraf partikulir : telegraf partikulir disediakan untuk pemakai lalu-lintas padat.Telepon adalah komunikasi suara yang menggunakan panca indera pendengaran dan bentuk gelombang sinyalnya terus menerus. Jika pada ujung terminal penerima digunakan penulis Inker bukan sounder untuk memproduksikan kode Morse. Dengan menggunakan rele poler ada kemungkinan untuk memperkecil arus dan juga dapat mengatasi distorsi dari sinyal-sinyal yang diterima. Pemakai partikulir mengatur segala sesuatu. Baterai. Kode Morse adalah . konstruksi. aliran istrik mengalir ke dalam magnet dari sounder penerima selama kunci tertutup dan sounder megubah kode menjadi bunyi-bunyian. simbol-simbol. 3. Satu huruf disusun dengan gabungna dari kedua elemen tersebut. Sebaliknya telegraf dikerjakan oleh aliran listrik yang terputus-putus. Ujung terminal penerima dipasang rele poler. Apabila kunci pengirim ditekan.

3. minus. Kode Undulator : kode ini dikembangkan untuk komunikasi yang menggunakan kabel laut. c).- b). -.jarak pengiriman kode morse antara pengiriman satu huruf ke huruf adalah tiga dot. 2. d).huruf. BAB III PENUTUP A. Kode Telegrap Printing : digunakn oleh pesawat-pesawat pada umumnya. Dash terdiri dari tiga dot Jarak antara pengiriman antara dash ke dash atau dash to dot pada huruf yang sama adalah satu dot . bendera. KESIMPULAN . -. Kode Deteksi Kesalahan : digunakan untuk mendeteksi dan mengoreksi kesalahan-kesalahan terutama dalam transimisi data.. 4. metode dalam pengiriman informasi. .jarak pengiriman kode morse dari kata ke kata adalah 5 dot.. Contoh bentuk kode morse: Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kode Morse#Kode representasi Morse untuk alfabet. Titik/Dit/Dot (Nada Pendek) _Garis datar/Dah/Dash (Nada Panjang) a). dan nol serta mempunyai kombinasi yang sama dari arus panjang dan pendek seperti kode Morse. cahaya.-. -. Ketentuan internasional kode morse. Kode ditentukan dengan plus. dan ketukan morse. kata. dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau suara. angka dan tanda baca.. Kode morse dapat dikirimkan melalui peluit.cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat.

Dan Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Baron Schilling membuat telegraf elektrik pertama. Kata "telegraf" yang sering didengar saat ini. Dari pembahasan di atas.com .blogspot. simbol-simbol. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.B. SARAN Daftar Pustaka Kartika Kharisma. secara umum merupakan telegraf elektrik. Kemudian pada tahun 1832. Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf elektrik untuk alat komunikasi tetap pada tahun 1833 di Göttingen. dan angka-angka. B. dapat di simpulkan bahwa sejarah telegraf elektrik pertama kali ditemukan oleh Samuel Thomas von Sömmering pada tahun 1809. Telegraf komersil pertama dibuat oleh William Fothergill Cooke dan dipasarkan pada Great Western Railway di Inggris. Telegraf diciptakan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F. Prinsip ilmu telegrap telekomunikasi menggunakan pola(kode-kode) yang dihasilkan oleh gabungan pulsa-pulsa listrik yang bermacam-macam untuk menghasilkan huruf-huruf.

. (2005). Buku Pegangan Teknik Telekomunikasi.google." hal 117. Mabee: The American Leonardo. 1978.google.com/Hadita Fajrin 0606094365 http://www. Ir.Telegram [2] diakses pada tanggal 5 Oktober 2008 Briggs.Suhana. Peter. Asa and Burke. Cambridge: Polity. [1] diakses pada tanggal 7 Oktober 2008 Australia Post . Jakarta : Pustaka Pradnya Paramita. "A Social History of the Media: From Gutenberg to the Internet. Samuel F B Morse (1943).com/Telkomspeedy Telegrams Online. http://www.