BAB I

PENDAHULUAN

Bisnis informatika itu sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan individu atau kelompok

untuk mendapatkan keuntungan layaknya sebuah bisnis yang memanfaatkan teknik

informatika, contohnya internet ataupun aplikasi yang ada di handphone. Yang kita ketahui

zaman sekarang bisnis informatika berkembang pesat, salah satunya Ibukota Indonesia

sedang ‘diserbu’ oleh pasukan hijau yang menciptakan kehebohan di kalangan masyarakat

urban. Saat menyusuri jalan, di mana pun Anda berada, akan terlihat satu-dua motor yang

penumpangnya mengenakan jaket hijau dengan tulisan Gojek di belakangnya. Kalau si

pengendara motor itu sedang membawa penumpang, maka penumpangnya pasti mengenakan

helm dengan corak warna dan logo yang sama.
Melihat perkembangan Gojek memang sangat menarik karena Gojek merupakan startup

pioner dibidang ojek online sehingga tampaknya cukup fair jika Gojek dijadikan contoh,

harapannya perkembangan Gojek ini dapat menjadi suatu success story yang dapat diambil

sebagai lessson learned bagi startup lainnya.

Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang ada, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut :
1) Bagaimana sejarah berdirinya perusahaan Gojek ?
2) Bagaimana sistem bertransaksi pada Gojek tersebut?
3) Apa saja keunggulan dan kelemahan pada Gojek?

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Berdirinya Gojek
GO-JEK merupakan perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri

transportasi Ojek. GO-JEK bekerjasama dengan para pengendara Ojek berpengalaman di

Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang,

pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.

Pada Maret lalu. jumlah tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3. Seperti bulan sebelumnya. Sebagai Social Enterpreneurship Inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional.893.700 orang pada pekan terakhir Maret lalu. GOJEK perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui aplikasi dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan. Dari jumlah tersebut 50. GoJek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang. sedangkan sisanya mengunduh dengan perangkat berplatform milik Apple. Pada Januari 2015 lalu. jumlahnya terus meroket. unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131. Pada Februari total unduhan mencapai 81. Pembagiannya adalah. aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32. Manajemen GoJek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek.843 kali. Sementara itu.582 unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android. unduhan yang lebih banyak dilakukan melalui sistem operasi besutan Google. Dari jumlah tersebut. Pasalnya. Sistemnya adalah bagi hasil. Memasuki bulan ketiga. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis. yakni 80% dari total . secara rinci unduhan melalui Android mencapai 81. sedangkan sisanya berasal dari pengguna iOS.106 pengunduh diketahui menggunakan handset berbasis Android.795 kali. Bulan berikutnya unduhan semakin meningkat. Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan.360 kali. 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan. sedangkan sisanya menggunakan iOS. 17.

hal ini tidak terlepas dari dibukanya lapangan kerja yang banyak untuk para driver ojek. Pelayanan nya pun ramah dan sopan. terlihat bahwa hadirnya ojek berbasis aplikasi ini menjadi salah satu faktor penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di DKI Jakarta. b) Kelemahan 1.1 Kesimpulan Dengan kehadiran ojek online berbasis aplikasi di Indonesia menghadirkan berbagai macam polemik dan pandangan dari setiap orang. dan mematuhi rambu lalu lintas. Tapi menurut hasil penelitian yang dilakukan BPS.com) . 3. Sangat banyak penduduk yang pengangguran kini bekerja sebagai ojek online karena melihat keuntungan yang diraih menjadi driver ojek online. dan Penutup masker. Harus mempunyai paket data untuk bertransaksi. semua sudah langsung terkalkulasi saat order.2 Saran . Praktis dan Mudah dalam bertransaksi 2. Keunggulan dan Kelemahan a) Keunggulan 1. 5. Tidak ada tawar menawar harga. Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan GOJEK BAB III PENUTUP 3. Bisa sebagai antar jemput barang dan belanja 6. penghasilan masuk kantong pengojek dan 20% sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas. 2. Penggunaan trend teknologi Aplikasi GO-JEK 3. Mendapat fasilitas Helm resmi dari Gojek berwarna hijau dan bersih. namun secara perlahan keberadaan ojek online ini kini mendapatkan perhatian dimasyarakat. Meskipun mendapat kecaman baik dari pemerintah ataupun dari ojek konvensional. Cukup banyak masyarakat yang beralih ke ojek online disebabkan cara pemesanannya yang mudah dan tentunya lebih menghemat waktu. 7. Memberikan Kenyamanan terhadap penumpang 4.

Dengan hadirnya ojek online mampu menjadi salah satu faktor penurunan angka kemiskinan di DKI Jakarta saat ini. Selain itu. Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus mencetak lapangan kerja yang besar disektor formal agar masyarakat memiliki penghasilan yang cukup sehingga angka kemiskinan juga nantinya berkurang secara perlahan. Sistem Informasi Manajemen TRANSPORTASI ONLINE DI INDONESIA . dukungan juga harus diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah baik berupa dana ataupun lokasi penjualan agar kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat tidak terbuang secara sia-sia.

..... . . ..Anggota kelompok 1...... 3. Rizka Ardini Pamekar 1221408623 2.