LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA

“BEJANA BERHUBUNGAN”

Oleh :
Nama : A J I S, S.Pd
NIP : 19661231 199203 1 089
Tempat/Tanggal Lahir : Bojoe / 31 – Desember – 1966
Pangkat/Golongan : Pembina Tk.I IV/b
NUPTK : 6563 7446 4620 0023

SMP Negeri 6 Pangsid
Kecamatan Maritengngae
Kabupaten Sidenreng Rappang

S. HALAMAN PENGESAHAN Setelah membaca dan mencermati Laporan Pembuatan Alat Peraga Sederhana yang digunakan untuk Proses Belajar Mengajar oleh guru : Nama : A J I S. 27 Februari 2016 Mengetahui Kepala SMPN 6 Pangsid Pembuat Alat Peraga Hj. 19651231 198803 2 124 NIP.Pd NIP. 19661231 199203 1 089 . M. S. S.Si A J I S.Pd. NUKRAH.Pd NIP : 19661231 199203 1 089 Unit Kerja : SMP Negeri 6 Pangsid Nama Alat Peraga : “Bejana Berhubungan” Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapat Angka Kredit dalam Sasaran Kinerja Pergawai (SKP) guru Tahun 2016 Pangkajene.

I IV/b Jabatan : Guru IPA Terpadu Unit Kerja : SMP Negeri 6 Pangsid Dengan ini menyatakan bahwa Alat Peraga Sederhana ini benar-benar asli hasil karya yang saya buat sendiri dan bukan merupakan hasil replika dari karya orang lain. Pangkajene. S. S. 19661231 199203 1 089 . Demikian Pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab. HALAMAN PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : A J I S. Ruang : Pembina Tk.Pd NIP : 19661231 199203 1 089 Pangkat/ Gol. 27 Februari 2016 Pembuat Alat Peraga A J I S.Pd NIP.

27 Februari 2016 Pembuat Alat Peraga . amin. Pangkajene. semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang telah diberikan. Harapan kami. Untuk itu. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian laporan alat peraga sederhana ini. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allat SWT atas berkat dan rahmat-Nya sehingga proses pembuatan Alat Peraga Sederhana dan penyusunan laporan ini dapat terselesaikan. Tujuan pembuatan alat peraga ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta membuat proses pembelajaran lebih menarik sehingga perhatian siswa terhadap materi pelajaran lebih terfokus. Alat peraga Sederhana ini berjudul “ Alat Peraga IPA Bejana Berhubungan”. kami harapkan saran dan koreksi yang sifatnya membangun demi penyempurnaan laporan selanjutnya. semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua khususnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kami menyadari bahwa laporan Alat Peraga Sederhana yang kami buat masih sangat jauh dari kesempurnaan.

................................................................................. vi LAPORAN ALAT PERAGA A..... 1 B.. Prosedur Pembuatan Alat Peraga ..................................................... 1 D................. Sasaran Penggunaan ......................................................................... v DAFTAR GAMBAR/FOTO ........ 2 G................................ 4 I....................... 1 E................................................................. 5 J............................................ 3 H......................................................... Langkah-langkah Penggunaan Alat Peraga di Sekolah .................................................................................... Prosedur Penggunaan Alat Peraga .................................................................................................................. Waktu Pembuatan ................................................................................. DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ......................................................... Nama Alat Peraga ............................ Manfaat Alat Peraga ..................................................................................... iii KATA PENGANTAR ..................................................................................................................................................... iv DAFTAR ISI ....................................................... 1 C.......................... Rancangan / Desain Alat Peraga ........................................... Penutup ........................................................................................................................... 1 F........................................................................................ i HALAMAN PENGESAHAN........................................................................ Tujuan Pembuatan ....................................... 5 ......................... ii HALAMAN PERNYATAAN ................

Foto penggunaan alat peraga di kelas . Foto Alat Peraga Sederhana Foto 3. DAFTAR GAMBAR / FOTO Foto 1. Foto proses pembuatan alat peraga Foto 4. Foto Alat dan Bahan Foto 2.

Stirofom/Gabus 5. Untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami materi tentang bejana berhubungan. RANCANGAN / DESAIN ALAT PERAGA Alat Peraga Sederhana ini dibuat dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :  Alat dan Bahan 1. Standar Kompetensi : Memahami peranan usaha. D. E. gaya. WAKTU PEMBUATAN Alat Peraga ini dibuat pada hari jumat. 2. 5. MANFAAT ALAT PERAGA Alat peraga pembelajaran sederhana ini dipergunakan untuk menunjukkan kepada siswa mengenai sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah dan membuktikan bahwa permukaan air selalu mendatar. Semester : Genap 7. Membantu Guru dalam menjelaskan materi bejana berhubungan. dan energi dalam kehidupan sehari-hari 3. LAPORAN PEMBUATAN ALAT PERAGA SEDERHANA A. tanggal 26 Februari 2016 C. Untuk lebih menarik minat siswa dalam mengikuti pelajaran 4. Tahun Pelajaran : 2015/2016 F. dan gas serta penerapannya pada kehidupan sehari-hari 4. Indikator : Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. Pertemuan : 2 6. TUJUAN PEMBUATAN ALAT PERAGA 1. NAMA ALAT PERAGA Alat Peraga Sederhana ini diberi nama “BEJANA BERHUBUNGAN” B. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa 5. cair. SASARAN PENGGUNAAN Alat Peraga Sederhana ini dibuat untuk digunakan pada pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII B SMP Negeri 6 Pangsid pada hari sabtu tanggal 27 Februari 2016 dengan rincian sebagai berikut : 1. Kompetensi Dasar : Menyelidiki tekanan pada benda padat. Selang Plastik 40 cm . Materi : Tekanan 2. Untuk mengarahkan siswa agar lebih fokus dalam mengikuti pelajaran 3.

2. Gunting 4. Tali 6. 2 botol plastik 7. Lem plastik FOTO ALAT DAN BAHAN Adapun Rancangan atau desain dalam pembuatan alat peraga ini secara berurut tergambar dalam diagram alir berikut ini : Melubangi bagian bawah botol dan tutup botol Memberikan lem plastik pada Memasukkan Memasang selang tutup plastik botol ke lubang tutup botol agarkekedap botol Mengikat botol lubang Memotong pada tutup dan stirofom botol udara danmelubangi plastik air . Pisau 3.

selanjutnya dibawa kesekolah pada saat materi akan diajarkan 6. Selanjutnya lubangi bagian bawah botol plastik dan tutup botol plastik 3. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam pembuatan alat peraga 2. Setelah alat peraga selesai dibuat. Pada saat pembelajaran. Selanjutnya ikatkan botol plastik tersebut ke stirofom 5. guru memperlihatkan alat peraga IPA Bejana Berhubungan kepada siswa FOTO PROSES PEMBUATAN ALAT PERAGA . Masukkan selang plastik pada lubang tutup botol dan berikan lem plastik agar kedap udara dan air 4.G. PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PERAGA Urutan Langkah-langkah pembuatan alat peraga sederhana ini sebagai berikut : 1.

amati ketinggian air tersebut. I. Alat peraga yang sudah siap dibawa ke kelas pada saat jam mengajar akan dimulai. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok 3.H. 2. Pada saat pembelajaran. Isilah botol dengan air berwarna agar air tampak jelas 2. Biarkan air mengalir melalui selang menuju botol yang lain. guru menjelaskan secara singkat tentang bejana berhubungan dengan memperlihatkan alat peraga . PROSEDUR PENGGUNAAN ALAT PERAGA 1. LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DISEKOLAH Adapun langkah-langkah penggunaan Alat Peraga di Sekolah pada saat proses belajar mengajar antara lain : 1.

27 Februari 2016 Mengetahui Kepala SMPN 6 Pangsid Penyusun Laporan Hj. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal 7. M. 19661231 199203 1 089 . Setiap kelompok mendiskusikan fungsi bejana berhubungan 6. NUKRAH. S.Pd NIP. Setiap anggota kelompok mengamati alat peraga pembelajaran 5. Pangkajene. 19651231 198803 2 124 NIP. S. 4. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok dan memberikan informasi sebagai penguatan materi FOTO PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS J.Pd.Si A J I S. PENUTUP Semoga laporan singkat pembuatan alat peraga sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.