Ulat Tanah, Ulat Lutung

Nama ilmiah :
Agrotis ipsilon Hufnayel (Lepidoptera,
Noctuidae)

Tanaman Inang:
Bawang merah, tanaman kacangan-
kacangan, kubis (crucifera), kapas,
tembakau, tomat, jagung, dan kentang.

Bagian tanaman yg diserang :
pangkal batang tanaman muda

Gejala :
Cara merusak ulat ini adalah dengan
memotong pangkal batang muda
sehingga tanaman menjadi terpotong
dan mati. Hama ini bersifat polifagus
dan kosmopolit, sehingga
memungkinkan makan tanaman
sayuran lain.

Bioekologi :
Telur diletakkan satu persatu dan tersebar pada batang
rerumputan dn gulma atau di belakang pelepah daun tanaman
inang. Satu induk mampu bertelur sebanyak lebih kurang 2371
butir selama masa peletakan telur. Telur berbentuk bulat dengan
ukuran  0,5 mm sehingga sulit ditemukan di lapang. Telur
menetas antara 3-5 hari. Warna ulat bervariasi dari kuning
kehijauan, kuning kecoklatan sampai hitam gelap. Ulat pada siang
hari bersembunyi di dalam tanah dan pada malam hari keluar
untuk mencari makan. Stadium ulat berlangsung 29 hari.
Stadium kepompong berlangsung 10-14 hari. Kepompong
terbentuk di dalam tanah. Total perkembangan dari telur sampai
menjadi ngengat berkisar 6-8 minggu.

Satu induk dapat bertelur sebanyak 500-600 butir dalam waktu 4-10 hari. coklat gelap dengan garis kekuningan. Noctuidae) Tanaman Inang: Bawang merah. Stadium telur berkisar 2-5 hari. Bagian tanaman yg diserang : daun Gejala : Ulat yang baru keluar dari telur yang baru menetas. hijau. Stadium kepompong berlangsung antara 7-10 hari. dan kadang- kadang juga terdapat pada cabai dan jagung. Daur hidup berlangsung 26-36 hari. Stadium ulat berlangsung selama 17-21 hari.Ulat Bawang Nama ilmiah : Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera. Kerusakan yang diakibatkan yaitu tampak bercak-bercak tembus cahaya pada daun atau lubang bekas gigitan. masuk ke dalam tabung daun dan menggerek pada bagian dalamnya. Warna ulat bervariasi yaitu hijau muda. Seringkali terlihat adanya kotoran ulat berwarna hitam pada daun-daun yang terserang. Bioekologi : Telur diletakkan berkelompok di permukaan daun dan ditutup dengan bulu-bulu atau sisik dari induknya. kucai. Thrips bawang. Kepompong dibentuk di dalam tanah dan dilindungi kokon yang dibuat dari partikel tanah. thrips tembakau . ulat ini juga menyerang bawang-bawangan yang lain seperti bawang putih.

ubi jalar. Crotalaria. populasinya tinggi sehingga sering mengakibatkan kerusakan. Pada musim kemarau.5 minggu. Telur yang dihasilkan dapat mencapai 80 butir dan menetas ± 3 hari. Perkembangbiakan dapat juga secara pertenogenesis. Tubuh mempunyai tanda berwarna coklat pada segmen perut. Pada serangan yang berat mengakibatkan daun tanaman rebah. kemudian menjadi kecoklatan dengan bintik hitam. Siklus hidup 3. Nematoda puru/bengkak akar . kopi. Vigna sp.. Nama ilmiah : Thrips parvispinus Karny (Thysanoptera. Thripidae) Tanaman Inang: Bawang merah. Bagian tanaman yg diserang : daun Gejala : Cara penyerangan hama ini dengan jalan menggaruk jaringan daun dan mengisap cairan sel. cabai. dan pada serangan sedang ukung daun agak memintal dan berwarna coklat. Dewasa berwarna kuning pucat sampai coklat terang. Bioekologi : Telur berwarna putih dan diletakkan dalam jaringan daun sebelah bawah. Nimfa berwarna hijau atau kuning pucat dan seringkali agak hitam. Gejala yang tampak yaitu adanya bercak-bercak berwarna putih keperakan karena hilangnya lapisan epidermis.

Siklus hidup 17-21 hari dan mengalami empat kali ganti kulit. padi. rosella. yang kedua. sawi. bayam. Larva tahap dua berbentuk ramping. jagung. pembentukan akar cabang lebih sedikit daripada tumbuhan normal. Daun khlorosis seperti gejala kekurangan unsur. tumbuhan tampak gundul. daun banyak yang gugur. kopi. Nematoda jantan berbentuk seperti cacing. ketiga dan keempat terjadi di dalam jaringan akar tumbuhan inang. kubis. berupa bercak coklat-hitam. Ukuran tubuh berkisar 400-1000 mikron. ekor memanjang dengan ujung lancip. kadang-kadang tinggal daun pucuk. yaitu : 1. berukuran 90 x 45 mikron dan berwarna putih. yaitu pertama terjadi di dalam telur. sedang nematoda jantan bentuk ekornya membulat (tumpul) dan pendek. terong. pada cuaca panas daun cepat layu dibanding tumbuhan sehat. orok-orok. kapas. 2. Panjang larva ± 320-540 mikron. tebu. teh. Nama ilmiah : Meloidogyne spp. Dekat ujung akar tampak kerusakan mekanis. dengan panjang mencapai 2 mm. cengkeh dan Bagian tanaman yg diserang : Akar Gejala serangan : Terdapat dua macam tanda-tanda kerusakan yang dengan mudah dilihat. Telur diletakkan berkelompok dalam massa gelatin berbentuk kantung dan terdapat pada bagian pantat induknya. . tembakau. kenaf. Tanda kerusakan yang tampak pada bagian tanaman di atas permukaan tanah Pertumbuhan kerdil. Tanda kerusakan yang tampak pada bagian tanaman di dalam tanah. (Tylenchida. jute. tomat. slada. Telur berbentuk oval. Bioekologi : Dewasa betina berbentuk bulat seperti buah apokat. Heteroderidae) Tanaman Inang: Cabai. terdapat puru (gall) pada akar utama.